Spider-Man (film 2002)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Spider-Man (film))
Lompat ke: navigasi, cari
Spider-Man
Spider-Man2002Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Sam Raimi
Produser Laura Ziskin
Ian Bryce
Skenario David Koepp
Berdasarkan Spider-Man 
oleh Stan Lee
Steve Ditko
Pemeran
Musik Danny Elfman
Sinematografi Don Burgess
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
  • 3 Mei 2002 (2002-5-3) (Amerika Serikat)
  • 22 Mei 2002 (2002-5-22) (Indonesia)
Durasi
121 menit
Bahasa Inggris
Anggaran $140 juta
Pendapatan kotor $821.7 juta[1]

Spider-Man adalah film pahlawan super Amerika Serikat yang disutradarai oleh Sam Raimi dan ditulis oleh David Koepp. Didasarkan pada karakter fiksi Marvel Comics, Spider-Man. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire sebagai Peter Parker, seorang siswa SMA yang berubah menjadi pemberantas kejahatan setelah mengembangkan kekuatan seperti laba-laba. Spider-Man juga dibintangi oleh Willem Dafoe sebagai Norman Osborn (a.k.a Green Goblin), Kirsten Dunst sebagai Mary Jane Watson, dan James Franco sebagai Harry Osborn.

Setelah kemajuan dalam film terhenti selama hampir 25 tahun, lisensi tersebut dilisensi untuk rilis di seluruh dunia oleh Sony Pictures Entertainment pada tahun 1999 setelah mendapat opsi dari MGM pada semua skrip sebelumnya yang dikembangkan oleh Cannon Films, Carolco dan New Cannon. Berolahraga pilihannya hanya pada dua elemen dari akuisisi multi-script (skenario berbeda ditulis oleh James Cameron, Ted Newsom, John Brancato, Barney Cohen dan "Joseph Goldman"), Sony mempekerjakan David Koepp untuk membuat skenario kerja (dikreditkan sebagai Cameron), dan Koepp menerima satu-satunya kredit dalam penagihan akhir. Direktur Roland Emmerich, Ang Lee, Chris Columbus, Jan de Bont, M. Night Shyamalan, Tony Scott dan David Fincher dianggap mengarahkan proyek tersebut sebelum Raimi dipekerjakan sebagai sutradara pada tahun 2000. Skrip Koepp ditulis ulang oleh Scott Rosenberg saat masa praproduksi dan menerima polesan dialog dari Alvin Sargent selama produksi.

Pembuatan film berlangsung di Los Angeles, dan New York City dari tanggal 8 sampai 30 Juni 2001. Spider-Man ditayangkan perdana di Filipina pada tanggal 30 April 2002, dan kemudian dibebaskan secara umum di Amerika Serikat pada tanggal 3 Mei 2002. Sukses kritis dan finansial. Untuk sementara, itu adalah satu-satunya film yang mencapai $100 juta di akhir pekan pertama, memiliki akhir pekan pembukaan terbesar sepanjang masa, dan merupakan film paling sukses berdasarkan sebuah buku komik. Dengan $821,7 juta di seluruh dunia, ini merupakan film terlaris ketiga di tahun 2002 dan merupakan film terlaris ke-56 sepanjang masa (ketujuh pada saat rilis). Film ini dinominasikan pada upacara Academy Awards ke-75 untuk Best Visual Effects dan Best Sound Mixing. Karena keberhasilan film tersebut, Columbia Pictures dan Marvel merilis dua sekuel, Spider-Man 2 pada tahun 2004, dan Spider-Man 3 pada tahun 2007.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Peter adalah anak laki-laki akademis yang cemerlang namun tidak kompeten yang digigit seekor laba-laba yang dimodifikasi secara genetik dan memiliki kemampuan seperti laba-laba. Maguire bermain sebagai Peter pada bulan Juli 2000,[2] telah menjadi pilihan utama Raimi untuk peran tersebut setelah dia melihat The Cider House Rules.[3] Studio awalnya ragu untuk memberika peran seseorang yang sepertinya tidak sesuai dengan peringkat "memompa adrenalin, tail-kicking titans",[2] namun Maguire berhasil mengesankan eksekutif studio dengan audisi.
Ilmuwan, insinyur, miliarder, pendiri dan pemilik Oscorp yang menguji penambah kekuatan yang tidak stabil pada dirinya sendiri dan menjadi Green Goblin yang gila dan kuat. Tidak menyadari identitas sejati Spider-Man, dia juga menganggap dirinya sebagai sosok ayah bagi Peter, mengabaikan anaknya sendiri, Harry. Dafoe memerankan sebagai Osborn pada bulan November 2000,[4] setelah Nicolas Cage, John Malkovich, dan John Travolta menolak peran tersebut.[5][6] Dafoe bersikeras mengenakan kostum yang tidak nyaman karena ia merasa stuntman tidak akan menyampaikan bahasa tubuh karakter yang diperlukan. Setelan 580 pakaian itu membutuhkan waktu setengah jam untuk dipasang.[7]
Gadis di mana Peter Parker telah mengembangkan naksir sejak ia berusia enam tahun. Mary Jane memiliki ayah yang kasar, dan bercita-cita menjadi aktris, tapi menjadi pelayan restoran yang sedang berlari, sebuah fakta yang dia sembunyikan dari pacarnya, Harry. Sebelum Raimi memberi Dunst, dia telah menyatakan minatnya untuk casting Alicia Witt.[8] Dunst memutuskan untuk mengikuti audisi setelah mengetahui bahwa Maguire telah memainkan peran, merasa film ini akan memiliki nuansa yang lebih independen.[9] Dunst mendapatkan perannya sebulan sebelum syuting dalam audisi di Berlin.[7]
Teman terbaik Peter Parker dan putra Norman. Sebelum berperan sebagai teman Peter, Franco telah menguji layar Spider-Man sendiri.[10]
Suami May Parker dan paman Peter Parker, seorang tukang listrik yang sedang mencoba mencari pekerjaan baru. Dia memberi tahu Peter sebuah nasihat penting tentang tanggung jawab karena kekhawatiran akan perubahan perilaku sebelum terbunuh oleh seorang carjacker yang Peter gagal untuk berhenti, dan meninggalkan Peter dengan pesan, "Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar."
Istri Ben Parker dan bibi Peter Parker yang mendukung cinta Peter kepada Mary Jane.
Pemilik / penerbit Daily Bugle yang kesal dan kikir yang membenci Spider-Man. Meskipun demikian, dia memiliki sisi baik dan memberi Peter foto Spider-Man, dan menolak memberi tahu Green Goblin indentitas sang fotografer.
Seorang atlet sekolah menengah yang menjijikkan yang menggertak Peter, dan dikalahkan dalam perkelahian setelah Peter mewarisi kekuatan laba-labanya.
Editor ramah di Daily Bugle, yang terkadang membantu Peter.
Penjahat yang merampok manajer gulat yang menolak untuk membayar Peter Parker untuk penampilan di atas ring dan kemudian membunuh Ben Parker saat dia membunuhnya saat melarikan diri. Dia terbunuh dalam jatuhnya dari jendela saat dihadapkan oleh Peter.
Seperti yang terlihat pada komik Spider-Man masa lalu, Betty Brant adalah sekretaris Jameson yang memiliki sedikit kelemahan untuk Peter.
Seorang ilmuwan yang dipekerjakan oleh Oscorp yang membantu Norman Osborn dalam mengembangkan Human Performance Enhancer yang akhirnya mengubah Osborn di Green Goblin yang membunuhnya.
Seorang pegulat yang mengalahkan Spider-Man dalam pertandingan kandang di turnamen gulat.
  • Octavia Spencer sebagai gadis check-in yang menandatangani Peter Parker dalam pertandingan gulat dan memperingatkannya bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas cedera yang akan dia timbulkan.
  • Lucy Lawless sebagai wanita Punk Rock.

Sequel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2003, Sony mengungkapkan bahwa sekuel Spider-Man sedang dalam pengembangan, dan akan diproduksi dan disutradarai oleh Sam Raimi. Pada tanggal 15 Maret 2003, sebuah trailer mengungkapkan bahwa film tersebut, Spider-Man 2, akan dirilis pada 30 Juni 2004. Spider-Man 3, sekuel kedua Spider-Man dan film terakhir dalam seri yang akan disutradarai oleh Raimi, dirilis pada tanggal 4 Mei 2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Spider-Man (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 5 Februari 2009. 
  2. ^ a b Fleming, Michael; Claude Brodesser (July 31, 2000). "Maguire spins 'Spider-Man'". Variety. Diakses tanggal 2007-01-22. 
  3. ^ Chris Hewitt, Simon Braund (July 2002). "Spider-Man". Empire. pp. 58–62. 
  4. ^ "More Spider-Man Casting News: Dafoe Is Green Goblin". IGN. November 17, 2000. Diakses tanggal 2007-01-23. 
  5. ^ Aames, Ethan (September 18, 2004). "Interview: Nicolas Cage on National Treasure". Cinema Confidential. Diakses tanggal 2007-10-10. 
  6. ^ "Malkovich Says No To Spidey". Sci Fi Wire. November 6, 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2007. Diakses tanggal 2007-01-23. 
  7. ^ a b Hughes, David (2003). Comic Book Movies. London: Virgin Books. pp. 235–241. ISBN 0-7535-0767-6. 
  8. ^ Rebecca Ascher-Welch (October 20, 2000). "Reel World". Entertainment Weekly. 
  9. ^ "Actress Paltrow hopes to play Debbie Harry". Reuters. 29 Maret 2007. Diakses tanggal 2007-04-27. 
  10. ^ "Spider-Man – Do We Have the Son of the Green Goblin Here?". IGN. 6 Oktober 2000. Diakses tanggal 2007-01-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]