Museum Gedung Sate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Gedung Sate
Peta
Didirikan2017
LokasiJl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
JenisMuseum
Situs webhttps://museum.kemdikbud.go.id/museum/profile/museum+gedung+sate

Museum Gedung Sate adalah sebuah museum yang berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini dibangun khusus untuk menjelaskan tentang sejarah Gedung Sate. Informasi lain yang disampaikan tentang Kota Bandung dan provinsi Jawa Barat.

Konsep pemberian informasi pada museum ini menggunakan teknologi media interaktif. Peresmian museum diadakan pada tanggal 8 Desember 2017 oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Lokasi museum berada di bagian timur Gedung Sate. Museum Gedung Sate berada di titik koordinat: 6°54’09.5” Lintang Selatan dan 107°37’09.0” Bujur Timur. Akses ke museum dapat dari arah Bandar Udara Husein Sastranegara (5,4 km). Bila dengan kereta api dapat dari Stasiun Bandung (2,9 km) atau Stasiun Kiaracondong (5,2 km). Museum ini dapat pula dicapai dari Terminal Leuwipanjang (7,2 km).[1]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Konsep yang diberikan oleh Museum Gedung Sate adalah mengenai gaya arsitektur dan nilai sejarah dari gedung sate. Penerapan konsep diadakan secara bertahap mulai dari tahap prolog, eksplorasi hingga kontemplasi. Nilai sejarah disampaikan dengan teknologi digital yang interaktif. Beberapa teknologi yang digunakan ialah layar sentuh yang menampilkan informasi melalui grafis. Tiap pengunjung diberikan kesempatan untuk memakai kacamata realitas virtual. Tujuannya adalah memberikan gambaran tiga dimensi tentang gedung sate. Ruangan lainnya menyediakan teknologi realitas berimbuh yang membuat pengunjung seolah-olah ikut dalam pembangunan Gedung Sate. Beberapa teknologi lainnya digunakan untuk menjelaskan bahan bangunan yang dipakai dalam Gedung Sate seperti pilar, kusen, tangga, desain eksterior dan desain interior Gedung Sate.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusmiyati, dkk. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid I (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. hlm. 330–331. ISBN 978-979-8250-66-8. 
  2. ^ Pemerintah Provinsi Jawa Barat (18 Desember 2017). "Museum Gedung Sate Sudah Jadi Destinasi Wisata Favorit". jabarprov.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-09. Diakses tanggal 10 Juli 2021.