Batalyon Kavaleri 7

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Batalyon Kavaleri 7/Panser Khusus Kodam Jaya adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk pada 23 Juli 1962 dan bermarkas di Jakarta.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batalyon Kavaleri 7 Panser Khusus dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat Nomor Skep/911/VII/ 1962 tanggal 9 Juli 1962. pada tanggal 23 Juli 1962 tepatnya pada Jam 10.00 bertempat di lapangan Tegal Lega Bandung diresmikanlah Satuan Kavaleri dengan nama Batalyon Kavaleri 7 Panser/CADUAD oleh Menteri Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal TNI Ahmad Yani serta berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor Skep/1044/IX/1963 Batalyon Kavaleri 7 secara resmi menjadi organik Kodam V/Jaya, dan secara bertahap Yonkav 7 mengadakan perpindahan dari Padalarang ke Jakarta.

Batalyon Kavaleri 7 Panser Khusus disingkat Yonkav 7/Sersus adalah satuan tempur di darat yang terdiri dari personel dan materiil yang disusun dan dilatih secara khusus, dengan dilengkapi kendaran tempur berlapis baja serta alat peralatan untuk melaksanakan tugas pengamanan, pengintaian dan evakuasi.

Tugas Satuan[sunting | sunting sumber]

Batalyon Kavaleri 7 Panser Khusus disingkat Yonkav 7/Sersus adalah satuan tempur didarat yang terdiri dari personel dan materiil yang disusun dan dilatih secara khusus, dengan dilengkapi kendaran tempur berlapis baja serta alat peralatan untuk melaksanakan tugas pengamanan, pengintaian dan evakuasi.

Batalyon Kavaleri 7/Panser Khusus mempunyai kekuatan terdiri dari 4 kompi yaitu kompi 71, 72, 73 dan 74. Batalyon ini sering juga disebut Batalyon Kavaleri Pragosa Satya yang berarti mempunyai kesetiaan yang tinggi. Ranpur yang digunakan adalah V-150 meriam, V-150 intai, V-150 angkut personel, V-150 Komando dan VAB buatan Prancis. Disini pula Kepala BIN Letjen TNI Marciano Norman pertama bertugas.

Dalam pertahanan keamanan rakyat semesta, Yonkav 7/Sersus melaksanakan tugas pengintaian dan pengamanan kepada satuan dimana Yonkav 7/Sersus ditugaskan, serta dapat melaksanakan operasi teroterial, operasi bhakti dan operasi intelijen secara terbatas. Lambang kesatuan Yonkav 7/Sersus adalah kepala orang hutan atau “MAWAS“ dengan sesanti Pragosa Satya yang artinya mempunyai kesetiaan yang tinggi, bergambar diatas dasar warna kuning dan merah berbentuk segitiga melambangkan Tri Daya Sakti yaitu daya gerak, daya tembak dan daya kejut. Semboyan Yonkav-7/Panser Khusus adalah PRAGOSA SATYA. Batalyon ini persenjataannya khusus menggunakan Panser. Tugasnya adalah mengamankan ibu kota negara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah Satuan yonkav7.mil.id
  2. ^ Satuan Tempur dan Satuan Bantuan Tempur kodam-jaya.mil.id

Pranala luar[sunting | sunting sumber]