Manokwari (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Manokwari)
Langsung ke: navigasi, cari
Manokwari
—  Pulau Papua Nuvola single chevron right.svg Papua Barat  —
Lokasi Manokwari di Pulau Pulau Papua
Manokwari (kota) is located in Indonesia
Manokwari
Lokasi Manokwari di Pulau Pulau Papua
Koordinat: 0°52′LU 134°05′BT / 0,867°LS 134,083°BT / -0.867; 134.083
Negara  Indonesia
Hari jadi 18 November 1898
Populasi (2010)[1]
 • Total 99,488 jiwa
 • Kepadatan 64/km2 (170/sq mi)
Demografi
 • Suku bangsa Suku Arfak, Suku Biak Numfor, Suku Bugis, Suku Buton, Suku Makassar, Suku Ambon, Batak, Jawa, dll
 • Agama Islam (33%), Katolik (62%), Protestan (4,5%), Hindu (0,1%), Buddha (0,09%), lainnya (0,31%)
 • Bahasa Indonesia
Bandar udara Bandar Udara Rendani
Pelabuhan Pelabuhan Manokwari

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat, Indonesia. Manokwari juga merupakan ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota ini memiliki luas wilayah 1.556,94 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 99.488 jiwa.

Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah bagi masyarakat Kristen di Papua karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang satu sama lain. Pulau Mansinam dapat dicapai dengan menyewa kapal atau speedboat dari Pelabuhan Ketapang, di jalan Pasir Putih. Manokwari membentang di Teluk Doreri, dan di tengah perbukitan rendah didominasi oleh pegunungan Arfak di selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hari jadi Kota Manokwari yang jatuh pada tanggal 8 November 1898 dilatarbelakangi oleh peristiwa dibentuknya pos pemerintahan pertama di Manokwari oleh Pemerintahan Hindia Belanda, ketika Residen Ternate Dr. D. W. Horst atas nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda melantik Tn. L. A. Van Oosterzee pada hari Selasa tanggal 8 November 1898 sebagai Controleer Afdeling Noord New Guinea (Pengawas Wilayah Irian Jaya Bagian Utara) yang waktu itu masih termasuk wilayah keresidenan Ternate. Tanggal 8 November inilah yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Manokwari melalui Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 1995[2].

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kota Manokwari memiliki banyak obyek wisata alam yang ramai di kunjungi turis. Panorama alam Manowari yang indah dengan pegunungan dan pantai nya yang menakjubkan.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Bawah Laut Teluk Doreri[sunting | sunting sumber]

Alam bawah laut disekitar Teluk Doreri berisikan bangkai kapal, merupakan salah satu situs terbaik untuk jenis bangkai kapal di Indonesia. Pada Teluk Doreri Terdapat 3 pulau kecil yaitu Pulau Mansinam, Pulau Lemon, dan Pulau Raimuti di dekat Pantai Arfai, yang masih memiliki koleksi terumbu karang unik dan indah. Diperkirakan terdapat lebih dari 20 bangkai kapal berada disana, namun yang dapat dilihat dengan jelas adalah 6 bangkai. Seperti Pasir Putih Wreck sejenis kapal patroli angkatan laut dengan panjang antara 13-22 m, Pillbox Wreck sejenis kapal kargo komesial pembawa amunisi dengan panjang antara 9-16 m, Cross Wreck sejenis kapal patroli, Mupi Wreck, Shinwa Maru sejenis kapal kargo.[3].

Pegunungan Arfak[sunting | sunting sumber]

Suatu kawasan cagar alam yang dilindungi, bagi setiap pengunjung yang datang ke pegunungan Arfak benar-benar merasa puas, karena dapat menikmati panorama alamnya yang indah sejuk seperti hutan, lembah, dan sungai. Perkampungan tradisional dan kehidupan masyarakat yang masih seperti zaman batu, yang paling menarik disini adalah terdapat sekoitar 320 jenis burung, 110 jenis mamalia dan 323 jenis kupu-kupu.

Pantai Pasir Putih[sunting | sunting sumber]

Pantai Pasir Putih Manokwari

Terletak sekitar 5 km dari pusat Kota Manokwari dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan waktu 15 menit Pantai ini sangat nyaman untuk rekreasi berenang, jemur panas, pasirnya putih dan berombak kecil. Kawasan ini memiliki pulau-pulau yang panorama alamnya sangat indah dan tenang di pulau-pulau in ada masyarakat nelayan dengan perkampungan tradisional. Di beberapa pulau ini terdapat hamparan terumbu karang dengan jenis-jenis biota lautnya dari cocok untuk kegiatan selam.

Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy[sunting | sunting sumber]

Cagar alam ini memiliki 147 species burung dan berbagai jenis flora dan fauna lainnya. Terletak di sepanjang Jaziriah Wasior 142.173,94 km dengan luas 73.022 ha. Dari cagar alam ini dapat dinikmati panorama alam Teluk Wandamen dan Teluk Cenderawasih yang sangat indah. Dapat dicapai dengan pesawat udara jenis Cessna dan Twin Otter waktu tempuh ± 20 menit dari kota Manokwari. Bentuknya unik dibangun di atas tiang-tiang penyangga yang sangat banyak sehingga dinamakan rumah seribu kaki. Dindingnya terbuat dari kulit kayu sedangkan atapnya dari daun pandan penghuninya terdiri dari 4 sampai 5 keluarga (25-30 orang). Rumah-rumah tradisional Suku Arfak ini di pedalaman Manokwari, Kecamatan Kebar, Anggi dan Merday.

Hutan Wisata Gunung Meja[sunting | sunting sumber]

Dari kejauhan gunung ini membentuk seperti meja terletak kira-kira 2 km dari Kota Manokwari dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Areal gunung meja merupakan Hutan yang sangat ideal untuk olahraga hiking, piknik keluarga serta penelitian. Di kawasan hutan wisata ini dibangun Tugu Jepang yang merupakan monumen peringatan Pendaratan tentara Jepang divisi 221 dan 222 di Manokwari pada waktu Perang Dunia II dari lokasi ini dapat menikmati pemandangan Kota Manokwari.

Pantai Bakaro[sunting | sunting sumber]

Pantai Bakaro terletak di pesisir Utara Manokwari, terletak bersebelahan dengan Pantai Pasir Putih. Keunikan dari pantai ini terletak pada tradisi pemanggilan ikan. Memanggil ikan biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini untuk menarik para pengunjung. Biasanya mereka memanggil ikan dengan menggunakan peluit yang terbuat dari kulit kerang yang ditiup sambil membawa makanan, sehingga dengan sendirinya ikan datang mendekat. Karakter pantai yang berbatu juga memungkinkan para pengunjung dapat mendekati tengah pantai di saat laut surut, sehingga pengunjung dapat menyaksikan langsung dasar pantai yang jernih tempat ikan-ikan berkumpul.

Bendungan Prafi[sunting | sunting sumber]

Bendungan prafi terletak di Distrik Prafi yang merupakan bendungan buatan Dinas PU. Perjalanan dari Kota Manokwari menuju tempat wisata ini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan darat menuju ke arah Selatan. Sepanjang perjalanan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam berupa pegunungan dan lembah yang sangat indah. Rasa lelah pengunjung akan terobati setelah sampai ke Bendungan Prafi yang dituju. Karena tidak hanya menggambarkan keindahan alam di sekitar bendungan, namun juga sebagai tempat melepas penat. Pengunjung juga diperbolehkan mandi di bendungan ini dan mengambil gambar untuk berfoto dengan background alam pegunungan dan sungai yang indah. Setelah lelah menikmati keindahan bendungan, pengunjung dapat beristirahat sejenak menikmati makanan di Warung Sabar Menanti dengan waktu tempuh 1/2 jam dari lokasi bendungan. Di warung sabar menanti yang terletak di Distrik Prafi menyajikan menu ayam kampung bakar empuk dengan aneka sambal dan lalapannya.

Pantai Maruni[sunting | sunting sumber]

Pantai Maruni terletak sekitar 20 km dari pusat kota Manokwari, menuju ke arah Selatan dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Pantai ini dihampari lapisan pasir kuarsa hitam bercampur bebatuan kerikil. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, antara lain : memancing, berperahu, dan berenang.

Lokasi penginapan[sunting | sunting sumber]

  • Aston Niu Manokwari Hotel ; Aston Niu Manokwari Hotel and Conference Center adalah hotel bintang 4 terletak di Manokwari dengan lokasi tertinggi pada perbukitan sowi yang menggabungkan fasilitas bisnis dan liburan, tersedia nirkabel internet serta fasilitas pertemuan yang luas dengan resor seperti atribut seperti yang indah kolam luar ruangan, pemandangan laut yang memukau dan kafe atap pemandangan panorama.
  • Swiss-Belhotel Hotel Manokwari ; Swiss-Belhotel Hotel Manokwari adalah hotel bintang 3 beralamat Jalan Yos Sudarso 8, Manokwari, Indonesia lokasi berada pada pusat kota dan hanya 8 menit perjalanan dari/ke Bandar Udara Rendani, berjalan kaki ke Universitas Negeri Papua dan Pantai Amban dekat dengan Momumen perang Jepang atau ke Teluk Sawalsu, Taman Gunung Meja, Danau Anggi dan Tanjung Casuarina.
  • Mansinam Beach Resort Hotel; Mansinam Beach Resort Hotel adalah hotel bintang 2 terletak di depan Pulau Mansinam, dibangun Pada tahun 2007, kapasitas sekitar 45 kamar. Menawarkan pesona pantai serta dilengkapi fasilitas pendukung seperti Marina Square, Banana Boat, Jet Ski, Speed Boat dan Diving Centre.
  • Billy Jaya Hotel; Billy Jaya Hotel adalah hotel bintang 2 terletak di jalan merdeka Manokwari.
  • Holiday Park Hotel; Holiday Park Hotel adalah hotel bintang 1 terletak di jalan pahlawan Manokwari

Biro Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Beberapa biro perjalanan yang ada di Manokwari[4] :

  1. Lintas Bintang Timur, Jl. Trikora Rendani - Akses Charter Pesawat/Helikopter - http://lbt-manokwari.co.id;
  2. Papua Wisata Travel, Jl. Merdeka Manokwari;
  3. Billy Travel, Jl. Merdeka Manokwari;
  4. Putra Dua Travel, Jl. Trikora Wosi;
  5. Putri Moi Travel, Jl. Trikora Wosi;
  6. Kurnia Pratama, Jl. Yos Sudarso;

Tempat Ibadah[sunting | sunting sumber]

Masjid[sunting | sunting sumber]

  1. Masjid Jami Merdeka - Jl Bandung
  2. Masjid Al Ishlah - Jl Percetakan Negara
  3. Masjid Al Ikhlas Korem - Komplek Makorem 171
  4. Masjid Ridwanul Bahri - Jl Toba Sanggeng Fasharkhan TNI AL
  5. Masjid Darul Ulum - Jl Gn Salju Amban
  6. Masjid Al-Kautsar - Jl Drs Esau Sesa
  7. Masjid Madinah - Jl Belibis Kampung Bugis
  8. Masjid At Taqwa - Jl Trikora Wosi
  9. Masid Istiqlal - Jl Trikora Arfai
  10. Masjid As Sakinah - Jl Simponi Rindu
  11. Masjid Darussalam - Reremi Pemda
  12. Masjid Al Falah - AMD Wosi
  13. Masjid Nurul Fatah - Bumi Marina Asri
  14. Masjid Al Mutaqin - Kampung Ambon Atas
  15. Masjid Nurul Qolbi - Amban Permai
  16. Masjid Al Hijrah - Borobudur 1

Gereja[sunting | sunting sumber]

  1. Gereja Katholik Immanuel - Jl Pahlawan
  2. Gereja Katholik Santo Agustinus - Jl Brawijaya
  3. Gereja Bethel Tabernakel - Jl Trikora Sanggeng
  4. Gereja Effata Manggoapi - Jl Gn Salju
  5. Gereja Sidang Jemaat Allah - Jl Manunggal XVII
  6. Gereja Maniosi - Jl Sujarwo Condronegoro
  7. Gereja Persekutuan Kristen - Jl Siliwangi
  8. Gereja Ebenhaezer - Jl Gn Salju Amban
  9. Gereja Persekutuan Kristen Alkitab Indonesia Erikson Tritt - Jl Merdeka 71
  10. Gereja Sion Sanggeng - Jl Ciliwung
  11. Gereja Ottow Dan Geissler - Jl Trikora Sanggeng
  12. Gereja Pantekosta - Jl Pami Amban, Amban, Manokwari
  13. Gereja Persekutuan Kristen Alkitab Indonesia - Jl Trikora Wosi
  14. Gereja Pengharapan - Jl Trikora Rendani
  15. Gereja Pentakosta Haleluya - Jl Palapa Reremi
  16. Klasis Gereja Kristen Injili - Jl Pasir Putih Kwawi
  17. Gereja Bethel Indonesia - Perum Reremi Permai
  18. Gereja Kristus Ajaib - Jl Pertanian
  19. Gereja Maranatha - Jl Merdeka

Wihara[sunting | sunting sumber]

  1. Wihara Bhuda Praba Manokwari - Jl Trikora Wosi

Pusat Perbelanjaan[sunting | sunting sumber]

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Persatuan sepakbola kebanggaan kota Manokwari adalah klub Perseman Manokwari yang bermarkas di Stadion Esau Sesa berkapasitas 20.000 penonton, dijuluki Hinocofu (Ular Putih) atau Laskar Kaki Gunung Arfak, persatuan pendukungnya bernama Hinocofumania atau Persemania.

Perhubungan[sunting | sunting sumber]

Transportasi Darat[sunting | sunting sumber]

Jarak tempuh beberapa kota tertentu di kabupaten manokwari 2010[5] :

Kota Amberken Manokwari Oransbari Ransiki Sidey
(01) (02) (03) (04) (05) (06)
Amberken - 70 115 117 25
Manokwari 70 - 45 47 45
Oransbari 115 45 - 2 92
Ransiki 117 47 2 - 94
Sidey 25 45 92 94 -

Transportasi Laut[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Manokwari berada di Jalan Banjarmasin beroperasi selama 24 jam dalam satu hari.

Transportasi Udara[sunting | sunting sumber]

Kota Manokwari memiliki sebuah bandar udara yang disebut dengan Bandar Udara Rendani yang beroperasi mulai pukul 06.00 WIT s/d pukul 17.00 WIB, panjang landasan utama sekitar 2000 m dengan jenis pesawat terbesar adalah Boeing 737 seri 300. Maskapai penerbangan yang beroperasi seperti Express Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Lion Air, Susi Air, Travira Air, dll. Jarak antara Bandar Udara Rendani ke pusat kota Manokwari sekitar 5 km jarak tempuh.

Media Massa[sunting | sunting sumber]

Stasiun Televisi[sunting | sunting sumber]

  1. PAPUA BARAT TV

Media Online[sunting | sunting sumber]

  1. Lentera Papua Barat
  2. Warta Papua Barat
  3. Bintang Papua

Radio[sunting | sunting sumber]

  1. Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Manokwari
  2. Berita Matoa FM Radio Manokwari
  3. GSM Radio
  4. Radio Swara Kemenangan (Radio SK / RSK / Radio Elshinta)
  5. Radio Covirta FM
  6. Radio RBS
  7. Radio Bahana Arauna (Radio Arauna)

Sumber Data : http://www.asiawaves.net [6].

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Di Kota Manokwari[sunting | sunting sumber]

  1. Institut Sains dan Teknologi Indonesia Manokwari - ( ISTI Manokwari)
  2. Politeknik Cratindo Manokwari
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mah-Eisa Manokwari - ( STIH Mah-Eisa Manokwari)
  4. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari - ( STIH Manokwari )
  5. STKIP Muhammadiyah Manokwari
  6. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Manokwari - ( STPP Manokwari )
  7. Universitas Negeri Papua - ( UNIPA )
  8. Universitas Terbuka perwakilan UPBJJ UT Jayapura di Universitas Negeri Papua

Sumber data:

  • BPS Papua Barat[7].
  • Kopertis Wilayah XII[8].
  • DIKTI [9].
  • STPP Manokwari Deptan[10].

Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Manokwari[sunting | sunting sumber]

Milik Pemerintah[sunting | sunting sumber]

  1. SMA Negeri 1 Manokwari
  2. SMA Negeri 2 Manokwari
  3. SMK Kehutanan Manokwari
  4. SMK Negeri 1 Manokwari
  5. SMK Negeri 2 Manokwari
  6. SMK Negeri 3 Manokwari
  7. SMK Negeri 4 Manokwari
  8. SMK Pertanian SPP Negeri Manokwari

Swasta[sunting | sunting sumber]

  1. SMA Swasta Advent Manokwari
  2. SMA Swasta ST. Paulut Manokwari
  3. SMA Swasta YABT Manokwari
  4. SMA Swasta YAPIS Manokwari
  5. SMA Swasta YPK IMANUEL Manokwari
  6. SMA Swasta YPK OIKUMENE Manokwari
  7. SMA Swasta YPPGI Manokwari

Sumber Data : Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) [11].

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Berikut ini daftar tokoh-tokoh yang terkenal di Manokwari :

  1. Abraham Octavianus Atururi
  2. Rahimin Katjong
  3. Timbul Pudjianto
  4. Ahmad Tanribali Lamo

Kota Kembar[sunting | sunting sumber]

Kota Negara
Podgorica Bendera Montenegro Montenegro
Thimphu Bendera Bhutan Bhutan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Penduduk Hasil Sensus Penduduk 2010". BPS Kab. Manokwari. 2012-06-23. Diakses 2012-07-29. 
  2. ^ "Sejarah Kabupaten Manokwari". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 30 April 2012. Diakses 2012-07-29. 
  3. ^ "Best Wreck Diving in Indonesia - Denise Nielsen Tackett & Larry Tackett". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2005. Diakses 2012-07-29. 
  4. ^ www.manokwarikab.go.id.
  5. ^ "Jarak tempuh beberapa kota tertentu di kabupaten manokwari 2010". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 5 June 2012. Diakses 2012-07-29. 
  6. ^ "Radio Stations in West Papua Province [Propinsi Papua Barat, formerly Irian Jaya Barat], Indonesia". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2012. Diakses 2012-07-29. 
  7. ^ "Daftar Perguruan Tinggi Swasta, Alamat, Jumlah Dosen, dan Jumlah Mahasiswa Tahun 2010". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2010. Diakses 2012-07-29. 
  8. ^ "Daftar Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Kopertis XII". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2012. Diakses 2012-07-29. 
  9. ^ "Kopwil XII". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2012. Diakses 2012-07-29. 
  10. ^ "STPP Manokwari". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2012. Diakses 2012-07-29. 
  11. ^ "Hasil Pencarian Data Satuan Pendidikan (Sekolah) di Indonesia dengan nama "MANOKWARI"". Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 2012. Diakses 2012-07-29. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]