Bendera di Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bendera Asia)
Peta Asia dengan bendera nasional, tidak termasuk wilayah yang bergantung dan negara bagian yang diakui sebagian.

Ini adalah galeri bendera internasional dan bendera nasional yang digunakan di Asia.

Bendera supranasional dan internasional[sunting | sunting sumber]

Daftar lengkap bendera yang mewakili organisasi internasional dan supranasional intra-Asia, yang menghilangkan organisasi antarbenua seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa:

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1945 – Bendera Liga Arab. Bendera Liga Negara-negara Arab adalah dua cabang zaitun dan 22 mata rantai yang melingkari bulan sabit dan nama lengkap organisasi (ditulis dalam bahasa Arab).

Liga Arab adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara-negara di dunia Arab di Afrika Utara dan Asia Barat Daya. Sebagian besar, meskipun tidak semua negara ini menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi mereka dan dikonkretkan di laut Mediterania, dan negara-negara laut Arab. Tujuannya adalah untuk menemukan cara bagi negara-negara untuk memiliki persatuan dan bekerja sama untuk memecahkan masalah mereka.

1997 – Bendera Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara. Bendera Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara berwarna biru dengan lambang organisasi di tengahnya. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi internasional.

Pada Agustus 1967, Malaysia, Thailand, Indonesia, Singapura, dan Filipina membentuk ASEAN. Saat itu, komunisme sedang tumbuh di Vietnam, dan kelima negara ini juga menghadapi masalah di dalam negaranya sendiri. Saat ini ASEAN terdiri dari sepuluh negara, yang terakhir dan Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam dan Myanmar.

1991 – Bendera Persemakmuran Negara-Negara Merdeka. Bendera Persemakmuran Negara-Negara Merdeka berwarna biru dengan lambang organisasi di tengahnya. Pada bulan Desember 1991, para pemimpin Rusia, Belarus, dan Ukraina bertemu di cagar alam bernama Belovezhskaya Pushcha di Belarus.
1981 – Bendera Dewan Kerjasama untuk Negara-negara Teluk Arab Awalnya (dan masih dalam bahasa sehari-hari) dikenal sebagai Dewan Kerjasama Teluk (GCC; Arab: مجلس التعاون الخليجي), adalah persatuan politik dan ekonomi regional antar pemerintah yang terdiri dari lima negara semenanjung Arab kecuali Yaman.
1985 – Bendera Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional (SAARC) adalah organisasi antar pemerintah regional dan persatuan geopolitik negara-negara di Asia Selatan. Negara anggotanya adalah: Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.
1985 – Bendera Organisasi Kerja Sama Ekonomi Organisasi Kerjasama Ekonomi atau ECO adalah organisasi antar pemerintah politik dan ekonomi Asia yang didirikan pada tahun 1985 di Teheran oleh para pemimpin Iran, Turki dan Pakistan. Ini menyediakan platform untuk membahas cara-cara untuk meningkatkan pembangunan dan mempromosikan peluang perdagangan dan investasi.
2011 – Bendera Organisasi Kerja Sama Islam Bendera Organisasi Kerjasama Islam berwarna putih dengan bulan sabit hijau dan bola dunia, dengan Ka'bah di tengah bola dunia. Organisasi Kerjasama Islam adalah sebuah kelompok internasional. Ini memiliki lebih dari 55` negara anggota. Organisasi ini mencoba untuk menjadi suara dunia Muslim. Mereka berusaha menjaga kepentingan dan kemajuan serta kesejahteraan umat Islam.
1960 – Bendera Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi Bendera Organisasi Negara Pengekspor Minyak adalah latar belakang biru dengan akronim 'OPEC' dalam huruf putih bergaya. OPEC, Organisasi Negara Pengekspor Minyak adalah sebuah organisasi internasional. Sejak tahun 1965, markas besar OPEC berada di Wina, Austria. OPEC didirikan pada September 1960 di Bagdad, Irak.
2012 – Bendera Dewan Turkik Organisasi Negara-Negara Turki (OTS), sebelumnya disebut Dewan Turki atau Dewan Kerjasama Negara-Negara Berbahasa Turki, adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang terdiri dari negara-negara Turki independen terkemuka: Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Turki, dan Uzbekistan. Ini adalah organisasi antar pemerintah yang tujuan utamanya adalah mempromosikan kerja sama komprehensif di antara negara-negara berbahasa Turki. Pertama kali diusulkan oleh Presiden Kazakh Nursultan Nazarbayev pada tahun 2006, didirikan pada tanggal 3 Oktober 2009, di Nakhchivan. Sekretariat Jenderal berada di Istanbul.

Bendera negara berdaulat Asia[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1997 – 2001
2021 –
Bendera Afganistan Imarah Islam: Diadopsi kembali pada tahun 2021, Syahadat berwarna hitam dengan latar belakang putih
1918 – 1920
1991 –
Bendera Armenia[a] Setelah memperoleh kemerdekaan, Republik Armenia Pertama mengadopsi tiga warna Armenia modern. Pemerintah Armenia merdeka memilih warna yang digunakan selama periode terakhir Dinasti Rubenid, merah, biru dan kuning. Merah melambangkan Dataran Tinggi Armenia, perjuangan berkelanjutan rakyat Armenia untuk bertahan hidup, pemeliharaan iman Kristen, kemerdekaan dan kebebasan Armenia. Biru melambangkan keinginan rakyat Armenia untuk hidup di bawah langit yang damai. Oranye melambangkan bakat kreatif dan sifat pekerja keras rakyat Armenia.
1918 – 1920
1991 –
Bendera Azerbaijan[a] Awalnya diadopsi pada tahun 1918 sebagai bendera Republik Demokratik Azerbaijan, secara resmi diadopsi lagi pada tahun 1991, setelah Azerbaijan memperoleh kemerdekaannya.

Bendera Azerbaijan adalah panji nasional Azerbaijan. Ini terdiri dari tiga pita horizontal yang sama berwarna biru, merah, dan hijau, dengan bulan sabit putih dan bintang berujung delapan di tengah pita merah. Pita biru mengacu pada warisan Turki, merah untuk kemajuan dan hijau mengacu pada Islam.

2002 – Bendera Bahrain Diadopsi pada Februari 2002, bendera Bahrain terdiri dari pita putih di kerekan, dengan warna merah di sebelah kanan. Mereka dipisahkan oleh lima segitiga yang membentuk garis bergerigi.
1972 – Bendera Bangladesh Diadopsi pada bulan Januari 1972, bendera Bangladesh terdiri dari lingkaran merah yang sedikit di tengah lapangan hijau.
1969 – Bendera Bhutan Diadopsi pada tahun 1969, bendera Bhutan terdiri dari bidang yang terbagi secara diagonal, kuning kiri atas dan oranye kanan bawah. Sepanjang garis diagonal adalah naga putih, Druk (Naga Guntur), memegang permata di cakarnya.
1959 – Bendera Brunei Diadopsi pada bulan September 1959, bendera Brunei terdiri dari bidang kuning dibagi dengan garis diagonal hitam dan putih; ditumpangkan di atasnya adalah lambang Brunei, menampilkan bulan sabit menghadap ke atas dikelilingi oleh tangan dan payung, semuanya berwarna merah.
1948 – 1970
1993 –
Bendera Kamboja Diadopsi pada tahun 1993 dan sebelumnya digunakan antara tahun 1948 dan 1970, Bendera Kamboja terdiri dari tiga warna horizontal biru, merah (lebar ganda) dan biru, dengan gambar putih Angkor Wat di tengah pita merah.
1949 – Bendera Republik Rakyat Tiongkok Diadopsi pada bulan September 1949, bendera Tiongkok terdiri dari bidang merah dengan lima bintang emas di kanton; satu bintang besar dikelilingi oleh empat bintang kecil yang dikelilingi setengah lingkaran dan berangkat menuju terbang.
1960 – Bendera Siprus[b] Bendera tersebut secara resmi diadopsi pada 16 Agustus 1960.

Pulau ini digambarkan dengan naungan tembaga yang mewakili namanya; nama Siprus berakar pada kata Sumeria untuk tembaga (zubar) dari deposit besar tembaga yang ditemukan di pulau itu. Cabang zaitun hijau yang disilangkan melambangkan harapan akan perdamaian antara Turki dan Yunani. Itu dirancang oleh İsmet Güney, seorang pelukis Siprus Turki.

1975
2002–
Bendera Timor Leste Diadopsi pada Mei 2002 (semula pada November 1975), bendera Timor Timur terdiri dari bidang merah; di kerekan adalah bintang putih berujung lima di dalam segitiga sama kaki hitam yang ditumpangkan pada segitiga kuning yang lebih besar, yang mengarah ke tengah.
1984 – Bendera Mesir[f] Diadopsi pada Oktober 1984, bendera Mesir terdiri dari tiga warna horizontal merah, putih dan hitam, dengan elang Saladin di tengah pita putih.
2004 – Bendera Georgia[a] Bendera yang baru diadopsi ini berbentuk persegi panjang putih sederhana, dengan palang merah tengah menghubungkan keempat sisi bendera; di masing-masing dari empat penjuru ada palang merah kecil. Bendera ini didasarkan pada desain lima salib bersejarah yang berasal dari abad ke-14.
1947 – Bendera India Diadopsi pada bulan Juli 1947, bendera India terdiri dari tiga warna horizontal kunyit, putih dan hijau; di tengah pita putih terdapat roda palang 24 (Cakra Ashoka) berwarna biru tua.
1945 – Bendera Indonesia Diadopsi pada Agustus 1945, bendera Indonesia terdiri dari dua warna; merah di atas, putih di bawah.
1980 – Bendera Iran Diadopsi pada Juli 1980, bendera Iran terdiri dari tiga warna horizontal hijau, putih dan merah; lambang nasional ("Allah") dengan warna merah dipusatkan pada pita putih; dan takbir (seperti yang tertulis dalam aksara Kufi) ditulis 11 kali pada setiap pita dengan warna putih.
2008 – Bendera Irak Diadopsi pada Januari 2008, bendera Irak terdiri dari tiga warna horizontal merah, putih dan hitam; di tengah lapangan putih ada takbir yang ditulis dengan aksara Kufi berwarna hijau.
1870 – Bendera Jepang Diadopsi sebagai panji sipil pada 27 Februari 1870, Diadopsi sebagai bendera nasional pada 13 Agustus 1999. Bendera terdiri dari latar belakang putih dengan lingkaran merah yang melambangkan matahari.
1928 – Bendera Jordan Diadopsi pada bulan April 1928, bendera Yordania adalah tiga warna horizontal dengan chevron merah, warna yang digunakan adalah warna Pan-Arab.
1992 – Bendera Kazakhstan[d] Diadopsi pada tanggal 4 Juni 1992. bendera tersebut memiliki matahari emas dengan 32 sinar di atas elang stepa emas yang menjulang tinggi, keduanya berpusat pada latar belakang teal; sisi kerekan menampilkan pola ornamen nasional yang disebut "koshkar-muiz" (tanduk domba jantan) berwarna emas.
1961 – Bendera Kuwait Bendera Kuwait (bahasa Arab: علم الكويت) diadopsi pada tanggal 7 September 1961, dan secara resmi dikibarkan pada tanggal 24 November 1961. Sebelum tahun 1961, bendera Kuwait berwarna merah putih, seperti bendera negara-negara Teluk Persia lainnya pada saat itu, dengan bidang berwarna merah dan kata-kata atau muatan ditulis dengan warna putih.
1992 – Bendera Kirgizstan Bendera Republik Kyrgyzstan (Bahasa Kirgiz: Кыргыз Республикасынын Мамлекеттик Туусу, diromanisasi: Kyrgyz Respublikasynyn Mamlekettik Tuusu, lit. 'Bendera Negara Republik Kyrgyz', Bahasa Rusia: Флаг Кыргызстана, Государственный флаг Кыргызской Республики) terdiri dari bidang merah diisi dengan matahari kuning yang berisi penggambaran tunduk, bukaan di tengah atap yurt (tenda nomaden tradisional). Ini sebenarnya adalah penggambaran hal pertama yang dilihat seseorang ketika bangun di sebuah yurt, yaitu konstruksi puncak setiap yurt Kyrgyz dengan tiga reng saling silang melintasi bukaan melingkar di bagian atas yurt. Diadopsi pada tahun 1992, lebih dari tujuh bulan setelah kemerdekaan negara itu diumumkan, untuk menggantikan bendera Republik Sosialis Soviet Kirghiz (RSS), itu telah menjadi bendera Republik Kyrgyz sejak tahun itu. Warna merah pada bendera konon terinspirasi dari panji yang diangkat oleh Manas, pahlawan rakyat negara itu.
1945 –1946
1975 –
Bendera Laos Bendera Laos (Lao: ທຸງຊາດລາວ; thungsad Lāo) terdiri dari tiga garis horizontal, dengan garis tengah berwarna biru dua kali tinggi garis merah atas dan bawah. Di tengahnya ada piringan putih, diameter piringan itu 4⁄5 tinggi garis biru. Rasio bendera adalah 2:3.
1943 – Bendera Lebanon Bendera nasional Libanon (Arab: علم لبنان) dibentuk dari dua garis horizontal merah yang membungkus garis putih horizontal. Garis putih dua kali tinggi (lebar) garis merah (rasio 1:2:1)—fess Spanyol. Cedar hijau (cedar Lebanon) di tengah menyentuh setiap garis merah dan lebarnya sepertiga dari lebar bendera
1950 – Bendera Malaysia Bendera nasional Malaysia, juga dikenal sebagai Garis Kemuliaan (Melayu: Jalur Gemilang), terdiri dari bidang 14 garis merah dan putih bolak-balik sepanjang terbang dan kanton biru bertuliskan bulan sabit dan bintang 14 titik yang dikenal sebagai Bintang Persekutuan (Bintang Federal). 14 garis, dengan lebar yang sama, mewakili status yang sama dalam federasi dari 13 negara anggota dan wilayah federal, sedangkan 14 titik bintang melambangkan kesatuan di antara entitas-entitas ini. Bulan sabit melambangkan Islam, agama negara; kanton biru melambangkan persatuan rakyat Malaysia; kuning bintang dan bulan sabit adalah warna kerajaan penguasa Melayu.
1965 – Bendera Maladewa Bendera Republik Maldives (Dhivehi: ދިވެހިރާއްޖެގެ ދިދަ, diromanisasi: Dhivehi Raajjeyge dhidha) berwarna hijau dengan tepian merah. Bagian tengahnya memiliki bulan sabit putih vertikal; sisi bulan sabit yang tertutup berada di sisi pengibaran bendera. Itu diadopsi pada 25 Juli 1965.
1945 – Bendera Mongolia Bendera nasional Mongolia (Mongolia: Монгол улсын төрийн далбаа, diromanisasi: Mongol ulsiin töriin dalbaa, diucapkan [ˈmɔɴɢɞ̆ɮ ʊɬˈsiŋ tʰɵˈɾiŋ taɮˈpa]) adalah triband vertikal dengan garis merah di setiap sisi dan garis biru Simbol Soyombo berpusat di garis paling kiri. Garis biru melambangkan langit biru abadi, dan garis merah berkembang untuk selamanya. Simbol Soyombo adalah abstraksi geometris yang merepresentasikan api, matahari, bulan, bumi, air, dan simbol Taijitu yang merepresentasikan dualitas yin dan yang.
2010 – Bendera Myanmar Benderanya adalah tiga warna horizontal kuning, hijau dan merah, dengan bintang putih di tengahnya.
1962 – Bendera Nepal Bendera nasional Nepal (bahasa Nepal: नेपालको झण्डा) adalah satu-satunya bendera non-persegi panjang di dunia yang berfungsi sebagai bendera negara dan bendera sipil negara berdaulat. Bendera adalah kombinasi sederhana dari dua panji tunggal (atau panji-panji), yang dikenal sebagai panji ganda. Warna merah tua adalah simbol keberanian dan juga mewakili warna rhododendron, bunga nasional Nepal, sedangkan batas biru adalah warna perdamaian. Hingga tahun 1962, lambang bendera, baik matahari maupun bulan sabit, memiliki wajah manusia, tetapi dihilangkan untuk memodernisasi bendera.
1948 – Bendera Korea Utara Bendera Korea Utara, juga dikenal sebagai Ramhongsaek Konghwagukgi (bahasa Korea: 람홍색공화국기; secara harfiah "bendera republik berwarna biru dan merah"), terkadang dikenal sebagai bendera Republik Rakyat Demokratik Korea, terdiri dari panel merah tengah, dibatasi di atas dan di bawah dengan garis putih sempit dan garis biru lebar.
1995 – Bendera Oman Bendera Negara Oman (Arab: علم عُمان) terdiri dari tiga warna horizontal putih, merah dan hijau dengan garis merah vertikal di sebelah kiri yang memuat lambang nasional Oman (Khanjar dan dua pedang).
1947 – Bendera Pakistan Bendera Pakistan (Urdu: پرچمِ ستارہ و ہلال) menelusuri bentuknya saat ini kembali ke pertemuan Majelis Konstituante Pakistan pada 11 Agustus 1947, tiga hari sebelum Pemisahan British India, ketika diadopsi oleh All-India Muslim League sebagai calon bendera resmi Dominion of Pakistan
1947 – Bendera Palestina Bendera Pakistan (Arab: علم فلسطين) adalah tiga warna dari tiga garis horizontal yang sama (hitam, putih, dan hijau dari atas ke bawah) yang dilapisi oleh segitiga merah yang keluar dari kerekan. Bendera ini berasal dari warna Pan-Arab dan digunakan untuk mewakili Negara Palestina dan rakyat Palestina. Ini pertama kali diadopsi pada 28 Mei 1964 oleh Organisasi Pembebasan Palestina. Hari bendera dirayakan pada tanggal 30 September.
1898 – Bendera Filipina Bendera nasional Filipina (Filipina: Pambansang watawat ng Pilipinas) adalah bendera dua warna horizontal dengan garis-garis biru dan merah tua yang sama, dengan segitiga putih sama sisi di bagian kerekan.
1971 – Bendera Qatar Bendera nasional Qatar (Arab: علم قطر) memiliki perbandingan 11:28. Itu merah marun dengan pita bergerigi putih lebar (sembilan titik putih) di sisi kerekan. Itu diadopsi sesaat sebelum negara itu mendeklarasikan kemerdekaan dari Inggris pada 3 September 1971.
1883 – 1918
1993 –
Bendera Rusia Bendera Federasi Rusia (bahasa Rusia: Флаг России, diromanisasi: Flag Rossii), secara resmi diadopsi pada 22 Agustus 1991. Bendera dikibarkan tak lama setelah bekas Uni Soviet runtuh. Putih, merah dan biru adalah warna Pan-Slavia.
1973 – Bendera Arab Saudi Bendera Kerajaan Arab Saudi (bahasa Arab: علم المملكة العربية السعودية) adalah bendera yang digunakan oleh pemerintah Arab Saudi sejak 15 Maret 1973. Bendera ini berwarna hijau dengan tulisan Arab dan pedang berwarna putih. Prasasti itu adalah syahadat Islam, atau syahadat: "Tidak ada Tuhan selain Allah; Muhammad adalah Utusan Allah".
1959 – Bendera Singapura Bendera Singapura diadopsi pada tahun 1959, tahun Singapura menjadi pemerintahan sendiri dalam Kerajaan Inggris. Itu tetap menjadi bendera nasional setelah kemerdekaan negara itu dari Malaysia pada 9 Agustus 1965. Desainnya adalah dua warna horizontal merah di atas putih, dilapisi di kanton (kuadran kiri atas) oleh bulan sabit putih menghadap pentagon lima putih kecil lima -bintang runcing. Unsur-unsur bendera menunjukkan bangsa muda yang berkuasa, persaudaraan universal dan kesetaraan, dan cita-cita nasional.
1883 – 1920
1949 –
Bendera Korea Selatan Bendera nasional Korea Selatan, juga dikenal sebagai Taegukgi (bahasa Korea: 태극기) dan bahasa sehari-hari dikenal sebagai bendera Korea, memiliki tiga bagian: latar belakang persegi panjang putih, Taegeuk merah dan biru di dalamnya. tengah, disertai dengan empat trigram hitam, satu di setiap sudut.
1972 – Bendera Sri Lanka Bendera Sri Lanka (Sinhala: ශ්‍රී ලංකාවේ ජාතික කොඩිය, diromanisasi: Śrī Laṃkāvē jāthika kodiya; Tamil: இலங்கையின் தேசியக்கொடி, diromanisasi: Ilankaiyin teciyakkoṭi), juga disebut Bendera Sinha atau Bendera Singa, terdiri dari singa emas yang memegang pedang kastane di kaki depan kanannya dengan latar belakang merah marun dengan empat daun bo emas, satu di setiap sudut.
1980 – Bendera Suria Bendera saat ini pertama kali diadopsi pada tahun 1958 untuk mewakili Suriah sebagai bagian dari Republik Persatuan Arab, dan digunakan hingga tahun 1961. Bendera tersebut diadopsi kembali pada tahun 1980. Sejak adopsi pertama, variasi bendera merah-putih-hitam telah digunakan di berbagai negara. Uni Arab Suriah dengan Mesir, Libya, Sudan, Yaman, dan Irak.
1992 – Bendera Tajikistan Bendera nasional Tajikistan (Tajik: Парчами Тоҷикистон / Parchami Tojikiston / پَرچَمِ تاجِیکِستان) diadopsi pada November 1992, menggantikan bendera Republik Sosialis Soviet Tajik tahun 1953. Bendera tersebut adalah tiga warna horizontal merah, putih (lebar ganda) dan hijau, dengan mahkota kuning di atasnya dengan busur tujuh bintang di tengahnya. Ini memiliki rasio lebar 2:3:2.
1917 – Bendera Thailand Bendera Thailand (Thai: ธงไตรรงค์; RTGS: thong trai rong, artinya 'bendera tiga warna') menunjukkan lima garis horizontal dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan garis biru di tengah berukuran dua kali lebar masing-masing dari empat lainnya. Desain tersebut diadopsi pada 28 September 1917, sesuai dengan keputusan kerajaan yang dikeluarkan oleh Rama VI. Sejak 2016, hari itu adalah hari penting nasional di Thailand merayakan bendera.
1844 – Bendera Turki[c] Bendera Turki adalah bendera merah dengan bulan sabit putih dan bintang di tengahnya. Bendera itu disebut Ay Yıldız (secara harfiah, bintang bulan.) atau Albayrak (Bendera merah) yang diadopsi pada tahun 1844 dengan reformasi Tanzimat; meskipun bentuk, penempatan dan bayangan warnanya berbeda-beda. Proporsi geometris bendera dibakukan secara hukum dengan Undang-Undang Bendera Turki pada tahun 1936.
2001 – Bendera Turkmenistan Bendera Turkmenistan (Turkmen: Türkmenistanyň baýdagy) menampilkan bulan sabit putih (simbol Islam) dan bintang lima yang mewakili lima wilayah negara dan Lima Rukun Islam. Ditempatkan di atas lapangan hijau adalah representasi simbolis dari industri karpet yang terkenal di negara itu. Itu diperkenalkan sebagai bendera Turkmenistan pada 27 September 1992 untuk menggantikan bendera era Soviet yang terdiri dari latar belakang merah dengan dua garis biru muda di tengahnya. Versi modifikasi dengan rasio 2:3 diadopsi pada 23 Januari 2001. Bendera Negara dan Hari Konstitusi dirayakan pada 18 Mei
1971 – Bendera United Arab Emirates Bendera nasional Uni Emirat Arab (bahasa Arab: علم دولة الإمارات العربية المتحدة) berisi warna Pan-Arab merah, hijau, putih, dan hitam. Ini dirancang pada tahun 1971 oleh Abdullah Mohammed Al Maainah, yang saat itu berusia 19 tahun, dan diadopsi pada tanggal 2 Desember 1971. Tema utama dari empat warna bendera adalah persatuan negara-negara Arab. Pada tahun 2008, terjadi sedikit perubahan pada Emblem.
1991 – Bendera Uzbekistan Bendera Uzbekistan (bahasa Uzbekistan: Oʻzbekiston davlat bayrogʻi / Ўзбекистон Республикасининг давлат байроғи) terdiri dari triband horizontal biru, putih dan hijau, dipisahkan oleh dua fimbriasi merah tipis, dengan bulan sabit putih dan dua belas bintang putih di kanton. Diadopsi pada tahun 1991 untuk menggantikan bendera Republik Sosialis Soviet Uzbek (SSR), itu telah menjadi bendera Republik Uzbekistan sejak negara memperoleh kemerdekaan pada tahun yang sama. Desain bendera sekarang ini sebagian terinspirasi dari bendera sebelumnya.
1945 – Bendera Vietnam Bendera itu memiliki bintang kuning di bidang merah.
1990 – Bendera Yaman Bendera adalah tiga warna horizontal merah, putih dan hitam.

Negara yang disengketakan atau diakui sebagian[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Status Negara Deskripsi
1992 – Bendera Abkhazia[a] Diakui secara internasional sebagai bagian dari  Georgia Bendera Abkhazia terdiri dari tujuh garis hijau dan putih dengan kanton kiri atas berwarna merah bertuliskan tangan kanan terbuka berwarna putih dan tujuh bintang putih.
1992 – Bendera Artsakh Diakui secara internasional sebagai bagian dari  Azerbaijan Bendera Artsakh didasarkan pada Bendera Armenia, dan ditambahkan pola putih.
1928 – Bendera Republic of China Status politik Taiwan Bendera nasional Republik Tiongkok, juga dikenal sebagai Langit Biru, Matahari Putih, dan Bumi Merah Seutuhnya (青天白日滿地紅) dan secara surut Bendera Nasionalis Tiongkok, sekarang lebih dikenal sebagai Bendera Taiwan, terdiri dari lapangan merah dengan kanton biru bertuliskan piringan putih yang dikelilingi oleh dua belas segitiga; simbol tersebut masing-masing melambangkan matahari dan sinar cahaya yang memancar darinya.
1984 – Bendera Northern Cyprus[b] Diakui secara internasional sebagai bagian dari  Siprus Diadopsi oleh Republik Turki Siprus Utara (hanya diakui oleh Turki dan Republik Otonomi Nakhichevan) pada 7 Maret 1984 menyusul invasi Turki dan pendudukan bagian utara pulau itu pada 1974.
1990 – Bendera South Ossetia[a] Diakui secara internasional sebagai bagian dari  Georgia Bendera Ossetia Selatan berwarna tiga warna, garis atas putih, garis tengah merah, dan garis bawah kuning.

Bendera dependensi Asia[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Status Negara Deskripsi
Flag of Akrotiri and Dhekelia 1960 – Bendera Akrotiri dan Dhekelia BR (Wilayah sebrang laut) Sama seperti Bendera Britania Raya.
1990 – Bendera Wilayah Samudra Hindia Britania BR (Wilayah sebrang laut) Bendera British Indian Ocean Territory (BIOT) mirip dengan bendera dependensi dan koloni Inggris lainnya karena memiliki Bendera Persatuan di sudut sisi kerekan atas. Pohon palem dan mahkotanya adalah simbol Wilayah Samudra Hindia. Bendera tersebut awalnya dimaksudkan untuk digunakan oleh Komisaris tetapi telah memperoleh status setengah resmi sebagai bendera teritorial untuk digunakan di darat.
2002 – Bendera Pulau Natal Australia (wilayah eksternal) Bendera Christmas Island secara tidak resmi diadopsi pada tahun 1986 setelah terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi bendera untuk wilayah tersebut. Itu dirancang oleh Tony Couch dari Sydney, Australia. Bendera tersebut diresmikan pada tahun 2002 pada Hari Australia, ketika administrator wilayah tersebut, Bill Taylor, menyerahkan bendera tersebut kepada Shire Pulau Natal.
2004 – Bendera Kepulauan Cocos (Keeling) Australia (wilayah eksternal) Bendera Kepulauan Cocos (Keeling) dibuat pada tahun 2003 dan diadopsi pada tanggal 6 April 2004. Bendera tersebut dirancang oleh penduduk teritori Mohammed Minkom, yang memenangkan kontes desain saat remaja.

Bendera sub-divisi Asia[sunting | sunting sumber]

Republik Rakyat Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1997 – Bendera Hong Kong
1999 – Bendera Makau

Georgia[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar bendera Georgia

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2004 – Bendera Adjara

Irak[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1921 – Bendera Kurdistan Bendera Kurdistan berwarna merah-putih-hijau dengan matahari kuning di tengahnya.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2000 – Bendera Aichi Prefecture Hiragana bergaya あ い ち (Aichi). Lambang tersebut juga mengekspresikan matahari terbit dan gelombang untuk menunjukkan lokasi Aichi yang menghadap Samudera Pasifik.

Korea[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar bendera Korea

Filipina[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar bendera Filipina

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2019 – Bendera Bangsamoro Bendera Bangsamoro adalah tiga warna horizontal hijau, putih dan merah dengan bintang kuning berujung tujuh yang dikelilingi oleh bulan sabit kuning yang berpusat di pita putih dan keris putih di tengah pita merah.

Rusia[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Bendera subjek federal Rusia dan Daftar bendera Rusia

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2000 – Bendera Krai Altai
1992 – Bendera Republik Altai
1999 – Bendera Oblast Amur
1992 – Bendera Republic of Buryatia
2001 – Bendera Oblast Chelyabinsk
1997 – Bendera Okrug Otonomi Chukotka
1997 – Bendera Oblast Irkutsk
2005 – Bendera Oblast Otonomi Yahudi
2010 – Bendera Kamchatka Krai
1994 – Bendera Krai Khabarovsk
2003 – Bendera Republik Khakassia
1995 – Bendera Okrug Otonomi Khanty–Mansi
2000 – Bendera Krasnoyarsk Krai
1997 – Bendera Oblast Kurgan
2001 – Bendera Oblast Magadan
2009 – Bendera Okrug Otonom Nenets
2014 – Bendera Oblast Omsk
2011 – Bendera Krai Perm
1995 – Bendera Krai Primorsky
1992 – Bendera Republik Sakha
1995 – Bendera Oblast Sakhalin
1997 – Bendera Oblast Sverdlovsk
1992 – Bendera Republik Tuva
1995 – Bendera Oblast Tyumen
1996 – Bendera Okrug Otonomi Yamalo-Nenets
1995 – Bendera Krai Zabaykalsky

Uzbekistan[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1991– Bendera Karakalpakstan

Bendera kota-kota Asia[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar bendera kota di Asia

Bendera kota dengan lebih dari 1 juta penduduk.

Bendera sejarah[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1937 – 1963 Bendera Koloni Aden
1959 – 1962 Bendera Federasi Emirat Arab Selatan
1922 Bendera Republik Sosialis Soviet Armenia
1918 Bendera Republik Demokratik Azerbaijan
1920 Bendera Republik Sosialis Soviet Azerbaijan
1920 – 1921 Bendera Republik Sosialis Soviet Azerbaijan
1921 – 1922 Bendera Republik Sosialis Soviet Azerbaijan
1971 – 1972 Bendera Bangladesh Digunakan selama perang pembebasan
1368 – 1906 Bendera Kekaisaran Brunei
1906 – 1959 Bendera Brunei
1875 – 1948 Bendera Sailan Britania
1948 – 1951 Bendera Dominion Sailan
1951 – 1972 Bendera Dominion Sailan
1912 – 1928 Bendera Republik Tiongkok (1912–1949)
1398 – 1489 Bendera Kerajaan Siprus
1881 – 1922 Bendera Siprus
1922 – 1960 Bendera Siprus
1960 Bendera Siprus
1960 – 2006 Bendera Siprus
1933 – 1934 Bendera Republik Turkestan Timur Pertama
1944 – 1949 Bendera Republik Turkestan Timur Kedua
1920 – 1922 Bendera Republik Timur Jauh
1990 – 2004 Bendera Georgia
1938 – 1939 Bendera Republik Hatay
1871 – 1876 Bendera Hong Kong Britania
1876 – 1955 Bendera Hong Kong Britania
1955 – 1959 Bendera Hong Kong Britania
1959 – 1997 Bendera Hong Kong Britania
1906 – 1980 Bendera Iran (Persia)
1980 – 1980 Bendera Iran dengan lambang IRI pertama
1980 – 1980 Bendera Iran dengan lambang IRI saat ini dan desain Takbir pertama
1924 – 1959 Bendera Iraq
1959 – 1963 Bendera Iraq
1963 – 1991 Bendera Iraq
1991 – 2004 Bendera Iraq
2004 – 2008 Bendera Iraq
1978 – 1993 Bendera Kampuchea
1991 – 1992 Bendera Republic of Kazakhstan
1918 – 1920 Bendera Republik Rakyat Kuban
1922 – 1924 Bendera Kerajaan Kurdistan
1927 – 1931 Bendera Republik Kurdi Ararat
1914 – 1921 Bendera Kuwait
1921 – 1940 Bendera Kuwait
1940 – 1961 Bendera Kuwait
1991 – 1992 Bendera Kirgizstan
1947 – 1975 Bendera Kerajaan Laos
1946 – 1948 Bendera Uni Malaya
1948 – 1963 Bendera Federasi Malaya
1911 – 1920, 1921 – 1924 Bendera Bogd Khanate Mongolia
1924 – 1940 Bendera Republik Rakyat Mongolia
1924 – 1940 Bendera Republik Rakyat Mongolia (alternatif)
1940 – 1945 Bendera Republik Rakyat Mongolia
1945 – 1992 Bendera Republik Rakyat Mongolia
1974 – 2010 Bendera Myanmar
1844 – 1922 Bendera Kekaisaran Ottoman
1897 – 1898 Bendera Biak na Bato
1943 – 1945 Bendera Filipina
1946 – 1985, 1986 – 1998 Bendera Filipina
1985 – 1986 Bendera Filipina
1862 – 1889 Bendera Dinasti Qing
1889 – 1912 Bendera Dinasti Qing
1858 – 1883 Bendera Kekaisaran Rusia
1918 Bendera Republik Soviet Rusia
1918 – 1922 Bendera Republik Soviet Federasi Sosialis Rusia
1991 – 1993 Bendera Rusia
1932 – 1934 Bendera Arab Saudi
1934 – 1938 Bendera Arab Saudi
1938 – 1973 Bendera Arab Saudi
1877 – 1914, 1962 – 1967 Bendera Kerajaan Sikkim
1914 – 1962 Bendera Kerajaan Sikkim
1967 – 1975 Bendera Kerajaan Sikkim
1962 – 1967 Bendera Federasi Arab Selatan
1922 – 1923 Bendera Uni Soviet
1923 – 1924 Bendera Uni Soviet
1924 – 1936 Bendera Uni Soviet
1936 – 1955 Bendera Uni Soviet
1955 – 1991 Bendera Uni Soviet
1916 – 1951 Bendera Tibet
1991 – 1992 Bendera Turkmenistan
1992 – 1997 Bendera Turkmenistan
1997 – 2001 Bendera Turkmenistan
1918 – 1921 Bendera Uryankhay Krai
1945 – 1955 Bendera Vietnam Utara
1955 – 1976 Bendera Vietnam Utara
1949 – 1975 Bendera Vietnam Selatan
1960 – 1976 Bendera Vietnam Selatan
1918 – 1923 Bendera Yaman Utara
1923 – 1927 Bendera Yaman Utara
1927 – 1962 Bendera Yaman Utara
1962 – 1990 Bendera Yaman Utara
1967 – 1990 Bendera Yaman Selatan

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • ^ Bagian dari Wilayah Transkaukasia, di persimpangan antara Asia dan Eropa. Secara fisiografis, Armenia seluruhnya berada di Asia Barat, sedangkan Georgia dan Azerbaijan sebagian besar berada di Asia Barat dengan sebagian kecil di utara Pegunungan Kaukasus terbagi di Eropa.
  • ^ Pulau Siprus, yang terdiri dari Republik Siprus, Siprus Utara dan Akrotiri dan Dhekelia, secara geografis terletak di Asia, lebih dekat ke Turki Asia daripada ke daratan Eropa. Namun, Republik Siprus adalah negara anggota Uni Eropa.
  • ^ Turki adalah Negara lintas benua di Timur Tengah dan Eropa Tenggara. Turki memiliki sebagian besar wilayahnya (95%) di Asia Barat disebut Anatolia.
  • ^ Kazakhstan adalah negara lintas benua. Kazakhstan memiliki sebagian kecil wilayahnya yang terletak di sebelah barat Ural di Eropa Timur.
  • ^ Republik Tiongkok (ROC) adalah pemerintah Tiongkok yang sah dan diakui antara tahun 1912 dan 1949. Setelah kekalahannya dalam Perang Saudara Tiongkok, Republik Tiongkok mundur ke pulau Taiwan di mana ia terus memerintah hingga hari ini. Pada tahun 1949, Republik Rakyat China (RRC) didirikan di China daratan. Sejak 1949, ROC dan RRC secara resmi mengklaim sebagai satu-satunya pemerintah yang sah dari keseluruhan China (termasuk Taiwan). Bendera ROC dengan demikian adalah bendera yang sah dari Cina sejak diadopsi pada tahun 1928 hingga 1949, sedangkan setelah tahun 1949 statusnya dikaitkan dengan status politik Taiwan.
  • ^ Mesir sebagian besar terletak di Afrika, namun Semenanjung Sinai terletak di Asia.
  • Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

    Daftar bendera negara-negara Asia