Bola Times Square

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penurunan bola Malam Tahun Baru Times Square
Bola keempat yang dirancang untuk menyambut milenium ketiga. Bola ini digunakan dalam prosesi penurunan bola dari malam tahun baru 2000 hingga 2007.
JenisAcara Malam Tahun Baru
Tanggal31 Desember
FrekuensiTahunan
LokasiTimes Square, New York City
Acara pertama1907
PendiriAdolph Ochs

Bola Times Square adalah bola waktu yang terdapat di Times Square, Kota New York. Terletak di atap One Times Square, bola ini telah menjadi bagian penting dalam perayaan Malam Tahun Baru di Times Square. Secara umum, acara ini dikenal dengan sebutan ball drop; bola yang diletakkan di ujung tiang setinggi 141 kaki (43 m) akan diturunkan dalam waktu 60 detik, dimulai pada pukul 11:59 p.m. ET, dan berakhir pada tengah malam untuk menandai dimulainya tahun baru.

Acara ini pertama kali digelar oleh Adolph Ochs, pemilik surat kabar The New York Times, sebagai pelengkap serangkaian acara kembang api Malam Tahun Baru yang digelar di Times Square. Bolanya sendiri dirancang oleh Artkraft Strauss, dan digelar pertama kali pada tanggal 31 Desember 1907 untuk menyambut tahun baru 1908. Sejak saat itu, acara ini terus digelar setiap tahun, kecuali pada 1942 dan 1943 sehubungan dengan pemadaman pada masa perang. Desain bola telah diperbarui beberapa kali untuk mencerminkan perubahan dalam teknologi pencahayaan; desain asli terbuat dari kayu dan besi yang diterangi oleh 100 lampu pijar, sedangkan desain saat ini dilengkapi dengan sistem pencahayaan LED yang terkomputerisasi dan permukaan luar berbentuk panel-panel kristal segitiga. Pada tahun 2009, bola tersebut ditaruh di puncak One Times Square sepanjang tahun. Acara ini diselenggarakan oleh Times Square Alliance and Countdown Entertainment, perusahaan yang dipimpin oleh Jeff Strauss.[1]

Penurunan bola di Times Square merupakan salah satu perayaan Tahun Baru yang paling populer di dunia. Acara ini dihadiri oleh setidaknya satu juta penonton setiap tahunnya dan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi utama Amerika Serikat pada Malam Tahun Baru.[2] Sekitar satu miliar orang di seluruh dunia juga menyaksikan acara ini lewat televisi dan Internet.[3]

Penurunan bola Times Square juga telah mengilhami penyelenggaraan acara sejenis, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nearly 800 Hard At Work On Times Square New Year's Eve Celebration". CBS New York. Diakses tanggal 31 December 2013. 
  2. ^ "NYC ball drop goes 'green' on 100th anniversary". CNN. December 31, 2007. Diakses tanggal 2012-12-02. 
  3. ^ 1234newyear. "New York Times Square Ball Drop LIVE". Diakses tanggal December 21, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]