HSL dan HSV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

HSL (hue, saturation, lightness) dan HSV (hue, saturation, value) adalah dua representasi alternatif dari model warna RGB yang dirancang pada tahun 1970-an oleh peneliti grafika komputer untuk lebih menyelaraskannya dengan cara membuat atribut penglihatan manusia yang memandang warna. Dalam model ini, warna dari masing-masing hue diatur dalam irisan radial, sekitar poros tengah dari warna-warna netral yang berkisar hitam di bagian bawah untuk di bagian putih atas. HSV memodelkan representasi dengan cara mencampurkan cat dari berbagai warna bersama-sama dengan saturasi dimensi menyerupai berbagai warna cerah cat berwarna dan nilai dimensi yang menyerupai campuran cat-cat dengan jumlah yang bervariasi dari cat hitam atau putih. Upaya model HSL untuk lebih menyerupai persepsi warna model seperti NCS atau Munsell menempatkan sepenuhnya warna jenuh di sekitar lingkaran di lightness nilai Templat:1/2, di mana nilailightness 0 atau 1 adalah sepenuhnya hitam atau putih, masing-masing.

Ruang warna HSL diciptakan pada tahun 1938 oleh Georges Valensi sebagai cara untuk menambah penyandian warna pada siaran monokrom yang telah ada (yaitu yang hanya mengandung sinyal L) yang memungkinkan ada penerima untuk menerima warna siaran baru (hitam dan putih) tanpa modifikasi seperti sinyal siaran Luminansi (hitam dan putih) yang tidak dimodifikasi. HSL telah digunakan dalam penyandian semua siaran analog utama  televisi termasuk NTSC, PAL, dan SECAM dan semua sistem siaran digital dan merupakan dasar untuk video campuran.[1][2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ FR patent 841335, Valensi, Georges, "Procédé de télévision en couleurs", published 1939-05-17, issued 1939-02-06 
  2. ^ US patent 2375966, Valensi, Georges, "System of television in colors", published 1945-05-15 



Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.