Museum Purbakala Provinsi Gorontalo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Purbakala Provinsi Gorontalo
Peta
Didirikan2017
LokasiJalan By Pass, Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo
JenisMuseum
Situs webhttps://museum.gorontaloprov.go.id/
Salah satu bagian gedung Museum Purbakala Provinsi Gorontalo tampak dari luar

Museum Purbakala Provinsi Gorontalo adalah sebuah museum yang terletak di Jalan By Pass, Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia berada di titik koordinat: 00 32’ 09” Lintang Utara dan 1230 04’ 43” Bujur Timur. Akses ke museum dapat dari Bandar Udara Djalaluddin (33 km), dari Terminal 42 Andalas (7,7 km), atau dari Pelabuhan Gorontalo (4,3 km). Pembangunan Museum Purbakala Provinsi Gorontalo didanai oleh pemerintah provinsi Gorontalo melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Penganggaran dan pembangunan museum dimulai sejak tahun 2010.[1]

Luas lahan pembangunan Museum Purbakala Provinsi Gorontalo kurang lebih satu hektare. Pada bulan Januari 2015, struktur organisasi Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dibentuk melalui Peraturan Gubernur Nomor 59 Tahun 2014. Struktur organisasi ini kemudian diperbarui melalui Peraturan Gubernur Nomor 63 Tahun 2017 tentang Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dikelola oleh UPTD Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Provinsi Gorontalo.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Lobby Museum Purbakala Provinsi Gorontalo

Museum ini memamerkan koleksi benda yang berkaitan dengan sejarah dan budaya di Provinsi Gorontalo. yakni berhubungan dengan etnografi, numismatika, filologi, dan seni rupa. Informasi umum yang dapat diperoleh di dalam museum adalah sejarah perkembangan dan keragaman budaya yang ada di provinsi Gorontalo. Museum Purbakala Provinsi Gorontalo.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Koleksi yang dipamerkan oleh Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para peserta didik di Provinsi Gorontalo. Pemerintah Daerah Gorontalo bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengadakan pembelajaran nyata di dalam museum tentang benda purbakala.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusmiyati, dkk. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid II (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. hlm. 352. ISBN 978-979-8250-67-5. 
  2. ^ kemenag.go.id. "Peserta Didik MTsN 3 Kabgor Belajar dan Tamasya di Museum Purbakala". gorontalo.kemenag.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-11. Diakses tanggal 10 Juli 2021. 
  3. ^ "koleksi - MUSEUM". Diakses tanggal 2023-09-20.