The Witcher 3: Wild Hunt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Witcher 3: Wild Hunt
PengembangCD Projekt RED
PenerbitCD Projekt
Pengarah
  • Konrad Tomaszkiewicz
  • Mateusz Kanik
  • Sebastian Stępień
Produser
  • Piotr Krzywonosiuk
  • Jędrzej Mróz
PerancangGrzegorz Mocarski
SenimanMarian Chomiak
Penulis
  • Marcin Blacha
  • Mateusz Tomaszkiewicz
Komponis musik
SerialThe Witcher
EngineREDengine 3
Platform
Tanggal rilis
  • WW: 19 May 2015
GenreAction role-playing
ModeSingle-player

The Witcher 3: Wild Hunt[a] adalah permainan video bermain peran yang dikembangkan oleh CD Projekt RED pada tahun 2015 dan diterbitkan oleh CD Projekt. Berdasarkan seri novel fantasi The Witcher oleh penulis Polandia Andrzej Sapkowski, game ini merupakan sekuel video game tahun 2011 The Witcher 2: Assassins of Kings dan seri ketiga dalam seri video game The Witcher.

Dimainkan di sebuah dunia terbuka dengan sudut pandang orang ketiga, pemain mengendalikan protagonis yang bernama Geralt dari Rivia, seorang pemburu monster yang dikenal sebagai witcher. Ia berusaha untuk menemukan putri angkatnya yang sedang dalam perlarian dari "Wild Hunt", sebuah kekuatan dari supranatural yang bertekad untuk menangkap dan memanfaatkan kekuatan putrinya. Sepanjang permainan, pemain bertempur melawan dunia yang berbahaya menggunakan berbagai senjata dan sihir, berinteraksi dengan berbagai karakter non-pemain, dan menyelesaikan cerita utama, side quest, kontrak berburu monster, dan berburu harta karun untuk mendapatkan experience point dan emas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan peralatan Geralt. Cerita utama game ini memiliki beberapa hasil akhir yang ditentukan oleh pilihan-pilihan Geralt yang dibuat oleh pemain selama titik-titik tertentu dalam cerita.

Wild Hunt dirilis di seluruh dunia pada tanggal 19 Mei 2015 untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One. Permainan ini disambut dengan pujian kritis saat peluncuran, terutama terhadap gameplay, narasi cerita, desain dunia, pertempuran, dan grafik game. Ini menjadi game yang paling diberikan penghargaan pada tahun 2015, menerima sejumlah Penghargaan Game of the Year dari publikasi game, kritikus, dan acara-acara penghargaan, dan dianggap oleh banyak sebagai salah satu game Role-Playing tersukses sepanjang waktu. Game ini juga sukses secara komersial, menjual lebih dari enam juta kopi dalam waktu enam minggu setelah rilis. Terdapat juga dua paket ekspansi, Hearts of Stone dan Blood and Wine. A Game of the Year edition, yang mencakup game dasar, dua paket ekspansi, dan semua tambahan downloadable content, dirilis pada Agustus 2016.

Permainan[sunting | sunting sumber]

The Witcher 3: Wild Hunt adalah sebuah role-playing game yang dimainkan dari perspektif orang ketiga. Dalam permainan, pemain mengambil kendali Geralt dari Rivia, pemburu monster yang dikenal sebagai witcher. Geralt bisa berjalan, berlari, melempar, menghindar, dan untuk pertama kalinya dalam serial Witcher, melompat, memanjat, dan berenang. Geralt dilengkapi dengan berbagai macam senjata, seperti bom, panah, pedang baja, dan pedang perak. Pemain dapat menarik, menukar dan menyarungkan pedang mereka. Ada dua mode serangan jarak pendek: Serangan ringan yang cepat tetapi lemah dan serangan berat yang lambat tapi kuat. Pemain dapat memblokir dan membalas serangan musuh dengan pedang mereka. Pedang memiliki keterbatasan daya tahan dan perlu diperbaiki secara teratur. Selain serangan fisik, Geralt juga memiliki lima tanda-tanda ajaib yang dapat digunakannya. Aard mengijinkan Geralt melepaskan sebuah ledakan telekinetik, Axii membingungkan musuh, Igni menimbulkan] kerusakan bakar pada musuh, Yrden memperlambat musuh, dan Quen memberi pemain perisai pelindung sementara. Menggunakan tanda-tanda ini mengkonsumsi stamina, yang berarti bahwa mereka tidak dapat digunakan secara tidak terbatas. Pemain dapat menggunakan mutagen untuk lebih meningkatkan kekuatan sihir Geralt. Pemain kehilangan kesehatan ketika mereka diserang oleh musuh, meski memakai baju pelindung dapat membantu mengurangi kesehatan badan. Kesehatan dapat dipulihkan melalui meditasi atau menggunakan bahan sekali pakai seperti makanan dan ramuan. Dalam segmen tertentu dari permainan, pemain mengambil kendali Ciri, yang memiliki sebuah kemampuan yang memungkinkan dia untuk melakukan teleportasi jarak pendek.

Permainan ini memiliki artificial intelligence (AI) yang responsif dan lingkungan yang dinamis. siklus hari dan malam mempengaruhi beberapa monster dan kekuatan mereka, seperti mitologi umum dimana werewolf mendapatkan kekuatan pada malam bulan purnama. Pemain dapat mempelajari lebih lanjut tentang musuh-musuh mereka dan mempersiapkan diri untuk pertempuran melalui membaca Bestiary, yang merupakan catatan yang berisi informasi tentang monster-monster yang berbeda. Setelah pemain membunuh sebuah musuh, mereka dapat menjarah mayat mereka untuk barang-barang berharga. Geralt memiliki indra witcher yang memungkinkan pemain untuk menemukan objek-objek penting, seperti benda-benda yang dapat dikumpulkan atau dijarah. Benda-benda disimpan dalam Inventory, yang dapat diperluas dengan membeli upgrade. Pemain dapat menjual barang-barang tersebut kepada penjual, yang memberikan pemain Crown, suatu bentuk mata uang, atau menggunakan bahan-bahan tersebut untuk kerajinan barang-barang yang berguna seperti ramuan, runestone, glyph, dan bom. Mereka juga dapat mengunjungi pandai besi untuk membuat senjata dan baju pelindung dengan bahan-bahan yang telah mereka kumpulkan. Harga jual dari suatu barang dan biaya kerajinan tergantung pada ekonomi lokal suatu wilayah, yang berarti bahwa harga barang akan berbeda di berbagai daerah.

Permainan ini memiliki fokus pada narasi. Ia memiliki roda dialog yang memungkinkan pemain untuk memilih bagaimana mereka ingin menanggapi karakter non-pemain. Didalam cerita, Geralt harus membuat keputusan konsekuensial yang mengubah keadaan dunia dan dapat menyebabkan 36 hasil akhir berbeda, yang mempengaruhi kehidupan karakter dalam game. Geralt juga dapat terlibat dalam hubungan romantis dengan beberapa karakter wanita dalam permainan ini setelah melewati quest tertentu. Di luar ceira utama, ada juga buku-buku yang menawarkan informasi lebih lanjut tentang dunia permainan. Pemain dapat memulai side quest setelah mengunjungi papan pengumuman dalam sebuah kota. Misi sampingan ini termasuk kontrak witcher, yang misinya dijabarkan bagi pemain untuk melacak dan memburu monster, dan treasure hunt, yang memberi pemain senjata atau baju pelindung papan atas pada saat penyelesaian. Menyelesaikan misi adalah satu-satunya cara bagi pemain untuk mendapatkan experience point. Ketika pemain mendapatkan pengalaman yang cukup, Geralt level meningkat dan pemain akan diberikan poin kemampuan. poin-poin Ini dapat digunakan untuk meningkatkan 4 pohon keterampilan: Pertempuran, Tanda-tanda, Alkimia, dan Umum. Pertempuran meningkatkan serangan fisik Geralt dan membuka teknik pertempuran baru, Tanda-tanda memungkinkan Geralt untuk menggunakan sihir lebih efisien, Alkimia meningkatkan kemampuan kerajinan, sementara Umum memiliki berbagai fungsi, dari menaikkan Geralt vitalitas untuk meningkatkan kerusakan panah. Permainan ini memiliki dunia terbuka yang dipecah menjadi beberapa daerah utama. Geralt bisa bebas mengeksplorasi wilayah masing-masing dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi seperti perahu. Roach adalah kuda Geralt dan dapat dipanggil sewaktu-waktu. Pemain dapat membunuh musuh dengan pedang mereka saat naik Roach, tetapi kehadiran musuh dapat menyebabkan Roach panik dan membuang Geralt. Tempat-tempat menarik dapat ditemukan pada peta. Pemain akan dihargai dengan experience point setelah menyelesaikan misi-misi kecil di daerah ini. Melalui eksplorasi, pemain juga dapat menemukan tempat-tempat kekuasaan, yang memberikan pemain kemampuan dan tambahan poin. Pemain dapat berpartisipasi dalam kegiatan lain seperti balap kuda, tinju dan bermain kartu. Mekanik kartu bermain ini kemudian sepenuhnya berkembang menjadi sebuah game standalone.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

The Witcher 3: Wild Hunt ini berlatar di sebuah Benua, sebuah dunia fantasi yang dikelilingi oleh dimensi paralel dan dunia ekstradimensional. Manusia, Elf, Kurcaci, monster, dan makhluk lainnya hidup berdampingan di Benua ini, tetapi non-Manusia sering mengalami penganiayaan karena perbedaan mereka. Daerah ini sedang terperangkap dalam sebuah perang antara kekaisaran Nilfgaard, yang dipimpin oleh Kaisar Emhyr var Emreis (Charles Dance), yang baru saja menjajah Northern Kingdoms, dan Redania, yang diperintah oleh Raja Radovid V.

Karakter utamanya adalah seorang witcher, Geralt dari Rivia (Doug Cockle), seorang monster hunter yang telah dilatih sejak kecil dalam pertempuran, pelacakan, dan sihir, dan diubah oleh mutagen agar dapat menjadi lebih kuat, lebih cepat, dan tahan terhadap racun. Dia dibantu oleh penyihir Yennefer dari Vengenberg (Denise Gough), kekasihnya, dan Triss Merrigold (Jaimi Barbakoff), seorang penyair, Dandelion (John Schwab), kastria kurcaci Zoltan Chavay (Alexander Morton), dan penasihat Geralt, Vesemir (William Roberts). Geralt terbawa kedalam cerita oleh kemunculan Ciri (Jo Wyatt), putri angkatnya dengan Yennefer. Ciri adalah seorang Source, seseorang yang lahir dengan kamampuan magis bawaan dan berpotensi besar, dan setelah kematian orang tuanya, dia dilatih sebagai seorang witcher sementara Yennefer membimbingnya dalam sihir. Dia tidak menyadari bahwa sang Kaisar adalah ayah kandungnya, yang menjadi ayahnya di bawah nama samaran karena dikenakan kutukan. Ciri telah menghilang bertahun-tahun yang lalu untuk melarikan diri dari Wild Hunt, sebuah grup hantu yang hampir tak terbendung, yang dapat muncul entah dari mana dan membekukan tanah di dekatnya ketika mereka tiba. Mereka dipimpin oleh Raja Wild Hunt, seorang elf bernama Eredin, yang berasal dari dimensi paralel.

Beberapa lokasi yang muncul dalam Wild Hunt termasuk: kota-kota Redania yaitu Novigrad dan Oxenfurt, Velen yang merupakan tanah tak bertuan, kota Vizima, bekas ibu kota Temeria yang baru saja dijajah, kepulauan Skellige yang berfungsi sebagai rumah bagi berbagai klan-klan seperti Viking, dan benteng witcher, Kaer Morhen.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Meskipun direncanakan untuk memulai produksi pada tahun 2008, keterlibatan CD Projekt RED dengan Rise of the White Wolf mendorongnya ke tahun 2011. perusahaan mengembangkan The Witcher 3: Wild Hunt melalui dana pribadi dengan anggaran 306 juta (US$81 juta) selama tiga setengah tahun. Proyek ini dimulai dengan 150 karyawan, yang akhirnya mengumpulkan lebih dari 250 staf di-rumah. 1.500 orang juga terlibat dalam produksi permainan secara global. Game ini telah diterjemahkan dalam 15 bahasa dengan menggunakan 500 aktor suara. permainan ini ditulis dalam bahasa Polandia dan Inggris untuk meringankan kesulitan lokalisasi. CD Projekt RED dijamin bahwa The Witcher 3: Wild Hunt tidak akan memiliki manajemen hak digital karena skema ini gagal mengontrol pembajakan pendahulunya, The Witcher 2: Assassins of Kings.


Rilis[sunting | sunting sumber]

The Witcher 3: Wild Hunt diumumkan secara resmi pada 4 Februari 2013 melalui Game Informer, dan pada tahun 2014 dirilis di PC dan "semua high-end platform yang tersedia;" yang kemudian diklarifikasi sebagai PlayStation 4 dan Xbox One, dengan tanggal rilis 21 Februari 2013 dan 10 Juni 2013. Menurut informasi resmi dari Microsoft, The Witcher 3 pada awalnya tidak akan akan tersedia pada Xbox One di Polandia, negara di mana permainan ini dikembangkan, tetapi ini kemudian diubah sebagai pembatasan regional yang kemudian sepenuhnya dihapus dari Xbox One.

Pada tanggal 11 Maret 2014, diumumkan bahwa tanggal rilis permainan ditunda dari musim gugur 2014 hingga februari 2015. Menurut sebuah pernyataan resmi yang dirilis oleh tim pengembangan, mereka telah berhasil menciptakan "sebuah cerita yang mengalir secara alami, sinematik, diberikan dalam suara yang menakjubkan dan visual, sembari menjaga kebebasan penuh pilihan" – menunjukkan bahwa inti permainan dan cerita yang hampir selesai; namun, pernyataan itu kemudian dilanjutkan dengan mengatakan alasan utama penundaan adalah pemolesan dari banyak detail dan pengujian produk akhir yang menyeluruh untuk mendapatkan standar kualitas yang diinginkan. Pada tanggal 8 Desember 2014, pengembang resmi memberitahu tentang penundaan tanggal rilis hingga 19 Mei 2015. Pada tanggal 16 April 2015, CD Projekt RED telah mengkonfirmasi bahwa permainan telah dirilis ke tahap manufaktur, menunjukkan game sedang dipersiapkan untuk duplikasi dan rilis.

Setelah sempat tertunda beberapa bulan dari tanggal aslinya yaitu 24 Februari, The Witcher 3 dirilis di seluruh dunia pada 19 Mei 2015. salinan Fisik dari permainan didistribusikan ke pengecer melalui Warner Bros. Interactive Entertainment di Amerika Utara dan Bandai Namco Entertainment di Eropa Barat, Australia dan Selandia Baru. Perdana Menteri Polandia pada waktu itu, Ewa Kopacz, dan Presiden, Bronislaw Komorowski, mengunjungi CD Projekt RED studio untuk memperingati peluncuran.

Para pengembang mempelajari forum-forum Witcher dan situs-situs seperti Reddit untuk memprediksi apa yang umumnya diinginkan pemain dari downloadable content (DLC), dan membentuknya sesuai kriteria tersebut. Sebuah koleksi 16 DLC dirilis tanpa biaya, seperti yang diumumkan sebelum rilis oleh pengembang. Mereka termasuk penampilan dan tambahan konten permainan, serta permainan mode New Game Plus.

Paket ekspansi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 April 2015, CD Projekt RED mengumumkan dua paket ekspansi untuk permainan, yang berjudul Hearts of Stone dan Blood and Wine. Hearts of Stone dirilis pada 13 November 2015, dan Blood and Wine dirilis pada 31 Mei 2016.

Ekspansi pertama, Heats of Stone, menceritakan Geralt yang mengalami kontak dengan entitas misterius yang dikenal sebagai Man of Glass dan manusia abadi bernama Olgierd von Everec. Ekspansi ini mendapatkan pujian kritis, mencetak 9/10 di IGN dan GameSpot. Ekspansi kedua, Blood and Wine, menceritakan Geralt saat ia melakukan perjalanan ke Toussaint, Kadipaten Nilfgaardia yang sedang dalam perang, saat ia berharap untuk melacak binatang misterius yang sedang meneror wilayah sekitar. Ekspansi kedua juga mendapatkan pujian kritis, mendapatkan 9/10 dari IGN dan 8/10 dari GameSpot. Edisi A Game of the Year, yang mencakup permainan dasar dan ekspansi, yang dirilis pada 30 Agustus 2016.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pra-rilis[sunting | sunting sumber]

The Witcher 3: Wild Hunt memenangkan beberapa penghargaan di E3 pada tahun 2013 dan 2014. Judul ini terpilih sebagai 'best role-playing game' di yang Best of E3 Awards yang dipersembahkan oleh oleh IGN pada tahun 2013 dan 2014. Selain itu, ia juga memenangkan IGN E3 People's Choice Award pada tahun 2013 dan 2014, dan juga GameSpot E3 People's Choice Award pada tahun 2014, serta yang Most Wanted Award di acara ke-31 dan ke-32 Golden Joystick Award. Ia juga memenangkan The Most Anticipated Game Award saat Game Awards 2014 di Las Vegas.

Pasca-rilis[sunting | sunting sumber]

The Witcher 3: Wild Hunt mendapatkan pengakuan universal. Website review Metacritic memberi versi Microsoft Windows 93/100 berdasarkan 32 ulasan, versi PlayStation 4 92/100 berdasarkan 79 ulasan, dan versi Xbox One 91/100 berdasarkan 12 ulasan. Para penelaah telah setuju bahwa ini adalah sebuah role-playing game yang ambisius dan berskala besar, meskipun memiliki beberapa kendala teknis dan kurangnya inovasi. GameSpot dan Eurogamer memberikan game ini rating tertinggi yang dapat dicapai.

Dunia permainan ini menerima pujian luas dari para kritikus. Kimberly Wallace dari Game Informer mendeskripsikan dunia permainan sebagai "mendalam" dan terkesan dengan perhatian terhadap detail. Chris Carter dari Destructoid memuji ukuran dunia permainan ini, yang menurutnya adalah sangat besar dan memerlukan pemain berjam-jam untuk mengeksplorasi. Jonathon Leack dari Game Revolution memuji penggunaan dunia game yang besar dengan efektif, mengutip bahwa setiap wilayah memiliki tugas dan kegiatan untuk pemain untuk mencoba, meskipun ia berpikir bahwa kebanyakan adalah pengisi konten untuk membuat permainan terasa oanjang. Tom Senior dari GamesRadar memuji berbagai fitur dalam dunia yang terbuka dan menggambarkannya sebagai "realisasi fantasi Ronin". Daniel Frostbite dari GameTrailers memuji permainan untuk mendorong eksplorasi, banyak quests hanya akan menjadi tersedia untuk pemain setelah mereka bertemu tertentu karakter non-pemain saat mengunjungi berbagai belahan dunia. Vince Ingenito dari IGN dan Shaun Prescott dari PC Gamer terkesan dengan pemandangan dan siklus siang-malam permainan, dengan Ingenito mengatakan bahwa ia menambah keaslian dari lanskap dan lingkungan dunia permainan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Polandia: Wiedźmin 3: Dziki Gon

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di <references> memiliki atribut kelompok "" yang tidak ditampilkan di teks sebelumnya.