Ocean Park Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ocean Park Hong Kong merupakan taman mamalia laut, osenarium, taman hiburan hewan, dan taman hiburan. Lokasinya berada di Wong Chuk dan Nam Long Shan tepatnya di Distrik Selatan Hong Kong. Tidak hanya itu saja, Ocean Park juga sekaligus menjadi taman huburan terbesar nomor 2 di Hong Kong setelah Disneyland. Terbilang sudah cukup tua, Ocean Park Hong Kong dibuka pada 10 Januari 1977 dan cukup populer hingga saat ini. Meskipun setelah 28 tahun dibuka, nasibnya tidak begitu menguntungkan bahkan diperkirakan akan tutup karena Disneyland Hongkong. Namun pengembangan terus menerus dilakukan hingga menghabiskan sekitar HK$5,5 miliar dan diperluas hingga menjadi lebih dari 80 atraksi dan wahana. Hal tersebut tentu membuahkan hasil karena pada tahun 2014 sukses menggaet pengunjung hingga 7,6 juta serta menjadikannya sebagai tamana hiburan ke 13 yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Ocean Park Hongkong memiliki total luas 226 hektar dengan 91,5 hektar dipisahkan oleh gunung besar sehingga menjadi 2 area yakni The Summit (Headland) dan The Waterfront (Lowland). Kedua area tersebut bisa dicapai dengan sistem kereta gantung sepanjang 1,5 KM atau bisa juga memanfaatkan eskalator luar ruangan terpanjang kedua di Hong Kong. Wisata ini dilengkapi dengan beragam atraksi dan wahana seperti diantaranya adalah 4 roller coaster bahkan hingga pameran hewan. Tepatnya sekitar tahun 1979 sampai 1997, Ocean Park Hong Kong paling terkenal dengan paus pembunuh khasnya yakni Miss Hoi Wai/Susie Wong. Tidak hanya menjadi taman hiburan, Ocean Park Hong Kong juga bediri dengan tujuan untuk menggabungkan hiburan sekaligus pendidikan termasuk advokasi konservasi. Hanya saja hal tersebut mendapatkan kritik dari aktivitas satwa liar termasuk penangkapan hewan laut besar secara liar seperti lumba-lumba dan orca.

Sejarah dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Dibuka pada 10 Januari 1977 oleh Gubernur Hong Kong yakni Sir Murray MacLehose, Ocean Park dibangun sebagai anakk perusahaan dari Hong Kong Jockey Club dengan pendanaan sekitar HK$ 150 juta. Adapun tanah tersebut disediakan gratis oleh pemerintah Hong Kong. Selain itu sekitar tahun 1982 sampai 1984, Jockey Club memberikan tambahan dana sebesar HK$ 240 juta untuk pengembangan fasilitas di Tai Shue Wan dan wahana yang menegangkan di Summit. Namun sejak 1 Juli 1987, Ocean Park tidak lagi menjadi anak perusahaan Jockey Club untuk selanjutnya wisata ini dikelola oleh Ocean Park Corporation yakni sebuah organisasi nirlaba yang mandiri secara finansial.

Pada tahun 2003, Allan Zeman yang memimpin penciptaann distrik hiburan Lan Kwai Fong ditunjuk sebagai ketua Ocean park Corporation sampai 11 tahun.

Kemudian pada tahun 2005, ditahun yang sama saat Hong Kong Disneyland dibuka, Ocean Park meluncurkan pembangunan kembali dengan nilai sekitar HK$5,5 miliar dimana fitur yang lama diremajakan dan area baru juga dikembangkan. Jumlah atraksi meningkat bahkan hingga 2 kali lipat yang semula berjumlah 35 menjadi lebih dari 80 atraksi. Selain itu area dataran rendah juga dikembangkan menjadi kawasan baru yang disebut Waterfront. Sedangkan bagian Headland lama menjadi the Summit dengan pameran kutub dan hutan hujan.

Perkembangan baru yang pertama yakni Amazing Asians Animals menampilkan beberapa makhluk yang bahkan terancam punah di Asia. Seperti beberapa diantaranya adalah Panda Raksasa, Panda Merah, Salamander raksasa Tiongkok, Berang-Berang cakar kecil Asia, hingga Aligator Tiongkok. Terdapat sistem kereta kabel yang mampu melakukan perjalanan dengan mengangkut sekitar 5.000 pengunjung perjam antara Summit dan Waterfront. Sistem kereta kabel tersebut diluncurkan pada tahun 2009.

Pada Januari 2011, Aqua City dibuka dengan zona yang menampilkan Grand Aquarium. Dirancang oleh PGAV Destinations yang berbasis di St. Louis, memamerkan sekitar 5 ribu ikan dari 400 spesies yang berbeda. Pertunjukan layar air 360 derajat juga tersedia dan menjadi yang pertama dan satu-satunya didunia. Kemudian di tahun yang sama, tepatnya pada bulan Juni, Hutan Hujan mulai dibuka dengana zona tema terpadu yang menampilkan lebih dari 70 spesies hewan eksotik.

Maret 2012, zona atraksi baru Hongkong lama mulai dibuka, membangkitkan pemandangan berupa jalanan dan semangat Hong Kong antara tahun 1950 dan 1970an dari berbagai sudut pandang. Akuarium hiu seluas 20 ribu kaki persegi mulai dibuka pada Juli 2014 tepatnya dilokasi bekas situs Terumbu Karang Atol yang disebut dengan Shark Mystique.

Hotel pertama Ocean Park resmi dibuka pada 19 Februari 2019 yang diberi nama the Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel. Hingga pada Januari 2020, Ocean Park meminta dana sekitar HK$10 Miliar dari pemerintah untuk melakukan perbaikan secara besar-besaran menyusul penurunan jumlah pengunjung sebesar 14 persen dan krisis arus kas. Meskipun sebenarnya pemerintah siap mendukung langkah tersebut, namun legislator dari kedua belah pihak merasa khawatir.

Atraksi[sunting | sunting sumber]

Saat ini Ocean Park dibagi menjadi 2 area atraksi utama yakni Waterfront dan Summit. Selain itu dibagi menjadi 7 zona atraksi yakni:

  • Amazing Asian Animals
  • AquaCity
  • Whiskers Harbour
  • Marine World
  • Polar Adventure
  • Thrill Mountain
  • Rainforest

Pranala luar[sunting | sunting sumber]