Mantup, Lamongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantup
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenLamongan
Pemerintahan
 • CamatSubani, SE
Populasi
 • Total41,223 jiwa jiwa
Kode Kemendagri35.24.16
Kode BPS3524050
Luas93,07 km²
Desa/kelurahan15 desa

Mantup adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Gambaran Umum Kecamatan Mantup Kecamatan Mantup terletak 20 km sebelah selatan Kota Kabupaten Lamongan, yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Gersik.

Luas Wilayah: Memiliki luas wilayah dataran tinggi 9.307,285 Hektar. Dengan tata guna tanah: - tanah pertanian: 5.952,60 hektaree - tanah hutan: 2.306 hektare

Jumlah peduduk: Jumlah peduduk Kecamatan Mantup sejumlah 41.223 jiwa, yang terdiri dari: laki-laki 20.274 jiwa dan perempuan 20.949 jiwa

Potensi kecamatan mantup: Pertanian Salah satu dari potensi Kecamatan Mantup dengan hasil pertanian: - padi - jagung - kedelai - kacang hijau - cabe jamu - tebu - kapas di seluruh wilayah mantup.

Produk unggulan yang dihasilkan Kecamatan mantup adalah cabe dan jamu yang berada di desa Tunggunjagir, Sumberkerep, dan Sumberbendo. berada di desa Kedungsoko, Sumberkerep, Sukosari, Mantup, Mojosari, Tugu, Sidomulyo, Sukobendu, dan Tunggunjagir.

Kerajinan yang dihasilkan berupa anyaman bambu yang berada di desa Tugu Anyaman Pandan berada di seluruh desa dalam wilayah Kecamatan Mantup.

Tempat Wisata di Kecamatan Mantup terdapat makam "Sunan Giri III (Mbah Sedo Margi)" yang terletak di desa Mantup. Dengan adanya makam tersebut setip harinya dihadiri pengunjung pada hari tertentu untuk berziarah dan dalam setahun diperkirakan 1.250 orang peziarah.

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

batas-batas wilayah sebagai berikut :

Desa Di Kec. Mantup[sunting | sunting sumber]