The Amazing Race Norge 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Amazing Race Norge
The Amazing Race Norge title card.jpg
Pertama tayang 11 April 2012
– 30 Mei 2012
Tanggal pengambilan film 9 Januari 2012
Jumlah episode 13 (14 termasuk episode ringkasan)[1]
Pemenang Morten Bjerke & Truls Bjerke
Benua yang dikunjungi 3
Negara yang dikunjungi 8[1]
Jarak perjalanan 50.000 kilometer
(31.069 mil)
Jumlah leg perlombaan 13[1]
Kronologi Musim
Selanjutnya Musim kedua

The Amazing Race Norge 1 adalah musim pertama dari versi Norwegia dari acara realitas Amerika Serikat, The Amazing Race. Acara ini diproduksi oleh TV2 dan perusahaan produksi televisi Rubicon TV.[1] Acara ini menghadirkan sebelas tim beranggotakan dua orang yang telah memiliki hubungan sebelumnya, dalam balapan keliling dunia untuk memperebutkan hadiah NOK 500.000 dan sebuah Subaru XV untuk kedua anggota untuk jumlah hadiah NOK 1.000.000.[2][3]

Acara ini dibawakan oleh pesepak bola Freddy dos Santos.[1]

Acara ini tayang perdana pada tanggal 11 April 2012 pukul 20:00 (CEST) dan ditayangkan dua kali sehari, setiap hari Senin dan Rabu. Episode terakhir tayang pada tanggal 30 Mei 2012 pukul 21:40 (CEST) dengan episode spesial ringkasan ditayangkan pada tanggal 3 Juni. Saudara Morten dan Truls Bjerke dari Bodø menjadi juara edisi ini.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Garis awal dan akhir balapan ini terletak di Holmenkollbakken dekat Oslo, Norwegia.

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

TV2 menyetujui musim pertama acara ini pada Oktober 2011.[2] Pengambilan gambar dimulai pada 9 Januari 2012.[3]

Balapan ini menggunakan banyak warna sebagai penanda petunjuk; kuning dan merah, kuning dan putih, dan kuning dan hijau, daripada versi asli yang hanya menggunakan satu warna.

Penalti pada babak non-eliminasi kali ini dinamakan Rintangan (Handikap). Ini akan mempengaruhi tim dengan memberikan tugas tertentu dengan beban yang lebih berat kepada tim, atau hanya memberikan penalti. Seperti contoh, pada babak kedua, Martha dan Elise harus membuat 75 kue kotoran daripada 50 dan membuat susunannya lebih tinggi dari tim lain untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada babak kesepuluh, Kari dan Bjørn harus melakukan kedua pilihan pada Memutar.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran dibuka pada tanggal 11 Oktober 2011 dan berakhir pada 31 Oktober 2011.[2]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Episode 11–13 pindah jam tayang dari waktu yang seharusnya karena ada kejuaraan sepak bola.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Sponsor balapan ini termasuk Hotels.com, Nordea, Proffice, dan Subaru.

Blog Video Para Tim[sunting | sunting sumber]

Para tim diberikan kamera video sebelum balapan. Mereka dapat merekam video pada waktu luangnya, perjalanan menuju tujuan, atau merekam refleksi tentang setiap babak, atau bahkan kegiatan yang berlangsung setelah masuk ke Pemberhentian. Blog video tersebut dapat dilihat di situs resminya.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Para tim berikut berpartisipasi dalam balapan, dengan hubungan pada saat pengambilan gambar. Perlu dicatat bahwa tabel ini tidak reflektif dari semua yang ditayangkan, dengan masuk dan keluarnya sebuah data. Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:[3]

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Morten & Truls Saudara 4 1 2 2 1 6 2 1 1 4 1 2 1 Morten 5, Truls 6
Karim & Khabat Rekan 1 9 4 1 2 1 1 3 3 1 3 1 2 Karim 6, Khabat 5
Cathrine & Michelle Teman Baik 7 2 1 3ε4,5 7 5 4 5 4 2 2 3 3 Cathrine 45, Michelle 7
Frank & Ivar Saudara Kembar 8 4 3 7 3 2 3 4 2 3 4 47 Frank 6, Ivar 5
Kari & Bjørn Telah Menikah 92 5 5 6 4 4 5 2 5 5 56 Kari 5, Bjørn 6
Tor Einar & Cathrine Ayah dan Anak 6 7 7 5 5 3 6 6 Tor Einar 3, Cathrine 5
Julie & Vichy Berkencan 2 3 8 4 6 7 Julie 3, Vichy 3
Bjarne & Vilde Teman 3 6 6 8 8 Bjarne 3, Vilde 2
Martha & Elise Saudara 10 8 9 Martha 2, Elise 1
Pål Christian & Ivar Sepupu Ketiga 5 103 Pål Christian 2, Ivar 0
Kenneth & Hakan Rekan Kerja 111 Kenneth 0, Hakan 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • ungu ε menunjukkan bahwa tim memutuskan untuk menggunakan Kartu Kilat di babak tersebut.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Rintangan di babak berikutnya.
  1. ^ Kenneth dan Hakan merupakan tim terakhir yang mendapatkan petunjuk di Bandar Udara Oslo dan tereliminasi berdasarkan peraturan babak pertama. (lihat di bawah).
  2. ^ Kari dan Bjørn awalnya berada di peringkat ke-4, tetapi mendapatkan penalti 1 jam karena tidak menggunakan kapal Abra menuju Dubai's Creek ke Gold Souk, menurunkan peringkatnya menjadi ke-9.
  3. ^ Pål Christian dan Ivar memutuskan untuk tidak melakukan Penghadang pada babak kedua.
  4. ^ Cathrine dan Michelle terpilih untuk menggunakan Kartu Kilat untuk tidak melakukan tugas tambahan di teater pada babak keempat.
  5. ^ Cathrine dan Michelle awalnya berada di peringkat pertama, tetapi mendapatkan penalti 1 jam karena menjatuhkan dan memilih melalui sisi tipis dari balok es tersebut bukannya dibiarkan tegak, pada Penghadang. Karena dua tim sudah masuk ke Pemberhentian, maka peringkatnya turun menjadi peringkat ketiga.
  6. ^ Kari dan Bjørn memutuskan untuk tidak menyelesaikan Rintangan setelah beberapa kali mencoba. Ini tidak mempengaruhi peringkat mereka.
  7. ^ Frank dan Ivar datang terakhir di Green Bazar pada jam tutup dan tidak dapat membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk tugas terakhir. Mereka diinstruksikan untuk menunggu Cathrine dan Michelle untuk menyelesaikan makan dan langsung menuju Pemberhentian di mana mereka tereliminasi.

Hadiah-hadiah[sunting | sunting sumber]

Para tim akan mendapatkan hadiah setelah memenangkan beberapa babak tertentu.

  • Babak 3 – Kartu Kilat (Fripass) – sebuah barang yang dapat digunakan dalam balapan untuk tidak melakukan tugas tertentu yang dipilih tim sebelum babak kedelapan. Jika satu tim tereliminasi tanpa menggunakan Kartu Kilat, maka peringkat kedua babak sebelumnya yang mendapatkan Kartu Kilat ini.[4]
  • Babak 4 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 7 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 8 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 10 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 11 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 12 – Sertifikat hadiah NOK 8.000 dari Hotels.com
  • Babak 13NOK 500.000 dari Nordea dan Subaru XV bagi setiap anggota.

Ringkasan balapan[sunting | sunting sumber]

Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Veivalg (Memutar)   Roadblock icon.svg Veisperring (Penghadang)   Fast Forward icon.svg Snarvei (Percepatan)   TAR Exclamation icon.svg Handikap (Rintangan)  TAR-pitstop-icon.png Pitstop (Pemberhentian)
Rute The Amazing Race Norge.

Babak 1 (Norwegia → Uni Emirat Arab)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 11 April 2012

Babak pertama The Amazing Race Norge membawa tim ke Dubai di Uni Emirat Arab, termasuk kunjungan di Burj Khalifa (kanan jauh).

Pada Penghadang pertama dalam balapan ini, salah satu anggota tim harus menggunakan baju selam dan mengambil petunjuk selanjutnya pada kolam ikan hiu di Atlantis, The Palm. Memutar kali ini adalah pilihan antara Karat (Karat) dengan Bære Smart (Jinjingan Pintar). Di Karat, para tim harus berjalan menuju Kompleks Perhiasan Al Nafi yang akan memberikan mereka tas kecil dengan alamat tertulis di dalamnya (dalam bahasa Arab). Setelah para tim pergi ke alamat yang ditunjuk (Toko Perhiasan Mandavi), mereka mendapatkan tas lain dengan alamat selanjutnya. Setelah mengantar tas tersebut ke Toko Perhiasan Sona, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Bære Smart, para tim harus menemukan kapal dari Dubai tujuan Iran di Pelabuhan Dubai. Setelah mereka menemukan kapalnya, mereka harus memasukkan sepuluh kantung besar ke dalam kapal untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Pada Garis Awal, para tim harus menghubungkan tiga kalimat yang ditulis dalam tiga bahasa berbeda (bahasa Rusia, bahasa Arab, dan rumpun bahasa Tionghoa) dengan bendera masing-masing negara (Rusia, Uni Emirat Arab, dan Tiongkok). Para tim harus menunjukkan papannya kepada pembawa acara, dan jika mereka benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Bandar Udara Oslo, para tim harus mencari satu dari sepuluh petunjuk yang tersedia di empat lokasi berbeda (Meja Informasi, Kehilangan, sebuah Café, dan Bantuan Penumpang). Setiap tempat memiliki jumlah petunjuk terbatas, tetapi jika mereka menanyakan petunjuk di suatu tempat dan sudah tidak ada lagi, maka mereka harus mencari di tempat lain. Tim tanpa petunjuk akan tereliminasi dari babak ini.
  • Di Bandar Udara Internasional Dubai, para peserta harus mencari pemilik unta bernama "Hassan". Jika mereka menemukan Hassan, mereka akan diantar ke tujuan selanjutnya: Pusat Pembiakan Unta.
  • Di Pusat Pembiakan Unta, salah satu anggota tim harus menaiki unta, sedangkan anggota lainnya memandu unta tersebut melalui jalan yang telah ditentukan. Setelah mereka melalui jalan tersebut, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Leap of Faith yang terletak di Aquaventure, para tim harus menaiki seluncur air yang akan menurunkannya sepanjang 6 kaki dengan sudut hampir 90º dan melalui terowongan di bawah laguna ikan hiu. Di bawah, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya dari seorang pengawal renang.
  • Di Dubai Creek, para tim harus menaiki abra ke Dubai Gold Souk di mana mereka akan menemukan petunjuk selanjtunya.

Babak 2 (Uni Emirat Arab → India)[sunting | sunting sumber]

Taj Mahal yang terkenal di India adalah Pemberhentian kedua dari musim pertama Amazing Race Norge.

Tanggal tayang: 13 April 2012

Pilihan Memutar kali ini adalah antara Ull (Wol) atau Stein (Batu). Di Ull, para tim harus berjalan ke Industri Karpet Jain, kemudian para tim harus membawa wol berwarna seberat 50 kilogram ke Toko Karpet Diamond dan menukarnya dengan petunjuk selanjutnya. Di Stein, para tim harus berjalan ke J.K Cottage Industries dan menggunakan sebuah penggiling basah spesial, mereka harus menggiling sebuah mosaik ubin yang ukurannya harus pas dengan bagian tengah dari batu. Penghadang kali ini mengharuskan seorang anggota tim untuk menyelesaikan jigsaw puzzle berjumlah 120 keping dari Taj Mahal, dan setelah selesai, mereka langsung menuju Pemberhentian.

Tugas Tambahan
  • Di Benteng Agra, para tim harus mencari tiga raja yang terletak di tempat-tempat berbeda dalam bentent tersebut, setiap raja akan memberikan kepingan puzzle yang berbeda. Setelah para tim mempunyai ketiga kepingan tersebut, mereka harus menguraikan pesan berikut: Shah Jehan's wife is next to the black throne. Kemudian, para tim harus mencari seorang wanita yang akan memberikan mereka petunjuk selanjtunya.
  • Para tim harus pergi menggunakan tanga dari Agra Fort menuju Toko Obat Katara, di mana kotak petunjuk berada.
  • Di Desa Kachpura, para tim harus membuat 50 kue kotoran dan menyusun 200 kue kotoran menjadi sebuah tumpukan. Sebagai Rintangan mereka, Martha dan Elise harus membuat 75 kue kotoran dan menyusun 300 kue kotoran menjadi sebuah tumpukan.

Babak 3 (India)[sunting | sunting sumber]

Benteng Nahargarh di Jaipur merupakan pemberhentian ketiga di The Amazing Race Norge.

Tanggal tayang: 18 April 2012

  • Popliya Ky Dhany
  • Jaipur, Rajasthan (Panna Meena ka Kund) >Halangan ("Siapa yang memiliki penciuman untuk batu berharga?")<
  • Jaipur (Pabrik Pencetakan Ramdulari Pandey ki)
  • Jaipur (Lal Hathi Mandir (Kuil Gajah Merah)) >Pemutaran (Langsomt og Vond atau Kort og Brutalt)<
  • Jaipur (House No. 7)
  • Jaipur (Benteng Nahargarh) >Pemberhentian (Leg 3)<

Pada Penghadang kali ini, seorang anggota tim harus mencari dari kotak-kotak yang tersebar di Paana Meena Stepwell untuk sebuah permata, yang akan digunakan untuk menukarnya dengan petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini dihadapkan pada pilihan antara Langsomt og Vond (Kecil tapi Sakit) dan Kort og Brutalt (Besar tapi Kejam). Di Langsomt og Vond, para tim harus tidur di atas ranjang paku. Di Kort og Brutalt, para tim harus melangkahi ranjang arang panas yang berapi.

Tugas Tambahan
  • Dalam perjalanan menuju Jaipur, para tim harus berhenti di desa pinggir jalan, Popiliya Ky Dhany, di mana mereka harus membuat dua buah roti rata India yang disebut chapati.
  • Di Pabrik Pencetakan Ramdulari Pandey ki, para tim harus menggunakan pencetak tekstil yang akan menunjukkan tujuan selanjutnya. Pertama, mereka harus mencetak desain tersebut pada sebuah tekstil, setelah itu, mereka harus mencetak pesan tersebut (tidak terlihat seperti huruf Devanagari), ke atas desain tersebut untuk menemukan orang yang mewarnai memberikan pakaian tekstil dengan tujuan selanjutnya tercetak di sana.
  • Di House No. 7, para tim harus menghancurkan cabai sebelum mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 4 (India → Thailand)[sunting | sunting sumber]

Saat mereka di Bangkok, Thailand, para tim mengunjungi Monumen Demokrasi di mana mereka harus menghitung dekorasi berbentuk meriam di sekelilingnya untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 23 April 2012

Pilihan Memutar kali ini antara Dandere (Tersebar) atau Maltraktere (Hancur). Di Dandere, para tim harus pergi ke Pasar Nang Loeng dan membuat karangan bunga khas Thailand yang bernama phuang malai. Di Maltraktere, para tim harus mencoba mematahkan sebilah bambu menggunakan Muay Thai. Pada Penghadang, seorang anggota tim harus dapat memecahkan sebuah balok es untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Di Pasar Apung, para tim harus membeli masing-masing 1 kg buah naga, jambu, lengkeng, apel-kera, dan belimbing sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Teater Aksara, para tim harus belajar mengontrol boneka dalam sebuah pertunjukan. Jika sukses, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Monumen Demokrasi, para tim harus menghitung dekorasi berbentuk meriam di sekelilingnya (75 buah), untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 5 (Thailand → Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Ketika berkunjung ke Hanoi, Vietnam, para tim berkunjung ke tempat bersejarah Penjara Hỏa Lò, dikenal sebagai "Hanoi Hilton", di mana Senator Amerika John McCain ditahan pada saat Perang Vietnam.

Tanggal tayang: 25 April 2012

Memutar kali ini adalah pilihan antara Bure Fugl (Kandang Burung) atau Plukke Fugl (Mencabut Bulu Burung). Di Bure Fugl, para tim harus membuat salah satu kerajinan tangan dari desa tersebut, kandang burung, sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Plukke Fugl, para tim harus merebus dan mencabut bulu empat ekor ayam sebelum mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya. Penghadang kali ini mengharuskan seorang anggota tim untuk menyiapkan dan mengkonsumsi anggur ular yang terbuat dari darah ular dan empedu, dan ular itu sendiri.

Tugas Tambahan
  • Setelah sampai di Vietnam, para tim harus menemukan patung Vladimir Lenin di Jalan Điện Biên Phủ. Kemudian, mereka harus menemukan "Lenin" dan memberikannya sebuah koin untuk menukarnya dengan petunjuk dan foto Senator Amerika John McCain dalam setelan penerbangan. Menggunakan foto tersebut, para tim harus berpikir bahwa lokasi setelan penerbangan tersebut adalah Penjara Hỏa Lò, atau yang dikenal sebagai Hanoi Hilton.
  • Di Menara Bendera Hanoi, para tim harus memecahkan teka-teki Menara Hanoi versi lima buah kepingan besar sebelum masuk ke Pemberhentian. Karena mendapatkan Rintangan, Bjarne dan Vilde harus memecahkan versi enam buah kepingan besar teka-teki tersebut.

Babak 6 (Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Di Pemakaman Khải Định, para tim harus menunjukkankarangan bunga yang mereka buat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 30 April 2012

Pada Penghadang kali ini, seorang anggota tim harus mengobservasi sebuah contoh karangan bunga khas Vietnam, kemudian cari di sekitar pemakaman ada banyak gadis berbunga yang membawa bunga yang berbeda. Mereka harus kembali dengan membawa bunga yang sama persis, juga dengan jumlah yang tepat, dan membuat replika karangan bunga yang sempurna untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini adalah pilihan antara På Jordet (Di Atas Tanah) atau På Bordet (Di Atas Meja). Di På Bordet, para tim harus memandu seekor kerbau sepanjang jalan berlumpur. Di På Bordet, para tim harus pergi ke Trung Tâm Giáo Dục Thường Xuyên Phú Yên dan mempelajari bagaimana cara membuat 50 stik dupa khas Vietnam.

Tugas Tambahan
  • Di Pemakaman Tự Đức, para tim harus mencari kompleks pemakaman Tự Đức. Mereka akan menemukan petunjuknya dekat sana, menggantung keluar dari jangkauan, dan berpikir bagaimana cara menurunkannya.
  • Di Pemakaman Khải Định, para tim harus menunjukkan karangan bunga yang mereka buat pada Penghadang untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Sekolah Menengah Atas Quoc Hoc, para tim mendapatkan 30 menit pijatan.
  • Seorang anggota tim harus menaiki becak bersama rekannya ke Pemberhentian dari Sekolah Menengah Atas.

Babak 7 (Vietnam → Australia)[sunting | sunting sumber]

Benteng Denison di Sydney merupakan Pemberhentian di babak ini.

Tanggal tayang: 2 Mei 2012

Pada Memutar kali ini, para tim harus memilih antara Ball (Bola) atau Bikini. Kedua pilihan tersebut mengharuskan para peserta untuk pergi ke Pantai Coogee. Di Ball, para tim harus bermain voli pantai dan mencetak tujuh poin. Di Bikini, para tim harus mencari seorang wanita yang memakai bikini dengan bendera Australia, "the Aussie with a Cossie", yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Dalam Penghadang, seorang anggota tim harus mempelajari logat populer Australia dari seorang Australia di sebuah bangku (G'day mate! You looked like a stunned mullet! I'm as dry as dead dingo's donger. Have a go, ya mug!). Jika mereka sukses mengulang apa yang diucapkan seorang pria di sebelahnya, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Di Marble Mountains, para tim harus mencari kotak petunjuk di gua-gua berbeda, dan kotaknya terletak di Vân Thông.
  • Di Port Botany, para tim harus membuat palet kayu. Tanpa sepengetahuan mereka, setiap anggota tim harus memakan sepotong sandwich Vegemite.
  • Dari EastSail, para tim harus menavigasi dan mengemudikan perahu layar dalam perjalanan menuju Pemberhentian.
  • Di Benteng Denison, para tim harus mempelajari tiga ikatan berbeda. Setelah mereka sukses mempelajari ketiga ikatan tersebut, mereka dapat berlari menuju Pemberhentian.

Babak 8 (Australia)[sunting | sunting sumber]

Blue Mountains yang terletak di New South Wales adalah salah satu lokasi diselenggarakannya babak ini di The Amazing Race Norge.

Tanggal tayang: 7 Mei 2012

Para tim memulai babak di Jembatan Sydney Harbour daripada Pemberhentian babak sebelumnya, Benteng Denison. Pada Penghadang, seorang anggota tim harus memindahkan dua ekor ular dari satu kotak ke kotak lainnya. Pilihan Memutar kali ini adalah Kort Opp (Pelan-Pelan ke Atas) atau Langt Ned (Cepat-Cepat ke Bawah). Di Kort Opp, para tim harus memanjat sebuah tebing curam. Di Langt Ned, para tim harus meluncur ke bawah dari sebuah jurang.

Tugas Tambahan
  • Di Pantai Bondi, para tim harus berpartisipasi dalam estafet renang. Pertama, seorang anggota tim harus mendayung papan selancar keluar tanda putih dan kembali. Setelah itu, ia harus berlari ke daerah pantai dan kembali sebelum menandai rekannya yang akan berpartisipasi dalam estafet yang sama. Ketika keduanya menyelesaikan estafet, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Air Terjun Minni-Ha-Ha, para tim harus menyelesaikan teka-teki yang tertinggal dua keping dan mereka harus mencari kepingan tersebut sebelum mereka dapat menyelesaikan teka-teki tersebut dan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Pada area bumerang tertandai, setiap anggota tim harus melempar bumerang yang akan mendarat ke lingkaran di mana bumerang tersebut masuk. Jika mereka berhasil, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Karena mendapat Rintangan, Tor Einar dan Cathrine harus melalui jalan yang berbeda menuju Pemberhentian untuk menemukan mainan koala kecil yang dipotong ke tiang logam oleh pembawa acara. Mereka harus mengembalikannya ke pembawa acara di Pemberhentian sebelum mereka masuk.

Babak 9 (Australia)[sunting | sunting sumber]

Setelah sampai di Melbourne, para tim "tertangkap" dan diarahkan menuju Old Melbourne Gaol di mana mereka akan tinggal selama satu jam meskipun mereka dapat menyelesaikan teka-teki yang akan membebaskannya dengan cepat.

Tanggal tayang: 9 Mei 2012

Para tim dibawa dari Pemberhentian sebelumnya di Blue Mountains ke Waduk Maroondah dan memulai babak ini di sana. Pada Penghadang, seorang anggota tim harus terjun ke Kilang Anggur Rochford di mana rekan mereka menunggu. Memutar kali ini merupakan pilihan antara Liten Ball (Bola Kecil) atau Stor Ball (Bola Besar). Di Liten Ball, para peserta harus pergi ke Scotch College untuk bermain tenis dan mencetak dua poin. Di Stor Ball, para tim harus pergi ke Aegis Park untuk bermain rugby dan mencetak tiga poin, setelah bertemu dan ditekel oleh beberapa pemain.

Tugas Tambahan
  • Di Kilang Anggur Rochford, para tim harus menggelindingkan tong sepanjang kebun anggur, menyusunnya dan menyajikan beberapa botol anggur dan makanan di Restoran Rochford sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di ACDC Lane, para tim harus menemukan lukisan The Stream yang tersembunyi dalam sebuah graffiti. Mereka diharuskan untuk menukarnya dengan pengendali seni, tetapi kemudian "ditangkap". Mereka dibawa ke pengadilan di mana mereka "dituduh mencuri lukisan tersebut" dan ditahan di Old Melbourne Gaol. Di sana, mereka diberikan secarik kertas yang berisi teka-teki: ("The prison guard would shout out twelve, the prisoner responded with 6 and was set free. The prison guard would then shout out six and the prisoner responded with 3 and was set free. The prison guard then shouted out ten and the next prisoner shouted out 5 and was hung" - what should the prisoner have shouted?). Jika para tim menyelesaikan teka-teki tersebut (3), mereka dibebaskan dan akan menerima petunjuk selanjutnya. Jika mereka tidak dapat menyelesaikannya, mereka harus menunggu satu jam sebelum dibebaskan.
  • Di Menara Eureka, para tim mendapatkan petunjuk yang menginstruksikan mereka untuk naik ke lantai 88 untuk menuju Pemberhentian.

Babak 10 (Australia → Hong Kong, Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

Di Hong Kong, para tim harus menemukan patung salah satu seniman beladiri terkenal di dunia Bruce Lee yang terletak di Avenue of Stars.

Tanggal tayang: 14 Mei 2012

Memutar kali ini adalah pilihan antara Rask Ball (Bola Cepat) atau Rask Mat (Makanan Cepat Saji). Di Rask Ball, para tim harus pergi ke Pusat Olahraga di taman tersebut dan mencetak 10 poin dalam permainan tenis meja melawan seorang anak. Di Rask Mat, para tim harus pergi ke Olympic square di taman tersebut di mana mereka harus menyelesaikan makan "dim sum" lebih cepat melawan seorang pesaing. Karena mendapat Rintangan, Kari dan Bjørn harus melakukan kedua pilihan tersebut. Penghadang kali ini mengharuskan seorang anggota tim mematahkan kayu menggunakan kung fu.

Tugas Tambahan
  • Setelah sampai di Ocean Park Hong Kong, para tim harus mencari kotak petunjuk yang terletak di Panda Observatory #2.
  • Di Pasar Stanley, para tim harus membangun teka-teki piramida dari sebuah contoh yang hanya dapat mereka lihat dari jauh.
  • Di Pantai Stanley, para tim harus mendayung perahu naga dalam balapan keliling area tertandai.
  • Di Times Square, para tim harus menemukan poster pembawa acara yang berpose seperti film aksi kung fu, mengarahkan mereka "Temukan Bruce Lee di Avenue of Stars".

Babak 11 (Hong Kong, Tiongkok → Makau, Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

Di Makau, para tim berkunjung ke Menara Makau di mana mereka melakukan Penghadang di mana seorang anggota tim terjun dari atas.

Tanggal tayang: 21 Mei 2012

Pada Penghadang kali ini, seorang anggota tim harus terjun 233 meter dari Menara Makau. Memutar kali ini adalah pilihan antara Pensler (Kuas) atau Pinner (Stik). Di Pensler, para tim harus pergi ke Reruntuhan Katedral Santo Paulus, di mana mereka akan belajar menulis "The Amazing Race" dalam huruf Tionghoa menggunakan kuas. Di Pinner, para tim harus pergi ke Senado Square di mana mereka harus mengantar mie, buncis, dan tahu ke piring lain menggunakan sumpit.

Tugas Tambahan
  • Di Menara Makau Skywalk X, para tim harus mengambil petunjuk mereka yang teruntai di udara.
  • Di Senado Square, para tim harus menghitung lentera Tiongkok yang ada di tempat itu (137), sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Pada sebuah restoran di Senado Square, para tim harus memasukkan kembali potongan babi panggang.
  • Di Desa Budaya A-Ma, para tim harus membuat tar telur Portugis yang disebut Pastéis de Nata, sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Sebelum menuju Pemberhentian di Patung A-Ma, para tim harus menyalakan dan membawa lilin dari Kuil A-Ma tanpa lilin tersebut mati. Jika lilinnya mati, para tim harus kembali ke kuil dan menyalakan kembali lilin tersebut. Karena mendapat Rintangan, Kari dan Bjørn harus membawa dua lilin daripada satu.

Babak 12 (Makau, Tiongkok → Kazakhstan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 28 Mei 2012

Pada Memutar kali ini, para tim harus memilih antara Hoppe 300 Meter (Lompat 300 meter) atau Løfte 10 000 kg (Mengangkat 10.000 kg). Di Hoppe 300 meter, para tim harus lompat dari papan seluncur indah yang tingginya 300 meter. Di Løfte 10 000 kg, para tim harus mengangkat total 10 ton dalam latihan angkat berat. Pada Penghadang kali ini, para tim harus mencari petunjuk selanjutnya dalam amplop bertanda "The Amazing Fake Norge" dalam beberapa pohon sambil dilempari bola-bola salju.

Tugas Tambahan
  • Di Pabrik Cokelat Rahat, para tim harus mencari petunjuk selanjutnya dalam pembungkus dari 1.500 batang cokelat. Mereka harus memakan setiap cokelat yang mereka buka ketika mencari petunjuknya.
  • Di Luxor Hall, para tim harus melemparkan 15 batu keriting menjadi gol untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Resor Ski Chimbulak, para tim harus mensimulasikan penyelamatan di lereng sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Green Bazar, para tim harus membeli makanan yang digunakan dalam masakan tradisional dan harus memakannya setelah masakan tersebut telah dimasak.

Babak 13 (Kazakhstan → Norwegia)[sunting | sunting sumber]

Para tim kembali ke Holmenkollbakken di Oslo untuk tugas terakhir dan Garis Akhir.

Tanggal tayang: 30 Mei 2012

Pada Penghadang kali ini, para tim harus pergi ke Arena Nasional Holmenkollen, di mana seorang anggota tim harus melakukan biathlon musim dingin. Pertama mereka harus ski 1 km selama satu putaran, kemudian mereka menembak target dengan senapan dan mengenai lima target. Jika mereka melewati target, mereka harus ski 150 meter sekali meleset. Setelah melalui dua putaran, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Di Kota Oslo, para tim harus mencari papan iklan dengan dua pembawa acara prakiraan cuaca yang akan menginstruksikan mereka ke studio TV 2.
  • Di studio TV 2, para tim harus menyampaikan prakiraan cuaca dengan benar, dengan seorang anggota tim membaca prakiraan tersebut dan seorang lainnya menunjukkan kota-kota yang ditunjukkan dalam sebuah peta. Jika tim tersebut salah mengidentifikasi kota-kota tersebut, maka mereka akan diberikan sebuah peta dan mencari tempat tersebut sebelum melakukannya lagi.
  • Dari studio TV 2, mereka harus mengantar kayu ke tiga alamat berbeda dan memasang rak IKEA pada alamat terakhir.
  • Di atas Holmenkolbakken, para tim harus menyusun foto-foto hal berbeda yang ditemukan pada saat balapan dalam urutan kronologis, tim pertama yang selesai akan menaiki zip line ke Garis Akhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]