Kamichu!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamichu!
かみちゅ!
GenreFantasy, slice of life[1]
Seri anime
SutradaraKōji Masunari
ProduserTomonori Ochikoshi
Saeko Matsuda (1-3)
Atsushi Kaji (4-16)
SkenarioHideyuki Kurata
MusikYoshihiro Ike
StudioBrain's Base
Saluran
asli
Animax, TV Asahi
Saluran bahasa Inggris
Tayang 28 June 2005 27 September 2005
Episode16 (12 TV, 4 DVD only)
Manga
PengarangHanaharu Naruko
PenerbitMediaWorks
MajalahDengeki Daioh
DemografiShōnen
TerbitJune 2005January 2007
Volume2
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Kamichu! (かみちゅ!) merupakan sebuah serial televisi anime Jepang, yang ditayangkan pada tanggal 29 Juni 2005 - 28 September 2005. Judul "Kamichu" sendiri merupakan kependekan dari Kamisama de Chūgakusei (かみさまでちゅうがくせい) yang berarti "Dewa Menjadi Siswa Sekolah Menengah". Serial ini dibuat oleh Besame Mucho (ベサメムーチョ Besamemūcho), yang merupakan nama pena gabungan dari Produser Tomonori Ochikoshi, Sutradara Koji Masunari, dan penulis Hideyuki Kurata.

Serial ini diadaptasi sebagai serial manga di Degenki Daioh, sebuah majalah manga shōnen dan dikumpulkan di dua volume tankobon

Anime ini menerima Hadiah Unggulan di Japan Media Arts Festival 2005.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Yurie merupakan siswi SMP yang pemalu yang menyadari bahwa dalam semalam dia menjadi kami, seorang Dewi dalam kepercayaan Shinto. Dia tidak tahu dewi macam apa dia atau apa kekuatannya. Teman dia memberinya julukan Kamichu, sebuah portmanteau dari kami (, "tuhan") and chūgakusei (中学生, "siswi SMP"). Dalam perjalanannya, dia bertemu banyak dewa dan roh lain. dan mempelajari cara-cara dewa untuk menjadi dewi agung sendiri.

Kamichu! berlatar belakang pada musim semi tahun 1983 hingga musim semi tahun 1984[3], di kota Onomichi, Prefektur Hiroshima, di tepi Laut Pedalaman Jepang. Banyak kuil dan landmark yang diperlihatkan di anime ini dengan lokasi yang nyata.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yurie Hitotsubashi (一橋 ゆりえ, Hitotsubashi Yurie)
Pengisi suara: Mako (Jepang); Megan Harvey (Inggris)
Yurie adalah protagonis pada anime ini. Pada episode pertama, dia memberitahu teman dekatnya, Mitsue, bahwa Yurie menjadi dewi; bagaimana atau kenapanya masih menjadi misteri. Yurie sangat naif dan berpikiran sederhana, tetapi selalu memiliki niat terbaik. Dia naksir dengan Kenji Ninomiya untuk waktu yang lama, dan menjadi sangat gugup dan berwajah merah ketika berada di dekatnya. Setiap kali dia menggunakan kekuatan, rambutnya tumbuh sangat panjang dan dia sering tertidur sesudahnya.
Matsuri Saegusa (三枝 祀, Saegusa Matsuri)
Pengisi suara: Rika Morinaga (Jepang); Stephanie Sheh (Inggris)
Matsuri adalah orang yang bertanggung jawab atas Kuil Raifuku di Onomichi. Dia mengelola kuil bersama saudara perempuannya, Miko, dan ayah mereka. Matsuri selalu memikirkan skema untuk mendapatkan uang untuk kuil atau menarik lebih banyak pengunjung ke kuil itu, biasanya melalui eksploitasi kekuatan Yurie yang baru ditemukan. Tidak seperti Miko, dia tidak dapat melihat roh tanpa pesona yang biasanya ditulis Yurie (meskipun dalam manga dan anime, Miko menyatakan bahwa Matsuri telah dapat melihat roh di masa kecilnya).
Mitsue Shijo (四条 光恵, Shijō Mitsue)
Pengisi suara: Kaori Mine (Jepang); Erika Weinstein (Inggris)
Mitsue adalah sahabat berkacamata Yurie. Dia sangat rendah hati, dan memiliki harapan bahwa hidupnya ingin lebih menyenangkan. Yurie sering pergi kepadanya untuk meminta nasihat, yang merupakan akal sehat sederhana yang selalu benar.
Miko Saegusa (三枝 みこ, Saegusa Miko)
Pengisi suara: Ai Nonaka (Jepang); Rachel Hirschfeld (Inggris)
Miko adalah adik perempuan pemalu Matsuri. Dia selalu memasak di rumah, dan sangat sopan dan menghormati semua orang. Dia membantu di kuil dan memiliki kemampuan untuk melihat roh. Dia naksir dewa kuil, Yashima, yang sering dia ajak bicara. Namanya, Miko, merupakan istilah untuk pelayan kuil Shinto.
Kenji Ninomiya (二宮 健児, Ninomiya Kenji)
Pengisi suara: Issei Miyazaki (Jepang); Johnny Yong Bosch (Inggris)
Kenji adalah ketua dan satu-satunya anggota klub kaligrafi sekolahnya. Dia pendiam, menyendiri, dan agak lambat dalam mengambil keputusan. Dia menyukai kuasnya, dan dia sering melakukan kaligrafi untuk kuil Raifuku. Dia hanya melakukan kaligrafi ketika dia 'terinspirasi', namun perlu beberapa saat untuk menyadari bahwa sebagian besar sumber inspirasinya berputar di sekitar Yurie, yang sangat menyukai dia.
Yashima-sama (八島様, Yashima-sama)
Pengisi suara: Kōsuke Okano (Jepang); Yuri Lowenthal (Inggris)
Yashima is the local kami of the Raifuku shrine. He wishes to be a rock star, so he often possesses Mitsue (who is totally against this) in order to fulfil his dream. He is also often seen with an Akita Inu that talks. He seems to be close friends with Miko Saegusa, but it is implied that he is more interested in her sister, Matsuri.
Shoukichi Hitotsubashi (一橋 章吉, Hitotsubashi Shoukichi)
Pengisi suara: Makoto Tsumura (Jepang); J.D. Stone (Inggris)
Shoukichi adalah adik laki-laki Yurie, yang menyukai Miko, menghadiri sekolah yang sama dengan kakak perempuannya, satu tingkat di bawahnya. Seringkali, dia bertindak lebih dewasa daripada saudara perempuannya dan sering menggodanya, tetapi dia memang mencintainya. Dia naksir Miko, dan bertindak berbeda dan memerah setiap kali dia ada di dekatnya.
Kiyomi Noto (ノート 清美, Noto Kiyomi)
Pengisi suara: Ryō Hirohashi (Jepang); Lily Mason (Inggris)
Teman kelasnya Yurie, Matsuri, dan Mitsue.
Ukaru Nishimura (西村 ウカル, Nishimura Ukaru)
Pengisi suara: Yuki Kaida (Jepang); Lucian Lee (Inggris)
Siswa di sekolah Yurie yang bersaing untuk menjadi anggota OSIS
Bin-chan (貧乏神(貧ちゃん), Binbou-gami)
Dewa kemiskinan Yurie menerima setelah dia menyelamatkan hidup Tama. Dia berbagi tubuh Tama.
Tama (一橋 タマ, Hitotsubashi Tama)
Pengisi suara: Chiwa Saitō (Jepang); Carrie Savage (Inggris)
Kucing kesayangan Yurie. Setelah dia mulai berbagi tubuhnya dengan Bin-chan, dia menunjukkan sejumlah sifat manusia yang membuat Shoukichi curiga.
Akane Hitotsubashi (一橋 あかね, Hitotsubashi Akane)
Pengisi suara: Miki Itō (Jepang); Karen Thompson (Inggris)
Ibu Yurie dan Soukichi.
Kenkichi Hitotsubashi (一橋 憲吉, Hitotsubashi Kenkichi)
Pengisi suara: Mitsuaki Hoshino (Jepang); Talis Axelrod (Inggris)
Ayah Yurie dan Soukichi.
Ino, Shika, Chou
Ino Pengisi suara: Yukie Maeda (Jepang); Sam Riegel (Inggris)
Shika Pengisi suara: Kanako Hattori (Jepang); Liam O'Brien (Inggris)
Chou Pengisi suara: Misato Fukuen (Jepang); Hunter MacKenzie Austin (Inggris)
Tiga roh kecil yang dikirim Asosiasi Dewa kepada Yurie sebagai asistennya. Nama mereka adalah permainan kata-kata, seperti yang diberikan oleh Yurie karena alasan yang tidak terkait tetapi sesuai dengan hewan yang mereka sukai. Chou adalah kupu-kupu, Ino adalah babi hutan dan Shika adalah rusa. "Ino-Shika-Chou" juga merupakan pemenang dalam permainan kartu, Hanafuda.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Terdapat enam belas episode pada anime ini. Dua belas episode disiarkan di TV Asahi dengan resolusi 720p, menghilangkan episode 8, 11, 13, dan 16. Untuk DVD berisi seluruh episode. Musik pembuka nya adalah "Fair Weather Followed by Fair Weather" (晴れのちハレ!, Hare Nochi Hare!) yang dibawakan oleh Maho Tomita, dan musik penutupnya adalah "Ice Candy" (アイスキャンディー, Aisu Kyandī) yang dibawahkan oleh MAKO.

Pada Bulan Juli 2008, Geneon Entertainment dan Funimation mengumumkan sebuah persetujuan atas pendistribusian judul terpilih di Amerika Utara. Ketika Geneon masih mempertahankan lisensei, Funimation mengambil hak eksklusif untuk pembuatan, pemasaran, penjualan, dan distribusi pada Judul terpilih. Kamichu! adalah salah satu judul dari beberapa judul yang telah disepakati[4] . Namun, Bulan Agustus 2011. hak pada serial ini telah berakhir.[5]

Beberapa episode mempunyai judul yang berasal dari lagu pop Jepang tahun 1980-an sampai 1990-an.

# Judul Jadwal Penayangan
1 Transkripsi : "Seishun no Ijiwaru" (青春のいじわる) 29 Juni 2005
Ketika Yurie mengumumkan saat makan siang bahwa dia telah menjadi dewa pada malam sebelumnya, Matsuri mencoba membantunya mencari tahu dewa macam apa dia. Selama upaya mereka, Yurie secara tidak sengaja menciptakan topan, yang harus dia hilangkan untuk menyelamatkan Kenji.
2 Transkripsi : "Kami-sama Onegai" (神様お願い) 6 Juli 2005
Matsuri memutuskan Kuil Raifuku milik keluarganya akan dijadikan tuan rumah sebuah festival untuk menghormati Yurie, tetapi Yashima, dewa kuil, telah menghilang. Yurie melakukan perjalanan ke tanah para dewa untuk meyakinkan dia untuk kembali.
3 Transkripsi : "Sonna Tsumori ja Nakatta no ni" (そんなつもりじゃなかったのに) 13 Juli 2005
Dewa kemiskinan tiba di kota, membuat ekonomi lokal mengalami depresi; dan kucing kesayangan Yurie, Tama, hilang. Kedua peristiwa ini mungkin memiliki kesamaan. Dewa kemiskinan akhirnya berbagi tubuh Tama.
4 Transkripsi : "Chikyu no Kiki" (地球の危機) 27 Juli 2005
Asosiasi Dewa mengirim Yurie tiga asisten roh untuk membantunya menangani petisi. Sebagai tugas pertamanya, Perdana Menteri memanggil Yurie untuk membantu berkomunikasi dengan orang Mars.
5 Transkripsi : "Hitori Bocchi wa Kirai" (ひとりぼっちは嫌い) 3 Agustus 2005
Yurie demam dan harus beristirahat di rumah beberapa hari, tetapi teman-temannya tidak datang berkunjung. Merasa kesepian, dia menggunakan kekuatannya untuk pergi dari tubuhnya sebagai roh dan mengunjungi mereka.
6 Transkripsi : "Chiisa na Kesshin" (小さな決心) 10 Agustus 2005
Kiyomi, seorang mahasiswa baru, datang ke Yurie untuk meminta nasihat tentang cinta - tetapi orang yang ditaksirnya adalah Kenji. Berusaha sungguh-sungguh sebagai dewi yang baik untuk membantu saingannya, Yurie bergabung dengan klub kaligrafi Kenji bersamanya.
7 Transkripsi : "Taiyo no Koibitu-tachi" (太陽の恋人たち) 24 Agustus 2005
Selama liburan musim panas, Yurie dan teman-temannya pergi ke bagian pantai yang tenang dan menjelajahi rumah pantai yang ditinggalkan. Para dewa yang tinggal di sana ingin tahu apa yang terjadi dengan orang-orang yang pernah bersenang-senang di sana, dan Yurie memenuhi harapan mereka.
8 Transkripsi : "Yasei Jidai" (野生時代) N/A
Sekelompok kucing aneh telah berkeliaran di kota baru-baru ini, dan Tama ada di antara mereka. Yurie mengikutinya dan berubah menjadi kucing untuk bertemu dengan kucing karismatik, Tyler Meowden (penghormatan kepada Tyler Durden), yang ingin memberontak melawan manusia. Dia dan Tama berjuang untuk menghentikannya.
9 Transkripsi : "Toki no Kawa o Koete" (時の河を越えて) 31 Agustus 2005
Yurie dan teman-temannya bertemu dengan seorang lelaki tua bernama Gen yang pernah menjadi awak kapal perang Yamato. Tak lama kemudian, dia menerima pesan dari kapal perang yang karam, yang ingin mengunjungi pelabuhan asalnya lagi.
10 Transkripsi : "Kimi ni Kettei" (君に決定) 7 September 2005
Sebagai salah satu cara bisnisnya yang lain, Matsuri meyakinkan Yurie untuk mencalonkan diri sebagai presiden OSIS, tetapi mereka secara tak terduga menghadapi oposisi yang kuat.
11 Transkripsi : "Koi wa Yukue Fumei" (恋は行方不明) N/A
Miko dan Shoukichi melarikan diri ke kota terdekat bersama-sama karena alasan misterius. Yurie dan teman-temannya berusaha menemukan mereka.
12 Transkripsi : "Fushigi na Boken" (ふしぎなぼうけん) 14 September 2005
Untuk bulan Kannazuki, Yurie menghadiri "Konvensi Dewa" di Izumo. Saat berada di sana, ia sementara pindah ke sekolah menengah setempat di mana semua orang memperlakukannya dengan sangat hormat.
13 Transkripsi : "Yaritai Hodai" (やりたい放題) N/A
Matsuri, seorang Shinto yang bersemangat, menjadi tersinggung oleh turis yang sedang berlibur natal dan menggelar "Hari Thanksgiving Yurie-chan" untuk melawannya.
14 Transkripsi : "Yume Iro no Messeji" (夢色のメッセージ) 21 September 2005
Selama liburan musim dinginnya dari sekolah, Yurie menghabiskan sepanjang hari di bawah kotatsu. Dia menerima beberapa Nengajō (kartu Tahun Baru), termasuk satu dari Kenji.
15 Transkripsi : "Chiisa na Ippo de" (小さな一歩で) 28 September 2005
Ketika Yurie memutuskan untuk memberi Kenji beberapa Honmei choco untuk Hari Valentine dan mengakui cintanya, seluruh sekolah dan semua orang di kota turut membantu dia. Setelah percakapan singkat dan canggung di atap sekolah, keduanya diangkat ke langit di atas selembar kertas besar (di mana Kenji telah menulis kanji untuk 'cinta'). Ketika mereka terbang di atas kota, Kenji mengatakan pada Yurie bahwa dia mencintainya, karena dia aneh. Karakter pada kertas terbang berubah menjadi kanji untuk 'aneh'.
16 Transkripsi : "Hora ne, Haru ga Kita" (ほらね、春が来た) N/A
Yurie dan Mitsue membantu Matsuri dan Miko membersihkan ruang penyimpanan kuil. Saat ia menghabiskan malam di sana, Yurie memberi tahu teman-temannya bahwa Kenji adalah pacarnya.

Manga[sunting | sunting sumber]

Kamichu! diadaptasi menjadi manga yang serialisasikan oleh MediaWorks di Dengeki Daioh, sebuah majalah manga shōnen, dan dikoleksikan di dalam dua volume tankōbon.

Terdapat empat belas episode ditambah satu episode pendek di serial manga. Empat episode panjang terdiri dari dua bagian (02+03, 04+05, 09+10, 12+13).  

# Judul
01 Transkripsi : "Seishun no Ijiwaru" (青春のいじわる)
02 Transkripsi : "Kami-sama Onegai ~ first part" (神様お願い〜前編)
03 Transkripsi : "Kami-sama Onegai ~ sequel" (神様お願い〜後編)
04 Transkripsi : "Sonna Tsumori ja Nakatta no ni ~ first part" (そんなつもりじゃなかったのに〜前編)
05 Transkripsi : "Sonna Tsumori ja Nakatta no ni ~ sequel" (そんなつもりじゃなかったのに〜後編)
06 Transkripsi : "koi no Kakuritsu 51%" ( 恋の確率51%)
07 Transkripsi : "Hoshi no Hana-taba" (星の花束)
08 Transkripsi : "Hitori ja Irare nai" (ひとりじゃいられない)
N-A Transkripsi : "Zen-ryaku, Michi no Ue yori" (前略、道の上より)
09 Transkripsi : "Kami-sama Help! ~ first part" (神様ヘルプ!〜前編)
10 Transkripsi : "Kami-sama Help! ~ sequel" (神様ヘルプ!〜後編)
11 Transkripsi : "Ie-nai Hito Koto" (言えないひとこと)
12 Transkripsi : "Tomodachi no Kankei ~ first part" (トモダチの関係〜前編)
13 Transkripsi : "Tomodachi no Kankei ~ sequel" (トモダチの関係〜後編)
14 Transkripsi : "Gakuen Tengoku" (学園天国)
15 Transkripsi : "Jun-ai Countdown" (純愛カウントダウン)
16 Transkripsi : "Kami-sama no Timing" (神様のタイミング)
17 Transkripsi : "Kumori Nochi-Hare" (曇り、のち晴れ)
18 Transkripsi : "Hora ne, Haru ga Kita" (ほらね、春が来た)

Musik[sunting | sunting sumber]

Terdapat Tiga CD Kamichu! yang dirilis:

  1. アイスキャンディー Maxi - 2005-08-24 [6]
  2. 晴れのちハレ! Maxi - 2005-08-24 [7]
  3. Kamichu OST - 2005-10-26 [8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Arahitogami: Informasi Tambahan mengenai manusia yang menjadi Dewa/i pada kepercayaan Shinto

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Santos, Carlo (May 31, 2006). "Kamichu! DVD 1 - Review". Anime News Network. Diakses tanggal May 14, 2019. 
  2. ^ "Award-winning Works". Japan Media Arts Plaza. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2012. Diakses tanggal January 8, 2007. 
  3. ^ Episode 14 contains a scene in which Yurie is reading a newspaper with date printed as January 1st, 1984.
  4. ^ Galat untuk menggunakan Templat:cite press release: Parameter title harus jelas
  5. ^ "Funimation Confirms Some Geneon Licenses Have Expired". Anime News Network. 2011-08-17. Diakses tanggal 2011-08-20. 
  6. ^ アイスキャンディー (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2007-10-19. 
  7. ^ 晴れのちハレ! (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2007-10-19. 
  8. ^ かみちゅ! オリジナル・サウンドトラック (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2007-10-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]