Batalyon Infanteri 503

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Batalyon Infanteri Lintas Udara 503/Mayangkara merupakan Batalyon Infanteri Lintas Udara yang berada dibawah komando Brigif Linud 18/Trisula,Kostrad. Markas batalyon berkedudukan di Mojokerto.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal batalyon ini adalah pemuda-pemuda yang sebagian besar dari kampung Kedondong, Surabaya di bawah pimpinan Djarot Subiantoro mantan tokoh Jibaku Tai pada awal kemerdekaan. Setelah disusun menjadi Batalyon, pasukan ini bernama Batalyon BPRI dan berkedudukan di Gubeng. Pada peristiwa 10 November 1945, Batalyon BPRI mundur ke Sepanjang, Krian dan akhirnya mempertahankan Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Pada tanggal 9 Desember 1945, Kompi Sriwijaya yang anggotanya berasal dari bekas Heiho di bawah pimpinan Kapten Jansen Rambe bergabung dengan Batalyon BPRI, dan diresmikan menjadi Batalyon IX dengan komandan tetap Mayor Djarot Subiantoro. Batalyon IX bergabung ke Resimen XXXII Pimpinan Letkol Kristanto, kemudian markas Batalyon berpindah ke Desa Mantup, Kecamatan Mantup. Batalyon ini mempunyai tanggung jawab Sektor Surabaya Barat, meliputi batas desa Banjeng sampai batas Selatan desa Kupang Kemlagi Mojokerto.