Ekonomi terencana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perencanaan sentral)
Lompat ke: navigasi, cari

Templat:Sistem ekonomi

Ekonomi terencana adalah sistem ekonomi yang mengatur jalannya produksi dan investasi yang diatur dalam sebuah rencana yang dirumuskan oleh otoritas pusat, yang biasanya adalah sebuah badan publik seperti badan pemerintahan.[1][2] Istilah tersebut juga sering disebut sebagai "ekonomi komando". Meskipun ekonomi terencana dapat berdasar pada bentuk sentralisasi atau desentralisasi perencanaan ekonomi, istilah tersebut selalu merujuk kepada ekonomi terencana secara sentral.

Ekonomi terencana selalu dikategorisasikan sebagai bagian dari sosialisme, dan dalam sejarah didukung dan diimplementasikan oleh negara sosialis Marxis-Leninis. Ekonomi terencana berlawanan dengan ekonomi tak terencana, seperti ekonomi pasar

Meskipun kebanyakan ekonomi-ekonomi pada saat ini menggunakan ekonomi campuran berbasis pasar (yang hanya sebagian yang terencana), ekonomi terencana secara penuh jenis Soviet masih dijalankan di Kuba, Korea Utara dan Laos.[3]

Perencanaan ekonomi versus ekonomi komando[sunting | sunting sumber]

Hubungan dengan ekonomi sosialis[sunting | sunting sumber]

Transisi dari ekonomi terencana ke ekonomi pasar[sunting | sunting sumber]

Penggambaran fiksi ekonomi terencana[sunting | sunting sumber]

Novel 1888 Looking Backward karya Edward Bellamy menggambarkan sebuah ekonomi terencana fiksi di Amerika Serikat pada sekitar tahun 2000 yang telah menjadi sebuah utopia sosialis.

Negara Dunia dalam Brave New World karya Aldous Huxley dan Airstrip One dalam Nineteen Eighty Four karya George Orwell adalah contoh fiksi dari ekonomi komando

Penggambaran sastra lainnya dari ekonomi terencana adalah We karya Yevgeny Zamyatin, yang terinspirasi oleh novel Orwell. Seperti Nineteen Eighty Four, kisah distopia Anthem karya Ayn Rand juga merupakan sebuah penggambaran artistik dari ekonomi komando yang terinspirasi dari We. Perbedaannya adalah karya tersebut memakai ekonomi terencana yang primitif, berketerbalikan dengan teknologi maju dari We atau Brave New World.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Studi-studi kasus

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alec Nove (1987), "planned economy," The New Palgrave: A Dictionary of Economics, v. 3, pp. 879–80.
  2. ^ Lihat Myant, Martin; Jan Drahokoupil (2010). Transition Economies: Political Economy in Russia, Eastern Europe, and Central Asia. Hoboken, New Jersey: Wiley. ISBN 978-0-470-59619-7. 
  3. ^ von Brabant, Jozef M. (1992). The Planned Economies and International Economic Organizations. New York: Cambridge University Press. hlm. 16. ISBN 0-521-38350-1. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]