Museum Sonyine Malige

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Sonyine Malige
Peta
Didirikan1982
LokasiJalan Raya Sio-sio, Kelurahan Sio-Sio, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan
JenisMuseum
Situs webhttps://kapita.malutprov.go.id/museum-sonyine-malige

Museum Sonyine Malige adalah museum yang menyimpan koleksi benda berharga milik sultan dan para bangsawan dari Kesultanan Tidore. Pembangunan museum berasal dari hibah masyarakat Tidore. Koleksi dalam museum ini berasal dari pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah. Luas lahan museum adalah 800 m2, tetapi gedung museum hanya menggunakan lahan seluas 300 m2. Museum Sonyine Malige diresmikan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Indonesia, yaitu Haryati Soebadio pada tahun 1982. Koleksi utama dalam museum ini adalah mahkota Sultan Tidore, pakaian adat, cap kesultanan, peralatan perang, Al-Qur'an, kerajinan dari tembikar, miniatur rumah adat, peralatan penempa besi, dan peralatan berburu.[1] Museum Sonyine Malige terletak di Jalan Raya Sio-sio, Kelurahan Sio-Sio, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan. Museum ini dapat dicapai melalui Pelabuhan Trikora sejauh 3,9 km dan dari pelabuhan Rum Balibunga sejauh 22,5 km.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Album Budaya (2012). Direktori Museum Indonesia (PDF). Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 782–783. 
  2. ^ Rusmiyati; et al. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid II (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 416. ISBN 978-979-8250-67-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]