The Amazing Race 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Amazing Race 2
The Amazing Race logo
Pertama tayang 11 Maret 2002
15 Mei 2002
Tanggal pengambilan film 7 Januari 2002
3 Februari 2002
Jumlah episode 11
Pemenang Chris Luca & Alex Boylan
Benua yang dikunjungi 5
Negara yang dikunjungi 8
Kota yang dikunjungi 27
Jarak perjalanan 52.000 mil
(83.684 kilometer)
Jumlah leg perlombaan 13
All-Stars Oswald Mendez & Danny Jimenez
Kronologi Musim
Sebelumnya The Amazing Race 1
Selanjutnya The Amazing Race 3

The Amazing Race 2 adalah musim kedua acara realitas The Amazing Race. The Amazing Race 2 mempertandingkan 11 tim yang beranggotakan 2 orang yang memiliki hubungan khusus dalam perlombaan keliling dunia. Acara ini ditayangkan pada 11 Maret 2002 dan selesai ditayangkan pada 15 Mei 2002.

Teman masa kecil Chris Luca dan Alex Boylan memenangkan perlombaan ini.

Seluruh perlombaan musim ini dirilis dalam bentuk DVD pada tanggal 24 Januari 2011 oleh Amazon.com melalui program CreateSpace.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan Pengambilan Gambar[sunting | sunting sumber]

Musim kedua The Amazing Race mengunjungi 8 negara, 5 benua dengan panjang 52.000 mil. Pengambilan gambar dilaksanakan pada tanggal 7 Januari hingga 3 Februari 2002. Negara-negara yang baru dikunjungi adalah Brasil, Namibia, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru. Dan untuk pertama kalinya, perlombaan ini mengunjungi Amerika Selatan dan Oseania.

Penanda petunjuk berganti dari bendera berwarna putih kuning di musim pertama menjadi merah kuning pada musim kedua. Juga kotak petunjuk hadir untuk pertama kalinya. Mulai musim ini, pembawa acara Phil Keoghan menyambut setiap peserta di setiap leg-nya dan memberikan selamat datang bagi tim yang sampai (dan mengeliminasi tim yang datang belakangan).

Cyndi (dari tim Russell dan Cyndi)[1] menyatakan kebingungannya mengenai penggantian kendaraan pada leg kedua, dimana para peserta diberikan petunjuk bahwa jika jeep yang mereka tumpangi rusak, maka tim harus membayar biaya perbaikan dan menunggu hingga perbaikan selesai. Tetapi, Blake and Paige mendapatkan kendaraan baru setelah kendaraan yang mereka tumpangi rusak, dimana membolehkan mereka untuk mengalahkan Hope dan Norm dalam balapan memperebutkan posisi kedua dari belakang, yang pada akhirnya menyebabkan Blake dan Paige bertahan dalam perlombaan – dan pada akhirnya mereka menjadi tim ketiga yang melaju ke babak final sedangkan Hope dan Norm tereliminasi. Setelah itu, pada musim ketiga dan seterusnya, peraturan berubah dengan tim harus mendapatkan kendaraan pengganti jika kendaraan yang mereka tumpangi rusak atau menjadi tidak aman bukan karena kesalahan mereka, tetapi mereka juga tidak mendapatkan penalti waktu dalam kondisi tersebut.

Pada leg ke-13, leg terakhir, tidak ada petunjuk Percabangan Jalan dan tidak ditayangkan pula tim yang membaca petunjuk Snow Cat di Trapper's Creek, telah diduga bahwa semua tim memilih opsi yang sama dan tidak ada yang memilih opsi satunya.[2] Pada akhir leg ke-13, Tara dan Wil disalip Chris dan Alex dalam balapan jalan kaki[3] 40 yard lagi. Ini menandakan selisih paling tipis kedua dalam sejarah perlombaan, yang pertama terjadi pada musim kedua versi Amerika Selatan, dimana Mauricio dan Carlos menjadi juara pertama sedangkan Toño dan Lili menjadi juara kedua, hanya dengan jarak beberapa yard satu sama lain.

Video singkat dari Percabangan Jalan leg kedelapan musim ini ditayangkan di The Amazing Race All-Stars ketika Oswald dan Danny mengerjakan tugas ketika memakai kostum kepala naga di Makau, dan mereka menyatakan ada yang sama dengan Percabangan Jalan yang mereka lakukan di Hong Kong dan yang mereka lakukan di Makau musim ini.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Sebelas pasangan berlomba pada musim kedua. Dalam daftar peserta terdapat saudara kembar, pasangan ibu dan anak, saudara, nenek-nenek, pastur, dan teman masa kecil.

Oswald dan Danny terpilih untuk berlomba di The Amazing Race All-Stars sebagai salah satu peserta dari musim pertama hingga kesepuluh.

Musim ini menghadirkan Heloísa Pinheiro, yang betul-betul Putri dari Ipanema sebagai perempuan dari pilihan Percabangan Jalan "Pantai" pada leg Brazil pertama.

Chris kemudian menikah ketika Alex berpartisipasi dalam proyek "Around the World for Free" (Keliling Dunia dengan Gratis), dimana ia bepergian tanpa uang, dan dengan dibantu oleh warga setempat ia terus berjalan.[4]

Gary merupakan editor pada musim kelima.

Blake kemudian mendirikan TOMS Shoes, perusahaan sepatu yang mendonasikan satu pasang sepatu untuk anak-anak yang membutuhkan setiap satu pasang terjual.

Terdapat kebingungan dalam mengeja nama Deidre. Pada episode-episode pertama, termasuk salah satu yang mereka masih berlomba, namanya dieja "Deidre", tetapi, setelah episode ketiga, pembukaan acara mulai mengeja namanya "Diedre".

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada musim ini terdapat dua sponsor, yaitu American Airlines dan Royal Caribbean International. Dua sponsor ini memberikan hadiah yang seringkali diberikan kepada peserta yang menempati posisi pertama dalam suatu leg.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah para peserta yang mengikuti perlombaan, dengan hubungan khusus mereka ketika pengambilan gambar, dengan catatan bahwa tabel ini tidak reflektif terhadap semua konten yang disiarkan, termasuk pula perkecualian atau tidaknya suatu data, beserta posisi akhir:

Tim Hubungan Posisi ke- (tiap babak) Halangan
1ƒ 2 3ƒ 4 5ƒ 6 7 8ƒ 9 10 11 12 13
Chris & Alex Teman Seumur Hidup 6 2 7 73 1 6th 2 2 1ƒ 3 3 3 1 Chris 5, Alex 6
Tara & Wil Pasangan Berpisah 1 3 2 3 3 5 3 4 3 2 1ƒ 14 2 Tara 4, Wil 7
Blake & Paige Saudara 4 9 5 4 4 3 5 5 2 1ƒ 2 1 3 Blake 8, Paige 3
Oswald & Danny Sahabat 8 7 1 1ƒ 6 4 4 1 4 4 4 Oswald 6, Danny 3
Gary & Dave Mantan Teman Sekamar 9 5 3 23 5 2 1ƒ 3 5 Gary 2, Dave 5
Mary & Peach Saudari 7 4 4 5 2 1 62 Mary 3, Peach 2
Cyndi & Russell Pastur/Orang Tua Menikah 2 6 8 6 7 Cyndi 1, Russell 3
Shola & Doyin Kembar 3 1ƒ 5 82 Shola 0, Doyin 1
Peggy & Claire Nenek-Nenek 10 8 91,2 Peggy 0, Claire 1
Hope & Norm Orang Tua Menikah 4 10 Hope 0, Norm 1
Deidre & Hillary Ibu/Anak 11 Deidre 0, Hillary 0
  • merah penempatan tim berarti tim itu dieliminasikan.
  • hijau ƒ menunjukkan bahwa tim memenangkan Percepatan.
  • garis bawah biru penempatan tim menunjukkan bahwa tim datang terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Penahan Kecepatan selama babak berikutnya perlombaan.
  1. ^Peggy dan Claire meninggalkan tempat dimulai pertandingan di Foz do Iguaçu terlambat 37 menit karena mereka terlewat waktu pemberangkatan. Ini tidak mempengaruhi posisi mereka pada Babak 3.
  2. ^abc Peggy & Claire, Shola & Doyin, dan Mary & Peach berada sangat jauh di belakang tim lain pada babak-babak eliminasi mereka tanpa menyelesaikan tugas yang harus mereka kerjakan yang kemudian membawa mereka langsung ke Tempat Pemberhentian.
  3. ab Awalnya Gary & Dave menempati posisi kedua, tetapi terkena hukuman 42 menit karena mengemudi terlalu kencang, dengan konsekuensi mereka berangkat pada urutan ketiga apda babak selanjutnya. Chris & Alex menerima hukuman yang sama dengan Gary & Dave, tetapi sejak mereka menempati peringkat terakhir, hukuman tersebut tidak mempengaruhi posisi mereka.
  4. ^Tara & Wil harusnya datang pada posisi kedua, tetapi diberikan tambahan waktu 1 menit karena ada masalah pada produksi yang membuat mereka terlambat. Jadi, mereka menjadi juara bersama dengan Blake & Paige dan kedua pasangan mendapatkan hadiah yang setara dengan juara pertama.


Judul episode[sunting | sunting sumber]

Mulai dari musim ini, judul setiap episode adalah berdasarkan kata-kata yang dilontarkan peserta pada saat perlombaan. Biasanya merupakan perkataan yang lucu-lucu.

  1. "The World Is Waiting: Go!" (Indonesia: Dunia menunggu: Mulai!) – Phil Keoghan
  2. "Help Me, I'm American!" (Indonesia: Tolong saya, saya orang Amerika) – Blake
  3. "My Alarm Clock Didn't Go Off!" (Indonesia: Jam alarm saya tidak berbunyi!) – Claire
  4. "This Game Is About Minutes" (Indonesia: Permainan ini kurang lebih memakan waktu beberapa menit) – Shola
  5. "Welcome To The World Of Being Human" (Indonesia: Selamat datang di dunia yang begitu manusiawi) – Mary
  6. "I'm Gonna Take His Girl" (Indonesia: Saya akan ambil rekan perempuannya) – Alex
  7. "I'm Gonna Throw Up On Phil's Shoes" (Indonesia: Saya akan muntah di sepatunya Phil) – Oswald
  8. "I'm Not a Miner! No, You're An Idiot!" (Indonesia: Saya tidak jahat! Tidak, kamu adalah seorang idiot!) – Wil/Tara
  9. "Ready To Lose Our Lives" (Indonesia: Bersiap untuk kehilangan jiwa kita) – Oswald
  10. "It's Hammer Time" (Indonesia: Waktunya memaku) – Chris
  11. "Follow That Plane!" (Indonesia: Ikuti pesawat itu!) – Wil

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah tersendiri akan diberikan kepada peserta yang menempati posisi pertama suatu babak:

  • Babk 1 – Liburan ke Hawaii disponsori oleh American Airlines Vacations.
  • 'Babak 8 – Berlayar tujuh hari disponsori oleh Royal Caribbean
  • Babak 9 – Liburan ke Cancún disponsori oleh American Airlines Vacations.
  • Babak 10 – Liburan ke Puerto Riko disponsori oleh American Airlines Vacations.
  • Babak 11 – Liburan ke Los Cabos disponsori oleh American Airlines Vacations.
  • Babak 12 – Liburan ke London dan Paris disponsori oleh American Airlines Vacations. Karena kesalahan teknis, dengan selisih 1 menit peringkat pertama dan kedua, maka kedua peserta mendapatkan hadiah ini.
  • Babak 13 - $1,000,000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta rute
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Amerika Serikat → Brasil)[sunting | sunting sumber]

Di Rio de Janeiro, peserta berangkat ke Sugarloaf Mountain dimana mereka mendapatkan petunjuk Memutar pertamanya.

Tugas Memutar dalam babak ini adalah Gunung atau Pantai. Di gunung, peserta menuruni sebuah lembah yang curam dengan tali 590 ft (180 m) di Pão de Açúcar. Setelah itu, mereka langsung mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Pantai, peserta harus mengembalikan gondola ke tanah dan pergi ke Pantai Ipanema untuk menemukan perempuan yang menginspirasi lagu "The Girl from Ipanema" (Heloísa Pinheiro) di pantai hanya menggunakan foto. Jika telah menemukannya, ia akan memberikan para peserta petunjuk berikutnya.

Tugas Tambahan
  • Di Pulau Paquetá, peserta harus menemukan pohon besar yang dikenal sebagai "Fat Maria" dan mengikuti tradisi lokal untuk mencium pohon tersebut.
  • Di Hotel Lido, peserta harus mendaftar di salah satu dari ketiga kapal yang berangkat keesokan harinya.

Babak 2 (Brasil)[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Iguaçu adalah lokasi Penghadang pertama dalam perlombaan ini.

Pada tugas Percepatan, satu anggota tim harus bermain bola volil dan mencetak 10 poin melawan tim lokal yang hanya dapat bermain menggunakan kakinya di Pantai Copacabana. Tetapi, peserta, diperbolehkan untuk menggunakan tangannya. Setelah sukses, tim tersebut memenangkan tiket Percepatan. Tugas Memutar kali ini adalah Panik atau Cari. Pada bagian Panik, peserta harus berlayang-gantung dari gunung ke pantai di bawah bersama instruktur lokal. Ketika peserta mendarat di pantai, mereka akan memberikan petunjuk berikutnya. Pada bagian Cari, peserta harus menemukan pendeteksi logam dipantai yang sama dan harus menemukan petunjuk berikutnya. Penghadang yang hanya dikerjakan oleh satu orang membutuhkan peta dan mengendari perahu motor cepat menuju Air Terjun Iguaçu. Mereka harus menemukan bendera di atas struktur bebatuan dekat air terjun dan mengikuti arah jalan menuju petunjuk berikutnya.

Tugas Tambahan
  • Pada awal babak ini, peserta diberikan bulu dan harus menyerahkannya ke Samba Club. Kemudian mereka harus mencocokkan bulu tersebut dengan hiasan di salah satu kepala para penari. Jika menemukan, ia akan memberi para peserta petunjuk berikutnya.

Babak 3 (Brasil → Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Peserta berjalan menuju Pulau Robben, dimana Nelson Mandela ditahan, untuk menjalankan tugas Percepatan yang tidak disiarkan.

The Detour on this leg was Dance or Deliver. In Dance, teams had to wear a costume and had to sing and dance with a local troupe until they made R25 in tips. The troupe leader would take the money and give them their next clue. In Deliver, teams had to carry fish from a boat and transfer it to some scales. Once they weighed in with 125 kg (276 lb), the fish monger would give them their next clue. The Roadblock was for one team member to buy a box of Epsom salts and a Smiley (sheep's head). They would then deliver them as an offering to a healer called Ndaba Sangoma who would then give them a bitter potion to drink.

Additional task
  • At Robben Island, teams had to find Section B Cell 5, which was Nelson Mandela's prison cell, to get their next clue.

Referensi[sunting | sunting sumber]