The Amazing Race 22

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Amazing Race 22
The Amazing Race logo
Pertama tayang 17 Februari 2013
– 5 Mei 2013
Tanggal pengambilan film 13 November 2012 (2012-11-13)
7 Desember 2012 (2012-12-7)
Pemenang Bates Battaglia & Anthony Battaglia
Benua yang dikunjungi 5
Negara yang dikunjungi 9
Kota yang dikunjungi 23
Jarak perjalanan 30.000 mil
(48.279 kilometer)
Kronologi Musim
Sebelumnya Musim 21
Selanjutnya Musim 23

The Amazing Race 22 adalah edisi kedua puluh dua dari acara televisi realitas The Amazing Race. The Amazing Race 22 menampilkan beberapa tim yang masing-masing terdiri dari dua orang, dengan hubungan yang sudah ada, dalam perlombaan mengelilingi belahan dunia.

Musim ini tayang perdana pada hari Minggu, 17 Februari 2013, di CBS pada jam 8 malam, dan episode final tayang selama 2 jam pada 5 Mei 2013.[1][2]

Dua saudara pemain hoki profesional, Jonathan "Bates" dan Anthony Battaglia, berhasil menjadi juara The Amazing Race 22.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan Pengambilan Gambar[sunting | sunting sumber]

Los Angeles Griffith Observatory adalah starting line di musim 22 Amazing Race.

Musim ini disiarkan pada pertengahan 2012-13. Dalam sebuah wawancara dengan TV Guide, Keoghan mengungkapkan bahwa hadiah Double Your Money yang diperkenalkan pada musim lalu tidak akan disertakan di musim ini[3]. Sebaliknya, tim pertama yang tiba di Pit Stop babak pertama, akan menerima Express Pass, tetapi ada kejutan baru, ada Express Pass tambahan yang harus mereka berikan kepada tim lain sebelum babak 4.[4]

Pada musim ini, tim mengarungi perjalanan sejauh 30.000 mil (48.000 km) dalam perjalanan 5 benua dan 9 negara, dengan kunjungan pertama kali ke Polinesia Prancis, tempat tim melakukan sky dive setinggi 10.000 kaki di Bora Bora. Beberapa tugas lainnya adalah "Balap Shemozzle" di Selandia Baru, berburu kalajengking dengan Bushmen di Bostwana, kemudian Swiss, di mana tim akan mendaki Gunung Eiger.[4]

Pada musim ini, untuk pertama kalinya sebuah tim terelimnasi dalam keadaan masih memiliki Express Pass. Untuk pertama kalinya pula, terdapat sebuah tim yang menjadi sasaran dua U-Turns terpisah selama perlombaan.

Pada babak 5, guna menghindari kemiripan dengan bendera Vietnam Selatan, tidak ada penanda rute yang dipasang pada babak tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Aplikasi untuk The Amazing Race 22 ditutup pada 24 Mei 2012.

Para peserta diantaranya Youtube vloggers Joey Graceffa dan Meghan Camarena, eks pemain NHL Bates dan saudaranya Anthony Battaglia, penderita kanker, roller derby moms, dan vokalis Stealing Angels Caroline Cutbirth dan Jennifer Kuhle.[4][5]

Hasil Perlombaan[sunting | sunting sumber]

Tim Hubungan Posisi ke- (Tiap Babak) Roadblock
11 2 3 4ε 5 6 7 8 9 10 11 12
Bates & Anthony Saudara Pemain Hoki 2 1 3 7 4 1 1ƒ 1 4 2 2 1 Bates 6, Anthony 6
Max & Katie Pengantin Baru 92 8 8 3 2 7 6 3 1 1 1 2 Max 7, Katie 6
Mona & Beth Ibu-Ibu Roller Derby 5 6 7 6 3 6 2 2 5 4 3 3 Mona 6, Beth 7
Caroline & Jennifer Penyanyi Country 102 7 6 4 5 5 3 4 3 3 4 Caroline 6, Jennifer 6
Joey & Meghan Pemandu Acara YouTube 6 4 5 5 6 4 5 5 2 5 Joey 6, Meghan 5
Chuck & Wynona Menikah 7 5 9 8 75 3 4 66 Chuck 5, Wynona 4
Pam & Winnie Sahabat 4 9 4 2 1 2 7 Pam 4, Winnie 4
Dave & Connor Ayah & Anak 3 2 1ə3 1 84 David 1, Connor 4
Jessica & John Berpacaran 1 3 2 9 Jessica 2, John 3
Idries & Jamil Dokter Kembar 8 10 Idries 1, Jamil 2
Matt & Daniel Pemadam Kebakaran 112 Matt 1, Daniel 1
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • merah tua pada penempatan tim menunjukkan tim itu mengundurkan diri.
  • hijau ƒ menunjukkan bahwa tim tersebut memenangkan Percepatan.
  • ungu ε menunjukkan bahwa tim memutuskan untuk menggunakan Express Pass di babak tersebut.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Penahan Kecepatan selama babak perlombaan berikutnya.
  • cokelat ⊃ atau cyan ⋑ menunjukkan bahwa tim tersebut memilih untuk menggunakan salah satu dari dua-Pemutarbalikan dalam Pemutarbalikan Ganda; atau menunjukkan tim yang diterima; menunjukkan bahwa tim itu mendapat U-Turn, tetapi mereka menggunakan U-Turn yang kedua untuk menahan tim lain.
  • Tanda garis bawah pada jumlah babak menunjukkan bahwa tidak ada masa istirahat wajib di Pemberhentian dan semua tim diperintahkan untuk melanjutkan perlombaan. Tim yang tiba di tempat pertama masih diberikan hadiah untuk babak itu.
  1. ^ Babak 1 menampilkan dua Roadblock dan tanpa Detour. Anggota tim yang tidak menjalalankan Roadblock pertama diharuskan menjalankan Roadblock yang kedua.
  2. ^abc Katie, Jennifer, dan Daniel memilih untuk menyudahi dan tidak menyelesaikan Roadblock kedua. Max & Katie dan Caroline & Jennifer diberi hukuman 4 jam penalti yang akan berlaku pada permulaan babak berikutnya. Namun, Matt & Daniel tereliminasi karena tiba terakhir di Pit Stop.
  3. ^ Jessica & John memberikan Dave & Connor Express Pass kedua mereka ketika berangkat dari Bora Bora ke Christchurch pada babak 3. Dave & Connor menggunakannya untuk melewati Detour Babak 3.
  4. ^ Dave & Connor memilih untuk mundur dari perlombaan pada permulaan babak 5 dikarenakan cedera yang didapat Dave pada babak 2. Mereka berangkat ke Hanoi dengan tim lainnya, namun bukan untuk melanjutkan perlombaan. Mereka justru diperbolehkan pergi langsung menuju Pit Stop dan meminta Phil untuk melepaskan dan mengeliminasi mereka dari perlombaan.
  5. ^ Chuck & Wynona merupakan tim yang terakhir sampai. Namun, karena Dave & Connor telah mundur sebelumnya, mereka terhindar dari eliminasi dan tercatat sebagai tim peringkat ke-7.
  6. ^ Chuck & Wynona sebenarnya menempati peringkat ke-5, namun mereka dijatuhi hukuman 30 menit penalti karena tidak memakai kereta luncur untuk mnurunkan keju, seperti yang diinstruksikan, saat melakukan Switchback. Joey & Meghan tiba di Pit Stop saat penalti masih berlangsung dan menggusur Chuck & Wynona ke peringkat terakhir. Chuck & Wynona pun tereliminasi.

Judul Kutipan Episode[sunting | sunting sumber]

Judul episode sering diambil dari kutipan yang dibuat oleh peserta

  1. "Bussiness in the Front, Party in the Back – Chuck
  2. "Loose Lips Sink Ships" – John
  3. "Like James Bond Again" – Meghan
  4. "I Love Monkeys!" – Pam
  5. "Your Tan is Totally Cool" – Winnie
  6. "Scorpion King Hunter" – Joey
  7. "Be Safe and Don't Hit a Cow" – Wynona
  8. "My Cheese Is Out of Control" – Caroline
  9. "The Ultimate Fun House" – Joey
  10. "Working Our Barrels Off" – Bates

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah pada tiap babak diberikan kepada peringkat pertama pada babak tersebut. Hadiah perjalanan disponsori oleh Travelocity.

  • Babak 1 – Dua buah Express Pass. Tim yang mendapatkan ini hanya boleh menggunakan satu buah Express Pass. Sementara Express Pass lainnya harus mereka berikan kepada tim lain yang mereka pilih sebelum berakhirnya babak 4.
  • Babak 2 – Perjalanan untuk berdua ke London
  • Babak 3 – Perjalanan untuk berdua ke Bangkok
  • Babak 4 – Masing-masing US$5,000
  • Babak 5 – Perjalanan untuk ski berdua ke Whistler
  • Babak 6 – Perjalanan untuk berdua ke Phuket
  • Babak 7 – Masing-masing US$7,500
  • Babak 8 – Perjalanan untuk berdua ke Bora Bora
  • Babak 9 – Masing-masing Ford Fusion 2013
  • Babak 10 – Masing-masing US$10,000

Ringkasan Perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta rute lengkap dari The Amazing Race musim ke-22.
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Amerika Serikat → Polinesia Prancis, Prancis)[sunting | sunting sumber]

Untuk babak pertama The Amazing Race 22, tim mengunjungi pulau Bora Bora di Polinesia Prancis.

WAktu Tayang: February 17, 2013

  1. ALIH Templat:Country data Polinesia Prancis, Prancis Bendera Prancis (Bandar Udara Internasional Faa'a)

Di Roadblock pertama, satu anggota dari setiap tim harus mengisi daftar hadir untuk bisa naik helikopter dari enam kali penerbangan yang disiapkan. Satu helikopter hanya mampu memuat dua peserta per satu kali penerbangan. Mereka kemudian melakukan terjun payung, tandem bersama penerjun payung profesional, dari ketinggian 10000 kaki (3000 m) di atas laut sementara rekan mereka harus mencari jalan ke lokasi pendaratan menggunakan taksi air. Ketika kedua anggota tim telah bertemu, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Roadblock kedua, anggota tim yang lain harus mencari petunjuk selanjutnya yang terkubur di antara sekitar 400 istana pasir. Jika mereka tidak menemukan petunjuk di salah satu istana pasir, maka mereka harus membangun kembali istana pasir tersebut sebelum melanjutkan pencarian di istana pasir berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di awal perlombaan, tim berlomba mencapai mobil Ford Fusion yang merekam informasi tentang tujuan pertama mereka: Bora Bora. Petunjuk tersebut juga menambahkan bahwa hanya tersisa tempat untuk lima tim untuk bisa ikut kloter pertama dari Los Angeles. Sedangkan kloter kedua akan berangkat ke Bora Bora satu jam setelah kloter pertama.
  • Setelah menyelesaikan Roadblock kedua, tim harus merakit sebuah perahu cadik yang bernama va'a dan mendayung sekitar 1 mil (1,6 km) menuju Pit Stop.

Babak 2 (Polinesia Prancis, Prancis)[sunting | sunting sumber]

Salah satu pilihan Detour di Bora Bora berkaitan dengan tradisi ternak mutiara (gambar diambil di Rangiroa).

Waktu Tayang: 24 Februari 2013

Detour pada babak ini menyajikan pilihan antara Pick a Pearl dan Take a Trunk. Untuk melakukan kedua Detour tersebut, tim harus mengambil sepasang sepatu selam dan peralatan snorkeling yang telah disediakan di kapel Hilton Bora Bora Nui. Untuk Pick a Pearl (Memanen Mutiara), tim pergi ke lautan terbuka yang berjarak setengah mil dari pantai, tempat mereka harus menyelam untuk melepaskan untaian kerang tiram, yang harus mereka buka cangkangnya untuk menemukan dua buah mutiara merah. Setelah menemukan kedua mutiara, tim harus berenang menuju seorang nelayan mutiara di atas perahu untuk menukarkan mutiara tersebut dengan petunjuk selanjutnya. Sedangkan untuk Take a Trunk (Mengambil Kotak Harta), tim harus menyelam ke bawah laut, memakai helm selam khusus, untuk mencari tumpukan kotak harta karun. Kemudian mereka harus membawa salah satu kotak ke bawah sebuah payung besar yang tertanam di dasar laut dan mengeluarkan semua isi kotak tersebut sambil menatanya menjadi meja piknik bawah laut. Ketika meja sudah siap untuk dipakai, seorang pelayan bawah laut akan menyerahkan petunjuk berikutnya kepada mereka. Pada Roadblock babak ini, salah satu anggota tim ikut serta dalam uji kekuatan tradisonal Polinesia. Yaitu berjalan dengan egrang sambil menendang kelapa sepanjang 35-yard (32 m) di tepian pantai. Jika peserta tersebut jatuh dari egrangnya, maka ia harus kembali ke garis awal, sementara posisi kelapa yang mereka tendang tidak diubah. Ketika peserta tersebut mampu menendang kelapa melewati batas akhir, tim diperbolehkan melanjutkan perjalanan mereka ke Pit Stop.

Tugas tambahan
  • Setelah tiba di Hilton Bora Bora Nui, tim harus mencari lokasi sebuah kapel, tempat seorang pendeta Polinesia akan memberikan pemberkatan agar mereka selamat di perjalanan, sebelum menyerahkan petujuk selanjutnya.
  • Setelah menyelesaikan Detour, tim harus mengendarai personal water craft dan menggunakan peta lokal untuk pergi menuju Motu Tapu, yang disebut-sebut sebagai "the most photographed isle in the South Pacific", tempat mereka akan menemukan petunjuk selanjutnya.

Babak 3 (Polinesia Prancis, Prancis → Selandia Baru)[sunting | sunting sumber]

Waktu Tayang: 3 Maret 2013

Tim mengunjungi lembah di bawah Gunung Hutt, Selandia Baru untuk menyelesaikan tugas di babak ke-3.

Pilihan Detour babak ini adalah antara "Rev It Up" dan "Reel It In". Kedua pilihan Detour ini mensyaratkan tim peserta unutuk mengendarai ATV unutk mencapai lokasi Detour. Pada "Rev It Up" (Putar Kemudi Mobil), kedua angggota tim secara bergantian harus mengendarai sebuah mobil tua hasil yang telah dimodifikasi melewati serangkaian kerucut lalu lintas dengan batas waktu total 83 detik. Ketika kedua peserta telah menyelesaikan tantangan di bawah batas waktu yang telah ditentukan, "Flash" akan menyerahkan petunjuk selanjutnya. Pada "Reel It In" (Putar Rol Pancingan), setiap anggota tim harus menggunakan alat pancingan unutk menangkap satu ikan dengan panjang minimal 12 inci (30 cm). Ketika kedua ikan yang memenuhi syarat berhasil ditangkap, juara memancing, Dirk, akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Sedangkan untuk Roadblock, salah satu anggota tim harus berlari melalui rangkaian halang rintang berlumpur yang disebut "shemozzle". Setelah memakai pakaian tradisonal yang terdiri dari sepatu bot, celana pendek, dan baju karung, peserta memilih seorang gembala dan anjingnya lalu berlari melewati halang rintang yang disiapkan, tempat di mana tubuh mereka akan terlapisi molasses dan bulu. Kemudian peserta harus mendaki tumpukan jerami dan menaiki ban untuk meluncur menuju kolam pupuk. Selama melewati semua halangan tersebut, mereka harus mengumpulkan telur ayam dan menjaganya agar tidak pecah, yang nantinya akan ditaruh di sebuah keranjang di akhir rintangan. Ketika mereka berhasil mengumpulkan 12 buah telur tanpa ada yang pecah di dalam keranjang - tugas yang tentunya mengharuskan mereka untuk melakukan halang rintang secara berulang -, maka mereka akan mendapat petunjuk selanjutnya dari sang gembala.

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Christchurch, tim harus mengendarai mobil Ford Focus yang telah disiapkan menuju Jurang Sungai Rakaia. Sesampainya di sana, mereka mengambil nomor urut untuk menaiki jet boat yang akan membawa mereka melintasi sungai dan mendaptkan petunjuk untuk keesokan harinya.

Babak 4 (Selandia Baru → Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Di Bali, tim mengunjungi Mandala Wisata Wenara Wana, tempat di mana para monyet akan membantu mereka untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Waktu Tayang: 10 Maret 2013

Pilihan Detour kali ini antara "Sandy Bottom" dan "Fruity Top". Di tantangan "Sandy Bottom" (Tanah di Bawah), tim harus mengeruk tanah vulkanik dari dasar Sungai Ayung kemudian mengangkutnya sambil menanjak ke atas bukit sekitar 200 yard (180 m) untuk diserahkan kepada pengerajin batu bata. Ketika mereka sudah mengisi tempat penampungan tanah sampai garis batas yang telah ditentukan, sang pengrajin akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Untuk "Fruity Top" (Buah di Atas), setelah tim mengenakan sarung, mereka harus menyusun berbagai buah dengan susunan tertentu untuk persembahan adat di Bali yang disebut '"gebogan". Selanjutnya persembahan tersebut akan dibawa dalam sebuah prosesi menuju Pura Desa Puseh di Batuan, tempat persembahan tersebut akan diberkati dan ditaruh di altar. Ketika keseluruhan proses selesai, seorang pendeta lokal akan memeberikan petunjuk selanjutnya. Untuk Roadblock, salah satu anggota tim harus pergi ke Toko Papan Luncur Ketut dan mencari papan luncur yang memiliki gambar seseorang yang pernah mereka temui sebelumnya selama perlombaan (pendeta Tahiti). Setelah menemukan papan tersebut, peserta tersebut harus mencari rekannya dan bertemu dengan Phil di Pit Stop. Namun, Phil hanya akan memperbolehkan mereka masuk Pit Stop ketika mereka sudah membawa papan yang benar, dan menyuruh mereka kembali jika mereka membawa papan yang salah.

Tugas tambahan
  • Setelah samapai di Mandala Wisata Wenara Wana (Hutan Monyet Ubud), tim akan mendapatkan sebuah kelapa dan harus menyerahkannya kepada salah seekor monyet ekor panjang untuk membuka kelapa terseput. Ketika kelapa tersebut sudah pecah dan terbuka, seorang pawang monyet akan mengambil kaleng kecil (canister) yang terdapat di dalam kelapa tersebut, yang berisikan petunjuk selanjutnya (Detour).

Babak 5 (Indonesia → Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Di Hanoi, tim mengunjungi memorial pesawat B-52 yang terletak di Danau Hữu Tiệp.

Waktu Tayang: 17 Maret 2013

Roadblock: tim menonton pertunjukan lagu kebangsaan Vietnam. Di akhir pertunjukkan, sebuah frasa yang berbunyi ("Vinh quang thay thế hệ thanh niên chúng ta"; "Glory to our young generation") akan ditampilkan di atas panggung. Tanpa diperbolehkan mencatat frasa tersebut, peserta harus mencari di antara sejumlah deratan poster, salah satu poster politik yang mengandung frasa tersebut dalam waktu lima menit. Jika mereka berhasil mengambil poster yang dimaksud, juri akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Namun jika mereka tidak menemukannya sesuai batas waktu, maka mereka harus menonton ulang pertunjukkan tersebut sebelum melanjutkan pencarian. Detour: "Make Your Move" dan "Make Your Meal". "Make Your Move" (Bermain): tim berangkat menuju Kuil Sastra, tempat di mana mereka harus mengatur papan catur manusia. Tim harus memilih empat pion manusia yang simbolnya sesuai dengan pion catur yang berada di papan cờ tướng rujukan, kemudian menaruh mereka di papan catur manusia yang juga harus sesuai dengan posisi pada papan catur rujukan. Setelah berhasil meletakkan setiap pion manusia tepat pada tempatnya, sang master catur akan menyerahkan kepada mereka petunjuk selanjutnya. "Make Your Meal" (Memasak): tim harus meyiapakan makanan nasional Vietnam, phở. Setelah mengangkut dua keranjang kosong dan dua keranjang berisi ayam hidup di Kuil Ngoc Son, tim harus menuju pasar untuk membeli bahan-bahan lainnya dengan jumlah timbangan yang tepat sesuai dengan daftar belanja kemudian memasaknya di tempat yang telah ditentukan. Setelah berhasil menyajikan dua mangkok phở gà, sang koki akan menguji rasa masakan mereka dan memberikan petunjuk selanjutnya jika rasa masakan mereka memuaskan koki tersebut.

Tugas Tambahan
  • Di Công viên Thống Nhất, tim harus ikut serta dalam tarian bambu Vietnam yang disebut múa sạp sebelum menerima petunjuk selanjutnya.

Babak 6 (Vietnam → Botswana)[sunting | sunting sumber]

Ketika di Botswana, tim ikut mencicipi pengalaman dari budaya para Bushmen, termasuk cara tradisional membuat api.

Waktu Tayang: 24 Maret 2013

Sebelum memulai Roadblock, anggota tim yang dipilih untuk menjalankan Roadblock memilih sekelompok Bushmen Kalahari yang akan menemani mereka sepanjang babak. Roadblock: peserta mengikuti Bushmen menuju sebuah lubang, tempat dimana mereka akan menggali tanah guna menemukan seekor kalajengking. Setelah salah seorang Bushmen menaruh kalajengking ke dalam toples yang berisikan petunjuk Roadblock, ia akan menuntun peserta menuju ke sebuah bonggol pohon, tempat petunjuk selanjutnya berada. Detour: Fire atau Fowl. Kedua tugas Detour menuntut peserta untuk meniru suara binatang dan suara-suara lainnya yang dilantunkan para Bushmen selama menuju lokasi Detour. Fire (Api), tim berangkat bersama Bushmen menuju sebuah kampung terdekat, tempat mereka akan belajar dengan benar bagaimana membuat api dengan dua buah batang kayu, kotoran zebra, dan rumput. Setelah mereka mampu membuat sebuah kobaran api, mereka harus menggunakan api tersebut untuk menyalakan cerutu ketua Bushman untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Fowl (Ayam), tim harus mempelajari bagaimana menyiapkan sebuah perangkap untuk menangkap seekor ayam Guinea. Setelah berhasil menyiapakan perangkap dengan sempurna, tim bertindak sebagai ayam yang kemudian terperangkap, sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Pada awal babak, tim diminta untuk pergi menuju "kota Maun di Padang Pasir Kalahari", mereka dibiarkan untuk mencari tahu sendiri bahwa kota Maun berada di Botswana. Kemudian mereka harus menyebutkan nama negara yang dimaksud kepada petugas keamanan di biro perjalanan agar bisa masuk dan memesan tiket.
  • Setelah tiba di Maun, tim mendaftar untuk menyewa pesawat yang akan membawa mereka ke Bandara Xhumaga di Taman Nasional Makgadikgadi Pan.
  • Setelah Roadblock, tim berkendara bersama kelompok Bushmen mereka menuju kotak petunjuk Detour.
  • Setelah Detour, tim berjalan kaki dengan kelompok Bushmen mereka menuju Pit Stop.

Babak 7 (Botswana)[sunting | sunting sumber]

Roadblock kedua di Botswana, tim menggunakan kano makoro untuk melintasi sebagian Delta Okavango.

Waktu Tayang: 31 Maret 2013

Speed Bump: Max & Katie harus membuat sebuah rok manik-manik tradisional dan memakainya guna tampil sebagai penari upacara sebelum diperbolehkan melanjutkan perlombaan.Fast Forward: salah satu tim harus mencoba ski air sejauh satu mil di perairan Delta Okavango, sarang dari para buaya sungai Nil yang berbahaya. Roadblock: tim harus mengangkut dua ekor kambing melintasi sungai menuju sebuah kandang menggunakan kano dugout tradisional yang dikenal sebagai makoro. Anggota tim yang melakukan Roadblock harus mengendalikan makoro menggunakan galah sementara rekannya menjaga kambing. Setelah kambing berhasil diantar dan tim kembali lagi ke tempat semula, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Detour: Brains dan Brawn. Brains (Otak), tim harus berkuda safari dan mengenali patung dari potongan potongan kayu yang merepresentasikan hewan-hewan yang berada di Botswana (zebra, banteng Afrika, kudu, jerapah, meerkat, ular, macan tutul, warthog, burung unta, dan kuda nil beserta kuntul). Kemudian mereka harus menyusun secara urut satu set papan kayu persegi kecil, yang bergambar bayangan-bayangan dari binatang-binatang yang mereka lihat sepanjang perjalanan. Jebakannya adalah tidak adanya papan yang bergambar bayangan kuda nil; mereka dianggap benar jika hanya menempatkan kuntul sebagai papan terakhir. Jika mereka salah, mereka harus mengulang safari lagi sebelum diperbolehkan menyusun ulang papan-papan tersebut. Brawn (Otot), tim harus mengisi kereta pengangkut pasir tradisonal dengan tumpukan kayu bakar, kemudian mengumpani keledai agar menarik kereta tersebut, menggunakan sebuah wortel yang diikat pada sebatang kayu menuju lokasi perkemahan sejauh 12-mil (0,80 km). Setelah tiba dan menurunkan semua muatan kayu bakar, tim akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah Roadblock, tim mengendarai taxi air melintasi Sungai Thamalakane dan menggunakan "taxi safari" menuju Suaka Margasatwa Royal Tree Lodge untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 8 (Botswana → Swiss)[sunting | sunting sumber]

Di Swss, tim mengunjungi Eiger, mendakinya sampai ke puncak dan menyeberangi sisi utaranya selama mengerjakan Roadblock.

Airdate: 14 April 2013[6]

Roadblock: tim pergi ke dek observasi stasiun kereta api Eigerwand sementara salah satu rekan mereka menyeberangi sisi utara dari gunung Eiger dan menjemput "teman pendakian" mereka: kurcaci penjelajah Travelocity. Setelah mereka kembali ke dek observasi, mereka bisa membaca petunjuk selanjutnya yang terdapat di bawah kurcaci.

Tugas tambahan
  • Saat tiba di Bandar Udara Zurich, tim harus mencari kondektur bertopi merah yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.
  • Di Grindelwald, tim harus menunggu seorang penggembala Alpine yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya di Gereja Grindelwald.
  • Di Kleine Scheidegg, tim harus memilih "rekan penyelamatan Swiss" (seekor anjing St. Bernard) di bagian luar Hotel Bellevue des Alpes, yang akan mereka bawa ke Jungfraujoch, stasiun kerte api tertinggi di Eropa.
  • Di Jungfraujoch, tim harus mengantarkan anjing St. Bernard mereka ke seorang petugas penyelamatan gunung sebelum mencari Sphinx Observatory untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Ketika tim di Grund mereka harus menyebrangi Jembatan Lütschine Brüggli, kemudian mengikuti suara dari sebuah alphorn Swiss untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Switchback: tim kembali mengarjakan tugas membawa keju Swiss dari The Amazing Race 14. Kali ini, tim menggunakan sebuah kereta luncur Grindelwald tradisional untuk memindahkan empat keju bulat, masing-masing seberat 50-pon (23 kg), menuruni lembah menuju sebuah lumbung. Setelah berhasil mengantarkan keempat buah keju, sang meister keju akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Babak 9 (Swiss → Jerman)[sunting | sunting sumber]

Tim melakukan lompat BASE di Park Inn, gedung tertinggi di Berlin.

Waktu Tayang: 21 April 2013[7]

Detour: Train Trials dan Font Follies. Train Trials, tim berangkat menuju Deutsches Technikmuseum dan membangun sirkuit rel model kereta api menggunakan seluruh potongan-potongan yang telah disediakan sedemikian rupa, sehingga sesuai dan pas dengan ukuran papan yang disediakan. JIka kereta berhasil melakukan satu putaran penuh tanpa terjatuh, keluar jalur, atau menabrak hiasan lainnya, sang kondektur akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Font Follies, tim harus pergi ke Alexanderplatz, mengangkut dua buah lampu neon besar berbentuk huruf alfabet, dan mengantarkannya dengan berjalan kaki menuju Museum Buchstaben.Setelah berhasil tiba di museum dengan membawa dua buah huruf secara utuh tanpa kerusakan, kepala museum akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Roadblock: salah satu anggota tim harus menjawab pertanyaan – "Siapakah yang pernah berkata 'Ich bin ein Berliner'"? (John F. Kennedy) – untuk kemudian memasuki labirin yang terletak di bagian bawah sebuah klub malam di Berlin Timur tua. Setelah tiba di sebuah ruangan berwarna putih, mereka bisa mengambil petunjuk selanjutnya yang tertempel di dinding ruangan.

Tugas tambahan

Babak 10 (Jerman → Skotlandia, Britania Raya)[sunting | sunting sumber]

Roadblock di Skotlandia, tim harus bermian seruling kantung bersama barisan peniup seruling kantung (gambar diambil di Edinburgh).

Waktu Tayang: 28 April 2013[8]

Roadblock: salah satu anggota tim harus memakai seragam resimen Royal Scots dan belajar bermain drone menggunakan sebuah seruling kantung sambil berbaris bersama para peniup seruling Royal Scots lainnya di Gosford House's Marble Room selama dua menit. Setelah instruktur seluring kantung puas dengan penampilan mereka, ia akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Speed Bump: Mona & Beth harus bermain Skittles, sebuah permainan bowling tradisional Inggris menggunakan sepuluh pin. Jika mereka berhasil melakukan "floorer" (strike), mereka boleh melanjutkan perlombaan. Detour: Tasty Puddin' dan Whiskey Rollin' . Tasty Puddin' , tim berangkat ke Sheep Heid Inn di Duddingston guna membuat haggis dengan oatmeal dan usus lembu, sambil ditemani kehadiran perupa Robert Burns yang membawakan puisi "Address to a Haggis". Setelah masing-masing menyiapkan empat porsi haggis dan mencicipinya, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Whiskey Rollin' , tim menggelindingkan delapan tong wiski Skotch melewati sebuah jalan yang mendaki dan mengantarkannya menuju sebuah pesta. Setelah berhasil mengantarkan kedelapan tong tersebut, seorang penari Skotlandia akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah mendarat di Edinburgh, tim menggunakan sebuah Ford Fiesta, kemudian berangkat menuju Penanda Rute di Gosford House.
  • Di Kastil Craigmillar, tim harus mencari satu dari beberapa perapian kastil yang menyimpan petunjuk selanjutnya.

Babak 11 (Skotlandia, Britania Raya → Irlandia Utara, Britania Raya)[sunting | sunting sumber]

Roadblock di Irlandia Utara mengharuskan tim ber-snorkeling rawa melewati Taman Peatlands (gambar menunjukkan rawa Waen Rhydd di Wales).

Waktu Tayang: 5 Mei 2013[9]

Roadblock: salah satu anggota tim harus melalkukan snorkeling rawa. setelah mengenakan peralatan snorkeling secara lengkap, termasuk pakaian selam dan sepatu katak, peserta harus terjun ke sebuah kolam berlumpur, dan berenang pulang pergi sejauh 100-yard (91 m) dalam waktu 4 menit. Jika mereka berhasil menyelesaikannya tepat waktu, petugas snorkeling akan memeberikan mereka petunjuk selanjutnya. Detour: Tray It dan Spray it. Tray It (Menyajikan), tim harus pergi ke sebuah dermaga kering, tempat kapal Titanic dibangun. Kemudian mereka harus menyiapkan dan menyajikan lima sajian menu makan malam terakhir kapal kepada sekelompok penumpang kelas satu. Dengan menggunakan panduan menu yang disediakan beserta denah tempat duduk, tim harus memilih menu yang tepat pada tiap sajian (dari sebuah meja yang dipenuhi dengan berpiring-piring makanan tanpa nama) dan menyajikannya kepada para penumpang di ruang makan di dermaga kering. Setelah sang pelayan puas bahwa setiap penumpang mendapat menu yang benar dalam tiap sajian, tim diperbolehkan melanjutkan tugasnya ke sajian berikutnya. Setelah kelima sajian dituntaskan sengan tepat, seorang perupa Kapten Edward Smith akan memberikan mereka petujuk selanjutnya. Spray It (Menyemprot), tim harus berangkat ke sebuah lapangan skate yang bertempat di sebuah gudang. Mereka harus menuntaskan grafiti setengah jadi menggunakan sebuah foto sebagai panduan. Jika berhasil, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Belfast, tim menggunkan sebuah Ford Fiesta untuk berkendara menuju Penanda Rute pertama di Taman Peatlands.
  • Setelah menyelesaikan Roadblock, tim diminta untuk kembali ke Belfast dan menemukan "The Thing With a Ring (Benda Bercincin)". Mereka dibiarkan mencari tahu sendiri bahwa hal yang dimaksud adalah patung Beacon of Hope.

Babak 12 (Britania Raya → Amerika Serikat)[sunting | sunting sumber]

Mount Vernon, kediaman presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, merupakan lokasi garis finis The Amazing Race 22.

Waktu Tayang: 5 Mei 2013[9]

Roadblock: tim ikut serta dalam Switchback Roadblock mata-mata dari Edisi Keluarga. Salah satu anggota tim harus mengambil sebuah koper yang didapatkan dari sebuah mobil bertanda, kemudian mencari satu dari lima puluh "mata-mata" di sekeliling Tidal Basin, yang akan menjawab kalimat sandi yang peserta berikan, dengan kalimat sandi pelengkapnya (Max & Katie: "Where can I get a good half-smoke with chili?" / "I've heard there's a great place on U Street."; Bates & Anthony: "I did not dress warm enough for this weather." / "Perhaps you would like to borrow my gloves."; Mona & Beth: "The cherry blossoms are beautiful here in April." / "I'll have to bring my mother next spring."). Setelah berhasil menemukan mata-mata yang tepat, mereka akan saling bertukar koper, kemudian sang mata-mata akan memberitahukan mereka bahwa kombinasi angka untuk membuka koper tersebut adalah: urutan kedatangan mereka di Pit Stop saat berada di Selandia Baru (Babak 3), Indonesia (Babak 4), dan Vietnam (Babak 5); petunjuk selanjutnya berada di dalam koper tersebut.

Tugas tambahan
  • Di Euston Tap, masing-masing anggota tim harus memesan se-pint bir untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah sampai di Washington, D.C., tim berangkat menuju tempat Martin Luther King, Jr. menyampaikan pidato "I Have a Dream". Mereka dibiarkan mencari tahu sendiri bahwa tempat yang dimaksud adalah jejak tapak kaki di Memorial Lincoln. Setelah mereka menemukan letak jejak kaki yang tepat, seorang pria akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.
  • Petunjuk yang didapatkan di Memorial Lincoln meminta tim untuk pergi ke Pennsylvania Avenue 1100, lokasi dari Old Post Office Pavilion. Di sana, mereka akan dikawal oleh seorang agen Secret Service" dan diberi tahu bahwa mereka harus berfoto bersama Presiden Barack Obama. Pada kenyataanya, mereka digiring ke sebuah studio suvenir foto, kemudian mereka berpose sedemikian rupa dan difoto. Lalu hasil foto tersebut akan ditimpakan ke sebuah foto seseorang yang sedang bertemu dengan Presiden Obama. Petunjuk mereka selanjutnya berada di bagian belakang foto tersebut.
  • Di Tidal Basin, tim harus mencari sebuah mobil bertanda di dekat sebuah dermaga perahu dayung. Setelah mengetuk jendela samping penumpang belakang sebanyak tiga kali, penumpang mobil akan memberikan mereka sebuah koper berisi petunjuk selanjutnya.
  • Petunjuk Roadblock meminta tim untuk pergi menuju "The Home of the Nats". Mereka dibiarkan mencari tahu sendiri bahwa tempat yang dimaksud adalah Nationals Park, markas dari Washington Nationals.
  • Di Nationals Park, salah satu amggota tim harus menaiki sebuah zip line yang melintasi stadion kemudian melemparkan sebuah bola kasti. Sementara rekannya menggunakan kostum maskot baseball dan harus menangkap bola yang dilemparkan tersebut; yang merupakan petunjuk mereka selanjutnya.
  • Di Hains Point, tim harus memasuki sebuah kolam bola raksasa untuk menemukan bola-bola bumi yang memiliki tanda pada negara-negara yang telah mereka kunjungi selama perlombaan. Hanya satu anggota tim yang diperbolehkan berada di kolam pada satu waktu, sementara rekan satunya membawa bola bumi yang ditemukan dan menaruhnya sesuai urutan kunjungan. Apabila sudah terurut dengan benar, sebuah bola bumi lain akan terbuka dan menunjukkan mereka petunjuk terakhir.
  • Petunjuk yang didapatkan di Hains Point meminta tim untuk menuju ke "Rumah Presiden Pertama". Mereka dibiarkan mencari tahu sendiri bahwa tempat yang dimaksud adalah Mount Vernon.

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Peringkat Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

# Waktu Tayang Episode Peringkat Share Rating/Share Pemirsa Peringkat Peringkat Peringkat Peringkat
Households 18–49 (Jutaan) Timeslot
(Pemirsa)
Timeslot
(18–49)
Minggu
(Pemirsa)
Minggu
(18–49)
1 17 Februari 2013 "Bussiness in the Front, Party in the Back" 5.5[10] 8 2.5/6[11] 9.57 1 1 13 14
2 24 Februari 2013 "Loose Lips Sink Ships" 4.0[12] 6 1.9/4[13] 6.95 2 2 (tie) <25[14] <25[14]
3 3 Maret 2013 "Like James Bond Again" 5.4[15] 8 2.5/6[16] 9.24 1 1 15 15
4 10 Maret 2013 "I Love Monkeys!" 5.5 9 2.4/7[17] 9.27 1 1 14 13
5 17 Maret 2013 "Your Tan Is Totally Cool" 5.3[18] 8 2.3/6[19] 8.91 1 1 (tie) 16 13
6 24 Maret 2013 "Scorpion King Hunter" 5.6[20] 8 2.4/6[21] 9.33 1 2 14 17
7 31 Maret 2013 "Be Safe and Don't Hit a Cow" 5.6 9 2.3/6[22] 9.24 1 1 14 20
8 14 April 2013 "My Cheese Is Out of Control" 6.0[23] 9 2.3/6[24] 9.76 1 1 (tie) 19 18
9 21 April 2013 "The Ultimate Fun House" 5.4[25] 9 2.4/7[26] 9.16 1 1 14 10
10 28 April 2013 "Working Our Barrels Off" 5.4[27] 9 2.4/7[28] 9.32 1 1 18 14
11 5 Mei 2013 "Beacon of Hope" 5.5[29] 9 2.4/7[30] 9.10 1 1 21 18

Peringkat Kanada[sunting | sunting sumber]

Stasiun Kanada CTV juga menyiarkan The Amazing Race pada hari Minggu jam 8.00 malam. Timur, Tengah, & Atlantik (9.00 malam Pasifik & Gunung)

# Waktu Tayang Episode Penonton
(jutaan)
Peringkat
(Minggu)
1 17 Februari 2013 "Bussiness in the Front, Party in the Back" 2.283 3[31]
2 24 Februari 2013 "Loose Lips Sink Ships" 1.825 11[32]
3 3 Maret 2013 "Like James Bond Again" 2.447 2[33]
4 10 Maret 2013 "I Love Monkeys!" 2.230 4[34]
5 17 Maret 2013 "Your Tan Is Totally Cool" 2.499 2[35]
6 24 Maret 2013 "Scorpion King Hunter" 2.409 3[36]
7 31 Maret 2013 "Be Safe and Don't Hit a Cow" 2.056 3[37]
8 14 April 2013 "My Cheese Is Out of Control" 2.345 2[38]
9 21 April 2013 "The Ultimate Fun House" 1.950 3[39]
10 28 April 2013 "Working Our Barrels Off" 2.400 3[40]
11 5 Mei 2013 "Beacon of Hope" 2.116 5[41]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CBS ANNOUNCES MID-SEASON PREMIERES FOR NEW DRAMA "GOLDEN BOY" AND RETURNING COMEDY "RULES OF ENGAGEMENT"|". CBS Press Express. December 6, 2012. Diakses tanggal December 6, 2012. 
  2. ^ "News: Season Finale Date". CBS. March 11, 2013. Diakses tanggal March 12, 2013. 
  3. ^ "Amazing Race's Phil Keoghan: The Finale Is Wide Open|". Eng, Joyce TV Guide. 2012-12-07. Diakses tanggal 2012-12-09. 
  4. ^ a b c Ross, Dalton (2013-01-23). "'The Amazing Race': New cast (including relatives of John Wayne and Daniel Boone) and twist revealed!". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 2013-01-23. 
  5. ^ Moynihan, Rob (January 23, 2013). "New Amazing Race Cast Features Country Singers, Hockey Brothers and Roller Derby Moms". TV Guide. Diakses tanggal January 23, 2013. 
  6. ^ "Amazing Race 22 Episode Guide 2013 Season 22 - My Cheese Is Out of Control, Episode 8". TVGuide.com. Diakses tanggal 2013-04-15. 
  7. ^ "Amazing Race 22 Episode Guide 2013 Season 22 - Amazing Race 22, Episode 9". TV Guide. Diakses tanggal March 25, 2013. 
  8. ^ "Amazing Race 22 Episode Guide 2013 Season 22 - Amazing Race 22, Episode 10". TV Guide. Diakses tanggal April 12, 2013. 
  9. ^ a b "Amazing Race 22 Episode Guide 2013 Season 22 - Amazing Race 22, Episode 11". TV Guide. Diakses tanggal April 12, 2013. 
  10. ^ "CBS Wins Week in Viewers and Adults 25-54 with Seven of the Top 10 Shows of the Week". CBS Press Release via The Futon Critic. February 20, 2013. Diakses tanggal February 20, 2013. 
  11. ^ Bibel, Sara (February 20, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Once Upon a Time', 'The Amazing Race' & 'The Mentalist' Adjusted Up; 'The Good Wife' & 'Bob's Burgers' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses tanggal February 20, 2013. 
  12. ^ "TV ratings: Oscars rise with Seth MacFarlane and 'Argo'". Zap2It. February 25, 2013. Diakses tanggal February 25, 2013. 
  13. ^ Kondolojy, Amanda (February 26, 2013). "Sunday Final Ratings: Final Oscars Numbers + 'The Amazing Race' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses tanggal February 26, 2013. 
  14. ^ a b Kondolojy, Amanda (February 26, 2013). "TV Ratings Broadcast Top 25: The Oscars Tops Week 22 Viewing Among Adults 18-49 & With Total Viewers". TV by the Numbers. Diakses tanggal February 26, 2013. 
  15. ^ "TV ratings: 'Celebrity Apprentice' way down and 'Red Widow' opens softly Sunday". Zap2It. March 4, 2013. Diakses tanggal March 4, 2013. 
  16. ^ Bibel, Sara (March 5, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Once Upon a Time', 'The Amazing Race', 'Celebrity Apprentice', 'Red Widow', 'The Cleveland Show', 'America's Funniest Home Videos' Adjusted Up; '60 Minutes', 'The Simpsons' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses tanggal March 5, 2013. 
  17. ^ Kondolojy, Amanda (March 12, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Once Upon a Time', 'Family Guy', 'Celebrity Apprentice' & 'The Mentalist' Adjusted Up; 'Red Widow' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses tanggal March 12, 2013. 
  18. ^ "CBS Wins Week in Viewers and Adults 25-54". CBS Press Release via The Futon Critic. March 19, 2013. Diakses tanggal March 19, 2013. 
  19. ^ Bibel, Sara (March 19, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Once Upon a Time', 'The Amazing Race', 'Family Guy', 'The Cleveland Show, 'The Simpsons, 'Bob's Burgers' & 'The Mentalist' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses tanggal March 19, 2013. 
  20. ^ "CBS SCORES A WEEKLY WIN IN VIEWERS, ADULTS 18-49 AND ADULTS 25-54". CBS Press Release via The Futon Critic. March 26, 2013. Diakses tanggal March 26, 2013. 
  21. ^ Kondolojy, Amanda (March 26, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Once Upon a Time' & 'Celebrity Apprentice' Adjusted Up + Unscrambled CBS". TV by the Numbers. Diakses tanggal March 26, 2013. 
  22. ^ Bibel, Sara (April 2, 2013). "Sunday Final Ratings: 'All-Star Celebrity Apprentice' Adjusted Up & Unscrambled CBS Numbers". TV by the Numbers. Diakses tanggal April 2, 2013. 
  23. ^ "CBS #1 in Viewers, Adults 18-49 and Adults 25-54 for the Fourth Consecutive Week". CBS Press Release via The Futon Critic. April 16, 2013. Diakses tanggal April 16, 2013. 
  24. ^ Bibel, Sara (April 16, 2013). "Sunday Final Ratings: 'The Cleveland Show', 'Once Upon a Time', 'The Amazing Race', 'Family Guy', 'Celebrity Apprentice' & 'American Dad' Adjusted Up; '60 Minutes' Adjusted Down + Final Golf Numbers". TV by the Numbers. Diakses tanggal April 16, 2013. 
  25. ^ "CBS Wins in Viewers for the Eighth Consecutive Week and Adults 25-54 for the Sixth Straight Week". CBS Press Release via The Futon Critic. April 23, 2013. Diakses tanggal April 23, 2013. 
  26. ^ Kondolojy, Amanda (April 23, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Remember Sunday' Adjusted Down; No Adjustment for 'Once Upon a Time' or 'The Amazing Race'". TV by the Numbers. Diakses tanggal April 23, 2013. 
  27. ^ "CBS Places First on Sunday in Viewers, Adults 18-49 and Adults 25-54". CBS Press Release via The Futon Critic. April 29, 2013. Diakses tanggal May 1, 2013. 
  28. ^ Bibel, Sara (April 30, 2013). "Sunday Final Ratings: 'Family Guy', 'The Simpsons', 'The Amazing Race', 'The Mentalist', 'Celebrity Apprentice' & 'America's Funniest Home Videos' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses tanggal April 30, 2013. 
  29. ^ "TV ratings: 'Amazing Race' and 'Mentalist' finales score for CBS Sunday, NASCAR boosts FOX". CBS Press Release via The Futon Critic. May 6, 2013. Diakses tanggal May 6, 2013. 
  30. ^ Kondolojy, Amanda (May 7, 2013). "Sunday Final Ratings: 'The Amazing Race' & 'Celebrity Apprentice' Adjusted Up; 'Red Widow' Adjusted Down + Final FOX Numbers". TV by the Numbers. Diakses tanggal May 7, 2013. 
  31. ^ "Top Programs – Total Canada (English), February 11 – February 17, 2013" (PDF). BBM Canada. February 22, 2013. Diakses tanggal February 23, 2013. 
  32. ^ "Top Programs – Total Canada (English), February 18 – February 24, 2013" (PDF). BBM Canada. March 1, 2013. Diakses tanggal March 2, 2013. 
  33. ^ "Top Programs – Total Canada (English), February 25 – March 3, 2013" (PDF). BBM Canada. March 8, 2013. Diakses tanggal March 8, 2013. 
  34. ^ "Top Programs – Total Canada (English), March 4 – March 10, 2013" (PDF). BBM Canada. March 15, 2013. Diakses tanggal March 15, 2013. 
  35. ^ "Top Programs – Total Canada (English), March 11 – March 17, 2013" (PDF). BBM Canada. March 22, 2013. Diakses tanggal March 22, 2013. 
  36. ^ "Top Programs – Total Canada (English), March 18 – March 24, 2013" (PDF). BBM Canada. April 4, 2013. Diakses tanggal April 5, 2013. 
  37. ^ "Top Programs – Total Canada (English), March 25 – March 31, 2013" (PDF). BBM Canada. April 5, 2013. Diakses tanggal April 5, 2013. 
  38. ^ "Top Programs – Total Canada (English), April 7 – April 14, 2013" (PDF). BBM Canada. April 19, 2013. Diakses tanggal April 20, 2013. 
  39. ^ "Top Programs – Total Canada (English), April 15 – April 21, 2013" (PDF). BBM Canada. April 26, 2013. Diakses tanggal April 26, 2013. 
  40. ^ "Top Programs – Total Canada (English), April 22 – April 28, 2013" (PDF). BBM Canada. May 3, 2013. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  41. ^ "Top Programs – Total Canada (English), April 29 – May 5, 2013" (PDF). BBM Canada. May 10, 2013. Diakses tanggal May 22, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]