Pasar Bến Thành

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pasar Bến Thành
Pasar Bến Thành
Monumen di pintu masuk utama.

Pasar Bến Thành (bahasa Vietnam: Chợ Bến Thành) adalah pasar yang besar di pusat kota Hồ Chí Minh, Vietnam di Distrik 1. Pasar ini adalah salah satu struktur paling awal yang masih hidup di Saigon dan sebuah simbol penting dari Kota Hồ Chí Minh, terkenal dengan wisatawan lokal, kerajinan, tekstil, áo dài dan cinderamata, serta masakan lokal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pasar dikembangkan dari pasar informal dibuat pada awal abad ke-17 pedagang jalanan berkumpul di dekat Sungai Saigon. Pasar resmi didirikan oleh kekuatan kolonial Prancis setelah mengambil alih benteng Gia Dinh pada tahun 1859 (lihat Citadel of Saigon). Pasar ini dihancurkan oleh api pada tahun 1870 dan dibangun kembali untuk menjadi pasar terbesar Saigon. Pada tahun 1912 pasar telah dipindahkan ke gedung baru dan disebut Pasar Bến Thành baru untuk membedakan dari pendahulunya. Bangunan telah direnovasi pada tahun 1985.[1]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Selain menjadi pusat dari jaringan bus kota melayani Kota Hồ Chí Minh, Pasar Bến Thành adalah pusat dari beberapa jalur Metro Hồ Chí Minh yang direncanakan; Jalur 1, sedang dalam pembangunan, akan menghubungkan Bến Thành dengan Taman Suối Tiên dan Long Binh di Distrik 9. Jalur lain akan menghubungkan Bến Thành dengan Tham Luong di Distrik 12, dan juga Cholon dan Distrik Binh Tan.

Gambar-gambar dari Pasar Bến Thành[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artikel dari Saigon Hari ini March 12, 2007, at the Wayback Machine.Diarsipkan March 12, 2007, di Wayback Machine.

Link eksternal[sunting | sunting sumber]