Xerneas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xerneas
Xerneas, oleh Ken Sugimori.
Xerneas, oleh Ken Sugimori.
Nomor Pokédex
Nasional
#???
Penampilan perdana
PermainanPokémon X dan Y
AnimePokémon
Info produksi
GenerasiVI (Keenam) - 2013
PenciptaKen Sugimori

Xerneas (ゼルネアス, Xerneas) adalah salah satu dari dua Pokémon legendaris dalam permainan video Pokémon X dan Y, yang juga merupakan maskot Pokémon X. Ia diumumkan pada tanggal 8 Januari 2013.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Tubuh Xerneas didominasi warna biru agak gelap dan hitam, berkaki empat, Pokémon ini mirip seperti rusa dengan tanduk delapan memanjang keluar dari kepalanya, dan di setiap sisi kiri dan kanan ada empat buah. Setiap tanduk bewarna dasar krem dan dihiasi dengan tiga bagian penonjolan berwarna-warni yang melilit disepanjang tanduk (oranye, merah, ungu, dan biru terang). Warna tanduk secara bertahap berubah dari terang menjadi lebih gelap ketika bergerak dari bawah (dekat kepala) hingga ke ujung atas. Kepala Xerneas berwarna biru dengan sebuah tanduk kecil di masing-masing kedua sisi kepalanya, dan akar dari tanduk terlihat menandai wajah tepat di bawah mata dan di atas hidung. Warna matanya sama dengan warna bulunya, dan memiliki pupil berbentuk X. Bagian tunuhnya yang berwarna biru berakhir di daerah dada di mana "bulu" culanya keluar, mirip dengan tanduk biru di wajahnya.

Sisa tubuh Xerneas berwarna hitam dan dipenuhi oleh bintik-bintik kecil berwarna-warni di punggunya (warna yang sama dengan tatanan hiasan tanduknya, dan titik berwarna biru terang yang berbasis pada ekornya) dan garis biru tersirat di sepanjang tulang belakangnya. Ia memiliki ekor kecil berbulu hitam di mana garis biru tersebut berakhir. Kaki mereka yang bergaya seperti pisau dengan maata "kait" di ujungnya, membentuk pola silang, dengan bagian tepi utama terukir sama seperti tanduknya, pola bentuk pada kaki depannya terlihat seperti bilah pedang.

Ability xerneas adalah fairy aura yang memperkuat serangan tipe fairy hingga 33,3%

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Xerneas dan Yveltal adalah Pokémon pertama yang nama dalam versi bahasa Inggrisnya diumumkan terlebih dahulu sebelum diberitahukan nama versi bahasa Jepangnya. Xerneas didasarkan pada beberapa jenis cervidae (rusa). Bentuknya didasarkan pada huruf X. Namanya juga mungkin berasal dari cervus (Bahasa Latin untuk rusa), Cernunnos (dewa Kelt bertanduk), dan Ceryneian Hind (Rusa Kerineia).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]