Rumpun bahasa Luzon Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Luzon Tengah
Letak
persebaran
Luzon Tengah-Barat (sekitar Gunung Pinatubo dan seluruh provinsi Pampanga
Penggolongan
bahasa
Austronesia
Subbagian
Glottologcent2080
Central Luzon languages.png
Letak penutur utama rumpun bahasa Luzon Tengah berdasarkan Ethnologue.

Rumpun bahasa Luzon Tengah adalah cabang dari rumpun bahasa Filipina. Bahasa-bahasa ini dituturkan di Luzon Tengah. Salah satu bahasanya, Kapampangan, merupakan bahasa utama di daerah Pampanga-Pinatubo. Namun, meski memiliki penutur sebanyak tiga hingga empat juta jiwa, Kapampangan terancam karena penuturnya banyak mengungsi dan merantau setelah letusan gunung berapi Pinatubo pada Juni 1991. Pengaruh globalisasi juga mengancam bahasa ini, karena generasi muda lebih banyak menuturkan bahasa Tagalog dan Inggris. Ada berbagai upaya dari pemerintah untuk mempopulerkan kembali bahasa Kapampangan.[1]

Penggolongan[sunting | sunting sumber]

Penggolongan luar[sunting | sunting sumber]

Ronald Himes (2012)[2] dan Lawrence Reid (2015)[3] berpendapat bahwa Mindoro Utara dapat digolongkan ke dalam rumpun bahasa Luzon Tengah. Kedua cabang berbagi inovasi fonologi *R > /y/ dari Proto-Austronesia.

Penggolongan dalam[sunting | sunting sumber]

Bahasa-bahasa yang digolongkan sebagai Luzon Tengah yaitu:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Banal, Ruston (7 September 2014). "Wear Kapampangan: T-shirt entrepreneurs seek to boost Pampanga's language". Inquirer. Diakses tanggal 24 April 2015. 
  2. ^ Himes, Ronald S. 2012. “The Central Luzon Group of Languages”. Oceanic Linguistics 51 (2). University of Hawai'i Press: 490–537.
  3. ^ Reid, Lawrence. 2015. Re‐evaluating the position of Iraya among Philippine languages. Presentation at 13-ICAL, 18-23 July, 2015 at Academia Sinica, Taipei, Taiwan.