Bahasa Boholano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boholano
Bol-anon, Binol-anon, Bisaya nga Binol-anon, Binisaya nga Bol-anon
WilayahBohol, Leyte Selatan, dan sebagian Mindanao Utara, serta Caraga
Penutur bahasa
(tidak ada perkiraan jumlah yang tersedia)
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologboho1237[1]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA

Bahasa Boholano (Binol-anon) adalah sebuah ragam bahasa Cebu yang dituturkan di provinsi Bohol di Bisaya dan sebagian besar wilayah Leyte Selatan, serta sebagian daerah Mindanao, terutama di wilayah Mindanao Utara dan Caraga.[2][3][4]

Beberapa dialek Boholano, terutama yang dituturkan di Bohol tengah, dapat dibedakan dari varian Cebuano lainnya dengan beberapa perubahan bunyi:

  • Semivokal y dilafalkan sebagai [dʒ] seperti bunyi ll (mirip dengan Yeísmo dalam bahasa Spanyol): iya dilafalkan sebagai [iˈdʒa];
  • Ako dilafalkan sebagai [aˈho];
  • Intervokal l terkadang dilafalkan sebagai [w] setelah fonem u atau o: kulang dilafalkan sebagai [ˈkuwaŋ] (sama dengan dialek di Kota Cebu).

Dialek Boholano di Bohol barat, termasuk Tagbilaran, sangat identik dengan dialek lain di dekat Kota Cebu. Selanjutnya, perubahan bunyi yang telah dijelaskan di atas, terutama dua penjelasan yang terakhir, terkadang ada di dialek di Kota Cebu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bahasa Boholano muncul sebagai dialek di wilayah tersebut setelah bahasa Cebu tiba di sana dari Cebu. Induk bahasa Cebu, yaitu bahasa Proto-Filipina tiba di daerah itu kira-kira pada 6000 tahun lalu.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Boholano". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "Lowlands-L Anniversary Celebration". www.lowlands-l.net. 
  3. ^ a b Woff, John U. (2001). "Cebuano". Dalam Garry, Jane; Rubino, Carl. Facts About the World's Languages: An Encyclopedia of the World's Major Languages, Past and Present. New York: H. W. Wilson. 
  4. ^ a b Wolff, John U. (1972). A Dictionary of Cebuano Visayan (PDF). Cornell University. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-09-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]