Bharatawarsha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peta "Bharatawarsha" (India Kuno) atau wilayah kekuasaan Maharaja Bharata

Bharatawarsha adalah istilah yang digunakan untuk menyebut daratan India pada zaman dahulu kala. Istilah tersebut terkenal dalam susastra Hindu seperti Mahabharata, Ramayana, dan lain sebagainya. “Bharatawarsha” berarti “wilayah Raja Bharata”. Disebut demikian karena menurut legenda, Bharata dianggap sebagai Raja yang pertama kali menaklukkan kerajaan-kerajaan di wilayah India, dan wilayah India sekarang dianggap sebagai wilayah kekuasaan Raja Bharata terdahulu. Istilah tersebut seringkali hanya muncul dalam susastra Hindu saja.

Menurut Mahābhārata, Bharatawarsha dikelilingi oleh tujuh gunung yang terkenal, yaitu: Mahendra, Malaya, Sahya, Suktimat, Windhya, Rikshawat, dan Paripatra. Selain daripada itu terdapat ribuan gunung yang belum teridentifikasi. Di Bharatawarsha terdapat berbagai macam ras dan tempat-tempat yang eksotik. Ras yang terkenal adalah Arya, Dravida, dan Mleccha. Sungai-sungai besar mengalir di Bharatawarsha, seperti: Gangga, Sindhu, Saraswati, Yamuna, Godawari, Narmada, dll.

Meskipun ras yang tinggal di Bharatawarsha sebagian besar manusia, beberapa di antaranya memiliki kemampuan luar biasa seperti makhluk supernatural. Ras tersebut misalnya: Asura (meliputi Detya, Danawa, dan Kalakeya), Pisacha, Gandharva, Kimpurusha, Kinnara, Wanara, Suparna, Rakshasa, Bhuta dan Yaksha. Sebagian besar tinggal di wilayah Himalaya dan mendirikan kerajaan di sana.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]