The Amazing Race Australia 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Amazing Race Australia
(musim 1)
The Amazing Race Australia logo.jpg
Pertama tayang 16 Mei 2011
– 1 Agustus 2011
Tanggal pengambilan film 5 November 2010
– 29 November 2010
Pemenang Tyler Atkins & Nathan Jolliffe
Benua yang dikunjungi 4
Negara yang dikunjungi 11[1]
Kota yang dikunjungi 23
Jarak perjalanan 50.000 kilometer
(31.069 mil)
Jumlah leg perlombaan 12
Kronologi Musim
Selanjutnya Musim 2

The Amazing Race Australia adalah acara realitas permainan dari Australia yang berdasarkan pada serial televisi AS The Amazing Race yang disiarkan di Seven Network, Musim pertama ini menghadirkan sebelas tim yang terdiri atas dua orang dan memiliki hubungan sebelumnya, dan mereka akan menghadapi berbagai tantangan sambil berlomba keliling dunia untuk memenangkan AU$250,000. Acara ini diproduksi oleh activeTV Australia.[2]

Pembawa acara ini adalah Grant Bowler..[3][4] Episode perdana ditayangkan pada 16 Mei 2011 pada pukul 20:30.[5] Episode terakhir ditayangkan pada 1 Agustus 2011,[6] dengan teman baik dan peselancar Tyler Atkins dan Nathan Jolliffe keluar sebagai juara perlombaan ini.[7]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Musim pertamaThe Amazing Race Australia dimulai di Melbourne, pada Lapangan Kriket Melbourne dengan Penghadang yang dikerjakan peserta di salah satu dari enam menara stadion tersebut.

Pengambilan gambar dimulai pada 5 November 2010 di Lapangan Kriket Melbourne yang terletak di Melbourne.[8] The race travelled across four continents, 11 countries and 23 cities.[4] Beberapa negara yang akan dikunjungi acara ini salah satunya adalah Indonesia dan Israel..[9] Indonesia kemudian dikunjungi di musim kesembilanbelas versi asli AS pada Oktober 2011.

Pada babak di Vietnam, semua penanda rute yang warna aslinya adalah kuning dan merah berubah menjadi kuning dan hijau. Ini dilakukan untuk menghindari kebingungan dengan bendera Vietnam Selatan dulu, yang juga berwarna merah dan kuning. Penanda rute yang digunakan pada babak ini sama dengan yang digunakan di A Corrida Milionária, versi Brasil dari perlombaan ini.

Babak 7 dan Babak 8 membentuk babak ganda.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran untuk musim pertama ditutup pada tanggal 17 September 2010 (yang seharusnya 6 September 2010; diperpanjang[10]) awalnya dengan umur peserta paling tidak 18 tahun dengan kewarganegaraan atau tanda penghuni tetap. Tetapi, karena masalah asuransi di luar negeri, maka batas itu dinaikkan dari 18 menjadi 21 tahun.[11][12][13]

Para peserta diantaranya adalah pengusaha yang telah menikah, petani, teman yang berketurunan Mesir, model, rekan kerja Big W, dan saudara perempuan yang bertemu kembali. Nathan, yang berpartisipasi bersama Tyler, adalah pacar Miss Australia 2006, Erin McNaught.[14] Renae juga merupakan juara kedua Miss Universe Australia 2010..[4] Para pengusaha Richard dan Joey Marc adalah penulis dari buku Please Mum, Don't Supersize Me!.[15] Ryot dan Liberty adalah saudara dari komedian Rebel Wilson.

Peserta yang berkencan, Chris dan Anastasia, setelah itu putus, meskipun mereka membantah bahwa hubungan mereka berakibat negatif karena terekspos di televisi..[16]

Nathan adalah peserta dari musim kedua The Celebrity Apprentice Australia di Nine Network, di mana ia menjadi juara kedua setelah dikalahkan oleh Guru Musik Ian "Dicko" Dickson. Pada tantangan terakhir, ia berhasil mengumpulkan $80,000 untuk yayasannya Epilepsy Australia.

Richard & Joey memiliki sebuah acara TV baru berjudul Feel Good TV di Foxtel.[17]

Setelah acara ini, Mel menggantikan Maude Garrett sebagai pembawa acara di Hot30 Countdown pada Today Radio Network, di mana ia kemudian terkenal secara internasional karena ia berperan di telepon jahil kontroversial pada sebuah rumah sakit di Inggris yang merawat HRH The Duchess of Cambirdge karena sakit pada pagi hari.[18]

Mo berperan dalam sebuah acara komedi yang berjudul "Legally Brown" yang ditayangkan di SBS.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

The Amazing Race Australia disponsori oleh Canon, National Australia Bank, Honda, Vodafone, dan Gloria Jean's.[19] Acara ini juga mempunyai aplikasi resmi untuk iPhone, Android, dan BlackBerry di mana penggunanya dapat melacak para peserta dan menonton sebuah episode.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut berpartisipasi dalam perlombaan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar. Perlu dicatat bahwa tabel ini tidak reflektif dari semua yang ditayangkan, dengan masuk dan keluarnya sebuah data. Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 5 6 7 + 85 9 10 11 12
Tyler & Nathan Peselancar 6 1 3 2 1 1 2 2+6 3 3 29 1 Tyler 6, Nathan 6
Sam & Renae Model 1 5 8ε3 5 6~ 6 4 3^7 4 4 19,10 2 Sam 63, Renae 6
Jeff & Luke Ayah dan Anak 4 4 6 4 3 3 3 1+ 2 2 311 3 Jeff 6, Luke 6
Matt & Tom Petani 5 2 5 1 2+ 4 6 5 1 1 4 Matt 5, Tom 6
Dave & Kelly Menikah/Pesepeda 2 6 4 6 4^ 5 5 4 58 Dave 6, Kelly 3
Chris & Anastasia Berkencan 7 3 7 3 7+ 2 1 6^7 Chris 5, Anastasia 3
Alana & Mel Saudara bereuni 9 10 2 7 5^ 7 Alana 2, Mel 4
Mo & Mos Teman 11 72 94 8 8~ Mo 2, Mos 3
Richard & Joey Menikah/Pengusaha 10 9 1ƒ 9 Richard 2, Joey 1
Anne-Marie & Tracy Rekan Kerja 81 8 104 Anne-Marie 2, Tracy 1
Ryot & Liberty Saudara 3 11 Ryot 2, Liberty 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim itu telah "Ditandai untuk Dieliminasi"; jika di babak selanjutnya ia tidak menempati peringkat pertama, maka akan diberikan penalti 30 menit.
  • Tanda ε ungu menandakan tim itu menggunakan Kartu Kilat pada babak itu.
  • Tanda ƒ hijau menandakan bahwa tim tersebut memenangkan Percepatan.
  • Tanda ⊃ coklat menunjukkan bahwa tim tersebut menggunakan Pemutarbalikan; menandakan tim yang menerimanya.
  • Tanda dan simbol yang sama (+ oranye, ^ ungu, – magenta, dan ~ kuning langsat) menandakan bahwa tim tersebut bekerjasama sebagai akibat dari Persekutuan.
  • Hasil bercetak miring menandakan peringkat peserta di tengah babak dua episode.
  1. ^ Anne-Marie and Tracy seharusnya datang kedelapan – tetapi, tanpa alasan yang jelas, mereka meninggalkan Pemberhentian pada urutan kesembilan.
  2. ^ Mo & Mos seharusnya datang keempat, tetapi diberikan penalti 30 menit karena "ditandai untuk dieliminasi" dan tidak datang pertama. Saat Mo & Mos masih menjalankan penalti Jeff & Luke, Sam & Renae, dan Kelly & Dave masuk, menurunkan peringkat Mo & Mos menjadi ketujuh.
  3. ^ab Sam & Renae menggunakan Kartu Kilat untuk melewati Penghadang di Babak 3. Sebelum menggunakan Kartu Kilat, Sam terpilih untuk mengerjakan Penghadang dan ini dihitung dalam hitungan Penghadang.
  4. ^ab Mo & Mos terkena penalti 4 jam karena tidak mengerjakan Penghadang pada Babak 3. Saat menjalankan penalti, Anne-Marie & Tracey, satu-satunya tim yang tertinggal dari Mo & Mos saat itu, juga terkena penalti 4 jam karena tidak mengerjakan Penghadang, tetapi karena Mo & Mos menjalankan penaltinya lebih dulu dari Anne-Marie & Tracy, kedua tim boleh memasuki Pemberhentian dan Mo & Mos masuk sebagai peringkat ke-9, dengan sisa penaltinya dijalankan pada awal Babak 4, dan Anne-Marie dan Tracy tereliminasi tanpa menjalankan penalti.
  5. ^ Babak 7 dan Babak 8 bersama-sama membentuk satu babak maraton.
  6. ^ Pada kereta dari Praha ke Kraków, orang tidak dikenal memasuki mobil tidur Sam & Renae dan Tyler & Nathan dan membawa dokumen penting perlombaan milk Tyler dan Nathan, termasuk uang dan paspor. Sehari kemudian, Tyler & Nathan menemukan tas itu di mobil yang lain, dengan uang yang seharusnya digunakan berlomba dicuri. Tidak ada kompensasi pada kejadian ini.
  7. ^ab Sam & Renae dan Chris & Anastasia seharusnya masing-masing datang pertama dan kedua, tetapi keduanya dipenalti karena tidak mengerjakan Persekutuan. Chris & Anastasia diberikan penalti 4 jam karena tidak mengerjakan tugas, sedangkan Sam & Renae hanya diberikan penalti 2 jam karena dipaksa Chris & Anastasia untuk tidak mengerjakan. Saat itu, Jeff dan Luke dan Tyler dan Nathan masuk, sehingga peringkat akhir Sam & Renae pada babak itu turun menjadi ketiga, sedangkan Chris & Anastasia peringkatnya menjadi ke-6 dan tereliminasi.
  8. ^ Dave & Kelly tidak berhasil mencapai Pemberhentian di Masada Pit Stop dan setelah tim lain masuk, Grant mendatangi mereka di lokasi dan mengeliminasi mereka.
  9. ^ab Sam & Renae dan Nathan & Tyler initially seharusnya datang di peringkat pertama dan kedua, masing-masing, tetapi mereka tidak menggunakan taksi tidak terdaftar menuju lokasi Penghadang dan masing-masing mendapat penalti 20 menit di Pemberhentian. Ini tidak mempengaruhi peringkat mereka.
  10. ^ Karena Sam & Renae datang pertama, penalti 30 menit karena "ditandai untuk dieliminasi" ditiadakan.
  11. ^ Jeff & Luke membeli tiket kereta kelas 2 ke Galle, di mana petunjuknya menyuruh mereka untuk membei tiket kelas 3. Karena ini, mereka mendapatkan penalti 10 menit setelah meninggalkan Stasiun Galle.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah untuk setiap babak diberikan pada peringkat pertama babak itu.

  • Babak 1AU$10,000 dari National Australia Bank dan sebuah Kartu Kilat – sebuah barang yang dapat digunakan dalam perlombaan untuk tidak melakukan tugas tertentu yang dipilih tim.
  • Babak 2 – Dua buah tiket ke Grand Final AFL 2011 AFL di Lapangan Kriket Melbourne dan tur VIP ke Museum Olahraga Nasional.
  • Babak 3 – A$10,000 dari National Australia Bank.
  • Babak 4 – Voucher belanja A$5,000 di Kathmandu.
  • Babak 5 – Sistem hiburan rumah A$5,000 dari Bing Lee.
  • Babak 6 – Voucher belanja A$5,000 di Kathmandu.
  • Babak 7 – Leg 7 dan Leg 8 merupakan bagian dari satu babak maraton dan menghadirkan Pemberhentian maya.
  • Babak 8 – A$10,000 dari National Australia Bank.
  • Babak 9 – Paket komputer pribadi A$5,000 dari Bing Lee.
  • Babak 10 – A$10,000 dari National Australia Bank.
  • Babak 11 – Sistem hiburan rumah A$5,000 dari Bing Lee.
  • Babak 12 – A$250,000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta rute dari musim pertama The Amazing Race Australia.
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   Yield icon.svg Pemblokiran
Intersection icon.svg Persekutuan   U-Turn icon.svg Pemutarbalikan   Speed Bump icon.svg Penahan Kecepatan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Australia → Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Pulau kecil Gili Trawangan merupakan pemberhentian pertama dalam babak pertama The Amazing Race Australia.

Tanggal tayang: 16 Mei 2011

Pada Penghadang pertama perlombaan ini, salah satu anggota tim harus mengukur (atau memanjat) kemudian meluncur ke salah satu dari enam menara lampu Lapangan Kriket Melbourne setinggi 75 meter (246 ft) sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Memutar, peserta memilih antara Cash (Uang) atau Carry (Membawa). Di Cash, peserta harus membuat dan menjual makanan tradisional bakso dan menghasilkan tidak kurang dari Rp 5,000 per mangkuk, dan diharuskan untuk menjual 15 di antaranya. Di Carry, peserta harus menemukan kios pasar dan membawa hasil produksi tradisional di kepalanya ke kios yang lain di pasar yang sama untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di BlueWater Express, peserta mendaftar di salah satu dari tiga perahu tujuan Lombok. Perahu pertama, berangkat pukul 06:00 dapat berisi tiga tim pertama, di mana perahu sisanya (berangkat dalam selisih 30 menit setelah perahu pertama) dapat mengangkut setiap empat tim.
  • Setelah sampai di Mataram, peserta harus mencari desa memancing untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya, tidak mereka ketahui bahwa petunjuknya tersembunyi di kapal yang terparkir sepanjang pantai.
  • Di Pura Lingsar, peserta berpartisipasi di 'Perang Topat', ritual perang nasi di mana mereka disiram tepung beras oleh warga setempat, sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah menyelesaikan Memutar, peserta berangkat menuju Pantai Malimbu dan mengendarai cadik ke Pulau Gili Trawangan. Semua anggota tim harus menyelam ke Karang Halik di mana hanya salah atu anggota tim mengambil sebuah koper di bawah. Setelah kembali ke pantai, peserta harus menghitung uang di koper tersebut di mana totalnya bervariasi (dalam Rupiah) dan menggunakannya sebagai kombinasi untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Peserta harus mengendarai sebuah cidomo, salah satu andong setempat, ke Pemberhentian.

Babak 2 (Indonesia → Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Pemberhentian babak ini terletak di benteng bekas ibu kota Vietnam di Huế.

Tanggal tayang: 23 Mei 2011

Memutar babak ini adalah pilihan antara Carry Fowl (Membawa Unggas) atau Carabao. Di Carry Fowl, peserta harus mengumpulkan 25 ekor ayam dan membawanya (secara tradisional – di bahu mereka) ke distributor tertentu dekat pasar. Di Carabao, peserta harus memilih lapangan tertanda dan menggunakan sebuah sapi yang ditarik bajak untuk mengerjakan tanah, sampai bajak tersebut tertangkap dalam sebuah tali terkubur yang melampirkan petunjuk tersembunyi. Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus mengambil tujuh koin yang melambangkan tujuh penguasa dari Dinasti Nguyễn di Vietnam pada makam Minh Mạng, mengembalikannya ke Makam Khải Định dan mengurutkan koin tersebut dengan benar sesuai dengan masa pemerintahannya.

Catatan tambahan
  • Peserta memiliki pilihan untuk menaiki perahu cepat kembali ke Denpasar untuk menaiki penerbangan sambungan ke Ho Chi Minh City atau menaiki penerbangan langsung dari Pulau Lombok.
Tugas tambahan
  • Di Saigon Opera House, peserta harus mencari wanita yang namanya tertempel di topinya dari ratusan wanita bertopi nón lá. Mereka akan menukar sebuah kipas yang bertuliskan nama mereka dengan wanita tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya
  • Di Garasi Trần Thanh Mại, peserta harus memilih jeep bertanda untuk diganti ban dan oli mesinnya.

Babak 3 (Vietnam → Hong Kong → Makau, Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

At The Venetian Macao di Makau, peserta memainkan baccarat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya dalam bentuk potongan mahjong.

Tanggal tayang: 30 Mei 2011

Pada satu-satunya Percepatan di perlombaan ini, peserta harus menuju ke Kuil Tin Hau dan menampilkan ritual Buddha yang biasa dilakukan oleh pemuka agamanya: mencukur habis kepalanya. Setelah kepala kedua anggota tim dicukur habis, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini adalah pilihan antara Lion Dance (Barongsai) dan Kung Fu Stance (Mental Kung Fu). Di Lion Dance, peserta harus berpakaian dan menarikan barongsai tradisional di depan ahli barongsai. Di Kung Fu Stance, peserta harus menampilkan dasar-dasar gerakan Kung Fu di depan ahli Kung Fu, kemudian memecahkan enam balok tanah liat sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus mengurutkan 12 lentera mewakili hewan-hewan pada shio dalam urutan kronologi menggunakan petunjuk yang mereka gunakan pada Route Info. Setelah urutannya benar, seluruh anggota tim dapat langsung ke Pemberhentian.

Tugas tambahan
  • Di Restoran Terapung Jumbo, peserta harus menggigit kue keberuntungan sampai mereka mendapatkan sesuatu yang berisi pesan, memberitahunya untuk mengambil petunjuk selanjutnya ke pelayan.
  • Di The Venetian, peserta memasuki kasino, berganti ke pakaian formal dan memainkan salah satu permainan kartu Asia, Baccarat. Setiap kai menang, peserta mendapatkan potongan Mahjong berhuruf. Setelah sepuluh kali menang, potongan tersebut akan mengarahkan mereka ke tujuan selanjutnya.

Babak 4 (Makau, Tiongkok → Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 6 Juni 2011

Pada Penghadang babak ini, peserta menghadapi lompatan tertingginya di Jembatan Bloukrans di luar Port Elizabeth, dekat perbatasan Western Cape-Eastern Cape.

Selama Pemberhentian, peserta dipindahkan dari Desa Budaya A Ma ke Reruntuhan Gereja Santo Paulus untuk permulaan babak ini. Memutar kali ini adalah pilihan antara Smash (Memukul) dan Bash (Menampar). Semua pilihan Memutar dilaksanakan di Taman Permainan Kragga Kamma. Di Smash, dari jarak tertentu, peserta harus melemparkan tongkat tradisional Afrika Selatan yang disebut knobkierie pada empat vas di udara. Setelah kesemua vas tersebut hancur, peserta akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Bash, peserta harus membuat tempat makan jerapah yang besar, hanya menggunakan alat dan bahan yang disediakan. Setelah tempat tersebut dibuat atas persetujuan pengawas taman, ia akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus melompat dari Jembatan Bloukrans setinggi 216 meter (709 ft). Setelah anggota tim tersebut melompat, peserta akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Bandar Udara Port Elizabeth, peserta harus mencari kendaraan bertanda di lapangan parkir bandar udara yang petunjuknya tersembunyi di kaca kendaraan.
  • Di Nomathamsanqa, peserta harus mengumpulkan kambing dari sebuah kandang dan mengantarnya ke dokter cenayang yang dikenal sebagai sangoma untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 5 (Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Peserta bertemu di Victoria & Alfred Waterfront yang terletak di Cape Town untuk bersatu mengerjakan tugas Persekutuan.

Tanggal tayang: 13 Juni 2011

Pada Penghadang babak ini, peserta menuju ke Landasan Udara Melkboss dan salah satu anggota harus terjun layang berdua di ketinggian 9000 kaki (2700 m)*. Anggota tim yang tidak berpartisipasi harus membantu memandu mereka ke zona landasan menggunakan suar. Setelah anggota tersebut mendarat, instruktur akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini adalah pilihan antara Guns (Senjata) dan Rosé. Di Guns, peserta harus menggunakan senjata api untuk nenembak 9 balok tanah liat berbeda yang berjalan di Valley Gun Club. Setelah balok-balok tersebut hancur, peserta akan mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Rosé, peserta harus membawa tong anggur besar ke sebuah kilang anggur bernama Nelson's Creek Wine Estate di mana mereka harus mengisi tong tersebut dengan anggur, rosé. Setelah tong tersebut diisi sampai meluap, peserta akan diberikan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Sebagai tugas Persekutuan, tim yang telah bersekutu harus mengisi sebuah truk besar dengan peralatan sekolah dan mengantarnya ke Panti Asuhan Intyatyambo. Setelah peralatan tersebut diantar, para peserta akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Seteah tugas ini, peserta tidak lagi bersekutu.
  • Di Gurun Pasir Atlantis, peserta harus mengendarai kendaraan segala medan ke sebuah daerah berisi 15 keranjang. Tiga dari keranjang tersebut berisi petunjuk mereka berikutnya, sedangkan isinya berisi jam pasir yang isinya berbeda. Jika peserta membuka keranjang itu dan berisi jam pasir, mereka harus menunggu pasir itu sampai habis sebelum dapat melanjutkan pencarian. Jam pasir tersebut berbeda ukurannya, sehingga ada beberapa yang habisnya membutuhkan waktu lebih lama.

Babak 6 (Afrika Selatan → Belanda → Republik Ceko)[sunting | sunting sumber]

Peserta mengunjungi pusat makanan Oud Hollands Gebakkraam di Amsterdam di mana setiap anggota tim harus memakan appelbollen sebelum mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tanggal tayang: 20 Juni 2011

Pada Memutar babak ini, peserta memilih antara Chivalry (Keksatrian) atau Delivery (Mengantar). Di Chivalry, peserta berkostum ksatria lengkap dan mencari pria misterius dengan kunci. Kemudian mereka mencari putri dalam kesulitan di lapangan (terletak di Hotel U Prince) dan menukar kuncinya dengan petunjuk selanjutnya. Di Delivery, peserta harus mengantar seorang putri muda menggunakan kursi sedan kerjaaan dari Biara St. Agnes dari Bohemia ke Narodni Galerie untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Penghadang membutuhkan peserta harus menuju ke desa abad pertengahan di mana salah satu anggota tim harus menembak sebuah target pada panahan dua kali dari 40 percobaan. Jika panah mereka mengenai tepat di tengah, mereka akan mendapatkan bonus A$50 untuk digunakan pada perlombaan.

Tugas tambahan
  • Di Oud Hollands Gebakkraam, setiap anggota tim harus memakan dua buah appelbollen (Belanda), sebuah kue Belgia yang terkenal di Belanda, terbuat dari seluruh bagian apel dibungkus dengan endapan kue, sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Empat tim pertama yang menghabiskan appelbollen juga mendapatkan tiket mobil tidur di kereta yang akan membawa mereka ke Praha selama 15 jam, di mana tiga tim sisanya mendapatkan tiket standar kereta penumpang.
  • Di Jembatan Charles, peserta mencari patung 'berlubang', dan harus mencari tahu bahwa patung tersebut adalah Patung St. Vitus dan petunjuk mereka tersembunyi di lubang dasar patung.

Babak 7 (Repubik Ceko)[sunting | sunting sumber]

Penghadang babak ini dilaksanakan di Gereja Maria Diangkat ke Surga dan Santo Yohanes Pembaptis yang terletak di Kutná Hora', di mana peserta akan menaiki puncak menara sebelum turun ke dalamnya.

Tanggal tayang: 27 Juni 2011

Memutar kali ini adalah piilhan antara Stack Up (Menyimpulkan) dan Stack In (Menumpuk). Di Stack Up, peserta menuju ke Tempat Pembuatan Bir Pilsner Urquell di mana mereka harus mengisi sebuah palet dengan beberapa botol bir pilsener. Di Stack In, peserta harus mengonsumsi 18 buah sosis tradisional Ceko yang disebut játernice yang terbuat dari jeroan daging. Pada Penghadang, salah satu anggota tim memanjat ke puncak Gereja Maria Diangkat ke Surga dan Santo Yohanes Pembaptis, sebelum memanjat ke dinding puncak menara. Peserta kemudian harus turun ke dalamn gereja, dengan paduan suara gereja menyertai mereka turun.

Tugas tambahan
  • Di Rumah Menari, peserta harus mencari mobil zaman dahulu yang diproduksi oleh Škoda Auto, yang akan mereka gunakan pada lanjutan babak nanti, yang berisi petunjuk selanjutnya.
  • Di Stadion Štvanice, peserta harus mencetak satu gol untuk tim nasional hoki Ceko untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Gereja Santo Nikolas, peserta harus mengumpulkan kamera dan menaiki 304 anak tangga ke puncak menara, di mana mereka memiliki 30 detik untuk mencari dan mengambil foto seorang lelaki mengibarkan bendera balapan, dikenal petunjuk selanjutnya sebagai "orang yang berkepentingan". Peserta dinyatakan gagal dalam tugas ini jika mereka mengambil foto seorang lelaki mengibarkan bendera mempromosikan museum lokal. Jika peserta mengambil foto lelaki yang benar, mereka mendapatkan petunjuk berikutnya. Jika tidak, mereka harus kembali ke dasar menara dan, sambil menaikinya kembali, menghitung anak tangga tersebut, dengan jawaban yang benar untuk petunjuk selanjutnya.

Babak 8 (Republik Ceko → Polandia)[sunting | sunting sumber]

Penghadang babak ini dilaksanakan di Tambang Garam Wieliczka yang terletak di Kraków, di mana peserta harus mendorong sebuah gerobak tambang dan mencari petunjuk selanjutnya di sana.

Tanggal tayang: 4 Juli 2011

Penghadang babak ini mengharuskan salah satu anggota tim untuk mendorong gerobak tambang sampai ke penambangan di mana mereka akan sampai ke garis akhirnya. Kemudian mereka harus menggali gerobak tersebut untuk mendapatkan kunci kristal, salah satunya dapat membuka petunjuk berikutnya. Memutar babak ini adalah pilihan antara Herd (Menggembala) dan Hoe Down (Mencangkul ke Bawah). Di Herd, peserta berangkat ke sebuah desa di Polandia, di mana mereka harus membuat kandang dengan pagar yang diselenggarakan dan menggembalakan paling tidak tiga domba yang ditandai dengan strip merah. Di Hoe Down, peserta memakai pakaian tradisional dan mempelajari tari kapak Polandia. Setelah jurinya puas terhadap penampilan mereka, mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Stasiun Kereta Api Kraków Główny, peserta harus menemukan kendaraan yang ditandai di stasiun tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Teluk Stylchen, peserta bersekutu dan bersama-sama memotong empat potong kayu besar menggunakan gergaji dua orang untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Jika peserta tidak mengerjakan tugas, peserta yang tidak memotong satu kayu pun mendapatkan penalti 4 jam dan peserta yang sempat memotong satu kayu mendapatkan penalti 2 jam.

Babak 9 (Polandia → Israel)[sunting | sunting sumber]

Reruntuhan Masada di Israel merupakan Pemberhentian pada babak ini.

Tanggal tayang: 11 Juli 2011

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus melengkapi truk kontainer, mengemudinya melalui jalur tertentu, dan mengantarnya ke pusat pengisian akhir untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Memutar babak ini, peserta harus memilih antara Find Unseen (Cari yang Tak Terlihat) atau Make 13 (Buat 13). Di Find Unseen, peserta menggunakan pendeteksi besi untuk mencari sebuah kunci di area tertanda yang akan membuka peti berisi petunjuk selanjutnya. Di Make 13, peserta harus bermain matkot, permainan bola dan raket yang hampir sama dengan raket. Mereka harus memukul bola itu bolak-balik 13 kali tanpa terjatuh ke lantai untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Bioskop Hasimta, setiap anggota tim harus menjawab lima pertanyaan secara terpisah. Jika jawaban mereka cocok, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 10 (Israel)[sunting | sunting sumber]

Pada pilihan memutar "Pilgrim's Trail" di Yerusalem, peserta harus membawa Salib sejauh 80 kg sepanjang Via Dolorosa, jalan yang ditempuh Yesus ke tempat penyalibannya.

Tanggal tayang: 18 Juli 2011

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota harus memecahkan pesan yang tertulis dalam bahasa Ibrani ditulis ke bawah, sama dengan Naskah Laut Mati. Pesan itu akan membawa mereka ke penanda rute selanjutnya di Yerusalem. Memutar babak ini adalah pilihan antara Pilgrim's Trail (Perjalanan Peziarah) atau Holy Grail (Cawan Suci). Di Pilgrim's Trail, peserta menuju ke Kota Tua di mana mereka mengambil sebuah Salib kayu seberat 80 kg (180 pon) dan membawanya sepanjang Via Dolorosa, jalan yang ditempuh Yesus ke tempat penyalibannya. Peserta harus menemukan setiap perhentian Jalan Salib sebelum mengantarkan salib tersebut di akhir Via Dolorosa. Di Holy Grail, peserta pergi ke Tembok Ratapan dan bergabung dengan penggalian situs arkeologi aktif. Peserta harus menemukan pot tanah liat dan mengantarnya ke seorang lelaki di Kota Daud.

Tugas tambahan
  • Pada awal babak, peserta harus mencari di Masada, pemberhentian sebelumnya untuk menemukan Istana Musim Dingin Raja Herodes, di mana mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Saat masa istirahat, peserta diharuskan untuk merekam pesan kepada sanak keluarga tercinta di rumah. Setelah mereka sampai di Gedung Kantor Pos Pusat di Yerusalem, mereka harus mengirimkan pesan tersebut melalui pos sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah memutar, peserta diinstruksikan untuk berjalan ke "jalan benteng dekat Pintu Kotoran" untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 11 (Israel → Sri Lanka)[sunting | sunting sumber]

Di kota Ambalangoda, Sri Lanka peserta harus mencari seseorang yang menggunakan topeng tertentu yang terkenal di kota itu dalam festival jalanan untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 25 Juli 2011

Pada Memutar babak ini, peserta memilih antara Count (Menghitung) dan Carry (Membawa). Di Count, peserta harus mencari kios bertanda yang penuh dengan ikan. Mereka harus menghitung ikannya, dan menyebutkan jumlah yang benar untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Carry, peserta harus menggunakan dorongan kayu untuk membawa 15 balok es yang belum dipecahkan melalui pasar yang sibuk ke kios tertentu untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus menjahit baju dengan benar menggunakan mesin jahit profesional sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya

Tugas tambahan
  • Di Benteng Galle, peserta harus pergi ke pantai di mana mereka akan menemukan peti dengan kombinasi – tahun kemerdekaan Sri Lanka: 1948. Ini akan membuka peti kedua yang menanyakan tahun lahir Perdana Menteri pertama Sri Lanka Don Stephen Senanayake: 1884. Peti kedua berisi petunjuk mereka berikutnya.
  • Di toko topeng di Ambalangoda, peserta ditunjukkan foto dari sebuah topeng. Kemudian, mereka harus mencari seseorang yang menggunakan topeng di foto tersebut dalam festival jalanan untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 12 (Sri Lanka → Singapura → Australia)[sunting | sunting sumber]

Di Kuil Hong San See yang terletak di Area Pusat Bisnis, Singapura, peserta diharuskan untuk mengikuti pembacaan garis tangan selama 5 menit untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 1 Agustus 2011

Pada Memutar terakhir perlombaan, peserta harus memilih antara Dare (Berani) atau Stair (Tangga). Di Dare, peserta harus menyeberang dari dua menara melewatii tali tegang untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Stair, peserta harus menggunakan tangga untuk menaiki tangga hotel Menara 1 (berlantai 56) sampai puncak, mengambil suvenir Singapura dan kembali menaiki tanggal hotel Menara 2 (berlantai 56 juga) dan menukar suvenir itu dengan petunjuk berikutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus mengambil bendera dari sepuluh negara yang mereka kunjungi selama perlombaan dan mengurutkannya sesuai dengan urutan negara yang dikunjungi. Setelah urutannya benar, peserta dapat mengambil petunjuk terakhirnya.

Tugas terakhir
  • Di Kuil Tionghoa Goh Chor Tua Pek Kong, peserta harus memecahkan durian dan mencari durian bertanda merah di dalamnya untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Peserta diharuskan untuk mengikuti pembacaan garis tangan selama 5 menit dari seorang peramal di Kuil Tao Hong San See untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Peserta harus menaiki Singapore Flyer untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya, tetapi, hanya 3 gondola memiliki petunjuk untuk diikuti. Jika peserta menaiki gondola yang salah, mereka harus mengikuti putaran 20 menit sebelum memilih gondola yang lain.
  • Di Penjara Fremantle, peserta harus membuka sel menggunakan kunci yang telah disediakan. Peserta harus mencari lebih dari 100 pintu untuk satu sel yang berisi petunjuk berikutnya.

Rating[sunting | sunting sumber]

# Tanggal tayang Penonton Jumlah penonton
(Peringkat harian)
Ref
Sydney Melbourne Brisbane Adelaide Perth
1 16 Mei 2011 338,000 437,000 183,000 124,000 176,000 1,258,000 (5) [20]
2 23 Mei 2011 340,000 403,000 177,000 113,000 111,000 1,144,000 (7) [21]
3 30 Mei 2011 305,000 413,000 165,000 115,000 137,000 1,135,000 (9) [22]
4 6 Juni 2011 307,000 393,000 161,000 133,000 172,000 1,165,000 (7) [23]
5 13 Juni 2011 336,000 386,000 160,000 143,000 136,000 1,161,000 (7) [24]
6 20 Juni 2011 337,000 410,000 199,000 112,000 155,000 1,213,000 (7) [25]
7 27 Juni 2011 312,000 352,000 149,000 123,000 140,000 1,075,000 (7) [26]
8 4 Juli 2011 271,000 344,000 167,000 110,000 141,000 1,032,000 (8) [27]
9 11 Juli 2011 301,000 335,000 149,000 97,000 157,000 1,039,000 (9) [28]
10 18 Juli 2011 303,000 344,000 175,000 125,000 177,000 1,124,000 (7) [29]
11 25 Juli 2011 253,000 333,000 143,000 118,000 117,000 963,000 (10) [30]
12 1 Agustus 2011 293,000 408,000 162,000 121,000 211,000 1,195,000 (6) [31]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Watch Out World The Aussies Are Coming!". Yahoo! 7 TV. Diakses tanggal 2011-04-11. 
  2. ^ "The Amazing Race: Australia confirmed by Seven". The Spy Report. 2010-08-05. Diakses tanggal 2010-08-06. 
  3. ^ "Grant Bowler to host The Amazing Race Australia". The Spy Report. 2010-11-06. Diakses tanggal 2010-11-06. 
  4. ^ a b c Coetsee, Alexa (2011-04-09). "Sam and Renae in 'Amazing Race' ride of a lifetime". Perth Now. Diakses tanggal 2011-04-10. 
  5. ^ "The Amazing Race Australia airdate revealed". The Spy Report. 2011-05-09. Diakses tanggal 2011-05-09. 
  6. ^ "The Amazing Race Australia: finalists". TV Tonight. 2011-07-26. Diakses tanggal 2011-07-25. 
  7. ^ "Tyler and Nathan win The Amazing Race Australia". The Spy Report. 2011-08-02. Diakses tanggal 2011-08-02. 
  8. ^ "Amazing Race Australia filming in Melbourne". The Spy Report. 2010-11-05. Diakses tanggal 2010-11-05. 
  9. ^ Murfett, Andrew (2011-05-12). "Crossing the line as The Amazing Race comes to Australia". Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 2011-05-13. 
  10. ^ "Amazing Race application deadline extended". The Spy Report. 2010-09-07. Diakses tanggal 2010-09-07. 
  11. ^ Knox, David (2010-08-19). "Contestants rush to Amazing Race -but Seven lifts the age limit". tvtonight.com.au. Diakses tanggal 2010-08-19. 
  12. ^ Geisler, Zennith (2010-08-04). "The Amazing Race heads down under". TV.com. Diakses tanggal 2010-08-06. 
  13. ^ "Be Part of The Amazing Race Australia!". Yahoo! 7 TV. Diakses tanggal 2010-08-06. 
  14. ^ "Erin McNaught's man Nathan Joliffe to star on Amazing Race Australia". news.com.au. 2011-03-10. Diakses tanggal 2011-04-10. 
  15. ^ http://www.pleasemumdontsupersizeme.com/about.html
  16. ^ "Amazing Race Australia couple Chris Pselletes and Anastasia Drimousis split, deny show a trigger". The Daily Telegraph. 2011-07-04. Diakses tanggal 2011-07-04. 
  17. ^ http://www.feelgoodshow.tv
  18. ^ Blacklash mounts against radio station's royal hoax - World News | TVNZ
  19. ^ Blight, David (2011-04-21). "Sponsors line up for Amazing Race". AdNews. Diakses tanggal 2011-04-22. 
  20. ^ Knox, David (2011-05-16). "Week 21". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-05-17. 
  21. ^ Knox, David (2011-05-23). "Week 22". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-05-24. 
  22. ^ Knox, David (2011-05-30). "Week 23". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-05-31. 
  23. ^ Knox, David (2011-06-06). "Week 24". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-06-07. 
  24. ^ Knox, David (2011-06-13). "Week 25". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-06-14. 
  25. ^ Knox, David (2011-06-20). "Week 26". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-06-21. 
  26. ^ Knox, David (2011-06-27). "Week 27". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-06-28. 
  27. ^ Knox, David (2011-07-04). "Week 28". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-07-05. 
  28. ^ Knox, David (2011-07-11). "Week 29". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-07-12. 
  29. ^ Knox, David (2011-07-18). "Week 30". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-07-19. 
  30. ^ Knox, David (2011-07-25). "Week 31". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-07-26. 
  31. ^ Knox, David (2011-08-01). "Week 31". TV Tonight. Diakses tanggal 2011-08-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]