Mong Kok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mong Kok

Mong Kok P1010168.JPG

Jalan Selatan Sai Yeung Choi di Mong Kok
Hanzi:
Makna literal: membanjir/korner sibuk
Pemandangan dari udara Mong Kok
Jalan Argyle di Mong Kok

Mong Kok (juga disebut Mongkok) adalah sebuah wilayah di Distrik Yau Tsim Mong, di bagian barat Semenanjung Kowloon di Hong Kong. Wilayah Prince Edward meliputi bagian utara Mong Kok.

Wilayah ini dikarakterisasikan oleh campuran bangunan multi-kisah tua dan baru, dengan toko-toko dan restoran-restoran di tingkat jalanan dan unit-unit komersial dan residensial didalamnya. Industri utama di Mong Kok adalah ritel, restoran (termasuk makanan cepat saji) dan hiburan. Wilayah ini telah dideskripsikan[1] dan digambarkan dalam film-film sebagai sebuah wilayah dengan bar-bar yang dijalankan triad-triad, klub-klub malam, dan panti-panti pijat. Dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi yakni 130,000/km2 atau 340,000 per mil persegi, Mong Kok dideskripsikan sebagai distrik tersibuk di dunia oleh Guinness World Records.[2]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Inggrisnya sekarang ini adalah transliterasi dari nama Tionghoa lamanya 望角 (Jyutping: mong6 gok3; IPA: [mɔːŋ˨ kɔːk˧]), or 芒角 (Jyutping: mong4 gok3; IPA: [mɔːŋ˨˩ kɔːk˧]). Nama Tionghoanya yang sekarang "旺角" (Jyutping: wong6 gok3; IPA: [wɔːŋ˨ kɔːk˧]).

Wilayah tersebut juga disebut Argyle dalam bahasa Inggris selama beberapa waktu. Nama ini digunakan untuk stasiun MTR ketika dibuka pada 1979. Gedung pusatnya Tradisional: 旺角中心; arti harfiah "Pusat Mong Kok", dinamai sesuai dengan nama wilayah tersebut, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Pusat Argyle selain Pusat Mong Kok.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Mong Kok adalah bagian dari Distrik Yau Tsim Mong. Wilayah tersebut adalah bagian dari Distrik Mong Kok sebelum distrik tersebut digabung pada 1994. Wilayah tersebut masuk dalam konstituensi geografi Kowloon Barat dari Dewan Legislatif Hong Kong.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Simpanan-simpanan di Universitas Tiongkok Hong Kong meliputi tembikar-tembikar kuno yang mengindikasikan bahwa telah ada pemukman di wilayah tersebut pada awal jaman Dinasti Jin (265-420).[3]

Wilayah tersebut digunakan menjadi pemukiman Hakka, dengan sekitar 200 penduduk desa menurut catatan Bao'an pada 1819.[4]

Jantung dari Mong Kok sekarang ini adalah di sepanjang Jalan Argyle dekat Jalan Sai Yeung Choi sementara proper Mong Kok digunakan menuju ke utara, dekat Stasiun Timur Mong Kok sekarang ini. Mong Kok adalah wilayah dari lahan-lahan terkultivasi, berbatasan di bagian selatan dengan Jalan Argyle, di bagian barat dengan Jalan Coronation (sekarang bagian dari Jalan Nathan), dan di bagian timur dengan bukit-bukit. Di bagian tenggara Mong Kok adalah Ho Man Tin dan bagian baratnya Tai Kok Tsui.

Pada 10 Agustus 2008 kebakaran Cornwall Court terbakar. Lebih dari 200 pemadam kebakaran terlibat dalam operasi penyelamatan. Empat orang tewas, termasuk dua pemadam kebakaran.[5]

Lapangan olahraga[sunting | sunting sumber]

Stadion Mong Kok pada 2011, setelah direnovasi.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Institusi-institusi pendidikan di Mong Kok meliputi:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kemacetan lalu lintas di Mong Kok.
Exit B1 di Stasiun Prince Edward, dengan Exit C1 melintasi Jalan Prince Edward Barat.

Jalan utamanya adalah:

Tiga jalur kereta api yang berada di wilayah tersebut:

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Mong Kok menjadi tempat pengambilan gambar dari film hit 2004 One Night in Mongkok yang disutradarai oleh Derek Yee. Film tersebut menggambarkan Mong Kok, salah satu tempat dengan penduduk paling padat di Bumi, sebagai kasur panas dari aktivitas illicit. distrik tersebut juga menjadi tempat pengambilan gambar dari film 1996 Mongkok Story (旺角風雲) yang disutradarai oleh Wilson Yip, yang mengisahkan tentang pria muda yang menjadi ikut terlibat dalam sebuah gang triad.[6][7] Film 2009 To Live and Die in Mongkok juga melakukan pengambilan gambar di Mong Kok. Judul sastra Tionghoa dari film 1988 As Tears Go By karya Wong Kar-wai adalah "Mong Kok Carmen". Bagian dari sebuah novel yang dibuat pada 1986 karya Robert Ludlum yang berjudul The Bourne Supremacy berlatar belakang Mong Kok.

Wilayah tersebut dikenal secara lokal untuk subbudaya pemudanya, budaya Mong Kok.

Unjuk rasa 2014[sunting | sunting sumber]

Mong Kok adalah salah satu tempat utama dari unjuk rasa Hong Kong 2014. Bank-bank, toko-toko perhiasan dan toko-toko pakaian ditutup akibat dari unjuk rasa pro-demokrasi tersebut [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ruwitch, John; Baldwin, Clare (3 Oktober 2014). "Hong Kong protesters face backlash, threaten to abandon talks". Reuters. Diakses tanggal 3 Oktober 2014. 
  2. ^ Boland, Rory. "Mongkok Ladies Market". About.com Guide. Diakses tanggal 2013-04-06. 
  3. ^ Kan, Nelson Y. Y. and Tanf, Miranda K. L. New Journey Through History 1A. Diterbitkan oleh Aristo Educational Press LTD. Bab dua, P.48.
  4. ^ "旺角古名芒角 客家人聚居". 
  5. ^ Yahoo. "Yahoo.com." Four dead as HK nightclub fire spreads. Diakses pada 28 Agustus 2008.
  6. ^ IMDB. "IMDB.com." Wong Gok fung wan. Diakses pada 28 Agustus 2008.
  7. ^ Yahoo.com. "Movies.yahoo.com." Mongkok story. Diakses pada 28 Agustus 2008.
  8. ^ http://www.thestandard.com.hk/breaking_news_detail.asp?id=53766

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 22°19′21″LU 114°10′14″BT / 22,3225°LU 114,17056°BT / 22.32250; 114.17056