Pokemon Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
  • Pokémon: Let's Go, Pikachu!
  • Pokémon: Let's Go, Eevee!
Berkas:Pokémon Let's Go, Pikachu!.jpg
Cover Let's Go, Pikachu!
PengembangGame Freak
Penerbit
PengarahJunichi Masuda
Produser
  • Shigeru Ohmori
  • Hitoshi Yamagami
  • Akira Kinashi
SenimanTakao Unno
Penulis
  • Hitomi Sato
  • Ryota Muranaka
Komponis musikShota Kageyama
SerialPokémon
PlatformNintendo Switch
Tanggal rilis16 November 2018[1]
GenrePermainan peran
ModePemain tunggal, Pemain jamak

Pokémon: Let's Go, Pikachu![2]dan Pokémon: Let's Go, Eevee![3] adalah permainan peran video yang dikembangkan oleh Game Freak dan diluncurkan oleh The Pokémon Company dan Nintendo. Permainan ini dimainkan di konsol Nintendo Switch.[4] Permainan ini merupakan pembuatan ulang dari permainan video tahun 1998 yaitu Pokémon Yellow. Permainan ini dapat diintegrasikan dengan permainan platform Android/iOS Pokémon Go dan mendukung pengontrol khusus Poké Ball Plus.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Pokémon: Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee! berada di wilayah Kanto. Terdapat 151 spesies Pokémon pertama dan spesies-spesies pokémon dari generasi selanjutnya beserta bentuk evolusi mega dan bentuk alolanya.

Pokémon: Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee! memiliki alur yang mirip dengan seri utama lainnya. Pemain dapat bertempur dengan karakter non-pemain, pemimpin gym, dan juara Liga Pokémon. Namun mekanisme penangkapan pokémon liar dalam seri ini lebih memiliki kesamaan dengan Pokémon Go daripada dengan seri utama lainnya. Trainer diharuskan melempar bola tanpa bertarung dengan pokémon liar menggunakan pengontrol Joy-Con.[5][6]

Permainan ini dapat dimainkan secara multiplayer kooperatif. Setiap pemain hanya membutuhkan satu Joy-Con per. Jika pemain lain mengguncang Joy-Con kedua, mereka bergabung dengan pemain utama dan dapat bertempur bersama melawan trainer Pokémon lainnya dan membantu penangkapan Pokémon liar. Ketika kedua pemain melempar bola pokémon secara bersamaan ada kemungkinan menggandakan peluang menangkap pokémon.

Pemain memulai permainan dengan pokémon pemulai (starter) Pikachu (Let's Go, Pikachu!) atau Eevee (Let's Go, Eevee!). Pokémon pemulai dapat bertengger di bahu pemain, mirip dengan "Pokémon berjalan" di Pokémon Yellow dan Pokemon HeartGold dan SoulSilver.[5] Pemain juga dapat memilih Pokémon lainnya untuk berjalan bersama mereka,[7] dan beberapa Pokémon yang lebih besar juga dapat ditunggangi, seperti pada seri X dan Y dan kemudian disempurnakan di Sun dan Moon. Kedelapan pemimpin gym dan anggota Elite Four dari game asli serta sindikat kriminal Tim Roket, termasuk Jessie, James dan Meowth dari seri anime juga muncul.

Salah satu fitur yang berbeda di Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee! adalah Pokémon liar muncul di dunia luar. Fitur ini berbeda dengan seri utama lainnya yaitu pemain tidak dapat melihat pokemon yang muncul di dunia luar dan harus menyusuri rumput, perairan, atau gua untuk bertemu dengan pokémon liar, mirip dengan Pokémon Go. Sistem penangkapan pokémon liar juga mirip dengan Pokémon Go, yaitu menangkap pokémon dengan bola pokémon yang dapat dibantu dengan pemberian beri.[8]

Pemain juga dapat melakukan evolusi terhadap pokémon, namun, seperti dalam Pokémon Yellow, pokémon starter Pikachu atau Eevee milik pemain tidak dapat berevolusi. Hanya Pokémon lain yang ditangkap pemain yang dapat berevolusi. Beberapa fitur, seperti pembiakan Pokemon dan Hidden Machines (HM), tidak ada dalam game.[9]

Sejak Pokémon X dan Y, Poin pengalaman (experience point—EXP) diberikan untuk Pokémon tidak hanya dengan mengalahkan Pokémon lawan tetapi juga dengan menangkap Pokemon liar. Namun, di kedua permainan ini, poin pengalaman didapatkan hanya dengan menangkap Pokémon liar dan dapat bertambah banyak dengan pengaruh berbagai bonus pengganda tergantung pada waktu melempar dan teknik yang digunakan untuk melempar Poké Ball. Seperti pada Pokémon Go, permainan ini juga memiliki item "permen," yang digunakan untuk memperkuat statistik Pokemon, seperti HP, Attack, Defense, Serangan Spesial (Special Attack), Pertahanan Spesial (Special Defence), dan Kecepatan. Berbagai jenis permen diberikan kepada pemain yang mentransfer Pokémon mereka ke Professor Oak melalui kotak penyimpanan. Permainan ini juga menerapkan fitur "Combat Power" (CP) seperti pada Pokémon Go . [10] [11]

Pemain juga dapat bertukar Pokémon (trade) dan bertarung dengan pemain lain baik lokal maupun online, dengan fitur online yang berbeda dengan seri sebelumnya. Beberapa fitur termasuk Global Trade System (GTS), Wonder Trade, dan Battle Spot tidak ada dalam Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!. Pemain saling terhubung dengan memasukkan kode yang terbuat dari 3 nama pokémon untuk bertukar Pokémon dengan atau bertarung satu sama lain.[10] Pemain juga dapat mentransfer Pokemon generasi pertama bentuk asli dan bentuk Alola dari Pokémon Go ke Let's Go, Pikachu! atau Let's Go, Eevee!. Mereka kemudian muncul di Go Park; lokasi dalam permainan tempat pemain dapat berinteraksi atau menangkap Pokemon yang berjalan di sekitarnya.[11][9]

Permainan ini dapat dimainkan menggunakan pengontrol opsional, Poké Ball Plus. Bentuknya mirip Poké Ball. Dalam presentasi Nintendo Direct E3 2018 pada 12 Juni 2018, diumumkan bahwa Poké Ball Plus akan diluncurkan bersama dengan Mew yang dapat ditransfer ke permainan.[12][13]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pokémon: Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee! diumumkan saat konferensi pers di Jepang pada 30 Mei 2018. Target Mereka diutamakan untuk audiens yang lebih muda dan yang baru mengenal franchise Pokémon.[14][15] Pada saat pengumuman, direktur game, Junichi Masuda menyebutkan bahwa game tersebut telah dikembangkan selama sekitar dua tahun.[16] Junichi Masuda juga menyatakan bahwa permainan itu merupakan remake dari Pokemon Yellow.[5]

Masuda menyatakan bahwa ia memutuskan untuk menjadikan Eevee sebagai maskot dari game kedua karena kepopulerannya dan banyaknya fan art. Sebelumnya Masuda memilih untuk memasukkan Psyduck tetapi akhirnya berubah pikiran, karena warna Psyduck sama dengan Pikachu.[17]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dirilis secara internasional pada 16 November 2018. Bundel game dengan pengontrol Poké Ball Plus diumumkan,[18] serta bundel konsol Nintendo Switch, Joy-Con berwarna emas dan kuning, dan dock dengan cover Eevee dan Pikachu. [19]

Pada 21 September 2018, Amazon mulai membuka pre-order untuk Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!.[20]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokémon: Let's Go, Pikachu! And Let's Go, Eevee! Confirmed For November 16 Release". Nintendo Soup. May 30, 2018. Diakses tanggal August 5, 2018. 
  2. ^ ポケットモンスター Let's Go! ピカチュウ Poketto Monsutā Let's GO! Pikachū
  3. ^ ポケットモンスター Let's Go! イーブイ Poketto Monsutā Let's GO! Ībui
  4. ^ "トップページ|『ポケットモンスター Let's Go! ピカチュウ』『ポケットモンスター Let's Go! イーブイ』公式サイト". ポケットモンスターオフィシャルサイト. Diakses tanggal 2018-10-11. 
  5. ^ a b c Frank, Allegra (May 29, 2018). "Pokémon Let's Go! launches on Nintendo Switch in November". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 30, 2018. Diakses tanggal May 30, 2018. 
  6. ^ Plagge, Kallie (May 29, 2018). "Pokemon Let's Go Pikachu And Let's Go Eevee Announced For Nintendo Switch". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 30, 2018. Diakses tanggal May 30, 2018. 
  7. ^ Farokhmanesh, Megan (June 12, 2018). "Pokémon: Let's Go is a simple game improved by its pricey pokéball controller". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2018. Diakses tanggal June 13, 2018. 
  8. ^ Souppouris, Aaron (June 14, 2018). "'Pokémon: Let's Go, Pikachu!' doesn't feel like a remake". Engadget. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 19, 2018. Diakses tanggal June 19, 2018. 
  9. ^ a b Plagge, Kallie (June 12, 2018). "Pokemon Let's Go Pikachu, Eevee: Everything We Know So Far". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2018. Diakses tanggal June 13, 2018. 
  10. ^ a b Tapsell, Chris (June 12, 2018). "Pokémon Let's Go Pikachu and Eevee release date, confirmed feature list, plus everything we know about the 2019 Pokémon Switch RPG". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2018. Diakses tanggal June 14, 2018. 
  11. ^ a b Osborn, Alex (June 12, 2018). "E3 2018: New Pokemon Let's Go Pikachu and Eevee Gameplay Details". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 19, 2018. Diakses tanggal June 19, 2018. 
  12. ^ "Nintendo Puts Mew in Every PokeBall Plus for Pokemon: Let's Go". Comic Book (WWG). Diakses tanggal June 12, 2018. 
  13. ^ "Poké Ball™ Plus". pokeballplus.nintendo.com. Nintendo of America. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 19, 2018. Diakses tanggal June 19, 2018. 
  14. ^ Farokhmanesh, Megan (May 29, 2018). "Two new Pokemon RPGs are coming to the Switch this November". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 30, 2018. Diakses tanggal May 30, 2018. 
  15. ^ Farokhmanesh, Megan (May 29, 2018). "Another Pokémon game is still coming in 2019". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 30, 2018. Diakses tanggal May 30, 2018. 
  16. ^ Plagge, Kallie (June 29, 2018). "Everything We Know About Pokemon Let's Go Pikachu And Eevee". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal July 21, 2018. 
  17. ^ Farokhmanesh, Megan (May 30, 2018). "Eevee's starring role in Pokémon: Let's Go was inspired by fan art". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 30, 2018. Diakses tanggal May 31, 2018. 
  18. ^ Wallaca, Jamie (June 13, 2018). "Let's Go Pikachu and Eevee bundles including Poké Ball Plus emerge". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2018. Diakses tanggal June 14, 2018. 
  19. ^ "Pokémon: Let's Go-themed Switch turns Eevee and Pikachu into Joy-Con". The Verge. Diakses tanggal September 10, 2018. 
  20. ^ "Nintendo Switch 'Pokemon Let's Go' Pikachu and Eevee Bundles Finally Hit Amazon". WWG. Diakses tanggal 2018-09-25.