The Amazing Race Norge 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Amazing Race Norge
The Amazing Race Norge title card.jpg
Pertama tayang 6 Maret 2013 (2013-3-6)
– 22 Mei 2013 (2013-5-22)
Tanggal pengambilan film November/Desember 2012
Jumlah episode 12 (13 termasuk episode ringkasan)
Pemenang Omar Ishqair & Bilal Ishqair
Benua yang dikunjungi 3
Negara yang dikunjungi 6
Kota yang dikunjungi 15
Jumlah leg perlombaan 12

The Amazing Race Norge 2 adalah musim kedua dari serial televisi The Amazing Race Norge yang menghadirkan 10 tim yang memiliki hubungan sebelumnya dalam perlombaan keliling dunia untuk memenangkan NOK 500,000 untuk setiap anggotanya, sehingga hadiah uangnya menjadi NOK 1,000,000.

Acara ini tayang perdana pada 6 Juni 2013 pada pukul 20:00 CEST.[1]

Episode terakhir acara ini ditayangkan pada tanggal 22 Mei dengan saudara Omar & Bilal Ishqair memenangkan musim kedua The Amazing Race Norge. Episode spesial ringkasan ditayangkan pada tanggal 29 Mei.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Februari, telah diumumkan bahwa Freddy dos Santos akan kembali membawakan acara ini.[2] Pada musim ini, jika ada dua atau lebih peserta yang datang pada saat yang bersamaan, meskipun pada penempatan akhir mereka tidak bersama, tetapi mereka akan berangkat bersama pada babak selanjutnya, seperti versi Amerika. Hal ini terjadi pada babak kedua, ketika peserta yang datang ke-2, ke-3, dan ke-4 berangkat bersama, sama halnya dengan peserta yang datang ke-7 dan ke-8.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran perlombaan ini dimulai pada tanggal 1 Juli[3] dengan pesertanya harus berusia 18 tahun ke atas untuk mengikutinya. Pendaftaran ditutup pada tanggal 15 Agustus[4] dan peserta diumumkan pada tanggal 20 November 2012.[5]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Sponsor perlombaan ini termasuk diantaranya Nordea, Hotels.com, Elproffen, Gouda dan Subaru.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut berpartisipasi dalam perlombaan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar. Perlu dicatat bahwa tabel ini tidak reflektif dari semua yang ditayangkan, dengan masuk dan keluarnya sebuah data. Peringkat mereka akan dijelaskan sebagai berikut:[1]

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 5 6 7 8+ 9 10 11+ 12
Omar & Bilal Saudara 3 7 2 1 2 1 1 1 2 1 2 1 Omar 6, Bilal 6
Solfrid & Sveinung Suami-Istri 6 3 3 3 4 4 2 2 1 3 1 2 Solfrid 6, Sveinung 6
Cecilie & Camilla Teman 7 5 4 4 3 2 5 3 4 4 3 3 Cecilie 6, Camilla 6
Julie & Robert Kolega 5 2 1 2 1 3 3 4 3 2 4 Julie 5, Robert 6
Lill & Stian Menikah 1 8 6 6 7 5 4 5 5 Lill 5, Stian 3
Eva & Wenche Teman 4 1 7 5 6 6 6 Eva 3, Wenche 4
Vinh & Terje Rekan 2 4 5 7 5 7 Vinh 4, Terje 2
Priscila & Lindsy Teman Baik 8 6 8 Priscila 1, Lindsy 2
Milorad & Dario Ayah dan Anak 9 9 Milorad 1, Dario 1
Allan & Ørjan Rekan Satu Tim 10 Allan 0, Ørjan 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menunjukkan tim itu dieliminasi.
  • Tanda ƒ hijau menandakan bahwa tim tersebut telah memenangkan Percepatan.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Rintangan di babak berikutnya.
  • Tanda ⊃ coklat menunjukkan bahwa tim tersebut menggunakan Pemutarbalikan; menandakan tim yang menerimanya.
  • Tanda + oranye menandakan bahwa ada Persekutuan pada babak tersebut − oranye menandakan bahwa tim itu kalah dan mendapatkan penalti.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah tersendiri diberikan kepada peserta yang menyelesaikan babak tertentu pada urutan pertama:

  • Babak 5 – Sertifikat hadiah NOK 15.000 dari Hotels.com
  • Babak 6 – Sertifikat hadiah NOK 15.000 dari Hotels.com
  • Babak 9 – Sertifikat hadiah NOK 10.000 dari Hotels.com
  • Babak 10 – Sertifikat hadiah NOK 10.000 dari Hotels.com
  • Babak 12NOK 500.000 dari Nordea dan sebuah Subaru Forester untuk masing-masing anggota tim.

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Veivalg (Memutar)   Roadblock icon.svg Veisperring (Penghadang)   Intersection icon.svg Veikryss (Persekutuan)   U-Turn icon.svg U-Sving (Pemutarbalikan)    TAR Exclamation icon.svg Handikap (Rintangan)  TAR-pitstop-icon.png Pitstop (Pemberhentian)
Peta rute

Babak 1 (Norwegia → Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 6 Maret 2013

Kastil Harapan Baik yang terletak di Cape Town merupakan Pemberhentian pertama dalam musim kedua Amazing Race Norwegia.

Pada Penghadang pertama perlombaan, salah satu anggota tim harus menggunakan satu set kunci yang akan membuka sebuah ruangan di Kastil Harapan Baik di mana mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Museum Fram, peserta harus mencari salah satu dari sepuluh petunjuk dari Fram, yang digunakan oleh penjelajah Norwegia Fridtjof Nansen.
  • Di jalan Karl Johans, peserta harus mencari seseorang bernama Jan Egil dan membeli majalah darinya yang akan membawa mereka ke tujuan selanjutnya: Pusat Perdamaian Nobel.
  • Di Bandar Udara Oslo, peserta harus mencari sebuah papan di mana mereka harus menempelkan foto mereka di situ dalam urutan kedatangan sebelum mendapatkan tiket mereka.
  • Di Bandar Udara Internasional Cape Town, peserta harus mencari seseorang bernama Shiraz, yang akan memberikan mereka petunjuk berikutnya berdasarkan urutan kedatangannya di Gardermoen. Setiap tim pergi lima menit setelah tim sebelum mereka.
  • Di Nobel Square peserta harus menjawab kuis 6 pertanyaan tentang pemenang Penghargaan Nobel asal Afrika Selatan. Setelah jawaban mereka benar, huruf pertama jawaban-jawaban itu membentuk UBUNTU di mana adalah pandangan etika dunia dari Afrika yang menekankan masyarakat, berbagi, dan kebaikan hati. Setelah mendapatkan katanya dengan benar, mereka dapat menyebutkannya sebagai syarat untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Langa Township, peserta harus mempelajari tarian lokal yang disebut "tari gumboot". Setelah instrukturnya puas akan penampilan mereka, ia akan memberikan petunjuk selanjutnya.
  • Di Heritage Square, peserta harus membeli kartu pos dengan sebuah catatan dari pembawa acara. Catatan itu memberitahu mereka untuk pergi ke tempat yang ada di kartu pos: Kastil Harapan Baik.

Babak 2 (Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 13 Maret 2013

Pada Penghadang, para peserta harus membangun rumah pantai Afrika Selatan di Pantai Muizenberg.

Peserta memulai babak ini di puncak Gunung Meja. Di Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus membuat ulang tiga rumah pantai menggunakan potongan kayu. Mereka hanya dapat membuat rumah pantai dengan mencocokkan tiga nomor yang diberikan kepadanya. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Telle (Hitung) atau Pelle. Di Telle, peserta harus menghitung dua jenis ikan berbeda yang terendam di sebuah kontainer penuh dengan es. Setelah menyebutkan hasilnya dengan benar (13 hitam dan 17 merah), mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Pelle, peserta harus merapikan ikan-ikan yang akan dijual.

Tugas tambahan
  • Di Gunung Meja, peserta harus menemukan dan mengambil foto empat jenis bunga berbeda menggunakan tablet.
  • Di Pelabuhan Pantai Kalk, peserta harus mencari Ferial yang akan memberikan mereka petunjuk berikutnya.
  • Di Masiphumele, peserta harus bersepeda dan mencari toko Masiphumele Cellphone & Take-away. Sesampainya di sana, mereka harus mengantarkan kepala domba yang mereka bawa selama babak berlangsung dan memakan kepala yang telah dimasak masing-masing sebelum mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Setelah sampai di Chapman's Peak, peserta harus menembakkan meriam api sebelum masuk ke Pemberhentian.

Babak 3 (Afrika Selatan → Namibia)[sunting | sunting sumber]

MKebanyakan tugas di babak ketiga dilaksanakan di Windhoek, ibukota Namibia.

Tanggal tayang: 20 Maret 2013

Pada Memutar babak ini, peserta harus memilih antara Hugge (Membongkar) atau Skrubbe (Menggosok). Di Hugge, peserta harus memotong kayu untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Skrubbe, peserta harus mencuci dan menggosok mobil untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus menusuk kotoran hewan dan memasang stik di mana kotoran itu berada. Kemudian, mereka harus menusuknya lagi, mengambil stik itu, dan terus begitu sampai mereka tiba di Pemberhentian.

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Bandar Udara Internasional Cape Town, peserta harus mencari sebuah patung gajah di mana mereka akan menempel foto mereka di sebuah papan yang akan digunakan untuk tugas pertama mereka di Windhoek.
  • Di ahli mengisi kulit binatang di Windhoek, peserta harus mengidentifikasi kulit yang cocok dengan hewan tersebut. Jumlah kulit yang harus diidentifikasi peserta adalah berdasarkan urutan kedatangan mereka di Bandar Udara Internasional Cape Town. Tiga tim pertama (Eva & Wenche, Julie & Robert, Solfrid & Sveinung) harus mengidentifikasi hanya dua kulit. Dua tim berikutnya (Cecille & Camilia, Vinh & Terje) harus mengidentifikasi empat kulit dan tiga peserta terakhir (Omar & Bilal, Lill & Stian, Priscila & Lindsy) harus mengidentifikasi enam kulit binatang.
  • Di Perbaikan Ban Etyapa, peserta harus membeli ban dan memisahkan antara pelek dengan pusat roda. Setelah itu, peserta harus membawa ban tersebut ke toko terdekat di mana ban mereka akan dipotong untuk dibuat sandal. Setelah sandal itu dibuat, mereka harus memakainya dan berjalan ke Pasar Terbuka Komunitas Oshetu di mana mereka akan mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Sambil berjalan ke Okapuka Game Reserve, peserta harus mengumpulkan kotoran hewan sebelum menuju ke Stasiun Kereta Api Otjihavara. Mereka akan butuh kotoran itu untuk Penghadang.

Babak 4 (Namibia)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 27 Maret 2013

Di babak ini, peserta mengunjungi Gunung Namib. Di gambar ini adalah Spitzkoppe tempat diselenggarakannya tugas-tugas di pegunungan dan desa sekitarnya.
  • Railway: (Stasiun Kereta Api Otjihavara) ke Erongo (Kereta Simpang Stingbank)
  • Spitzkoppe (Toko)
  • >Halangan (Siapa yang mengklik terlebih dahulu? (Hvem klikker først?))< Spitzkoppe (Sekolah Dasar Spitzkoppe)
  • Spitzkoppe (Bushman Paradise)
  • Spitzkoppe (Small Bushman Paradise)
  • Erongo (Sungai Khan)
  • Erongo (Haigamkab) >Pemutaran (Spare Vann)<
  • Moonscape Canyon (Viewpoint)
  • Moonscape Canyon >Pemberhentian (Leg 4)<

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus mempelajari lima kata dalam bahasa lokal melalui kain gambar yang diberikan kepada mereka. Setelah mengulangnya dengan benar, seorang guru sekolah akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Memutar kali ini merupakan pilihan antara Spare Vann (Menyimpan Air) atau Koke Vann (Merebus Air). Di Spare Vann, peserta harus mempelajari bagaimana air itu disimpan secara tradisional oleh bangsa San. Pertama mereka harus mengambil di dalam tanah menggunakan jerami yang ada di tanah. Kemudian, mereka harus memindahkan air itu menggunakan jerami yang lain dan mengisi telur burung unta dengan air yang mereka kumpulkan di Sungai Khan. Setelah mengisi telur-telur itu dengan air, peserta harus menutup lubang telur tadi menggunakan jerami dan menguburnya di bawah tanah. Setelah melakukan ini, peserta akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Koke Vann, peserta harus membuat api dari stik dan merebus air untuk dipindahkan ke telur burung unta yang sebelumnya mereka kumpulkan. Setelah selesai, mereka akan mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah turun dari kereta api, peserta sadar bahwa mobil yang akan mereka digunakan harus dipasang dahulu bannya.
  • Di sebuah toko di Spitzkoppe, peserta akan diberikan beberapa kain sekaligus petunjuk mereka berikutnya.
  • Setelah menaiki bukit dari Spitzkoppe ke Bushman Paradise, peserta akan diajari oleh seorang bushman untuk membuat lukisan batu. Jika lukisan mereka memuaskan, ia akan memberikan mereka petunjuk berikutnya.
  • Setelah itu, para peserta harus "turun gunung" dan pergi melalui kepadatan ke Small Bushman Paradise, di mana mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya dalam mobil mereka.
  • Di Sungai Khan, peserta harus mengumpulkan dua butir telur burung unta yang tersembunyi di daerah itu. Mereka akan membutuhkannya untuk kedua pilihan Memutar.
  • Sebelum masuk ke Pemberhentian, peserta harus mencari amplop petunjuk yang tersembunyi di bawah ratusan selimut di Moonscape Canyon. Setelah mereka menemukannya, mereka dapat melanjutkan perjalanan ke Pemberhentian.
Catatan tambahan
  • Selama Pemberhentian, peserta diangkut menggunakan kereta api ke Gurun Namib. Mereka dilepaskan di titik-titik berbeda selama dipindahkan sesuai urutan tiba di Pemberhentian sebelumnya, tidak peduli akan perbedaan waktu.

Babak 5 (Namibia → Chile)[sunting | sunting sumber]

Museum Seni Rupa Nasional Chile merupakan Pemberhentian pada babak ini.

Tanggal tayang: 3 April 2013

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus berdiri di belakang kios dan mengocok 1 kg kacang, kemudian menyiapkannya untuk dijual. Setelah juri puas dengan kualitas kacang dan pengemasannya, ia akan memberikannya petunjuk selanjutnya. Memutar babak ini adalah pilihan antara Henge Høyt (Menggantung Tinggi) atau Stable Drøyt (Keseimbangan Kasar). Di Henge Høyt, peserta harus menyelesaikan tantangan udara. Ketika kedua anggota tim sudah selesai, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Stable Drøyt, peserta harus membuat dua piramida dari bola golf. Jika telah membuat piramida, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Bandar Udara Internasional Hosea Kutako, peserta harus menempelkan foto mereka ke papan berdasarkan urutan kedatangan mereka.
  • Sesampainya di Santiago, peserta harus mencari Fernandes yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya dan menunjukkan bus yang akan mereka naiki ke La Moneda. Mereka hanya diberikan petunjuk setiap 10 menit berdasarkan urutan kedatangan mereka di Bandar Udara Internasional Hosea Kutako. Omar & Bilal berangkat terlebih dahulu; Julie & Robert, kedua; Cecilie & Camillia, ketiga; Solfrid & Sveinung, keempat; Eva & Wenche, kelima; Lill Marie & Stian, keenam; Vinh & Terje, terakhir, 60 menit dari tim pertama.
  • Di La Moneda, peserta harus berpikir bahwa petunjuk mereka selanjutnya ada di sebuah pesan di layar dekat Torre Entel. Pesan ini berisi lokasi petunjuk mereka selanjutnya.
  • Di Bukit Santa Lucía, peserta harus mencari enam bola meriam bernomor dan membawanya selama perjalanan menuju puncak bukit. Setelah mereka menunjukkan keenam bola tersebut, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Observatorium Astronomi Nasional, peserta harus mengingat simbol astrologi keduabelas zodiac. Setelah mereka pikir mereka ingat simbol tersebut, mereka bisa langsung ke observatorium di mana mereka harus mencocokkan simbol tersebut dengan nama zodiak untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Untuk rintangan Vinh & Terje, mereka tidak hanya harus mengingat simbol, tetapi mereka juga harus tahu nama dan urutannya.
  • Di Parque Forestal, peserta harus berhasil bermain dengan mainan tradisional Chile bernama Emboque. Mainan itu terdiri dari cangkir kayu dan sebuah pegangan, dan bola kecil terikat dengan cangkir itu dengan sebuah senar. Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ini ke dalam cangkir. Jika kedua anggota tim berhasil, mereka dapat berlari ke Pemberhentian.

Babak 6 (Chile)[sunting | sunting sumber]

Di Caleta Portales, peserta harus memakan sebuah piure untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 10 April 2013

Pada Memutar babak ini, peserta harus memilih antara Klatre (Climb) atau Klatte (Daub). Di Klatre, salah satu anggota tim harus menampilkan akrobat, di mana yang satunya harus memanjat tali sepanjang 5 metres (16 ft) untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Klatte, peserta harus mewarnai lukisan menggunakan sistem "mewarnai berdasarkan angka". Setelah lukisannya diwarnai dan disetujui, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang, salah satu anggota tim harus mempelajari cara memainkan ulangan lagu El Cóndor Pasa pada sebuah seruling. Setelah jurinya puas akan penampilan merkea, mereka dapat melanjutkan ke Pemberhentian.

Tugas tambahan
  • Di Kereta Tua, peserta harus mencari foto Freddy membawa papan dengan nama tujuan selanjutnya di dalam kereta.
  • Di Caleta Portales, peserta harus memakan sebuah piure. Sebagai rintangan mereka, Lill & Stian harus memakan dua buah piure.
  • Di sebuah jam bayangan matahari di Viña del Mar, peserta harus berjalan satu putaran mengelilingi jam tersebut tepat 60 detik tanpa bantuan jam, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 7 (Chile → Argentina)[sunting | sunting sumber]

Pada babak ini, peserta mengunjungi Portillo Hotel untuk mengerjakan tugas tambahan agar mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 17 April 2013

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus membuat anggur dengan mencampur Carbernet Sauvignion (65%), Petit Verdot (30%) dan Carmenere (5%). Setelah campurannya disetujui oleh penguji rasa, para anggota tim memiliki anggur yang dituangkan ke dalam botol, kemudian dikemas dan setelah itu diberi label. Setelah pembuat anggur setuju, mereka akan mendapatkan petunjuk berikutnya. Pada Memutar, peserta harus memilih antara Opptur (Kemajuan) atau Nedtur (Penurunan). Di Opptur, peserta harus membawa 20 kg karung ke seorang pemanjat, yang duduk di 120 m di atas tempat mereka mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Nedtur, peserta turun 230 m untuk mengambil tali, dan harus mengantarkan tali itu ke seorang pendaki untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah peserta menyelesaikan Penghadang, peserta harus mengantarkan anggur tersebut kepada pemilik restoran Gino untuk mendapatkan kunci ke petunjuk berikutnya.
  • Di dalam Portillo Hotel, peserta harus mengantarkan dua baju ke 629, kemudian peserta harus mengambil roti dari toko roti dan kemudian mengantar dua minuman dari bar ke pasangan yang ada di ballon. Setelah tugas itu selesai mereka jalankan, mereka harus mencari petunjuk selanjutnya menggunakan teropong binokuler.
  • Peserta harus mengayuh kayak dari Laguna del Inca dan kembali ke Portillo Hotel.
  • Sebelum masuk ke Pemberhentian, peserta harus memuat barang ke bagal. Ketika barang tersebut disetujui, mereka harus membawa bagal tersebut ke Pemberhentian.

Babak 8 (Argentina)[sunting | sunting sumber]

Uribelarrea di Region Pampas adalah salah satu lokasi babak kedelapan perlombaan ini.

Tanggal tayang: 24 April 2013

  • Uribelarrea, Buenos Aires Province, Pampas Region (Stasiun Kereta Api)
  • Uribelarrea (La Pulperia)
  • Uribelarrea (En Palenque)
  • Uribelarrea (Don Boscos)
  • Uribelarrea (Esculea Agrotecnica Salesiana)
  • Uribelarrea (Avenida Estancia La Figura) >Persekutuan<
  • Uribelarrea (Avenida Estancia La Figura – BBQ) >Pemutaran (Food atau Guts)< >Pemutarbalikan  (Omar & Bilal memutar balik Cecilie & Camilla)<
  • Uribelarrea (Avenida Estancia La Figura – Lapangan) >Halangan (Siapa yang dapat menangkap kuda? (Hvem kan fange hesten?))<
  • Uribelarrea (Avenida Estancia La Figura – Taman Peternakan) >Pemberhentian (Leg 8)<

Pada Persekutuan babak ini, peserta harus berlomba satu sama lain dalam sebuah tantangan gaucho tradisional. Pertama, salah satu anggota tim harus menaiki kuda yang terdiri atas barel balap dan punggung. Kemudian, anggota tim kedua harus menaiki dengan jalur yang sama, kemudian menggunakan stik, menusuknya ke cincin setelah jalur berakhir. Tim pertama yang menangkap cincin itu, akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Memutar kali ini, peserta harus memilih antara Mat (Makanan) atau Innmat (Sari). Di Mat, peserta harus memakan 2 kg daging untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Innmat, peserta harus memakan 1 kg sari lembu untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus memilih stasiun dan menggunakan tali penjerat untuk mengikat sebuah kuda kayu dan tarik ke arah mereka untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di La Pulperia, peserta harus membeli sebuah labu air, sebuah bombilla dan sekantung yerba mate. Setelah dibeli, mereka harus mengantarnya ke sekelompok gauchos di luar En Palenque. Di sana, mereka harus mencampur yerba mate dengan air, dan meminumnya dengan cara tradisional untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Don Boscos, peserta harus memisahkan 10 ekor sapi bertanda merah dari sekelompok sapi, dan memindahkannya ke sebuah kandang untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.
  • Di Esculea Agrotecnica Salesiana, peserta harus mencari tempat pemberian makan. Di sana, mereka harus mengisi kantung dengan makanan hewan. Dengan kuda, peserta harus mengantar makanan itu ke Avenida Estancia La Figura, di mana mereka harus menimbang makanan tersebut. Jika berat makanannya kurang dari 50 kg, mereka harus kembali dan mengisinya lagi. Jika beratnya lebih dari 50 kg, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 9 (Argentina)[sunting | sunting sumber]

Selama di Buenos Aires, Argentina, peserta mengunjungi Avenida Corrientes di mana mereka harus mengumpulkan 50 eksemplar surat kabar Clarín, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 1 Mei 2013

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus memilih instruktur tari dan mempelajari gerakan dasar dari tango Argentina. Kemudian mereka harus memilih teman berdansa dan berdansa selama dua menit. JIka juri puas dengan tariannya, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Memutar babak ini adalah pilihan antara Gull i munn (Emas di dalam mulut) atau Sølv i bunn (Perak di bawah). Di Gull i munn, mereka harus memanggang 50 buah croissant. Setelah tukang rotinya puas akan kualitasnya, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Sølv i bunn, peserta harus menjual 50 buah croissant seharga $2 setiap croissantnya. Setelah peserta mendapatkan $100, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Sebagai rintangan, Lill & Stian harus menjual 100 buah croissant dan menghasilkan $200 untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Toko Buku Libertador, peserta harus mencari buku Buenos Aires Baila Tango. Guia de Milongas. Setelah ketemu, mereka harus membuka buku itu ke halaman 97 untuk menemukan alamat tujuan mereka selanjutnya.
  • Di sebuah toko surat kabar di Avenida Corrientes, peserta harus mengumpulkan 50 eksemplar surat kabar Clarín, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Plaza San Martin, peserta harus mengajak anjing berjalan. Peserta harus mengajak 10 anjing dengan warna tali yang sama berjalan ke Gobierno de la Ciudad de Buenos Aires untuk mendapatkan petujuk berikutnya.

Babak 10 (Argentina)[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Iguazu merupakan Pemberhentian pada babak ke-10 perlombaan.

Tanggal tayang: 8 Mei 2013

Pada Memutar babak ini, peserta harus memilih antara Høste (Memanen) atau Nøste (Memberi Angin). Di Høste, peserta harus memanen dan membersihkan jagung seberat 10 kilograms (22 lb) untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Nøste, peserta harus membuat tali sepanjang 4-metre (13 ft) di luar kulit untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Di Penghadang, salah satu anggota tim harus menyelesaikan tantangan militer untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di luar bandar udara Puerto Iguazú, peserta harus menggambar peta dalam urutan yang sama dengan kedatangan mereka di bandar udara di Buenos Aires. Peta-peta itu akan mereka butuhkan sepanjang babak berlangsung. Setelah peserta selesai menggambar peta, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Granja de Ceros, peserta harus menangkap seekor babi, menaruhnya di kantung dan mengirimkannya kepada kepala desa di desa tetangga Guarani Jefe untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah Memutar, peserta harus memilih pemandu yang akan memandu mereka ke basis militer Argentina.

Babak 11 (Argentina → Brazil)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 15 Mei 2013

Pada Penghadang, teams had to search Escadaria Selarón for pictured tiles.

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus mencari 10 ubin bergambar di Escadaria Selaón. Setelah mereka menemukan ubinnya, mereka harus menulis huruf tertentu, agar mendapatkan frasa tertentu. Ketika mereka menemukan frasanya (Cesar, cadê minha pista?), mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Sebagai rintangan, Cecilie & Camilla harus menemukan 15 ubin. Pada Persekutuan, peserta harus bermain sepak bola selama 10 menit melawan tim lain. Pertama, peserta harus memilih 3 pemain Karanba, sehingga pertandingan menjadi 5 lawan 5. Tim pemenang mendapat petunjuk berikutnya dan tim yang kalah harus menunggu tim lain yang datang untuk bermain melawan mereka. Memutar kali ini adalah piihan antara Nett (Bersih) atau Svett (Keringat). Di Nett, peserta harus membersihkan dan menjemur jaring ikan. Jika nelayan puas dengan hasil kerja mereka, maka nelayan itu akan memberikan arah ke petunjuk selanjutnya. Di Svett, peserta harus mempelajari tari Capoeira, dan menampilkannya di depan juri. Jika juri puas akan penampilan mereka, ia akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Bandar Udara Santos Dumont, peserta harus mengumpulkan troli untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Sejak Omar & Bilal menempati peringkat pertama di babak sebelumnya, mereka hanya harus mengumpulkan 5 troli. Julie & Robert harus mengumpulkan 10 troli, Solfrid & Sveinung 15 troli dan Cecilie & Camilla 20 troli.
  • Setelah Penghadang, peserta harus menemukan satu dari empat bus VW. Setelah mereka menemukannya, mereka harus mengatakan "Karanba" kepada pengemudi, dan ia akan mengantar mereka ke tujuan selanjutnya.
  • Di Pantai Copacabana, peserta harus menemukan petunjuk selanjutnya, yang tersembunyi di dalam istana pasir.
  • Di Dermaga 8 Pantai Ipanema, peserta harus menghitung seberapa banyak es akan mencair jika dibawa jalan sepanjang 800 meter (1/2 mil). Kemudian mereka harus mengantarkan es tersebut kepada petugas di Dermaga 7. Es tersebut nantinya akan ditimbang dan beratnya harus 20 kg (44 lb), kemudian peserta dapat langsung menuju Pemberhentian. Jika es tersebut beratnya lebih atau kurang dari 20 kg (44 lb), mereka harus mengulang kembali tugas tersebut.

Babak 12 (Brazil → Norwegia)[sunting | sunting sumber]

Tambang Raja adalah tempat dilaksanakannya beberapa tugas dan garis akhir.

Tanggal tayang: 22 Mei 2013

Pada Penghadang babak ini, salah satu anggota tim harus mempelajari Kongsberg Drikkevise dan menampilkannya. Jika juri puas akan penampilannya, peserta akan mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tugas tambahan
  • Di Pantai Leblon, peserta harus berenang ke sebuah batas dan mengambil foto mereka. Kemudian mereka harus berenang kembali dan menempelkan foto mereka ke sebuah papan yang akan digunakan untuk tugas pertama mereka di Norwegia.
  • Di Drammen, peserta harus mencari salah satu dari tiga mobil yang diparkir di tiga lokasi berbeda di Drammen. Urutan peserta yang tertera di papan di Rio de Janeiro, menentukan seberapa jauh dari stasiun kereta api Drammen dengan mobil mereka. Mobil Solfrid & Sveinung diparkir 350 m jauhnya dari stasiun, Omar & Bilal 990 meter jauhnya, dan Cecilie & Camilla 1,400 meter jauhnya.
  • Di FMC Technologies, peserta harus membuat model pipa bawah laut untuk menyambung minyak dan gas. Karena instruksinya tertulis dalam bahasa Portugis, maka mereka harus mencari seseorang yang dapat menerjemahkan instruksi itu. Setelah penyambungannya selesai dan disetujui, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di FMC Technologies, peserta harus menavigasi sebuah robot bawah laut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya, yang diletakkan di kedalaman 8 meter di bawah laut.
  • Di Kongsberg Skisenter, peserta harus pergi ke ski Telemark di bawah bukit hitam untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di luar Tambang Raja, peserta harus menggunakan palu dan pahat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya, yang berada di dalam balok beton.
  • Di dalam Tambang Raja, peserta harus bermain anggar melawan mantan juara anggar nasional. Setelah mereka mendapatkan satu poin, mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di depan Garis Akhir, peserta harus mendapatkan tepat kombinasi 2-6-7-8 untuk membuka sebuah brankas dengan petunjuk terakhir mereka di dalamnya. Jika mereka memasukkan kombinasi yang salah lima kali, mereka harus menunggu 5 menit untuk mencoba kembali. Setelah kombinasi yang tepat dimasukkan (8-2-7-6), mereka dapat membuka brankas tersebut, mengambil petunjuk mereka, dan berlari ke garis akhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Dette er årets "The Amazing Race Norge"-deltakere - Showbiz, kjendiser, blogger, spill og moro". Tv2.no. 2012-11-20. Diakses tanggal 2013-03-07. 
  2. ^ "Freddy dos Santos fikk ja av samboeren". Tv2.no. Diakses tanggal 2012-08-18. 
  3. ^ "Amazing Race sesong 2". Rubiconcasting.com. Diakses tanggal 2012-07-01. 
  4. ^ "The Amazing Race Norge". Facebook. Diakses tanggal 2012-08-13. 
  5. ^ "Dette er årets "The Amazing Race Norge"-deltakere - Showbiz, kjendiser, blogger, spill og moro". Tv2.no. 2012-11-20. Diakses tanggal 2013-03-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]