Yveltal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yveltal
Yveltal, oleh Ken Sugimori.
Yveltal, oleh Ken Sugimori.
Nomor Pokédex
Nasional
#???
Penampilan perdana
PermainanPokémon X dan Y
AnimePokémon
Info produksi
GenerasiVI (Keenam) - 2013
PenciptaKen Sugimori

Yveltal (イベルタル, Yveltal) adalah salah satu dari dua Pokémon legendaris dalam permainan video Pokémon X dan Y, yang juga merupakan maskot Pokémon Y. Ia diumumkan pada tanggal 8 Januari 2013.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Yveltal merupakan Pokémon seperti burung besar. Tubuhnya berwarna gelap dan dihiasi dengan pola keabu-abuan di sepanjang sisi bawah tbuhnya. Sayap dan ekor memiliki tiga poin yang memanjang di pinggiran tubuhnya, dekat dengan bagian yang berhubungan dengan tubuhnya. Ada lima cakar besar pada setiap embel-embel, tiga di antaranya mengarah ke dalam kurva. Bagian bawah mendekati ujung tubuhnya berwarna merah terang, dengan percabangan yang berwarna hitam. Tanda serupa yang hadir di kepala dan leher Yveltal.

Ia memiliki paruh runcing yang moncong. Tanduk hitam membentang dari atas mata birunya, dengan porsi yang tajam melengkung mengarah ke depan dan geraham tipis menghadap ke belakang. Bulu abu-abu mengelilingi lehernya dan berombak di atas punggung mereka. Yveltal memiliki kaki kecil dengan cakar yang kuat. Layaknya bagian bawah tubuhnya yang lain, kaki berwarna merah dengan hiasan hitam, dan cakar mereka berwarna abu-abu. Setiap kaki memiliki dua jari kaki menghadap ke depan dan satu menunjuk mundur. Ketika sayap dan ekor sepenuhnya diperpanjang, Yveltal terlihat menyerupai huruf Y.

Yveltal memiliki kemampuan untuk menyerap energi kehidupan makhluk yang ada disekitarnya dan memiliki ability dark aura yang meningkatkan damage move tipe kegelapan sebesar 33,3%

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Yveltal dan Xerneas adalah Pokémon pertama yang nama dalam versi bahasa Inggrisnya diumumkan terlebih dahulu sebelum diberitahukan nama versi bahasa Jepangnya. Yveltal didasarkan pada beberapa jenis burung. Kemudian bentuknya didasarkan pada surat Y. Hal ini juga dapat diduga bahwa namanya berasal dari yvel (ejaan Bahasa Inggris Pertengahan untuk kejahatan) dan quetzal.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]