The Amazing Race Asia 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Amazing Race Asia
(season 3)
The Amazing Race Asia logo
Pertama tayang 11 September 2008
– 20 November 2008
Jumlah episode 11[1]
Pemenang Vince Chung & Sam Wu
Benua yang dikunjungi 1
Negara yang dikunjungi 6
Kota yang dikunjungi 11
Jarak perjalanan 21.600 kilometer
(13.422 mil)
Jumlah leg perlombaan 11
Kronologi Musim
Selanjutnya Musim 4

The Amazing Race Asia 3 adalah sebuah acara realitas permainan yang beradasar serial TV A.S. The Amazing Race. Musim ketiga dari acara ini menghadirkan sepuluh tim yang terdiri atas dua orang, memiliki hubungan sebelumnya, dalam perlombaan keliling dunia untuk memperebutkan US$100,000.

Musim ini tayang perdana pada tanggal 11 September 2008 yang terdiri dari 11 episode, dua episode lebih sedikit dari musim pertama dan musim kedua[1] dan berakhir pada tanggal 14 Februari 2008.[2]

Pada tahun 2009, seri dinominasikan untuk International Emmy Award sebagai Best Non-Scripted Entertainment,[3]kalah dari seri realitas Belanda, The Phone.[4]

Teman Hong Kong Vince Chung & Sam Wu adalah pemenang lomba, mereka adalah tim pertama dengan non-Asia di Versi Asia untuk memenangkan perlombaan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Garis Awal perlombaan ini terletak di Jalan Khaosan, di mana tim harus makan semangkuk besar hidangan Thailand sebelum mendapatkan petunjuk berikutnya.

Musim ketiga The Amazing Race Asia berjarak 21.600 kilometer di enam negara. Penanda rute diwarnai kuning dan putih di Vietnam untuk menghindari kebingungan dengan mantan bendera Vietnam Selatan. Musim ini memperkenalkan penanda U-turn, sedangkan titik-temu tidak disertakan. Musim ini, seperti versi American Family Edition dan versi Brasil, adalah orang pertama yang memiliki seluruh ras berlangsung di satu benua, Asia (musim sebelumnya tertutup setidaknya dua benua). Tidak seperti musim lalu, ini adalah lomba pertama yang tidak memiliki leg pertama sebagai kaki non-eliminasi. Musim ini juga memiliki jumlah episode menurun 13-11.

Menurut AXN, musim ini dijuluki sebagai "ras terberat yang pernah ada" dibandingkan dengan musim sebelumnya karena kedua kontestan dan personil kru mengalami kelelahan tinggi selama pertandingan karena kecepatan yang lebih cepat dan waktu istirahat yang lebih pendek. Selama pengambilan gambar, salah satu anggota kru produksi bahkan dirawat di rumah sakit.[5]

Peserta[sunting | sunting sumber]

Musim ketiga diadakan pada tanggal 3 Maret 2008 (diperpanjang dari batas waktu asli pada 25 Februari 2008). Wawancara untuk semi-finalis dan finalis diadakan sekitar Maret atau April 2008. Pengambilan gambar dilakukan antara pertengahan tahun 2008.[6][7]

Peserta musim ini termasuk diantaranya sepupu, dan tim ayah & anak. Seperti Season 2, The Amazing Raze ini menampilkan sejumlah besar tokoh media lokal atau kerabat mereka. Natalie adalah pemenang Miss Universe 2005 dan juga istri dari petenis Thailand Paradorn Srichaphan.[8] Rekannya, Pailin adalah runner- up pada tahun 2006 Nona Thailand Universe dan juga dilombakan di Miss Earth 2006.[8] Tisha adalah mantan pacar Survivor Filipina tuan rumah , Paolo Bediones dan pernah Nona Filipina tetapi harus melupakan mahkotanya karena kewarganegaraan Kanada , sementara Ida , Niroo dan Mai adalah aktor terkenal di kampung halaman masing-masing dan Bernie adalah tuan rumah Runway Project Malaysia . William dan Isaac adalah komentator olahraga dan agen sepak bola untuk pemain profesional di Korea K - League . Vince adalah stand-up comedian terkemuka di Hong Kong , sering tampil dan hosting di The TakeOut Comedy Club Hong Kong , dan seorang finalis dalam kompetisi stand- up comedy nasional pertama di Hong Kong.[9]

Musim ini terdiri dari tiga non-Asia. Natalie dan Vince adalah dari Kanada (meskipun Natalie lahir di Rusia, Vince memiliki etnis Tionghoa), sedangkan Geoff adalah dari Selandia Baru. Selain itu, Sam, yang berasal dari Singapura, juga mewakili Hong Kong. Tisha adalah kebangsaan Kanada tetapi keturunan Filipina, Henry dan Bernie Warga Negara Australia tetapi keturunan Tionghoa .

Paula Taylor, salah satu peserta di Season 2 , muncul sebagai penyambut lokal di bagian babak pertama.

Kynt Cothron dan Vyxsin Fiala ditunjukkan pada audisi video episode Racers Revealed. Michael McKay, produser eksekutif acara itu, menegaskan bahwa Kynt dan Vyxsin pada musim 12 dari Versi Amerika asli dari perlombaan itu benar-benar menyerahkan rekaman audisi tapi tidak berhasil karena menurut McKay " kami merasa itu akan menjadi tidak adil untuk memiliki sebuah tim yang sudah berlari (dan berlari dengan sangat baik saya bisa menambahkan) dan juga kita mengambil tim dari Asia. Tetapi jika kita melakukan versi All Star ke trek Anda tidak pernah tahu."[10]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Musim ketiga acara ini memiliki enam sponsor resmi, merekanya adalah Caltex, MASkargo, Nokia, Singha, Sony dan Standard Chartered Bank.[11] Sebuah episode khusus yang dikenal sebagai Racers Revealed ditayangkan satu minggu sebelum premiere yang sebenarnya, pada tanggal 4 September 2008, dan khusus episode "Moments" ditayangkan setelah akhir musim pada tanggal 27 November 2008, semirip dengan musim kedua.[1]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut mengikuti perlombaan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar. Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Bendera Hong Kong Vince & Sam Tunas Terbaik 7th1 3rd 2nd 2nd 1stƒ 1st 2nd 4th 1st 3rd5 1st Vince 4, Sam 5
Bendera Filipina Geoff & Tisha Kencan 2nd 5th 5th 6th 4th 3rd 1st> 1st 3rd 2nd 2nd Geoff 5, Tisha 5
Bendera Malaysia Ida & Tania Aktris & ahli waris 5th 6th 3rd 1st 5th 5th 5th 3rd4 2nd 1st 3rd Ida 5, Tania 5
Bendera Singapura A.D. & Fuzzie Berteman 15 Tahun 8th 2nd 4th 5th 3rd 4th 3rd 2nd 4th 4th5 A.D. 4, Fuzzie 5
Bendera Malaysia Henry & Bernie Adik & Kakak 3rd 1st 1st 4th 2nd 2nd 4th< 5th Henry 3, Bernie 4
Bendera Thailand Mai & Oliver Teman 1st 8th 6th 3rd 6th3 Mai 1, Oliver 2
Bendera India Niroo & Kapil Ayah & Anak 9th 4th 7th 7th2 Niroo 1, Kapil 23
Bendera Thailand Pailin & Natalie Ratu Kecantikan 4th 7th 8th2 Pailin 1, Natalie 12
Bendera Korea Selatan Isaac & William Kakak Beradik 6th 9th Isaac 0, William 1
Bendera India Neena & Amit Sepupu 10th Neena 0, Amit 0
  • Penempatan tim merah menunjukkan bahwa tim telah dieliminasi.
  • Tanda biru pada penempatan tim menunjukkan tim itu menempati peringkat terakhir pada babak non-eliminasi.
    • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim itu telah "Ditandai untuk Dieliminasi"; jika di babak selanjutnya ia tidak menempati peringkat pertama, maka akan diberikan penalti 30 menit.
    • Tanda miring biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim itu harus menyerahkan uangnya dan tidak diberikan uang pada babak selanjutnya.
  • Tanda ƒ hijau menandakan bahwa tim tersebut memenangkan Percepatan.
  • Tanda > kuning menunjukkan bahwa tim memilih untuk menggunakan Yield; < menunjukkan tim yang menerimanya.
  • Tanda coklat ⊃ berarti tim memilih untuk menggunakan U-Turn, menunjukkan tim yang menerimanya.
  1. ^Vince & Sam awalnya tiba -5, tetapi mereka tidak membayar sopir taksi. Mereka diminta untuk membayar taksi terlebih dahulu sebelum mereka bisa check in Ida & Tania dan Isaac & William diperiksa selama jangka waktu tersebut , menjatuhkan mereka ke -7.
  2. ^Pailin & Natalie ( Leg 3 ) dan Niroo & Kapil ( Leg 4 ) yang timbul penalti 4 jam di kaki penghapusan masing-masing karena Natalie dan Kapil masing-masing gagal menyelesaikan rintangan masing-masing. Namun, sejak tim tiba di terakhir pada setiap kaki, masing-masing tim tersingkir tanpa menilai hukuman 4 jam.
  3. ^Mai & Oliver gagal menyelesaikan kaki setelah jatuh terlalu jauh di belakang tim lain selama tugas pertama kaki itu. Beberapa jam setelah semua tim telah memeriksa, Mai & Oliver masih belum selesai tidak Roadblock maupun Detour. Allan datang ke daerah di mana mereka telah menghabiskan malam dan dieliminasi mereka .
  4. ^Ida & Tania tiba -2, tetapi menerima penalti 30 menit untuk menjadi "ditandai untuk penghapusa " dan tidak tiba pertama. AD & Fuzzie diperiksa selama waktu hukuman mereka, menjatuhkan mereka ke -3.
  5. ^Vince & Sam dan AD & Fuzzie dikeluarkan hukuman empat jam karena Sam dan Fuzzie gagal menyelesaikan Roadblock masing-masing . AD & Fuzzie tersebut kemudian diterbitkan penalti lain 30 menit untuk menjadi "ditandai untuk eliminasi" karena mereka tidak memeriksa terlebih dahulu. Sebagai AD & Fuzzie memiliki waktu yang lebih lama hukuman, Vince & Sam diizinkan untuk check-in untuk finis ke-3 dan waktu hukuman akan dinilai bukan pada awal kaki berikutnya, dan AD & Fuzzie tersingkir tanpa mengeluarkan hukuman.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah tersendiri akan diberikan bagi peserta yang menempati peringkat pertama di sebuah babak:

  • Babak 1 – Kartu kredit $2500 yang dikeluarkan oleh Standard Chartered Bank untuk setiap anggota tim.
  • Babak 2 – Persediaan bensin untuk satu tahun, disponsori oleh Caltex.
  • Babak 3 – Sebuah Sony Handycam untuk setiap anggota tim.
  • Babak 4 – Sebuah ponsel Nokia N96 satu untuk setiap anggota tim.
  • Babak 5 – Liburan tiga hari, dua malam di Ko Samui, Thailand, disponsori oleh Singha Beer.
  • Babak 6 – Liburan tiga hari, dua malam di Ko Samui, Thailand, disponsori oleh Singha Beer.
  • Babak 7 – Sebuah Sony BRAVIA dan Sony PlayStation 3 untuk setiap anggota tim.
  • Babak 8 – Liburan di Hongkong, RRT disponsori oleh Caltex.
  • Babak 9 – Sebuah ponsel Nokia N96 satu untuk setiap anggota tim.
  • Babak 10 – Kartu kredit $2500 yang dikeluarkan oleh Standard Chartered Bank untuk setiap anggota tim.
  • Babak 11 – US$100,000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Rute Peta Lengkap
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   Yield icon.svg Pemblokiran   U-Turn icon.svg Pemutarbalikan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Thailand)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 11 September 2008

Detour pertama pada perlombaan adalah pilihan antara Race or Rice. Pada Race, tim harus melanjutkan ke Chiang Mai X-Centre dan menggerakkan sebuah kereta off-road selama 8 km jalur untuk menerima petunjuk berikutnya. Dalam Rice, tim harus bekerja sama untuk menumbuk padi menjadi pasta dan membuat dua nasi menggunakan metode tradisional, harus mendapat persetujuan.

Tugas tambahan
  • Di Khaosan Road, setiap tim harus mengkonsumsi semangkuk besar Thailand yang "lezat", yang terdiri dari berbagai macam kumbang goreng, katak dan kalajengking.
  • Di Stasiun Layanan Caltex, setiap tim harus benar-benar membersihkan bus penumpang 22 kursi, untuk kepuasan staf Caltex. Setelah mereka selesai, mereka harus mendaftarkan diri untuk tiga bus yang berbeda yang berangkat pada waktu yang berbeda untuk Provinsi Suphanburi, yang kemudian akan berangkat ke Chiang Mai.
  • Di Wat Phai Rong Wua, tim harus mencari dasar candi di antara ratusan patung Buddha untuk petunjuk berikutnya. Dua yang pertama bus, bagaimanapun, akan berangkat 20 menit setelah mereka tiba di kuil. Tim harus mencoba untuk menemukan petunjuk mereka dalam waktu ini jika mereka ingin menangkap bus yang sama.

Babak 2 (Thailand → Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 18 September 2008

Dalam Roadblock pertama musim ini, salah satu anggota tim harus menyeberangi perkebunan dan mengambil petunjuk dari ransel menggantung. Yang menangkap adalah bahwa sepanjang jalan, penembak jitu mengacungkan senjata paintball akan menembak anggota tim, satu kali tembakan, anggota tim harus kembali ke titik awal dan melakukan tugas lagi sampai berhasil. Dalam babak Detour ini, pilihan adalah antara sampan dan beberapa jalan. Dalam sampan, tim harus mengangkut buah-buahan di atas sampan dan baris di seberang sungai ke kios buah yang ditunjuk sepanjang sungai. Dalam beberapa jalan, tim harus mengumpulkan dua puluh ayam hidup dan membawa mereka ke pengecer yang ditunjuk di pasar terdekat.

Tugas tambahan
  • Pada Flight of the Gibbon, tim harus melalui kursus ketinggian hutan yang terdiri dari zip-garis dan tetes paralel.
  • Di Saigon Pho Cafe, tim harus memainkan permainan Nokia N-Gage, yang dikenal sebagai System Rush: Evolution, pada handphone Nokia N82 dan lengkap tiga putaran trek tertentu untuk menerima petunjuk berikutnya.
  • Di Thanh nu Jeanne D'Arc Church, tim harus memilih salah satu dari sembilan organisasi amal yang tersedia, yang mereka akan membeli, menggunakan US $ 500 dari Singha, persediaan sebagai sumbangan untuk organisasi.

Babak 3 (Vietnam)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 25 September 2008

Dalam Roadblock ini, salah satu anggota tim harus mengambil tujuh koin yang mewakili tujuh kaisar dari Dinasti Nguyễn di Vietnam di makam Minh Mang, membawa mereka kembali ke Khai Định Makam dan menempatkan koin dalam urutan yang benar dari pemerintahan kaisar. Dalam babak Detour ini, pilihan adalah antara Sticks and Stalks. Pada Sticks, tim harus membuat sepuluh dupa menggunakan metode ditunjukkan. Pada Stalks, tim harus mendera batang padi untuk mengisi dua piring gabah.

Tugas tambahan
  • Di Fasilitas Layanan Caltex, tim harus memilih jip ditandai untuk mengubah ban dan oli mesin.
  • Di Quoc Hoc Park, tim harus mencari cyclo ditandai untuk petunjuk berikutnya dan menggunakannya dalam perjalanan mereka ke Pit Stop.

Babak 4 (Vietnam → Taiwan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 2 Oktober 2008

Dalam babak Detour ini, tim harus memilih antara Shoot It or Shape It. Dalam Shoot It, tim harus menyetir mobil sendiri ke Museum Miniatur Taiwan dan diberitahu untuk menggunakan kamera Sony Cybershot untuk menembak model yang sangat miniatur amplop kuning-ras tersembunyi di dalam salah satu diorama. Setelah foto itu dicetak, petunjuk berikutnya dapat ditemukan di belakang foto baru mereka. Dalam Shape It, tim harus menyetir mobil sendiri ke Pasar Malam Raohe Street di mana mereka harus menyelesaikan empat set angka menggunakan tangram set besar. Dalam Roadblock leg ini, salah satu anggota tim harus benar-benar mengkonsumsi semangkuk tahu busuk.

Tugas tambahan
  • Di Institut Untuk Orang Buta Taiwan, salah satu anggota tim harus ditutup matanya dan kemudian menggunakan tangan mereka hanya merasakan pesan braille, menerjemahkan, huruf demi huruf kepada rekan lain yang mungkin tidak melihat papan rekan mereka untuk mendapatkan frase yang benar "pergi ke Shenkeng". Ketika mereka benar memberikan pesan ini, tim akan menerima petunjuk berikutnya. Satu tim akan menemukan cek senilai NT $ 612.000 (US $ 20.000) dari Standard Chartered bersama dengan petunjuk berikutnya dan menyumbangkannya ke lembaga tersebut sebelum melanjutkan ke tantangan selanjutnya.

Babak 5 (Taiwan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 9 Oktober 2008

Dalam babak Fast Forward ini, tim melakukan perjalanan ke jalan tertentu, di mana akan menemukan kotak petunjuk. Petunjuk itu kemudian akan menginstruksikan mereka untuk mendapatkan tato permanen di Tattoo Kevin. Tantangan Roadblock ini untuk menemukan souvenir, yang kemudian akan diturunkan menjadi tanda perak kecil yang memiliki logo AXN di satu sisi dan logo The Amazing Race Asia di sisi lain di gerobak batubara. Dalam babak Detour ini, pilihan adalah antara Pick or Pail. Dalam Pick, tim harus mendorong diri ke mall lokal dan mengambil tiga mainan lembut dari mesin permainan. Dalam Pail, tim harus pergi ke Kuil Grand Tong dan harus mengisi ember dengan air penuh dan membawanya ke puncak gunung di mana seorang biarawan akan memeriksa untuk melihat apakah mereka memiliki cukup air atau tidak. Jika mereka merasa cukup air mereka akan menerima petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Dalam Sony Style Store, tim harus menemukan salah satu dari ribuan cakram di rak yang tersedia yang menampilkan "Correct! You may receive your next clue." saat diputar pada pemutar Blu-ray mereka, sementara yang lain akan menampilkan "Sorry. Try again."

Babak 6 (Taiwan → Hong Kong, Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 16 Oktober 2008

Dalam Detour ini, tim harus memilih antara Get Fishy atau Get Lucky. Dalam Get Fishy, tim harus menemukan toko makanan laut di Graham Street untuk skala dan usus 12 ikan untuk kepuasan penjual ikan, sebelum mereka akan menerima petunjuk berikutnya. Dalam Get Lucky, tim harus menuju ke salah satu meja yang ditunjuk di Mee Lun St dan menggigit ke ratusan kue keberuntungan dalam botol yang ditandai dan ketika mereka menemukan satu kue yang berisi uang mengenai petunjuk berikutnya bisa mereka melanjutkan ke tantangan selanjutnya. Dalam Roadblock ini, salah satu anggota tim harus memilih salah satu tas yang disediakan dan mencari melalui pasar yang ramai untuk wanita yang membawa tas yang sama dengan salah satu anggota tim memilih. Wanita ini akan menyerahkan mereka petunjuk terakhir mereka untuk babak berikutnya.

Tugas tambahan
  • Tim harus melewati lapangan rugby, sementara tim rugby Standard Chartered mencoba untuk mencegah mereka dari mendapatkan ke kotak petunjuk di ujung lapangan.

Babak 7 (Hong Kong, Tiongkok → Macau, Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 23 Oktober 2008

Dalam babak Roadblock ini, anggota tim yang dipilih harus mendaki ke puncak Menara Macau, mendapatkan petunjuk berikutnya di sana, dan turun kembali ke pasangan mereka sebelum membaca petunjuk berikutnya. Namun, karena terhujang badai, tidak semua tim yang masih melakukan Roadblock pada saat itu diizinkan untuk naik ke atas sebagai tindakan pencegahan. Dalam babak Detour ini, pilihan adalah antara Dance or Chance. Pada Dance, anggota tim harus benar melakukan rutinitas tarian singa untuk kepuasan rombongan kinerja. Dalam Chance, tim harus memakai pakaian formal dan bermain blackjack di kasino dari Hotel Royal Macau, mereka harus mengalahkan dealer sembilan kali (seperti yang dilambangkan dengan huruf dari kata COMPLETED) sebelum menerima petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Mong Kok, tim harus mengambil empat ikan mas dan membawa mereka ke toko hewan peliharaan yang ditunjuk di Bonham Strand.
  • Pada Sungai Sai Van, tim harus mendayung perahu naga sekitar mengambang dengan memakai pelampung Caltex.
  • Di Ama Culture Village, tim harus mengatur ulang lentera bantalan hewan di zodiak Tionghoa dalam urutan yang benar mereka sebelum membiarkannya ke desa dan Pit Stop.

Babak 8 (Tiongkok → India)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 30 Oktober 2008

Dalam babak Roadblock leg ini, anggota tim yang dipilih harus melakukan bungee jump dari atas Menara Macau untuk menerima petunjuk berikutnya. Tim pertama untuk menyelesaikan tugas akan menerima naik helikopter dari Macau ke Hong Kong malah naik feri TurboJET. Dalam babak Detour ini, pilihan adalah antara Fish in Fill. Dalam Fish, anggota tim harus membawa enam besar ikan todak ke restoran terdekat sebelum menerima petunjuk berikutnya. Dalam Fill, tim harus mengisi pola lantai yang rumit, dengan menggunakan beras berwarna, yang dikenal sebagai Rangoli sebelum menerima petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di gudang MASkargo tim harus mencari dan membuka kotak yang berisi surat-surat mereka dari orang yang mereka cintai sebelum menerima petunjuk berikutnya.
  • Pada Kuil Neelam Kulangara Devi, tim harus mendapatkan berkah dari imam India sebelum mereka menerima petunjuk berikutnya.
  • Pada Area Pencucian Gajah di Kuil SPS, tim harus mencuci gajah menggunakan cara tradisional dengan menggunakan sabut kelapa sebagai penggosok.

Babak 9 (India)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 6 November 2008 Flight: Kochi (Cochin International Airport) to Mumbai, Maharashtra (Bandar Udara Internasional Chhatrapati Shivaji)

Dalam babak Roadblock ini, salah satu anggota tim harus menemukan pheta benar dari 50 laki-laki yang berjalan di sekitar benteng. Jika seseorang yang menemukan pheta dengan kata "Benar" di dalam, mereka menerima petunjuk berikutnya. Dalam memutar leg ini, tim harus memilih antara Push and Crush. Dalam Push, tim harus pergi ke Toko Tembikar Datta Shinde dan mendorong gerobak dengan 75 pot satu kilometer ke Toko Penyediaan Rajkumar di Pasar Mahatma Phule dengan 70 atau lebih pot terputus di tempat tujuan sebelum menerima petunjuk berikutnya. Dalam Crush, tim harus pergi ke pasar, membuat 40 gelas jus tebu dan menjualnya untuk mendapatkan INR200 atau lebih untuk menerima petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Stadion Nehru, tim harus memukul bola kriket ke sebuah papan dihiasi dengan warna-warna Race. Jika mereka tidak berhasil melakukannya dalam 36 bola atau di bawah, tim terjadi penalti dalam sepuluh menit.
  • Setelah tugas kriket, tim menggunakan aplikasi peta pada Nokia 6210 Navigator untuk mengarahkan sopir bajaj mereka ke tujuan berikutnya, Shaniwar Wada.
  • Pada tim Sony World harus membujuk penduduk setempat untuk memberitahu mereka lelucon sementara satu anggota tim mencatat cerita ini ke dalam kamera Sony Handycam, maka tim harus kembali dan memutar ulang video kepada staf. Jika mereka pikir lelucon cukup lucu, mereka memberi tim petunjuk berikutnya.

Babak 10 (India → Oman)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 13 November 2008

Dalam babak Detour ini, tim harus memilih antara Carpet and Count It. Di Carpet, tim harus berjalan ke toko karpet dan menemukan dua karpet yang tepat, menggunakan gambar dengan Sony Cybershot sebagai referensi. Dalam Count It tim harus berjalan ke toko dan menghitung kapur kering dan hanya akan menerima petunjuk mereka setelah mereka menyatakan jumlah yang benar kepada pemilik toko (angka yang benar adalah 1601, 1595, 1598 dan 1577). Dalam babak Roadblock ini, salah satu anggota tim harus zip di ngarai ke sisi lain untuk menerima petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah tiba di gedung Standard Chartered Bank, mereka akan memasukkan kartu ATM yang diberikan kepada mereka dan pukulan pada tahun kelahiran Mahatma Gandhi (1869) sebagai PIN. Petunjuk berikutnya akan dicetak pada tanda terima. Jika tim membuat tiga kali gagal, mereka akan dikenakan penalti waktu sepuluh menit sebelum menerima petunjuk berikutnya. Inilah sebabnya mengapa tim harus mencatat tanda peringatan di patung Gandhi dalam perjalanan ke gedung bank, meskipun beberapa tim tidak melakukan ini dan masih punya jawaban yang benar hanya dengan meminta beberapa orang yang lewat.
  • Pada Nizwa Fort, tim mencari kotak petunjuk yang benar berisi petunjuk selanjutnya mereka dari kalangan kotak petunjuk lainnya yang tersebar di sekitar benteng.

Babak 11 (Oman → Thailand)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 20 November 2008

Dalam babak Roadblock ini, salah satu anggota tim harus menemukan satu dari tujuh tombol khusus dari tujuh puluh kunci terkubur di pasir menggunakan detektor logam untuk membuka kotak petunjuk. Dalam babak Detour ini, tim harus memilih antara Pull atau Plunge. Dalam Pull, tim harus kayak ke sebuah peternakan tiram di dekatnya dan menemukan kerang ditandai dengan menarik garis tiram, maka tim harus membawa kerang ditandai kembali ke pantai untuk bertukar dengan petunjuk berikutnya. Dalam Plunge, tim harus menyelam dan mencari cangkang kerang raksasa dengan mutiara didalamnya; mutiara harus ditukar dengan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Peternakan Said Camel, tim harus menggerakan sepuluh unta sambil memegang pena.
  • Di Pabrik Es Thai Trade Food, tim harus mencari es batu kecil berlogo The Amazing Race yang terkubur di dalam satu tong es untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Lam Hin Pier, tim harus naik perahu dan mencari seorang nelayan di perahu ditandai untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Pantai Rang Yai, tim harus menggali peti harta karun dan membawanya ke garis selesai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "AXN-Asia September 2008 Schedule" (PDF). AXN Asia. 2008-08-02. Diakses tanggal 2008-08-02. [pranala nonaktif]
  2. ^ "Two-and-a-half S'poreans in new race". TODAYonline. Diakses tanggal 2008-08-05. [pranala nonaktif]
  3. ^ Gaita, Paul (2009-11-18). "Nominations for International Emmys announced". Los Angeles Times. Diakses tanggal 2010-02-05. 
  4. ^ "Brits dominate International Emmy Awards". ABCNews. 2009-11-25. Diakses tanggal 2010-02-05. 
  5. ^ "RP duo in 2nd spot on 'Amazing Race Asia'". Inquirer.net. 2008-09-08. Diakses tanggal 2008-09-09. 
  6. ^ "Application Procedure and Eligibility Requirements" (PDF). Diakses tanggal 2008-01-24. 
  7. ^ "Application Form" (PDF). Diakses tanggal 2008-01-24. 
  8. ^ a b "Natalie & Pailin Bio". AXN-Asia. Diakses tanggal 2008-08-05. 
  9. ^ "Sam & Vince's bio". AXN-Asia. 2008-08-04. Diakses tanggal 2008-08-10. 
  10. ^ "Fang's Bites: Interview with the Amazing Race Asia Executive Producer Michael McKay". Diakses tanggal 2008-09-09. 
  11. ^ "The Amazing Race Asia 3 Is The Toughest Race Ever. Teams & Global Partners Gear Up For A Season Bar None!". AXN-Asia. 2008-08-04. Diakses tanggal 2008-08-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]