Metafora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Metafora adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia, dan juga berbagai bahasa lainnya. Majas ini mengungkapkan ungkapan secara tidak langsung berupa perbandingan analogis. Seperti halnya majazi dalam bab kata dan makna (ilmu logika), makna yang terkandung dalam majas metafora adalah suatu peletakan kedua dari makna asalnya, yaitu makna yang bukan mengunakan kata dalam arti sesungguhnya, melainkan sebagai kiaasan yang berdasarkan persamaan dan perbandingan.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) me·ta·fo·ra /métafora/ didefinisikan sebagai "pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yg sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.[1] , misal tulang punggung dl kalimat pemuda adalah tulang punggung negara'"". n Ling metafora adalah majas (gaya bahasa) yg membandingkan sesuatu dengan yang lain secara langsung. Metafora adalah gaya bahasa perbandingan.

Contoh[sunting | sunting sumber]

  1. Kata "tulang punggung" dalam kalimat "Pemuda adalah tulang punggung negara".[1]
  2. Engkau belahan jantung hatiku sayangku.
  3. Raja siang keluar dari ufuk timur.
  4. Jonathan adalah bintang kelas dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Unduh=13 Januari 2014. me·ta·fo·ra.