Bandar Udara Matilda Batlayeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bandar Udara Matilda Batlayeri (IATA: SXK, ICAO: WAPS) terletak di Desa Tumbur, Kecamatan Wer Tamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Indonesia. Sebelumnya kabupaten ini memiliki Bandar Udara Olilit di tengah kota Saumlaki dan kini digantikan Bandara Mathilda Batlayeri yang mulai dioperasikan pada Mei 2014.

Bandara ini mempunyai panjang sekitar 1.640 meter dan lebar 30 meter, sehingga pesawat jenis ATR. Dinamakan Bandara Mathilda Batlayeri karena pahlawan perempuan tersebut berasal dari Tanimbar Maluku Tenggara Barat dan gugur di Kalimantan Selatan saat melawan pemberontak untuk mempertahankan Markas Kepolisian Kurau pada 1953.

Bandara ini dilirik sebagai pintu masuk turis asing melalui penerbangan dari Darwin, Northern Territory, Australia dengan lamanya penerbangan sekitar 45 menit. Hal ini dinilai mempermudah wisatawan dari Australia dan Pasifik pada umumnya, ke objek wisata terkenal di wilayah Indonesia Timur diataranya Wakatobi, Pulau Komodo, Pulau Banda, Lembah Baliem, Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Asmat dan Puncak Cartenz.[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Penerbangan Darwin - Saumlaki Permudah Wisatawan ke Indonesia Timur". Lelemuku.com. Diakses tanggal 22 June 2017.