Hari Pembentukan Daerah Administratif Khusus Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hari Pembentukan
Dirayakan oleh Hong Kong
JenisPemerintah
MaknaMenanfai penyerahan Hong Kong dari Britania Raya ke Tiongkok (RRT)
KegiatanPertunjukan kembang api dan unjuk rasa politik
Tanggal1 Juli
Frekuensitahunan
Terkait denganHari Pembentukan Daerah Administratif Khusus Makau

Hari Pembentukan, secara resmi Hari Pembentukan Daerah Administratif Khusus Hong Kong (Hanzi: 香港特別行政區成立紀念日) dirayakan setiap tahun pada 1 Juli di Hong Kong sejak tahun 1997. Hari libur ini memperingati penyerahan kedaulatan atas Hong Kong dari Britania Raya ke Republik Rakyat Tiongkok dan pembentukan Daerah Administratif Khusus Hong Kong. Hari libur bernama serupa di Makau terjadi pada tanggal 20 Desember, hari penyerahan dari Portugal.

Perayaan terkini[sunting | sunting sumber]

Mars unjuk rasa[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Juli setiap tahun sejak penyerahan 1997, sebuah mars diadakan dengan pimpinan Front Hak Asasi Manusia Sipil. Hal ini telah menjadi pentas tahunan untuk menuntut hak pilih universal, menyerukan ketaatan dan pelestarian kebebasan sipil seperti kebebasan berbicara, melampiaskan ketidakpuasan terhadap Pemerintah Hong Kong atau kepala eksekutif, dan mengunjuk rasa terhadap tindakan kamp pro-Beijing.

Namun, hanya unnjuk pada tahun 2003-lah yang menarik perhatian umum dengan menentang RUU untuk memberlakukan Hukum Dasar Hong Kong Pasal 23. Terutama, pada tahun 2003, Pemerintah DAKHK diusulkan untuk melaksanakan Pasal 23 dari hukum dasar tersebut.[1] Namun, terdapat kekhawatiran bahwa dengan mengundang-undangkan peraturan yang menentang pengkhianatan, subversi, pemisahan diri, dan hasutan, undang-undang akan melanggar hak asasi manusia dengan mengadopsi konsep "keamanan nasional" daratan dalam DAKHK. Bersama-sama dengan ketidakpuasan umum terhadap administrasi Tung, sekitar 500.000 orang mengikutsertakan dirinya dalam unjuk rasa ini. Pada akhirnya, Pasal 23 "untuk sementara ditangguhkan".[2]

Pertunjukan kembang api[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan kembang api biasanya diadakan pada malam tanggal 1 Juli di Pelabuhan Victoria.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basiclaw23HK. "Basiclaw23." Treason, subversion and secession. Retrieved on 28 December 2007.
  2. ^ Wong, Yiu-Chung. One Country, Two Systems in Crisis: Hong Kong's Transformation Since the Handover. Lexington books. ISBN 0-7391-0492-6.