Bahasa Proto-Austronesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bahasa Proto-Austronesia atau Bahasa Austronesia Purba adalah cikal bakal dan juga keturunan pertama bagi keberadaan bahasa-bahasa Austronesia yang memiliki kekhususan dari segi tata susunan ilmu bahasanya (linguistic reconstruction) dan termasuk salah satu rumpun bahasa yang berpengaruh besar di dunia. Namun, seorang bahasawan yang bernama Malcolm David Ross[1] pernah menyampaikan pernyataan saat tahun 2009 bahwa beberapa rumpun bahasa Austronesia seperti bahasa Tsou, bahasa Rukai dan bahasa Puyuma tidak bisa dipastikan kebenarannya sebagai leluhur seluruh rumpun bahasa Austronesia karena tata susunan kebahasaannya yang hampir tidak bisa diketahui. Selain itu, terdapat pula jenis bahasa Austronesia lainnya yang asal usulnya berawal dari Melayu-Polinesia Purba (Proto-Malayo-Polynesian), Oseanik Purba (Proto-Oceanic) dan Polinesia Purba (Proto-Polynesian) digolongkan sebagai nenek moyang yang lebih muda.

Peta tersebarnya rumpun bahasa Austronesia. Diduga kuat bahwa daerah Tiongkok sebelah selatan menjadi pangkal pertama keberadaan rumpun bahasa ini.

Acuan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ross, Malcolm. 2009. "Proto Austronesian verbal morphology: A reappraisal." In Alexander Adelaar and Andrew Pawley (eds.). Austronesian historical linguistics and culture history: a festschrift for Robert Blust. Canberra: Pacific Linguistics.