Batalyon Zeni Tempur 11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batalyon Zeni Tempur 11/
Durdhaga Wighra
Dibentuk13 Juni 1959
NegaraIndonesia
CabangZeni
Tipe unitSatuan Bantuan Tempur
PeranPasukan Prasarana Militer
Bagian dariKodam Jaya
MarkasJakarta Timur
JulukanYonzipur 11/DW
MotoDurdhaga Wighra
BaretHijau
MaskotSemut Hitam
Ulang tahun13 Juni

Batalyon Zeni Tempur 11/Durdhaga Wighra atau Yon Zipur 11/DW sebelumnya bernama Batalayon Zeni Konstruksi 11/Durdhaga Wighra adalah sebuah satuan bantuan tempur TNI-AD yang di bentuk pada 13 Juni 1959. Yonzipur 11/DW merupakan satuan yang berada di bawah kendali Kodam Jaya yang sebelumnya berada dibawah kendali Resimen Zeni Konstruksi Pusziad dan berkualifikasi konstruksi.

Markas Yonzipur 11/DW di Jl. Kesatrian IV Matraman, Jakarta Timur.[1] Sesuai dengan fungsinya Yonzipur 11/DW melaksanakan fungsi Konstruksi baik di medan perang maupun di medan damai.

Makna Lambang Satuan[sunting | sunting sumber]

Durdhaga Wighra memiliki arti "Bekerja Keras dengan Semangat Gotong Royong dan Tidak Mengenal Menyerah". Lambang Semut Hitam menggambarkan di dalam bekerja pasukan Yon Zipur 11/DW mengedepankan kerjasama dan kegigihan hingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Truk regu jihandak dari Batalyon Zeni Tempur 11 bersiaga di Gelora Bung Karno.

Tugas Pokok[sunting | sunting sumber]

  • Tugas Pokok Yonzipur 11/DW. Melaksanakan bantuan Zeni terpusat dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Jaya.
  • Tugas-Tugas. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, Kodam Jaya menyelenggarakan tugas-tugas sebagai berikut:
  1. Fungsi Utama. Menyelenggarakan kegiatan konstruksi permanen meliputi pembuatan dermaga, lapangan terbang, jalan raya, jalan kereta api, jembatan standar dan non standar, konstruksi perlindungan, bangunan dan prasarana serta pengendalian kerusakan daerah yang meliputi rehabilitasi pasca perang dan rekonstruksi akibat bencana alam.
  2. Fungsi Organik TNI AD. Menyelenggarakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, sumber daya manusia (SDM), logistik, teritorial satuan ibukota dalam rangka mendukung tugas pokok Yonzipur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya pada Juli 1962, berdasarkan keputusan Menteri Hankam/Kepala Staf ABRI Jenderal TNI AH Nasution, satuan-satuan Yonzikon berada di bawah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Dibentuk untuk Operasi Trikora (Tiga Komando Rakyat) merebut Irian Barat pada 1962-1963. Saat itu Kostrad memiliki enam Yonzi, yakni Yonzipur 7 Lintas Medan, Yonzipur 9 Lintas Udara (Para), dan Yonzipur 10 Amfibi. Selain itu juga memiliki Yonzikon 1, Yonzikon 2 Yonzikon 3. Kemudian pada November 1963, Menteri/Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani mengalih-kodal-kan tiga Yonzikon dari Kostrad ke Komando Pusat Zeni Angkatan Darat.

Namanya diganti menjadi Yonzikon 11, Yonzikon 12, dan Yonzikon 13. Lalu Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani membentuk lagi Yonzikon 14 dan Yonzikon 15 untuk menghadapi Dwikora Ganyang Malaysia. Akhirnya lima Yonzikon ditugaskan membantu menumpas Gerakan 30 September (G30S) 1965/Partai Komunis Indonesia (PKI). Pasalnya, Kodam Jayakarta belum memiliki satuan lapangan Zeni. Sehingga lima Yonzikon berada dalam BKO Kodam Jayakarta. Yonzikon 15 menempati markas bekas Yonzipur 8 di Lenteng Agung. Yonzipur 8 dipindahkan dari Jakarta ke Makassar menjadi bagian dari Kodam Hasanuddin. Usai seluruh Yonzi mengikuti Operasi Seroja Timor Timur tahun 1975-1978, TNI Angkatan Darat melakukan perampingan organisasi satuan lapangan. Tiga Yonzi dilikuidasi, yakni Yonzipur 6, Kowilhan III Kalimantan, Yonzipur 7 Resimen Zipur 1, Kostrad dan Yonzikon 15 Resimen Zikon 3 Pusziad.

Markas bekas Yonzipur 7 Resimen Zipur 1 Kostrad di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, kini ditempati Batalyon Satria Sandi Yudha Kostrad. Dahulu dikenal dengan nama Batalyon Intelijen Tempur (Yonintelpur) Kostrad, merupakan satuan pasukan berkualifikasi khusus. Bekas markas Yonzikon 15, kini menjadi Kompi Zeni Jihandak Pusziad.

Alih Kodal Satuan[sunting | sunting sumber]

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin acara Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alih Kodal) Satuan Batalyon Zeni Konstruksi (Yon Zikon) 11/Durdhaga Wighra dari Kapusziad kepada Pangdam Jaya disertai perubahan nama dari Batalyon Zeni Konstruksi 11/DW Menzikon Pusziad menjadi Batalyon Zeni Tempur 11/DW Kodam Jaya/Jayakarta. Acara tersebut dirangkaikan dengan acara laporan korps kenaikan pangkat 19 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI AD. Kegiatan digelar di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta[2]

Komandan[sunting | sunting sumber]

Saat Bernama Yonzikon 11/Durdhaga Wighra Resimen Zeni Konstruksi


  • Letkol Czi Mochamad Effendi, S.E., M.M. (2000-2002)⭐⭐⭐
  • Letkol Czi Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A. (2004-2005)⭐
  • Letkol Czi Dindin Kamaludin, S.IP. (2011)
  • Letkol Czi Cornellis Rompas (2013)
  • Letkol Czi Syaiful Rachman (2014-2016)
  • Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos. (2016-2018)
  • Letkol Czi Anto Indriyanto, S.Sos. (2018-2019)

Likuidasi dan Bernama Yonzipur-11/Durdhaga Wighra Kodam Jaya


  • Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo (2019-2021)
  • Letkol Czi Bambang Santoso, S.H. (2021-Sekarang)
  • Letkol Czi Janu Hendarto, S.E. (2024-Sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]