Bendera Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Daerah Administratif Khusus Hong Kong Republik Rakyat Tiongkok
Flag of Hong Kong.svg
Pemakaian Bendera dan bendera kapal sipil; bendera dan bendera kapal negara
Perbandingan 2:3
Dipakai Disetujui pada 4 April 1990
Digunakan sejak 1 Juli 1997
Rancangan Bunga Bauhinia blakeana bercorak, berwarna putih, dan berkelopak lima yang terletak di tengah-tengah bidang merah
Perancang Tao Ho
Bendera daerah Daerah Administratif Khusus Hong Kong Republik Rakyat Tiongkok
Hanzi tradisional: 中華人民共和國香港特別行政區區旗
Hanzi sederhana: 中华人民共和国香港特别行政区区旗

Bendera Hong Kong adalah sebuah bendera yang menampilkan bunga pohon anggrek hong kong (Bauhinia blakeana) berwarna putih, bercorak, dan berkelopak lima di tengah-tengah bidang merah. Rancangan bendera ini disetujui pada 4 April 1990 di sesi ketiga Kongres Rakyat Nasional Ketujuh.[1] Pemakaian bendera diatur secara seksama oleh hukum yang disahkan oleh pertemuan eksekutif ke-58 Dewan Negara yang diadakan di Beijing.[2] Rancangan bendera diabadikan di Hukum Dasar Hong Kong, dokumen konstitusional wilayah tersebut,[3] dan peraturan perundang-undangan mengenai pemakaian, larangan pemakaian, perusakan, dan pembuatan bendera dinyatakan di Peraturan Bendera Daerah dan Lambang Daerah.[4] Bendera Hong Kong pertama kali dikibarkan pada 1 Juli 1997 saat upacara penyerahan yang menandai penyerahan kedaulatan.[5]

Nama Tionghoa dari Bauhinia blakeana juga sering disingkat menjadi 紫荊/紫荆 (洋 atau yáng yang berarti asing dalam bahasa Tionghoa dan hal ini dianggap tidak pantas oleh Pemerintah RRT), meskipun 紫荊/紫荆 merujuk pada marga bernama Cercis. Sebuah patung tanaman tersebut telah didirikan di Lapangan Bauhinia Emas di Hong Kong. Meskipun bunga tersebut berwarna ungu kemerahjambuan terang, bunga tersebut digambarkan dengan warna putih pada bendera Hong Kong.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Simbolisme[sunting | sunting sumber]

Bendera Hong Kong berkibar di samping bendera RRT.

Rancangan bendera hadir dengan makna kebudayaan, politis, dan kedaerahan. Warnanya sendiri penting. Merah adalah warna kemeriahan orang Tionghoa yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan keperayaanan dan nasionalisme.[6] Selanjutnya, warna merah sama-sama digunakan pada bendera nasional RRT[7] sehingga dipilih untuk melambangkan hubungan yang kembali terjalin antara Hong Kong pascapenjajahan dengan Tiongkok. Kedudukan merah dan putih pada bendera melambangkan prinsip politik satu negara dua sistem yang diterapkan di daerah tersebut. Pemberian corak pada bunga Bauhinia blakeana, bunga yang ditemukan di Hong Kong, memiliki makna melayani sebagai lambang pengharmonis untuk pembelahan dua ini.[6] Kelima bintang pada bendera nasional Tiongkok yang mewakili Partai Komunis dan keempat golongan Mao Zedong (pekerja proletar, petani pertanian, borjuis rendah, dan kapitalis) disalin pada kelopak bunga.

Sebelum persetujuan bendera, Ketua Komite Penyusunan Konstitusi menjelaskan makna dari rancangan bendera kepada Kongres Rakyat Nasional dengan mengatakan,

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Hong Kong memiliki ukuran khusus, warna, dan parameter manufaktur tentang bagaimana bendera harus dibuat.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Decision of the National People's Congress on the Basic Law of the Hong Kong Special Administration Region of the People's Republic of China" (dalam bahasa Inggris). Pemerintah Hong Kong. 4 April 1990. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  2. ^ Laws and Regulations of the People's Republic of China (dalam bahasa Inggris). Penerbit Hukum Tiongkok. 2001. hlm. iv. ISBN 7-80083-759-9. 
  3. ^ "Basic Law Full Text" (dalam bahasa Inggris). Daerah Administratif Khusus Hong Kong. Diakses tanggal 20 Maret 2009. 
  4. ^ "Regional Flag and Regional Emblem Ordinance" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Sistem Informasi Hukum Dwibahasa. 1 Juli 1997. Diakses tanggal 25 Juli 2009. 
  5. ^ Aaronson, Jeffrey. "Schedule of Events". TIME (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Oktober 2009. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  6. ^ a b "忆香港区旗区徽的诞生(上) (Bercermin pada Penciptaan Lambang dan Bendera DAK Hong Kong – Bagian 1)" (dalam bahasa Tionghoa). Grup Persatuan Percetakan Wenhui-xinmin. 24 Mei 2007. Diakses tanggal 20 Maret 2009.  dan "忆香港区旗区徽的诞生(下) (Bercermin pada Penciptaan Lambang dan Bendera DAK Hong Kong – Bagian 2)" (dalam bahasa Tionghoa). Grup Persatuan Percetakan Wenhui-xinmin. 25 May 2007. Diakses tanggal 20 Maret 2009. 
  7. ^ (Schedule 1 of the Regional Flag and Regional Emblem Ordinance) "Regional Flag and Regional Emblem Ordinance" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Sistem Informasi Hukum Dwibahasa. 1 Juli 1997. Diakses tanggal 25 Juli 2009. 
  8. ^ Elihu Lauterpacht, C. J. Greenwood, A. G. Oppenheimer (2002). International Law Reports. 122. Percetakan Universitas Cambridge. hlm. 582. ISBN 978-0-521-80775-3.