Hari Tahun Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tahun Baru Masehi)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hari Tahun Baru
Mexico City New Years 2013! (8333128248).jpg
Kembang api di Kota Meksiko di tengah malam pada Hari Tahun Baru, 2013
Dirayakan olehPengguna kalender Gregorius
MaknaHari pertama tahun Gregorius
PerayaanMembuat resolusi Tahun Baru, beribadah, parade, acara olahraga, kembang api[1]
Tanggal1 Januari
FrekuensiTahunan
Terkait denganMalam Tahun Baru

Hari Tahun Baru, juga disebut sebagai Tahun Baru dirayakan pada tanggal 1 Januari, adalah hari pertama dimulainya tahun pada kalender Gregorius modern dan juga kalender Julius.

Pada zaman Roma pra-Kristen di bawah kalender Julius, hari ini didedikasikan untuk Janus, dewa permulaan dan akhir, nama bulan Januari juga berasal dari nama dewa tersebut. Di dalam dunia Kristiani, Hari Tahun Baru secara liturgis menandai Hari Perayaan Penamaan dan Penyunatan Yesus, yang masih dirayakan di kalangan Gereja Anglikan dan Gereja Lutheran.[2][3]

Di masa sekarang, dengan sebagian besar negara kini telah menggunakan kalender Gregorius sebagai kalender de facto mereka, Hari Tahun Baru mungkin adalah hari raya dan hari libur umum yang paling terkenal, sering dirayakan dengan menyalakan kembang api di tengah malam saat tahun baru dimulai di setiap zona waktu. Tradisi perayaan Hari Tahun Baru global lainnya termasuk membuat resolusi Tahun Baru dan berkumpul bersama teman atau keluarga.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Mehra, Komal (2006). Festivals Of The World. Sterling Publishers. hlm. 69. ISBN 9781845575748. Di banyak negara Eropa seperti Italia, Portugal dan Belanda, keluarga memulai tahun baru dengan menghadiri kebaktian gereja dan kemudian mengunjungi teman dan kerabat. Anak-anak Italia menerima hadiah atau uang pada Hari Tahun Baru. Orang-orang di Amerika Serikat pergi ke gereja, memberikan pesta dan menikmati bentuk hiburan lainnya. 
  2. ^ McKim, Donald K. (1996). Dictionary of Theological Terms. Westminster John Knox Press. hlm. 51. ISBN 0664255116. 
  3. ^ Hobart, John Henry (1840). A Companion for the festivals and fasts of the Protestant Episcopal Church. Stanford & Co. hlm. 284. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]