Rave (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rave Master)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rave
Rave Vol 1.jpg
Gambar sampul manga Rave volume pertama
レイヴ
(Reivu)
GenrePetualangan,[1] fantasi[2]
Manga
PengarangHiro Mashima
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Terbit21 Juli 19999 September 2005
Volume35 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraTakashi Watanabe
MusikKenji Kawai
StudioStudio Deen
Pelisensi
Saluran
asli
TBS
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 13 Oktober 2001 28 September 2002
Episode51 (Daftar episode)
Permainan
PengembangKonami
PenerbitKonami
GenreLaga, pertarungan
PlatformGameCube
Rilis
  • JP: 20 Maret 2002
  • NA: 8 Maret 2005
Permainan
Rave Master: Special Attack Force
PengembangKCEJ
PenerbitKonami
GenreLaga, pertarungan
PlatformGame Boy Advance
Rilis
  • JP: 29 September 2002
  • NA: 8 Maret 2005
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Rave Master, atau Rave (bahasa Jepang: レイヴ, Hepburn: Reivu, diromanisasi menjadi RAVE) di Jepang dan juga dikenal di sana sebagai The Groove Adventure Rave, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Ceritanya mengisahkan tentang Haru Glory, seorang remaja yang sedang mencari lima bagian dari batu suci Rave, dalam rangka membawa kedamaian di dunia dengan mengalahkan kelompok kriminal Demon Card. Mashima membuat seri ini berdasarkan ide bepergian di seluruh dunia dan tercerminkan dalam sulitnya proses serialisasi dari manga ini, karena durasi terbitnya yang cukup lama.

Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Magazine sejak tanggal 21 Juli 1999 hingga 10 Juli 2005, dan diterbitkan dalam bentuk tiga puluh lima volume tankōbon oleh Kodansha. Seri manga ini telah dilisensikan untuk dirilis dalam versi bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Tokyopop hingga Kodansha mengizinkan kontrak mereka berakhir. Seri ini juga telah diadaptasi menjadi seri anime sebanyak lima puluh satu episode yang diproduksi oleh Studio Deen. Anime-nya mulai tayang di TBS sejak tanggal 13 Oktober 2001 hingga 28 September 2002. Tokyopop juga melisensi anime-nya yang mulai tayang di Cartoon Network di Amerika Serikat pada tanggal 5 Juni 2004 sebagai bagian dari blok pemrograman Toonami, dan ditayangkan ulang di Syfy pada tahun 2009.

Seri manga ini pada umumnya menerima tanggapan publik yang positif, dengan pujian yang umumnya ditujukan kepada alur cerita dan kualitas gambarnya. Di sisi lain, adaptasi anime-nya dikritik atas beberapa penyuntingan yang dilakukan Tokyopop terhadap versi aslinya, sehingga menghasilkan dialog yang membingungkan serta musik yang tidak menarik.

Plot[sunting | sunting sumber]

Semua berawal pada tahun 0015 (tahun 10015 dibaca 0015), saat itu kekuatan yang dikenal sebagai "ibu" dari segala Dark Bring yakni Sinclaire, mengancam dunia. Shiba sebagai Rave Master pertama mencoba menghancurkan dengan pedangnya namun yang terjadi adalah Overdrive yakni sebuah ledakan besar yang menghancurkan sepersepuluh bagian dari dunia. Rave yang digunakan Shiba saat itu akhirnya terpencar menjadi 5 bagian akibat Overdrive dan Shiba hanya dapat mengambil satu bagian dari Rave tersebut. Namun, Shiba belum mampu menghancurkan Sinclaire dan hanya mampu melukainya.

50 tahun berlalu sejak itu, Haru Glory, seorang remaja yang tinggal di pulau Garage menemukan makhluk aneh yang mempunyai badan kecil serta hidung seperti bor. Haru diberitahu oleh Shiba bahwa itu adalah "Plue". Makhluk itu adalah makhluk yang menemani Rave Master sebagai Rave Warrior.

Tidak lama setelah itu, Feber, Anggota dari Demon Card (organisasi yang berencana menggunakan dark bring untuk menguasai dunia) menemukan Shiba dan meminta Shiba untuk memberikan Rave padanya. Shiba menolak dan akhirnya Feber menggunakan kekerasan. Shiba kemudian memberikan Rave pada Haru dan menyuruhnya kabur tetapi Haru menolak untuk kabur dan mencoba untuk menolong Shiba. Saat Feber mencoba untuk mengambil Rave dari Haru, Haru tiba-tiba mengeluarkan kekuatan Rave dengan pukulannya yang akhirnya Feber kalah dengan Explosion (Jurus Rave). Shiba terkejut sekaligus menyadari bahwa Haru telah dipilih oleh Rave untuk menjadi Rave Master kedua. Sejak hari itu Haru mulai mencari sisa bagian dari Rave dan memulai perjalanan untuk menghancurkan Demon Card.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Haru Glory: Tokoh utama dari dari cerita ini. Dia adalah Rave Master kedua. Pada awalnya Haru tidak mempunyai niat untuk bertualang kedunia. Namun demi mengalahkan Demon Card, Haru akhirnya pergi dan mencari Rave untuk mencapai ambisi tersebut.
  • Elie: Seorang wanita yang tidak mempunyai ingatan apapun termasuk namanya. Elie adalah nama yang diambil dari tatonya yang bertuliskan "3173", yang kalau dibaca kebalikan bertuliskan "ELIE". Elie adalah pemilik kekuatan Etherion tetapi Elie sendiri tidak mengerti bagaimana cara mengontrolnya dan Haru sebagai Rave Master berhasil menyegel kekuatan Etherion tersebut.
  • Hamrio Musica: Pemimpin bandit bernama "Silver Rhythm" yang mempunyai kekuatan sebagai "Silver Claimer", kekuatan untuk memanipulasi perak menjadi apapun.
  • Ruby: seekor pinguin yang bisa kemasukan dewa dan bisa mengeluarkan sihir.
  • Let: bangsa naga, awalnya dia adalah lawan haru, tetapi setelah dikalahkan Haru dia memutuskan untuk bergabung dengan team Haru, dia memiliki seorang kekasih bernama Julia yang juga merupakan bangsa naga.
  • Plue: seekor makhluk mirip anjing yang lucu dan sering disebut serangga oleh Elie, dengan hidungnya yang runcing ia dapat menghancurkan dark bring yang tidak dapat dihancurkan oleh ilmu perak musica sekalipun.
  • Griffon Kato: biasa dipanggil Griff oleh teman-temannya, dia sangat memuja Plue yang disering disebutnya dengan "master Plue". Sosoknya seperti gelembung biru yang aneh dengan mata dan banyak lengan. besarnya hampir sama dengan Plue tetapi Griff punya kemampuan bicara. Griff punya kemampuan berubah bentuk, seperti mengelembungkan badan dan memanjangkan lengannya. Di dalam grup mereka, Griff adalah penunjuk jalan (perpetaan).
  • Julia: Teman dari Let yang sesama bangsa naga. Ia mempunyai sifat yang gampang marah. Dahulu ketika ia menjadi naga, ia dikendalikan oleh Jegan.
  • Sieghart: Element Master, awalnya dia anggota Demon Card . Ia menjadi teman Haru ketika ia keluar dari Demon Card dan menyelamatkan Haru dari serangan Cracion Seis. Ikut bersama Haru dan Elie kembali ke masa lalu untuk mengetahui ingatan Elie yang hilang.
  • Vernica: Orang kedua yang memiliki kekuatan Aetherion .
  • Shiba:rave master pertama
  • Shuda:Merupakan mantan anggota demon card,yang menjadi teman haru setelah pertarungannya dengan haru,walaupun kehilangan satu tangannya dia adalah orang yang sangat hebat,ia memiliki dark bring ygg dragsill yang merupakan salah satu dark bring terkuat,ia juga mempunyai hubungan yang spesial dengan catteleya glory yang merupakn kaka dari haru glory

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama annraverev
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama scifirave

Pranala luar[sunting | sunting sumber]