Pemerintah Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong Republik Rakyat Tiongkok
Hanzi tradisional: 中華人民共和國香港特別行政區政府
Hanzi sederhana: 中华人民共和国香港特别行政区政府
Pemerintah Hong Kong
Hanzi tradisional: 香港政府
Hanzi sederhana: 香港政府

Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong, secara umum Pemerintah Hong Kong atau disederhanakan sebagai GovHK, mengacu pada otoritas eksekutif dari DAK Hong Kong. Pemerintah secara resmi dipimpin oleh kepala eksekutif DAK yang menominasikan para pejabat utama untuk diangkat oleh Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok (Pemerintah Rakyat Pusat).

Sekretariat Pemerintah dipimpin oleh kepala sekretaris Hong Kong, pejabat utama tersenior di pemerintahan. Kepala sekretaris dan sekretaris lainnya bersama-sama mengawasi administrasi DAK dan memberikan saran kepada kepala eksekutif sebagai anggota Dewan Eksekutif yang bertanggung jawab untuk tindakan dan kebijakan mereka kepada kepala eksekutif dan Dewan Legislatif.[1]

Menurut prinsip konstitusional satu negara dua sistem, pemerintah bertugas dalam urusan dalam negeri dan luar negeri. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, pemerintah yang tidak mengurusi keuangan Hong Kong, bertanggung jawab untuk pertahanan dan kebijakan luar negeri Hong Kong. Meskipun secara bertahap berkembang, secara keseluruhan struktur pemerintahan Hong Kong diwarisi dari Hong Kong Britania.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pasal 68 Hukum Dasar Hong Kong