Bahasa Bikol Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bikol Tengah
Bikol Sentral
Dituturkan diFilipina
WilayahBikol
EtnisBikolano
Penutur bahasa
[1]
bahasa ibu terbesar ke-6 di Filipina[2]
Latin (Alfabet Bikol)
Braille Bikol
Sebelumnya: Aksara Basahan
Status resmi
Bahasa resmi di
Bahasa daerah di Philippines
Diatur olehKomisyon sa Wikang Filipino
Kode bahasa
ISO 639-3bcl
Glottologcent2087[3]
{{{mapalt}}}
Areas where Central Bicolano is spoken in the Philippines
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.
Penutur bahasa Bikol Tengah.

Bahasa Bikol Tengah (Bikol Naga atau Bikol Sentral),[4] sering disingkat sebagai Bikol, adalah bahasa Austronesia yang dituturkan oleh Suku Bikolano, terutama di Wilayah Bikol di Luzon Selatan, Filipina. Bahasa ini digunakan di bagian utara dan barat Camarines Sur, distrik kongres kedua Camarines Norte, bagian timur Albay, bagian timur laut Sorsogon, San Pascual di Masbate, dan bagian barat daya Catanduanes. Penutur Bikol Tengah dapat ditemukan di semua provinsi Bikol dan merupakan bahasa mayoritas di Camarines Sur. Bentuk umum (sprachraum) didasarkan pada dialek Canaman.

Bikol Tengah menampilkan beberapa kosakata yang tidak ditemukan dalam bahasa Bikol lain atau bahasa-bahasa Filipina Tengah lainnya termasuk Tagalog dan Cebu. Contohnya adalah kata matua dan bitis yang sama dengan Kapampangan berarti lebih tua dan kaki. Kata banggi (malam) adalah contoh lain dari ini karena berbeda dari kata "gab-i" tetapi lebih dekat dengan kata bengi dalam bahasa Kapampangan. Tidak ada studi formal tentang hubungan Rumpun bahasa Luzon Tengah dengan Bikol Tengah tetapi Bikol Tengah memiliki beberapa kata yang juga ditemukan dalam bentuk kuno Tagalog yang diucapkan di provinsi Rizal dan Quezon yang diyakini sebagai asal rumpun bahasa Luzon Tengah seperti seperti Kapampangan di Pampanga dan bagian selatan Tarlac, dan Rumpun bahasa Sambalik di Provinsi Zambales.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bikol Tengah di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Philippine Census, 2000. Table 11. Household Population by Ethnicity, Sex and Region: 2000
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Coastal-Naga Bikol". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  4. ^ Lobel, Jason William (2000). An Satuyang Tataramon/A study of the Bikol Language. Tria, Wilmer Joseph S., Carpio, Jose Maria Z. Naga City: Lobel & Tria Partnership. ISBN 971-92226-0-3. OCLC 45883453. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Lobel, Jason William, Wilmer Joseph S Tria, and Jose Maria Z Carpio. 2000. An satuyang tataramon / A study of the Bikol language. Naga City, Philippines: Lobel & Tria Partnership, Co.: Holy Rosary Minor Seminary.
  • Mattes, Veronika. 2014.Types of Reduplication: A Case Study of Bikol. Walter de Gruyter GmbH, Berlin/Boston.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]