Opor ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Opor Ayam)
Opor ayam
Semangkuk opor ayam.
Tempat asal Indonesia
DaerahJawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur
Suhu penyajianPanas atau temperatur ruangan
Bahan utamaDaging ayam dan santan
Energi makanan
(per porsi )
392 kalori kkal
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Resep bumbu opor ayam

Opor ayam (Jawa: ꦎꦥꦺꦴꦂ​ꦥꦶꦠꦶꦏ꧀m, translit. Opor pitik) merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi ponti, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng kentang.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Opor ayam adalah makanan sudah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak zaman kerajaan dulu. Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak bisa makan daging. Karena daging dulu biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena ingin menikmati hidangan serupa terciptalah opor ayam.

Hingga saat ini opor menjadi hidangan sederhana yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Variasi opor Nusantara[sunting | sunting sumber]