The Amazing Race Asia 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Amazing Race Asia
(musim 2)
The Amazing Race Asia logo
Pertama tayang 22 November 2007
– 14 Februari 2008
Tanggal pengambilan film Juli 2007[1]
Jumlah episode 13
Pemenang Adrian Yap & Collin Low
Benua yang dikunjungi 4
Negara yang dikunjungi 10
Kota yang dikunjungi 28
Jarak perjalanan 51.534 kilometer
(32.023 mil)
Jumlah leg perlombaan 12
Kronologi Musim
Selanjutnya Musim 3

The Amazing Race Asia 2 adalah sebuah acara realitas permainan yang beradasar serial TV A.S. The Amazing Race. Musim kedua dari acara ini menghadirkan sepuluh tim yang terdiri atas dua orang, memiliki hubungan sebelumnya, dalam perlombaan keliling dunia untuk memperebutkan US$100,000.

Musim ini tayang perdana pada tanggal 22 November 2007 pada jam 9 malam (UTC+8) dan berakhir pada tanggal 14 Februari 2008 pada jam 9 malam juga.

Teman di gym asal Singapura, Adrian Yap & Collin Low, merupakan pemenang dari perlombaan ini.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Garis Awal perlombaan ini terletak di Museum Peradaban Asia di Singapura.

Musim kedua The Amazing Race Asia total berjarak 50,000 kilometer (31,069 mi) selama 24 hari.[2] Musim ini mencatatkan bahwa para peserta berkeliling 4 benua.[3] Acara ini juga mengadopsi aturan-aturan terbaru dari The Amazing Race, seperti penalti babak non-eliminasi di mana peserta yang masuk terakhir di Pemberhentian harus berada di peringkat pertama babak selanjutnya, atau menjalankan penalti selama 30 menit. Produksi juga membuat lomba ini semakin kompetitif dengan banyaknya sesi menyetir sendiri dan menurunkan kemungkinan satu tim berada di penerbangan yang sama dengan tim yang lain.[4]

Musim ini memiliki dua penalti yang berbeda untuk babak non-eliminasi. Ketika Edwin & Monica ditandai untuk dieliminasi karena masuk ke Pemberihentian terakhir, maka Terri & Henry disita uang dan barang bawaannya dan mereka memulai babak tanpa uang karena berada di posisi terakhir pada babak keenam. Peserta juga tidak diberitahu bahwa masih ada babak non-eliminasi. Hal ini menimbulkan perdebatan antara Henry dengan pembawa acara Allan Wu pada pemberhentian di Seoul, dan ia juga tidak ingin uangnya disita.[5] Di babak selanjutnya, penalti kembali lagi dengan sistem 'ditandai untuk dieliminasi' setelah Terri & Henry kembali menempati posisi terakhir.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Musim ini menghadirkan 10 tim yang terpilih dari 2500 pendaftar, termasuk peserta dari versi asli AS.[3] Pendaftaran terakhir diterima pada tanggal 13 April 2007 (2 minggu setelah tenggat awal). Musim ini juga terbuka bagi masyarakat Jepang yang sebelumnya tidak diizinkan mengikuti musim pertama. Wawancara tahap akhir telah diadakan pada bulan April atau Mei 2007. Pengambilan gambar dilakukan antara bulan Juni dan Juli 2007.[6][7]

Peserta musim ini termasuk diantaranya saudara yang baru bertemu, teman masa kecil, dan pasangan berkencan.[3] Perlu pula dicatat bahwa Adrian adalah peserta pertama yang memiliki masalah pada pendengaran di seluruh perlombaan The Amazing Race.[8] Perlombaan ini juga menghadirkan personalitas media lokal bersama dengan relasinya. Monica mewakili Toronto, Kanada, dan memenangkan 1997 Putri Pawai Tiongkok Internasional,[9] di mana Paula merupakan VJ Channel [V].[4] Vanessa dan Pamela merupakan saudara perempuan dari penyanyi Malaysia terkenal Vince Chong.[10] Kinaryosih adalah seorang aktris film dan model terkenal asal Indonesia, yang juga memenangkan Penghargaan Citra kategori Pemeran Pendukung Terbaik tahun 2006.[11] Sophie adalah seorang pembuat film dari Discovery Channel, [12] dan juga koresponden untuk Festival Film Asia.[13] Marc adalah seorang model dan pembawa acara olahraga Filipina Sports Unlimited, di mana Rovilson adalah pembawa acara serupa, Gameplan dan seorang editor untuk Maxim Philippines.[14]

Acara ini juga menghadirkan 3 orang non-Asia. Pertama adalah Henry, seorang mantan Perwira Rendah Angkatan Laut A.S., yang berlomba bersama istrinya Trinidad (sering dikenal sebagai Terri).[15] Yang kedua adalah Aurelia, seorang Perancis yang tinggal di Hong Kong yang berlomba dengan mantan teman serumahnya di Singapura, Sophie.[1][16] Brett memiliki keturunan Australia dan Indonesia.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Musim kedua acara ini memiliki enam sponsor resmi: Aviva, Caltex, Nokia Nseries, Sony Electronics Asia Pacific, esor Laguna Bintan dan Standard Chartered Bank.[17] Para sponsor ini memiliki peran besar dan mengintegrasikan produk mereka ke dalam berbagai tugas. Dua episode spesial berperan sebagai sandaran musim ini, yang pertama adalah Racers Revealed yang ditayangkan tiga minggu sebelum episode perdana, di mana yang kedua, Memories ditayangkan satu minggu setelah episode terakhir. Ada juga di situ perkenalan peserta dan proses seleksi peserta untuk yang pertama,[18] di mana yang kedua para peserta membagikan kenangan dan ringkasan perlombaan, sama dengan musim pertama.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut mengikuti perlombaan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar.[19] Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 54 6 7 8 9 10 11 12
Bendera Singapura Adrian & Collin Teman di Gym 7 5 2 2 3 2 2 2 2+ 17 1ƒ 2 1 Adrian 5, Collin 6
Bendera Malaysia Pamela & Vanessa Hudgens Saudara 1 4 7 6 7 4 3 5 4^ 37 3 3 2 Pamela 6, Vanessa Hudgens 6
Bendera Filipina Marc & Rovilson Teman Baik 2 1 1 1 2 1 1 1 1+ 2 2> 1 3 Marc 6, Rovilson 6
Bendera Malaysia Diane & Ann Ibu Berdansa 3 3 3 4 1 6 56 3 3^ 4 4< 4 Diane 5, Ann 6
Bendera Thailand Natasha & Paula Abdul Teman Masa Kecil 6 2 4 3 4 5 46 4 5~ 5 51 Natasha 5, Paula Abdul 5
Bendera Filipina Terri & Henry Menikah 13 Tahun 9 9 5 7 6 3>5 6 6 6~1 Terri 3, Henry 5
Bendera Jepang Daichi & Sawaka Saudara 8 8 6 5 5 7 Daichi 3, Sawaka 2
Bendera Hong Kong Sophie & Aurelia Mantan Teman Serumah 5 7 8 83 Sophie 1, Aurelia 13
Bendera Indonesia Kinaryosih & Brett Berkencan 2 Tahun 4 6 92 Kinaryosih 1, Brett 1
Bendera Hong Kong Edwin & Agnes Monica Berkencan 10 Tahun 10 101 Edwin 1, Agnes Monica 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • Tanda biru pada penempatan tim menunjukkan tim itu menempati peringkat terakhir pada babak non-eliminasi.
    • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim itu telah "Ditandai untuk Dieliminasi"; jika di babak selanjutnya ia tidak menempati peringkat pertama, maka akan diberikan penalti 30 menit.
    • Tanda miring biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim itu harus menyerahkan uangnya dan tidak diberikan uang pada babak selanjutnya.
  • Tanda ƒ hijau menandakan bahwa tim tersebut memenangkan Percepatan.
  • Tanda dan simbol yang sama (+ oranye, ^ magenta, dan ~ coklat) menandakan bahwa tim tersebut bekerjasama sebagai akibat dari Persimpangan.
  • Tanda > kuning bahwa tim tersebut memilih untuk menggunakan Pemblokiran; < menandakan tim yang diblokir; <> dalam sebuah babak menandakan bahwa ada fasilitas Pemblokiran tetapi tidak digunakan.
  • Hasil bercetak miring menandakan peringkat peserta di tengah babak dua episode.
  1. abc Edwin & Monica, Terri & Henri dan Paula & Natasha sebetulnya sudah ditandai untuk dieliminasi. Tetapi, karena mereka sampai pada urutan terakhir, maka penalti 30 menit tidak diberikan.
  2. ^ Brett & Kinaryosih tidak dapat menyelesaikan Memutar pada babak ketiga, setelah mereka datang ke Klub Mendayung Pantai Utara setelah jam sibuk - mereka kembali ke pilihan memanjat. Karena tim yang tersisa sudah masuk, maka mereka diperintahkan langsung ke Pemberhentian, di mana mereka dieliminasi.
  3. ^ Sophie & Aurelia tidak dapat menyelesaikan kedua Penghadang dan Memutar setelah mereka datang di Air Terjun Okere setelah tutup pada senja hari. Setelah semua tim masuk, Allan datang ke lokasi (Air Terjung Okere) dan mengeliminasi mereka.
  4. ^ Babak 5 adalah babak ganda yang terdiri atas dua Memutar dan dua Penghadang yang ditayangkan dalam dua episode. Pemblokiran disediakan sebelum Memutar yang kedua.
  5. ^ Terri & Henry memutuskan untuk memblokir Marc & Rovilson yang berada di depan mereka, sehingga pemblokiran itu tidak menghasilkan efek apapun.
  6. ^ab Tanpa alasan yang jelas untuk babak selanjutnya, penempatan awal untuk Natasha & Paula dan Ann & Diane ditukar, menghasilkanNatasha & Paula memulai di peringkat keempat dan Ann & Diane memulai di peringkat kelima.
  7. ^ab Adrian & Collin dan Pamela & Vanessa seharusnya sampai di peringkat pertama dan ketiga (berturut-turut), tetapi mereka tidak memarkir kendaraan mereka di tempat yang disediakan dan masuk melalui pintu yang salah. Mereka harus kembali dan membetulkan kesalahan tersebut, tetapi tidak mempengaruhi peringkat mereka.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah tersendiri akan diberikan bagi peserta yang menempati peringkat pertama di sebuah babak:

  • Babak 1 – Ponsel Nokia N95 dan N73, satu untuk setiap anggota tim.
  • Babak 2 – Kartu kredit $5000 yang dikeluarkan oleh Standard Chartered Bank untuk setiap anggota tim.
  • Babak 3 – Persediaan bensin untuk satu tahun, disponsori oleh Caltex.
  • Babak 4 – Sebuah Sony Handycam SR7 untuk setiap anggota tim.
  • Babak 7 – Kartu kredit $5000 yang dikeluarkan oleh Standard Chartered Bank untuk setiap anggota tim.
  • Babak 8 – Sebuah Sony Handycam SR7 untuk setiap anggota tim.
  • Babak 9 – Ponsel Nokia N95 dan N73, satu untuk setiap anggota tim.
  • Babak 11 – Perjalanan safari ke Afrika Selatan dengan menonton ikan paus, disponsori oleh Caltex.
  • Babak 12 – US$100,000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta Rute Lengkap
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   Yield icon.svg Pemblokiran   Intersection icon.svg Persekutuan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Singapura → Filipina)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 22 November 2007

Di Manila, peserta harus memakan 8 butir balut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Memutar pada babak ini adalah "Dare atau Stair." (Berani atau Anak Tangga) Di Dare, peserta harus menaiki lift ke atas (45-tingkat) Suntec Tower 3 dan menggunakan sistem tali dan katrol untuk menyeberang ke Tower 4 yang berdekatan ketika berada di ketinggian 181 m (594 kaki) di atas tanah. Di Stair, peserta harus memanjat 45 lantai ke atap Tower 3, kemudian turun, menuju ke Tower 4 dan kembali memanjat 45 lantai sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Untuk tugas pertama mereka, peserta mendapatkan kartu pos yang menggambarkan banyak ikon nasional Singapura. Peserta harus mencari taksi yang spesifik dengan suvenir yang mereka dapatkan, kemudian supir taksi tersebut akan memberi mereka petunjuk selanjutnya.
  • Di tanda rute Mount Faber, peserta mengambil ponsel Nokia N95 dan menggunakan sistem GPSnya untuk memandu supir taksi mereka ke tujuan selanjutnya, Suntec City.
  • Di Plaza Miranda, peserta harus memakan 8 balut dari seorang penjual telur untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya dari penjual telur tersebut.

Babak 2 (Filipina)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 29 November 2007

Pada Penghadang pertama perlombaan, salah satu anggota tim harus memilih carabao kemudian pimpin di sekitar lapangan berlumpur menuju figure 8. Jalan mereka jelas terlihat oleh pos dan bendera perlombaan dan peserta harus memimpin carabao mereka kembali ke tempat mereka memulai dengan arah yang benar untuk mendapat petunjuk selanjutnya. Sebelumnya, peserta diajari perintah yang sering digunakan untuk mengontrol carabaonya. Jika peserta meminta bantuan, mereka boleh, tetapi mereka harus memulainya kembali dari awal. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Heel atau Wheel (Tumit atau Roda). Di Heel, peserta harus mencocokkan 250 pasang sepatu dari tumpukan yang berantakan. Semua sepatunya diacak. Di Wheel, peserta memilih tempat kereja mereka dan merakit sepeda dengan peralatan yang telah disediakan.

Tugas tambahan
  • Di stasiun Star-Mart, peserta memasukkan 4 boks barang yang akan didonasikan ke sebuah jeepney. Peserta harus mengendarai jeepney tersebut untuk mengirimkan bantuan tersebut kepada sebuah panti asuhan di Ermita Shrine sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 3 (Filipina → Hong Kong, Tiongkok → Selandia Baru)[sunting | sunting sumber]

'Tanggal tayang: 6 Desember 2007

Jembatan Pelabuhan Auckland adalah tempat dilaksanakannya Penghadang di mana peserta harus terjun ke bawah jembatan.

Pada Penghadang kali ini, salah satu dari anggota tim harus melompat setinggi 40 meter (131 ft) dari Jembatan Pelabuhan Auckland. Pada Memutar, peserta harus memilih antara dua olahraga berikut; Wall atau Waka (Dinding atau Waka). Di Wall, peserta harus pergi menuju Birkenhead War Memorial Leisure Centre di mana setiap anggota tim harus memanjat tebing sekali untuk masing-masing mengambil satu bendera. Kemudian, salah satu dari anggota tim kembali memanjat untuk mengambil petunjuk selanjutnya. Di Waka, peserta harus menuju ke Danau Pupuke dan mendayung perahu waka tradisional untuk mengumpulkan tiga buah bendera dan kembali untuk menerima petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di gedung Standard Chartered Bank, peserta harus menghitung mata uang Hong Kong di meja mereka yang termasuk juga tumpukan catatan besar dan tumpukan koin. Peserta hanya mendapatkan petunjuk mereka jika mereka menyebutkan hitungannya dengan benar. Hitungan yang benar adalah HK$135,023.70.
  • Di desa bersejarah, peserta harus menggunakan kamera digital Sony Cybershot untuk mengambil gambar tiga objek yang mewakili tiga orang berbeda di Selandia Baru. Setelah selesai, mereka harus melanjutkan perjalanan menuju Pengadilan Howick untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Rumah Hantu, peserta harus memasuki Old Nurses' Hostel, yang dirumorkan berhantu dan berisi tokoh mengerikan, dan menyelesaikan perjalanan di rumah hantu tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 4 (Selandia Baru)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 13 Desember 2007

Geyser Pohutu di Rotorua, Selandia Baru, merupakan Pemberhentian keempat dalam perlombaan.

Pada Penghadang kali ini, salah satu anggota tim harus masuk ke mandi lumpur Pintu Neraka, yang terdiri dari kolam belerang bertemperatur 40 °C (104 °F). Setelah masuk di sana, peserta harus mencari sebatang stik yang akan ditukarkan dengna petunjuk selanjutnya. Pada Memutar, para tim harus memilih antara Flax atau Sticks (Lenan atau Stik). Di Flax, peserta harus menenun ikat kepala Māori tradisional yang disebut tipare dari kain lenan, kemudian menunjukannya kepada petugas untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Sticks, peserta harus menguasai permainan stik tradisional Māori yang disebut titi torea di mana peserta harus memberikan stik berukir spesial itu satu sama lain dengan ritme tertentu. Jika stik itu jatuh, mereka harus mengulang tugas tersebut.

Tugas tambahan
  • Peserta harus berhenti di SPBU Caltex dan mengisi bensin mobil mereka pada perjalanan menuju Rotorua. Peserta harus membayar menggunakan kartu spesial Caltex sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya dari kasir.
  • Sebelum Penghadang, peserta harus naik kereta luncur air dalam jeram dingin untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Danau Tikitapu, peserta harus mengendarai Perahu Agrojet, yang kekuatannya 450-daya kuda perahu jet. Salah satu anggota tim harus menavigasi di sekeliling pembatas pada danau di mana anggota tim lainnya memberitahu mereka. Peserta yang sukses melaksanakan tugas ini akan diberikan petunjuk selanjutnya. Jika mereka tidak berhasil, mereka harus mengulang kembali tugas tersebut.

Babak 5 (Selandia Baru → Jepang → Korea Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 20 Desember 2007

Di Tokyo, peserta berangkat menuju Gedung Sony di Ginza di mana peserta harus mengajak warga lokal untuk menyanyikan lagu tradisional Jepang yang berjudul "Sakura."
Nurimaru APEC House di Busan telah dikunjungi selama perlombaan.

Tanggal tayang: 27 Desember 2007

Pada Memutar pertama babak ini, peserta harus memilih antara You Catch It atau You Cart It (Kamu Tangkap Itu atau Kamu Angkut Itu). Di You Catch It, peserta harus mengikuti permainan tradisional menyekop ikan mas, menggunakan dayung yang terbuat dari kertas beras (yang mudah pecah jika dimasukkan ke dalam air) untuk menyekop 40 ekor ikan mas dengan dayung. Di You Cart It, peserta harus mencari toko binatu dan mengumpulkan yukata yang akan mereka kirimkan ke beberapa alamat. Pada Penghadang pertama, peserta harus menguraikan teka teki balok es. Jawabannya adalah salah satu kota terbesar di Jepang. Jika jawaban mereka benar, maka akan diberikan petunjuk selanjutnya.

Pada Memutar kedua babak ini, peserta harus memilih antara Slither atau Deliver (Meluncur atau Mengantar). Di Slither, peserta harus menuju ke Pasar Ikan Jagalchi di mana mereka akan menemukan tangki ikan yang berisi gurita. Setiap anggota tim harus mengambil koin Korea berusia 100 tahun (token) dari bawah tangki sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Deliver, peserta harus mengantarkan enam makanan ke tiga alamat berbeda, sebagian dari alamat tersebut memiliki lokasi yang membingungkan. Pada Penghadang kedua, peserta menuju Taman Yongdusan dan mencari penjaga kunci. Salah satu anggota tim harus menggunakan kunci yang tersedia untuk mencari dan membuka salah satu kunci sebelum penjaga kunci memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Peserta harus mengulang tugas itu kembali jika kuncinya rusak.

Tugas tambahan
  • Di Gedung Sony, peserta harus mengajak warga lokal untuk menyanyikan lagu tradisional Jepang berjudul "Sakura." Ketika salah satu anggota bernyanyi bersama warga lokal, anggota lain merekamnya dengan Sony HD Handycam.
  • Sebelum Memutar, peserta harus menggunakan gambar yang ada di kamera digital Sony Cybershot mereka sebagai referensi untuk menemukan seorang perempuan bercosplay untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Akademi Jongro, peserta harus menggunakan teknik taekwondo untuk memecahkan tiga papan dengan menendangnya sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya dari seorang master taekwondo.

Babak 6 (Korea Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 3 Januari 2008

Plaza Perdamaian yang terletak di dalam Taman Olimpiade Seoul merupakan Pemberhentian di babak ini.

Pada Penghadang ini, salah satu anggota tim harus mencari di bawah tutu 1.500 botol kedelai sampai mereka menemukan petunjuk selanjutnya. Salah satu botolnya berisi petunjuk ditambah dengan bonus US$50 dariStandard Chartered, yang dimenangkan oleh Adrian dan Collin. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Too Ho dan Too Heavy (Terlalu Senang atau Terlalu Berat). Di Too Ho, peserta harus memainkan permainan tradisional Korea di mana mereka harus melempar tiga batang bambu ke sebuah silinder yang berjarak 4,5 meter (15 ft). Di Too Heavy, peserta harus mengirimkan 30 batang kayu menggunakan sebuah alat tradisional dan mengantarnya kepada seorang wanita di dalam desa itu sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Resor Woncheon, peserta harus mencari perahu angsa yang ditandai dari banyak perahu angsa yang akan mereka dayung ke rambu di lepas pantai untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 7 (Korea Selatan → Jerman → Republik Ceko)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 10 Januari 2008

Pada Jembatan Charles di Prague, peserta harus mencari patung berlubang Santo Vitus yang berisi petunjuk selanjutnya.

Pada Penghadang ini, salah satu anggota tim harus mengenakan pakaian ksatria lengkap dan berjalan untuk mencari "gadis dalam kesulitan", yang berdiri di balkon di seberang Prince's Hotel. Setelah peserta menemukannya, mereka harus mengikat kunci itu ke sebuah tali yang "gadis" tersebut akan tukarkan untuk petunjuk mereka selanjutnya. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Bow atau Blow (Busur atau Pukulan). Di Bow, setiap anggota tim harus memanah target merah dan kuning menggunakan busur silang tradisional. Di Blow, peserta harus pergi ke Kristal Rückl dan menggunakan peralatan mekanik untuk menggunting dasar gelas membentuk bintang.

Tugas tambahan
  • Peserta harus mencari Jembatan Charles untuk sebuah patung berlubang di mana petunjuk mereka berada.
  • Di Alun-Alun Beroun, peserta harus mencari dari beberapa orang yang menggunakan ponsel Nokia N95 yang memiliki foto tim mereka. Kemudian, mereka akan menunjukkan sebuah video dari rumah sebelum kemudian diberikan petunjuk selanjutnya.

Babak 8 (Republik Ceko)[sunting | sunting sumber]

'Tanggal tayang: 17 Januari 2008

Taman Vrtbovská merupakan Pemberhentian untuk babak kedua di Republik Ceko.

Pada Memutar ini, peserta yang telah bergabung harus memilih antara Snap atau Roll (Jepret atau Gulung). Di Snap, peserta harus mengambil foto tiga monumen bersejarah (Patung St. Wenceslas di Lapangan Wencelas, Patung Lenin di Museum Komuisme, dan Bioskop Estates) di Praha dan menyerahkan foto tersebut sebagai bukti sebelum seorang petugas yang berdiri di Patung Josef Mánes memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Di Roll, peserta harus mencari Hostinec U Váhy dan mengumpulkan dua tong bir berisi 50 liter (13 galon) dan menggelindingkannya ke Admiral Botel. Setelah Memutar ini, para peserta tidak lagi bergabung. Pada Menghadang kali ini, salah satu anggota tim harus memanjat papan selam sepanjang 10 meter dan melompat ke dalam kolam di bawahnya untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Bukit Petrin, peserta harus menghitung jumlah anak tangga yang mereka lewati menuju puncak menara. Mereka menulis jawabannya pada sebuah papan, dan jika benar, maka seorang petugas akan memberikan mereka petunjuk berikutnya.
  • Peserta harus mendayung sebuah perahu ke arah 140 derajat barat laut untuk menerima petunjuk selanjutnya. Sebuah kompas telah disediakan.
  • Di Arena Es Letňany, peserta yang telah bergabung harus mencetak 12 gol untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 9 (Republik Ceko → Hungaria)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 24 Januari 2008

Di Visegrád, peserta harus mengidentifikasi air terjun yang terdapat pada uang 1.000 forint dan ke lokasi yang ditunjukkan catatan tersebut: Air Terjun Hercules.

Pada Memutar, peserta harus memilih antara Pitch atau Pull (Melempar atau Menarik). Di Pitch, peserta harus mengangkut tumpukan besar jerami ke keranjang keledai dan kemudian ikut dengan seorang warga lokal untuk mengantarkan keranjang tersebut ke kebun terdekat. Di Pull, peserta harus memerah susu kambing dan menghasilkan 200ml (7 oz) susu. Kemudian, mereka harus menaruh kambing tersebut ke dalam kandang dan menguncinya sebelum mendapat petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus melalui beberapa tahap tantangan flying fox ketika menghitung semua angka yang didapatkan pada saat itu yang jika dijumlah menghasilkan 1.000. Anggota tim yang tidak menyebutkan jumlahnya dengan benar harus mengulang dan jika ada tim lain di sana, harus tetap kembali ke awal dan menunggu giliranya sampai tim lain di depannya selesai, atau juga harus mengulang.

Tugas tambahan
  • Setelah menyelesaikan Penghadang, peserta harus mengidentifikasi air terjun yang terdapat pada uang 1.000 Ft, Air Terjun Hercules, dan kemudian berangkat menuju ke sana, yang terletak di Istana Kerajaan.

Babak 10 (Hungaria)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 31 Januari 2008

Di Lapangan Para Pahlawan, peserta harus menemukan petunjuk Memutar dan Pemblokiran.

Pada Percepatan ini, peserta harus menghitung jumlah pagar yang ada di Jembatan Erzsébet, dan nomor yang didapatkan dapat digunakan untuk membuka brankas dengan 4 angka jumlah pagar yang ada (angka yang benar adalah 2-3-7-7). Peserta pertama yang membuka brankas tersebut memenangkan Percepatan. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus mengambil lentera dan mencari beberapa peti dalam gelap dan terowongan labirin yang membingungkan di Kastil Buda. Tetapi, hanya satu diantaranya terdapat petunjuk selanjutnya. Pada Memutar ini, peserta harus memilih antara Say It atau Play It (Katakan Itu atau Mainkan Itu). Di Say It, peserta harus mengucapkan dengan benar (dengan aksen lokal penuh) nama-nama 14 pemimpin Hungaria terkemuka, kemungkinannya merupakan permainan lidah. Di Play It, peserta harus menyelesaikan Kubus Rubik (penemuan Hungaria) tetapi diberikan pilihan untuk menyelesaikan sisi demi sisi (untuk mendapatkan warna yang sama pada tiap sisi) untuk seluruh enam sisi, bergiliran antar anggota tim.

Tugas tambahan
  • Di Pulau Magaret, peserta harus berkendara menggunakan becak mengelilingi pulau dan mencari tempat peristirahatan St. Margareta. Di sana, mereka harus mengambil mainan kelinci, simbol pulau tersebut, dan mengembalikannya ke orang yang beridiri di tempat para peserta menaiki becaknya.

Babak 11 (Hungaria → Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 7 Februari 2008

Setelah sampai di Cape Town, peserta harus mencari salah satu dari banyak kotak petunjuk di Bukit Signal yang berisi petunjuk selanjutnya.

Pada Penghadang ini, peserta harus balapan mobil dengan ban terbuka selama delapan putaran mengelilingi sirkuit Killarney sepanjang 450 daya kuda (340 kW). Setelah empat putaran, mereka harus masuk ke pemberhentian untuk pompa sementara. JIka peserta memasukinya dalam waktu tujuh menit, mereka bisa langsung keluar dan menyelesaikan tugasnya; kalau tidak, penalti 5 menit akan diberikan. Pada Memutar, peserta harus memilih antara In One End atau Out The Other (Dalam Sebuah Akhir atau Keluar Yang Lain). Di In One End, peserta harus menyiapkan 100 kg (220 lbs) makanan dan memberikannya kepada gajah. Hanya setelah para gajah menyelesaikan makannya, peserta bisa mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Out The Other, peserta harus membersihkan kios pupuk gajah ke tempat yang telah ditandai, menggunakan hanya alat-alat yang tersedia.

Tugas tambahan
  • Di puncak Bukit Signal, peserta harus mencari kotak petunjuk yang tepat, di antara banyak, berisi petunjuk mereka selanjutnya.
  • Peserta harus mengumpulkan peralatan mengecat dari kendaraan Standard Chartered di Khayelitsha dan melanjutkan untuk mengecat bagian yang ditandai dari Pusat Komunitas Intyatyambo. Peserta kemudian harus mengantarkan cek R34,500 (kurang lebih US$5,000), dikeluarkan oleh Standard Chartered, kepada penjaga harian.
  • Setelah sampai di Aquila Park Game Reserve, peserta kemudian harus mengambil petunjuk selanjutnya yang terletak di dalam kandang cheetah.

Babak 12 (Afrika Selatan → Singapura)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 14 Februari 2008

Pantai Tanjong merupakan lokasi Penghadang terakhir perlombaan.

Di Memutar terakhir, para peserta harus memilih antara Search atau Assemble (Mencari atau Merakit) (Pilihan ini diberikan sebagai "Sound" di petunjuk peserta). Di Search, peserta harus pergi menuju The Scratch Patch dan mencari tiga batu bertanda kuning dengan titik merah dari tumpukan batu semi-berharga. Mereka akan menukarkan batu mereka dengan petunjuk. Di Assemble, peserta harus pergi menuju Pasar Kerajinan Waterfront dan menonton bagaimana cara merakit radio berkerangka kawat. Ketika para peserta sukses merakit radio dengan peralatan yang tersedia, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang ini, salah satu anggota tim harus mengambil bendera dari 10 negara berbeda yang mereka kunjungi selama berlomba dan mengurutkannya sesuai kapan mereka mengunjunginya. Setelah ia mengurutkannya dengan benar, tim tersebut mendapatkan petunjuk terakhirnya.

Tugas tambahan
  • Di Museum District Six, peserta harus mencari laptop Sony VAIO laptop dan menuliskan nama jalan yang ada di District Six yang akan digunakan sebagai kata kunci. Ketika nama jalan yang benar telahd ituliskan, petunjuk selanjutnya mengarahkan mereka untuk membaca satu paragraf dari tanda yang tersedia sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah Memutar, peserta harus mengunjungi tempat diselenggarakannya Piala Dunia FIFA 2010 dan mencoba untuk mencetak tiga gol melawan seorang penjaga gawang.
  • Di bukit pasir, peserta harus mengendarai kendaraan segala medan dan pergi ke bagian yang ditandai untuk mencari petunjuk yang tersembunyi dalam jalur tersebut, dengan 18 tanda yang terletak di sebuah ember. Di bawah satu ember adalah petunjuk mereka selanjutnya di mana di bawah yang lain adalah jam pasir yang harus mereka putar dan tunggu sampai pasirnya habis, baru boleh melanjutkan perjalanan.
  • Di Cape Point, setelah menggunakan tali ke puncak, peserta harus menebak di mana negara tujuan selanjutnya (terakhir) – Singapura, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Hey good-looking, let's race". Diakses tanggal 2007-09-28. 
  2. ^ "The Second Amazing Race Asia Begins!". Diakses tanggal 2007-11-16. [pranala nonaktif]
  3. ^ a b c "The Amazg Race Asia 2 Returns". Asia Media Journal Online. Diakses tanggal 2007-12-24. 
  4. ^ a b "Even more thrills in TARA2". The Star. Diakses tanggal 2007-12-24. 
  5. ^ "Where'd the Fight Go??". Alive Not Dead. 2008-01-04. Diakses tanggal 2008-01-12. 
  6. ^ The Amazing Race Asia Season 2
  7. ^ THE AMAZING RACE ASIA (Season 2) - APPLICATION PROCEDURE AND ELIGIBILITY REQUIREMENTS
  8. ^ "S'pore team has show's first hearing-impaired contestant". Diakses tanggal 2007-09-28. 
  9. ^ "Edwin & Monica Bio". Diakses tanggal 2007-11-12. 
  10. ^ "Our femme fatales - Four gutsy ladies make up the two Malaysian teams". Diakses tanggal 2007-10-19. 
  11. ^ "Kinaryosih" (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 2008-02-17. 
  12. ^ "Sophie Teng - About Me". Diakses tanggal 2008-02-06. 
  13. ^ "Film Festival". Diakses tanggal 2008-02-06. 
  14. ^ "The Amazing Race season 2 Asia: Marc Nelson & Rovilson Fernandez". Diakses tanggal 2008-01-29. 
  15. ^ "Henry & Terri Bio". Diakses tanggal 2007-10-13. 
  16. ^ "Sophie & Aurelia Bio". Diakses tanggal 2007-10-19. 
  17. ^ "New Teams Race across 4 Continents in Asia and Beyond for a No Holds Barred Season 2 of The Amazing Race Asia!". Aviva Asia Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-09. Diakses tanggal 2007-02-16. 
  18. ^ "The Amazing Race Asia 2 - Racers Revealed - A One Hour Special". The Amazing Race Asia. Diakses tanggal 2007-02-16. 
  19. ^ "Amazing Race Asia returns". Diakses tanggal 2007-10-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]