The Amazing Race en Discovery Channel 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Amazing Race
en Discovery Channel
The Amazing Race on Discovery Channel 2 logo.jpg
Pertama tayang 26 September 2010
– 19 Desember 2010
Tanggal pengambilan film 19 Mei 2010
– 18 Juni 2010
Jumlah episode 13
Pemenang Mauricio & Carlos Coarasa
Benua yang dikunjungi 2
Negara yang dikunjungi 8
Kota yang dikunjungi 15
Jarak perjalanan 17,700 kilometer
(11 mil)
Jumlah leg perlombaan 12
Kronologi Musim
Selanjutnya musim 3

The Amazing Race en Discovery Channel 2 adalah musim kedua dari edisi Amerika Latin dari serial TV A.S. The Amazing Race.[1] Musim kedua ini menghadirkan sebelas tim beranggotakan dua orang yang memiliki hubungan selanjutnya, berlomba untuk memenangkan US$250,000.[2]

Musim kedua ini tayang pertama kali pada Minggu, 26 September 2010 pukul 23:00 (UTC-3).[3][4]

Ini merupakan musim terakhir yang ditayangkan oleh Discovery Channel Amerika Latin.

Saudara laki-laki asal Meksiko, Mauricio dan Carlos Coarasa, adalah pemenang perlombaan ini.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Garis Awal perlombaan ini terletak di Templo del Jaguar yang terletak di Taman Nasional Tikal, Guatemala.

Discovery Channel menyetujui musim kedua ini pada November 2009. Lokasi perlombaan telah disurvei pada Januari 2010 dan pengambilan gambar berlangsung pada Mei hingga Juni 2010..[1][2] Acara ini rencananya akan ditayangkan di televisi beresolusi tinggi.

Pengambilan gambar musim kedua The Amazing Race en Discovery Channel berlangsung selama 25 hari dan berjarak sekitar 17,700 km (10,998 mi). Musim kedua ini mengunjungi delapan negara di dua benua. 4 negara diantaranya belum pernah dikunjungi sebelumnya, termasuk Bolivia, Guatemala, Ekuador, dan Venezuela. Negara yang telah dikunjungi sebelumnya adalah Brasil, Meksiko, dan Argentina. Kolombia juga belum pernah dikunjungi di versi asli AS.[2][3]

Penanda rute kali ini berwarna biru dan hitam, termasuk amplop petunjuk dan Pemberhentian.

Tidak ada tim yang tereliminasi yang datang ke Garis Akhir.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran dimulai pada 13 Desember 2009 dan ditutup pada 8 Februari 2010. Wawancara semifinalis diadakan pada Maret 2010 dan wawancara tahap akhir diadakan sekitar April 2010.[1]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Menurut situs resmi Discovery Channel, empat sponsor resmi The Amazing Race en Discovery Channel adalah Bridgestone, Samsung, Visa, dan Wii Party. Sponsor-sponsor tersebut berkontribusi besar terhadap berlangsungnya acara dan terkadang mengintegrasikan produknya pada tugas-tugas tertentu.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut berpartisipasi dalam perlombaan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar. Perlu dicatat bahwa tabel ini tidak reflektif dari semua yang ditayangkan, dengan masuk dan keluarnya sebuah data. Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang5
1 2 3 4+ 5 6 7 8 9 <10> 11 1214
Bendera Meksiko Mauricio & Carlos Saudara 3 1 36 2 1 4 411 312 2 2 1 2 1 Mauricio 6, Carlos 6
Bendera Meksiko Toño & Lili Menikah 6 2 1 3 2 2 3 1 1 1 2 1 2 Toño 5, Lili 58
Bendera Argentina Aleandra & Marlene Teman 81 5 7 7 7 7 7 5 3 3 3 3 3 Aleandra 5, Marlene 6
Bendera Brasil Guilherme & Vinícius Teman Masa Kecil 71 7 6 5 3 5 6 2 5 4 4 Guilherme 6, Vinícius 4
Bendera Kolombia Esteban & Marisol Menikah 92 8 57 4 610 3 2 4 4 5 Esteban 4, Marisol 28
Bendera Kolombia Marietta & José Berkencan 4 9 9 8 5 6 5 6 613 Marietta 4, José 4
Bendera Meksiko Edison & Edison Ayah dan Anak 5 3 2 1 4 1ƒ 1 712 Edison J. 4, Edison M. 18
Bendera Republik Dominika Jelkin & Javier Bertunangan 1 6 8 6 8 8 Jelkin 3, Javier 2
Bendera Venezuela Roger & Omar Teman 2 4 4 99 Roger 2, Omar 1
Bendera Chili Mauricio & Mariana Saudara 11 10 10 Mauricio 1, Mariana 1
Bendera Peru Susy & Stefany Ibu dan Anak 103 114 Susy 1, Stefany 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • Tanda ƒ hijau menandakan bahwa tim tersebut telah memenangkan Percepatan.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Penahan Kecepatan di babak berikutnya.
  • Tanda > kuning bahwa tim tersebut memilih untuk menggunakan Pemblokiran; < menandakan tim yang diblokir; <> dalam sebuah babak menandakan bahwa ada fasilitas Pemblokiran tetapi tidak digunakan.
  • Tanda ⊃ coklat menunjukkan bahwa tim tersebut menggunakan Pemutarbalikan; menandakan tim yang menerimanya.
  • Tanda + oranye menandakan bahwa ada Persekutuan pada babak tersebut − oranye menandakan bahwa tim itu kalah dan mendapatkan penalti.
  1. ^ab Guilherme & Vinícius dan Aleandra & Marlene masing-masing datang kedua dan kelima, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena mereka melakukan Penghadang bersama, menurunkan peringkatnya menjadi ke-7 dan ke-8.
  2. ^ Esteban & Marisol datang ketujuh, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena mereka mendapatkan petunjuk sebelum menunjuk anggota yang akan melakukan Penghadang. 2 tim (Guilherme & Vinícius dan Aleandra & Marlene) masuk selama penalti masih berlangsung, menurunkan peringkat Esteban & Marisol menjadi ke-9.
  3. ^ Susy & Stefany datang ke-10, tetapi mendapatkan penalti 15 menit karena Susy membaca petunjuk tanpa Stefany setelah melakukan Penghadang. Ini tidak mempengaruhi peringkat mereka.
  4. ^ Susy & Stefany datang ke-10, tetapi mendapatkan penalti 2 jam karena gagal menyelesaikan tugas tambahan (tugas di gereja) yang diperuntukkan kepada mereka. Pada waktu ini, Mauricio & Mariana, tim yang tertinggal dari Susy & Stefany saat itu masuk ke Pemberhentian, menyebabkan Susy & Stefany tereliminasi sebelum penalti 2 jam terselesaikan.
  5. ^ Hitungan Penghadang tidak termasuk hasil Penghadang yang tidak ditayangkan.
  6. ^ Mauricio & Carlos datang pertama, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena mereka melanggar peraturan saat melakukan tugas tambahan, 2 peserta (Toño & Lili dan Edison & Edison) masuk saat penalti masih berjalan, menyebabkan peringkat mereka turun menjadi ketiga.
  7. ^ Esteban & Marisol datang kelima, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena mereka tidak mengerjakan tugas tambahan bersama. Ini tidak mempengaruhi peringkat mereka.
  8. ^abc Tidak diketahui anggota tim mana yang menyelesaikan Penghadang di Babak 1 (semua tim yang ditandai) atau 3 (hanya Esteban & Marisol).
  9. ^ Roger & Omar datang ketujuh, tetapi mendapatkan penalti 4 jam karena mereka telah melanggar peraturan perlombaan dengan mencoba menelepon seseorang di luar kru produksi, yang tidak diperbolehkan berdasarkan peraturan. Aleandra & Marlene dan Marietta & José masuk selama penalti berjalan, menurunkan peringkat Roger & Omar ke terakhir dan tereliminasi sebelum penalti 4 jam terselesaikan.
  10. ^ Esteban & Marisol datang keempat, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena Esteban membantu Marisol saat mengerjakan Penghadang. 2 tim (Edison & Edison dan Marietta & José) masuk saat penalti berjalan, menurunkan peringkat mereka menjadi ke-6.
  11. ^ Mauricio & Carlos berangkat ke-6 dari bandara di Manaus, karena salah satu anggota timnya kehilangan paspor dan harus butuh paspor yang baru.
  12. ^ab Mauricio & Carlos, seharusnya datang ketiga, tetapi mendapatkan penalti 30 menit karena mereka menggunakan taksi, padahal ditulis di petunjuknya menggunakan bonde, peringkat Mauricio & Carlos tidak berpengaruh dan ketika Edison & Edison masuk kelima dengan penalti yang sama, dan 4 tim terakhir masuk pada saat itu, menurunkan peringkat mereka ke terakhir, yang membuat mereka tereliminasi.
  13. ^ José & Marietta tidak dapat menyelesaikan Memutar. Sudah di peringkat terakhir, mereka boleh masuk ke Pemberhentian dan tereliminasi.
  14. ^ Babak 12 adalah babak ganda dengan satu Memutar (pertama kali) dan dua Penghadang, disiarkan dalam dua episode.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah untuk setiap babak diperuntukkan kepada peserta berperingkat pertama pada babak tersebut:

  • Babak 1 – Sebuah Wii untuk setiap anggota tim.
  • Babak 2 – Sebuah Wii untuk setiap anggota tim.
  • Babak 3 – Sebuah sepeda gunung untuk setiap anggota tim.
  • Babak 4 – Sebuah Kayak untuk setiap anggota tim.
  • Babak 5 – Sebuah kartu kredit prabayar Visa bernilai US$1,000 untuk setiap anggota tim.
  • Babak 6 – Sebuah kartu kredit prabayar Visa bernilai US$1,000 untuk setiap anggota tim dan sebuah Wii.
  • Babak 7 – Perjalanan untuk dua orang ke São Paulo, Brasil.
  • Babak 8 – Perjalanan untuk dua orang ke Rio de Janeiro, Brasil selama Piala Dunia FIFA 2014 atau Olimpiade Musim Panas 2016. Tambahan, uang senilai US$1,000.
  • Babak 9 – Menginap di sebuah hotel dari koleksi hotel Visa Luxury dan sebuah US$1,000 Visa Travel Money.
  • Babak 10 – Sebuah Samsung LED TV dan sebuah Wii.
  • Babak 11 – Hadiah untuk Visa Travel Experience dan Visa Travel Money senilai US$1,000.
  • Babak 12 – US$250,000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta Rute.
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Desvío (Memutar)   Roadblock icon.svg Obstáculo (Penghadang)   Fast Forward icon.svg Avance (Percepatan)   Yield icon.svg Alto (Pemblokiran)
Intersection icon.svg Intersección (Persekutuan)   U-Turn icon.svg Retorno (Pemutarbalikan)   Speed Bump icon.svg Multa (Penahan Kecepatan)   TAR-pitstop-icon.png Parada (Pemberhentian)

Babak 1 (Guatemala)[sunting | sunting sumber]

Airdate: September 26, 2010

Di Guatemala, peserta mengerjakan Penghadang di Pasar Chichicastenango.

Pada Memutar babak ini, peserta harus memilih antara A tus manos (Di Tanganmu) dan A tus pies (Di Kakimu). Di A tus manos, peserta harus mencuci pakaian kotor seberat 10 kilogram (22 lb). Di A tus pies, peserta harus membuat sebuah karpet serbuk kayu. Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus mencari pasangan berpakaian tradisional yang sama dengan gambar yang disediakan.

Tugas tambahan
  • Di Taman Nasional Tikal, para peserta harus mencari simbol tanah, air, udara dan api untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Pasar Chichicastenango, peserta harus mencari kios bertanda untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Dermaga Panajachel, peserta harus berangkat ke Pemberhentian menggunakan perahu.

Babak 2 (Guatemala → Meksiko)[sunting | sunting sumber]

'Tanggal tayang: 3 Oktober 2010

Katedral Puebla, adalah katedral terakhir yang harus peserta kunjungi untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Sebagai Penahan Kecepatan, Mauricio & Mariana harus membuat Papel picado sebelum kembali berlomba. Memutar babak ini merupakan pilihan antara Platazos atau Garrotazos. Di Platazos, peserta harus menebak identitas seorang pahlawan Meksiko dengan petunjuk "Saat masih anak-anak, ia dijuluki binatang yang licik dan nakal" (Miguel Hidalgo), kemudian peserta harus menuju ke Pasar Kerajinan Parián, membeli Talavera dan menyebutkan nama pahlawan tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Garrotazos, peserta harus menebak identitas pahlawan Meksiko lainnya dengan petunjuk "Ia mempunyai bekas luka di hidungnya" (José María Morelos), kemudian mereka harus menuju ke bagian seni dan mematahkan Piñata Meksiko, kemudian peserta dapat menebak namanya sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Penghadang yang tidak ditayangkan ini mengharuskan salah satu anggota tim untuk mengambil petunjuk berikutnya dari sebuah wadah yang penuh dengan Kecoa Madagaskar, dan anggota tersebut harus memasukkan tangannya ke dalam wadah selama satu menit.

Tugas tambahan
  • Di Atitlán Nature Reserve, seluruh anggota tim harus menyelesaikan program kanopi untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Fonda Santa Clara, peserta harus menguraikan "mole poblano" menggunakan sebuah metate untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Dulcería La Central, peserta harus menjual manisan tradisional bernama "Gallitos" di "Senda de la mujer". Setelah selesai, peserta harus memakan sebaki manisan untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Setelah memakan manisan tersebut, peserta harus mencari tujuh gereja untuk mendapatkan segel dari sebuah otoritas klerikal. Ketujuh gereja tersebut adalah Gereja San Jerónimo, Inmaculada Concepción, Santo Domingo, Niño Cieguito, Espíritu Santo, San Cristóbal, dan Katedral Puebla. Setelah selesai, peserta menerima petunjuk selanjutnya.

Babak 3 (Meksiko)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 10 Oktober 2010

Peserta mengunjungi San Juan de Ulúa pada babak ini.
  • Bus: Puebla (Stasiun Bus Puebla) ke Veracruz (Stasiun Bus Veracruz)
  • Veracruz (Gran Café del Portal)
  • Veracruz (Terminal kontainer)
  • Boca del Río (Monumento de los Valores Ciudadanos)
  • Veracruz (Plazuela de la Campana) >Halangan ("Siapa yang menari lebih baik?")<
  • Veracruz (San Juan de Ulúa)
  • Veracruz (Pantai Chachalacas) >Pemutaran (Corazón contento atau Árido e intrepido)<
  • Veracruz (Ribera de Río de Playa)
  • El Tajín (Piramida Nichos) >Pemberhentian (Leg 3)<

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus berdansa bersama seorang rekan di alun-alun untuk mendapatkan angka yang sama seperti yang disediakan untuk tiap tim untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Peserta harus membelinya dengan menggunakan kartu Visa, untuk kostumnya. Memutar babak ini merupakan pilihan antara Corazón contento (Hati yang Gembira) dan Árido e intrépido (Gersang dan Pemberani). Di Corazón contento, peserta harus memakan 14 buah cabai panggang. Di Árido e intrépido, peserta harus melakukan selancar pasir di bukit pasir sebuah pantai tanpa terjatuh.

Tugas tambahan
  • Di Grand Café del Portal, peserta harus menyajikan 33 buah "kopi susu" menggunakan teknik yang digunakan para pelayan. Setelah terlaksana, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Terminal Kontainer di Veracruz, peserta harus menambahkan angka yang terletak di setiap kontainer untuk mendapatkan hasil yang sama dengan angka yang diberikan pada petunjuk masing-masing.
  • Di San Juan de Ulúa, peserta harus memanjat sendiri ke titik tertinggi benteng untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Monumento de los Valores Ciudadanos, peserta harus menggunakan cara teka-teki piramida berongga untuk membentuk empat nilai yang mewakili monumen tersebut (cinta, kehormatan, kebenaran, dan kerja), untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Pantai Chachalacas, peserta harus mengemudikan sebuah ATV sebelum mendapatkan petunjuk Memutar.
  • Di Ribera de Río de Playa, peserta harus mengumpulkan beberapa spesies ikan, sebelum melanjutkan ke Pemberhentian.

Babak 4 (Meksiko → Kolombia)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 17 Oktober, 2010

Lapangan utama Villa de Leyva merupakan Pemberhentian pada babak ini.

Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus membuat pot dari tanah liat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini adalah pilihan antara Arrear (Menggiring) atau Buscar (Mencari). Di Arrear, peserta harus menggiring tiga ekor burung unta dari satu kandang ke kandang lain tanpa menyentuh dan menakut-nakutinya untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Buscar, peserta harus mencari dua telur burung unta yang dilukis dengan warna yang sama untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Pada Persekutuan babak ini, satu tim harus bermain bola voli melawan tim lain dalam pertandingan 5 poin. Tim pemenang mendapatkan petunjuk berikutnya dan tim yang kalah harus menunggu peserta lain untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Peserta yang kalah terakhir harus menunggu 15 menit setelah tim pemenang sebelumnya pergi sebelum diberikan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Almacén Nazaret, peserta harus membeli delapan lilin bersama dengan tempatnya (dari keramik) dan membawanya ke Basilika Raja Monserrate di atas Bukit Monserrate. Sesampainya di sana, peserta harus menyalakan lilin itu di tangga untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 5 (Kolombia)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 24 Oktober 2010

Di Medellín, peserta harus menyelesaikan tugas yang membutuhkan pengumpulan sumber yang berkaitan dengan Fernando Botero (tergambar).

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus membuat karangan bunga, kemudian berjalan ke Pemakaman San Pedro untuk menaruh bunga tersebut untuk menghormati Carlos Gardel untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Etiquetar (Label) atau Voltear (Membalik). Di Etiquetar, peserta harus melabeli 100 buah kaus oblong dengan petunjuk di situ. Di Voltear, peserta harus membalik saku 150 buah celana panjang untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Plaza de Luz, peserta harus menghitung jumlah patokan lampu (300). Mereka dapat menaruh stiker berwarna pada setiap pos untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Museo de Antioquia, peserta harus mengambil buku yang terletak di ruang melukis, menggambar dan memahat Fernando Botero dan mengantarnya ke Biblioteca España untuk petunjuk selanjutnya.
  • DiParque Explora, peserta harus melihat animasi digital dari sebuah ikan bidadari, dan mengidentifikasi spesies dari keluarga yang sama di akuarium. Setelah ketemu, mereka harus melaporkan jumlah tangki dan nama ilmiahnya ke seorang penyelam untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 6 (Kolombia → Venezuela)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 31 Oktober 2010

Mayupa di Taman Nasional Canaima merupakan Pemberhentian pada babak ini.
  • Medellín (Complejo Acuático Atanasio Girardot) >Pemutaran (Salto atau Pataleo)<
  • Flight: Medellín ([Bandar Udara Internasional [José María Córdova]]) ke Taman Nasional Canaima, Bolívar, Venezuela Bendera Venezuela (Bandar Udara Canaima)
    • Taman Nasional Canaima (Pelabuhan Ucayama) >Penahan Kecepatan (Perbaiki sebuah Curaira)<
  • Taman Nasional Canaima (Pondok Waku)
  • Taman Nasional Canaima (Pulau Anatoly)
    • Taman Nasional Canaima (Salto Hacha) >Percepatan (Cukur Kepala dan Gunakan Kostum)<
  • Taman Nasional Canaima (Playa del Sapo)
  • Bus: Taman Nasional Canaima (Playa del Sapo ke pemandangan Salto Ucaima) >Halangan ("Siapa yang paling suka memakan serangga?")<
  • Taman Nasional Canaima (Mayupa) >Pemberhentian (Leg 6)<

Memutar babak ini adalah pilihan antara Salto (Melompat) dan Pataleo (Menendang). Di Salto, peserta harus melompat dari sebuah papan selam yang digunakan untuk renang indah, ketika seorang penyelam profesional mengawasi kerja mereka untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Pataleo, peserta harus berenang pulang-pergi secara estafet di sebuah kolam renang standar Olimpiade, ketika harus berhadapan dengan sebuah meja yang digunakan untuk peregangan perut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Sebagai Penahan Kecepatan, Jelkin & Javier pergi ke Pelabuhan Ucayama menggunakan truk, memperbaiki sebuah kano, kemudian mendorong kano lain dan membuatnya terapung untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya dan kembali berloba. Pada Percepatan, satu tim harus pergi ke Salto Hacha, untuk menampilkan ritual Pemón yang membutuhkan prosesi cukur rambut menjadi pendek (tetapi tidak botak), dan menggunakan seragam tradisional. Setelah ritual itu selesai, tim tersebut memenangkan Percepatan. Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus memakan Bachaco Ass (semut) dan meminum Cachiri (singkong fermentasi), setelah betul-betul selesai, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Pondok Waku, peserta harus membawa singkong seberat 5 kilogram (11 lb) ke komunitas Wayar, kemudian mereka harus menjaga keseimbangan ketika berada di sebuah jalan korduroi, mengais singkong tersebut, kemudian menaiki sebuah perahu tujuan Pulau Anatoly.
  • Di Pulau Anatoly, peserta harus menembak sebuah pepaya dengan tiga anak panah dari sebuah sumpit untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Playa del Sapo, peserta harus mendayung ke sisi lain dan mendaratkan sebuah bus ke pemandangan Salto Ucaima untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 7 (Venezuela → Brazil)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 7 November 2010

Ketika di Manaus, peserta mengunjungi Teatro Amazonas untuk mendapatkan sebuah petunjuk.

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus memindahkan lima buah semangka dari dermaga ke Toko Nomor Tujuh. Memutar kali ini adalah piihan antara Entrenarse (Berlatih) dan Ubicarse (Terdampar). Di Entrenarse, peserta harus menjalani program latihan militer, terdiri atas memanjat jaring, memanjat tali, dan memanjat dinding. Setelah program itu selesai, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Ubicarse, peserta harus menggunakan kompas untuk menemukan koordinat tertentu di hutan, letak tiga bendera yang akan mereka tukarkan dengan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Teatro Amazonas, peserta harus mengambil nomor dan memasuki bioskop untuk mencari Empat Musim karya Antonio Vivaldi yang sedang dimainkan. Jika mereka mengidentifikasi empat-empatnya dengan benar tanpa kesalahan apapun, mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya. Jika ada kesalahan, mereka harus mendengarkan versi berbeda dari Empat Musim dan mengulangnya kembali.
  • Di Parque Municipal do Mindu, peserta harus menanam lima pohon di taman mengikuti arahan seorang pecinta lingkungan untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Jembatan Manaus, peserta harus menghitung berapa lama yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini sampai selesai untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 8 (Brazil)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 14 November 2010

Di puncak Sugarloaf Mountain, peserta menggunakan teropong binokuler untuk mencari logo GO Visa untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Pada Penahan Kecepatan babak ini, Aleandra & Marlene harus mencuci, mengeringkan, dan merapikan piring di Restoran Porcão Restaurant sebelum melanjutkan perlombaan atas persetujuan pimpinan. Selama penghadang, salah satu anggota tim harus terjun payung bersama seorang instruktur dari Pantai Pedro Bonita ke São Conrado, dimana mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya fdari bagian lain tempat itu. Memutar babak ini adalah pilihan antara Con Ritmo (Dengan Irama) atau Tocado (Menghias Kelapa). Di Con Ritmo, peserta harus mempelajari cara memainkan lagu menggunakan drum tradisional samba dan memainkan lagunya tanpa kesalahan untuk menerima petunjuk selanjutnya. Di Tocado, peserta harus membuat kostum yang digunakan untuk karnaval.

Tugas tambahan
  • Sesampainya di puncak Sugarloaf Mountain, peserta harus menggunakan teropong binokuler untuk mencari logo GO Visa di sebuah kapal layar. Kemudian mereka harus menaiki perahu dari Iate Clube do Rio de Janeiro ke kapal tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Istana Copacabana, para peserta harus menggunakan perlengkapan pembersih dan memilih bagian pantai untuk dibersihkan. Mereka akan mengambil beberapa botol dan sampah plastik dan membawanya ke tujuan berikutnya, Taller de Getulio.
  • Di Taller de Getulio, peserta harus menggunakan botol dan sampah plastik tadi untuk membuat sebuah kursi.

Babak 9 (Brazil → Argentina)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 21 November 2010

Peserta mengunjungi Arco de Córdoba (Lengkungan Córdoba) pada babak ini.

Selama Penghadang, salah satu anggota tim harus menunggang kuda dan memandunya di sekitar tong. Pada akhirnya, mereka harus menusuk cincin yang tersumbat untuk menyelesaikan tugas ini. Memutar kali ini adalah pilihan antara Enjabonado (Membelai) dan Pesar (Berat). Di Enjabonado, peserta harus mengejar seekor babi yang masih diselimuti sabun dan memegangnya selama lima detik. Di Pesar, peserta harus menghalang seekor sapi ke sebuah timbangan dan menimbangnya. Setelah hasil timbangan mereka benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Villa Tulumba, peserta harus mencari beberapa poster, monumen, dan papan arah jalan dan menentukan nama yang sering muncul. Jika benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Posta de San Pedro, peserta harus berpakaian sebagai operator pusat perbelajaan bersejarah, mengingat sebuah pesan, dan mengulanginya di depan Jenderal Manuel Belgrano.

Babak 10 (Argentina)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 28 November 2010

Peserta harus mengisi delapan karung dengan garam di Salinas del Bebedero.

Memutar babak ini adalah pilihan antara Esquivar (Menghindar) dan Bloques (Balok). Di Esquivar, peserta harus mencari petunjuk selanjutnya sambil menghindar dari penembak jitu pada paintball. Jika kena, mereka harus memulainya kembali. Di Bloques, peserta harus mencari cara bagaimana cara memindahkan sebuah balok hanya dengan sebuah tongkat, sebuah tali, dan setu set kabel. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus mengemudi keliling jalur dalam waktu 3 menit 45 detik. Jika mereka mengalahkan catatan itu, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Mirador de Los Cóndores, peserta harus meluncur dari tiga jembatan gantung.
  • Di Establecimiento Merlín, peserta harus mengisi empat kendi dengan zaitun hanya dengan menggunakan mulutnya untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Salt Flat, peserta harus mengisi delapan karung dengan garam dan menjahitnya tertutup. Mereka hanya mendapatkan petunjuk jika karungnya memiliki berat lebih dari 150 kg.

Babak 11 (Argentina → Bolivia)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 5 Desember 2010

Danau Titicaca merupakan lokasi Penghadang babak ini.

Memutar kali ini adalah pilihan antara Quemar (Bakar) dan Armar (Lengan). Di Quemar, peserta mengunjungi Jalan Para Penyihir, dan harus membeli barang-barang yang dibutuhkan dukun untuk membangun "Meja Perjalanan Baik". Di Armar, peserta pergi ke Museum Alat Musik dan harus membuat dua buah panpipes. Pada Penghadang, peserta menaiki arung jeram tradisional dan harus mengumpulkan alang-alang. Setelah yang terkumpul cukup, mereka akan mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Plaza Murillo, peserta harus menemukan asal muasal frasa populer. Peserta harus mencari tahu bahwa itu merupakan pidato populer Pedro Domingo Murillo yang dibuatnya sebelum ia digantung.
  • Pada Plaza Utama di Copacabana, peserta harus mendekorasi mobil dengan peralatan yang disediakan. Itu nantinya akan diberkati dan peserta akan mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Peserta harus membimbing delapan ekor llama dari Rebaño de llamas ke Plaza de Toros.

Babak 12 (Bolivia → Ekuador)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 12 Desember 2010

Plaza Olmedo di Guayaquil merupakan titik tengah perlombaan ini.
Pada paruh kedua babak ini, peserta mengunjungi Pulau Puerto Ayora untuk Penghadang terakhir perlombaan.

Tanggal tayang: 19 Desember 2010

  • Guayaquil (Malecón 2000 – La Planchada)
  • Flight: Guayaquil (Bandar Udara Internasional José Joaquín de Olmedo ke Pulau Baltra, Kepulauan Galápagos (Bandar Udara Seymour)
  • Ferry: Baltra Island (Pelabuhan Pulau Baltra) ke Pulau Santa Cruz (Pulau Pelabuhan Santa Cruz)
  • Pulau Santa Cruz (Cráteres Los Gemelos)
  • Pulau Santa Cruz (Pantai Garrapatero)
  • Pulau Santa Cruz (Centro de crianza de tortugas Fausto Llerena)
  • Ferry: Puerto Ayora, Pulau Santa Cruz Mandalay (Replika HMS Beagle) >Halangan ("Siapa yang membaca lebih cepat?")<
  • Ferry: Mandalay ke Pulau Santa Cruz(Teluk Tortuga) (Garis Akhir) >Pemberhentian (Finish Line)<

Pada Memutar babak ini, peserta memilih antara 'Restaurar (Mengembalikan) dan Encontrar (Mencari). Di Restaurar', peserta harus melukis sebagian dari Barrio Las Peñas. Di Encontrar, peserta harus mencari nama yang spesifik di Monumen untuk Para Donar. Pada Penghadang pertama, peserta harus memakan "Kuda" (salah satu jenis sosis) 1.5kg untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Pada Penghadang terakhir, peserta harus mencari tiga bacaan dari buku Asal Usul Spesies karya Charles Darwin. Jika mereka mendapatkan bukunya, mereka dapat menukar buku tersebut dengan petunjuk terakhir mereka.

Tugas tambahan
  • Di Monumen Simón Bolívar dan José de San Martín, peserta harus berjalan dari Jalan Simón Bolívar ke Barrio Las Penas. Kemudian mereka harus naik ke bagian atas mercusuar. Di puncak, seorang pelaut akan menanyakan mereka berapa anak tangga yang dilalui. Jika jawaban mereka benar (500), mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Parque Seminario, peserta harus memandu sepuluh ekor iguana ke area yang ditentukan yang berisi buah-buahan dan dedaunan.
  • Di Empacadora PACFISH S.A., peserta harus mengupas, membersihkan, dan menimbang dua paket udang seberat 5 pon.
  • Di La Planchada, peserta harus menaruh 12 bendera ke sebuah peta mewakili 12 lokasi yang mereka kunjungi saat perlombaan. Setelah urutannya benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Pantai Garrapatero, salah satu anggota tim harus menggunakan bendera untuk mengeja nama salah satu pulau, dimana anggota tim lain harus menerjemahkan dan mengejanya.
  • Di Centro de crianza de tortugas Fausto Llerena, peserta diberikan waktu lima menit untuk mengamati kura-kura raksasa. Kemudian, mereka akan ditanyai pertanyaan tentang kura-kura tersebut. Jika mereka menjawab semua pertanyaan itu dengan benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Puerto Ayora, peserta harus memuat barang ke kapal HMS Beagle untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]