Pelabuhan Victoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Koordinat: 22°17′15,91″LU 114°10′25,03″BT / 22,28333°LU 114,16667°BT / 22.28333; 114.16667

Pelabuhan Victoria

Hong Kong Victoria Harbour Pano View from ICC 201105.jpg

Pemandangan siang hari Pelabuhan Victoria dari Sky100 International Commerce Centre
Hanzi tradisional: 維多利亞港
Pemandangan malam Pelabuhan Victoria dari Puncak Victoria

Pelabuhan Victoria adalah sebuah pelabuhan bentang alam alami yang terletak antara Pulau Hong Kong dan Kowloon di Hong Kong. Perairan pelabuhan yang dalam dan terlindung dan lokasi strategis di Laut Tiongkok Selatan berperan penting dalam pembukaan Hong Kong sebagai koloni Inggris dan perkembangan selanjutnya sebagai pusat perdagangan.

Sepanjang sejarahnya, pelabuhan tersebut telah mengalami banyak proyek reklamasi yang dilakukan di kedua pantai tersebut, yang banyak di antaranya telah menimbulkan kontroversi dalam beberapa tahun terakhir. Keprihatinan lingkungan telah disuarakan mengenai dampak perluasan ini, dalam hal kualitas air dan hilangnya habitat alami. Juga telah dikemukakan bahwa manfaat reklamasi lahan mungkin sedikit daripada dampak penurunan lebar pelabuhan, yang mempengaruhi jumlah kapal yang melewati pelabuhan. Meskipun demikian, Pelabuhan Victoria tetap mempertahankan peran utamanya sebagai pelabuhan bagi ribuan kapal internasional setiap tahunnya.

Lama terkenal dengan pemandangannya yang spektakuler, pelabuhan ini menjadi daya tarik wisata utama Hong Kong. Terletak di tengah region perkotaan yang padat di wilayah ini, pelabuhan tersebut merupakan tempat pertunjukan kembang api tahunan dan promenadenya merupakan tempat berkumpul yang populer bagi para turis dan penduduk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Victoria dan Pulau Hong Kong pada 1860-an
HMS Tamar berlabuh di galangan kapal angkatan laut di Pelabuhan Victoria pada tahun 1905

Referensi pertama terhadap apa yang sekarang disebut Pelabuhan Victoria ditemukan di peta pelayaran Zheng He di pantai Tiongkok, bertarikh sekitar 1425, yang muncul di Wubei Zhi (Sebuah Risalah mengenai Teknologi Persenjataan), sebuah buku militer abad ke-17 yang komprehensif. Sementara pelabuhan dipetakan dalam peta kemudian, peta pertama yang menggambarkannya secara rinci adalah peta laut tahun 1810[1] yang dibuat untuk Perusahaan Hindia Timur oleh Daniel Ross dan Letnan Philip Maughan dari Marinir Bombay.[2]

Beberapa kegiatan rekreasi pertama yang berlangsung di pelabuhan ini adalah kompetisi air seperti berenang dan polo air pada tahun 1850-an, yang dilakukan oleh anggota klub olahraga pertama Hong Kong, Victoria Recreation Club (Klub Rekreasi Victoria).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marine Chart prepared for the East India Company by Captain Daniel Ross and Lieutenant Philip Maughan of the Bombay Marine.
  2. ^ Agreement No. CE 42/2005 (WS). Marine Archaeological Investigation, January 2007, pp.7-8
  3. ^ Lam, S. F. Chang W, Julian. [2006] (2006) The Quest for Gold: Fifty Years of Amateur Sports in Hong Kong, 1947–1997. Hong Kong University Publishing. ISBN 962-209-766-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]