Bandar Udara Internasional Ingeniero Aeronáutico Ambrosio L.V. Taravella

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandar Udara Internasional Ingeniero Aeronáutico Ambrosio L.V. Taravella
Informasi
JenisPublik
PengelolaAeropuertos Argentina 2000 S.A
LokasiCórdoba, Provinsi Córdoba,
Zona waktuUTC-4
Koordinat{{{coordinates}}}

Bandar Udara internasional Ingeniero Aeronáutico Ambrosio L.V. Taravella (Aeropuerto Internacional de Cordoba "Ingeniero Aeronáutico Ambrosio L.V. Taravella") (IATA: CORICAO: SACO), dikenal sebagai Pajas Blancas, berlokasi 9 km (5,6 mi) utara-baratlaut[1] dari pusat kota Córdoba, sebuah kota di Provinsi Córdoba di Argentina. Bandara ini memiliki luas lahan 1.020 ha dan dioperasikan oleh Aeropuertos Argentina 2000 S.A.[1][2]

Bandara ini merupakan bandar udara ketiga terbesar di Argentina, setelah Bandar Udara Internasional Ministro Pistarini dan Aeroparque Jorge Newbery, keduanya di Buenos Aires.

Bandara ini telah menjadi perhentian bagi pesawat jet pada waktu yang lama, tetapi memiliki ukuran yang terlalu kecil untuk menerima penumpang dalam jumlah besar hingga Aeropuertos Argentina 2000, sebuah perusahaan swasta yang mengoperasikan beberapa bandar udara di Argentina, memutuskan untuk memberikan uang lebih kepada beberapa bandara di Argentina sehingga mereka dapat memperbesar ukuran dan menerima lebih banyak pesawat. Hingga pada waktu tersebut, Bandara Taravella, yang diberi nama sesuai arsiteknya, hanya memiliki sebuah terminal bandara satu lantai.

Pembangunan lantai kedua dan ketiga dimulai pada tahun 2000, dirancang oleh arsitek lokal terkenal Mario Roberto Álvarez; pada tahun 2002 proyek ini berhasil diselesaikan dan Aerolíneas Argentinas memutuskan untuk menggunakan bandara Taravella menjadi hub bagi penerbangan domestik.

Bandara ini dilengkapi pencahayaan yang cukup untuk menangani penerbangan malam, tetapi pilot yang terbang ke bandara ini, terutama pilot pesawat ringan, direkomendasikan untuk memperhatikan burung, karena di sana terdapat sejumlah burung yang tinggal di daerah sekitarnya.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Aero VIPMontevideo
AerochacoResistencia, La Rioja, San Juan, San Luis [Maret], Catamarca [Januari]
Aerolíneas ArgentinasBuenos Aires-Aeroparque, Buenos Aires-Ezeiza, Mendoza
Andes Líneas AéreasBuenos Aires-Aeroparque, Puerto Iguazú, Salta, Florianopolis-Brazil [Musiman], Margarita-Venezuela [Musiman]
Austral Líneas AéreasBuenos Aires-Aeroparque
Copa AirlinesPanama City
Gol Transportes AéreosPorto Alegre, Rio de Janeiro-Galeao
IberiaMadrid
LAN AirlinesSantiago de Chile
LAN ArgentinaBuenos Aires-Aeroparque
LAN PerúLima
PLUNAMontevideo, Cabo Frio-Brazil [Musiman]
Sol Líneas AéreasComodoro Rivadavia, Mendoza, Neuquén, Rosario, Tucumán, Punta Del Este [Musiman]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Spanyol) SACO - CORDOBA / Ing. Aer. A. L. V. TaravellaPDF (846 KB) at AIP Argentina
  2. ^ (Spanyol) Aeropuerto Internacional de Cordoba "Ing. Aeronáutico Ambrosio Taravella" - Pajas Blancas at Organismo Regulador del Sistema Nacional de Aeropuertos (ORSNA)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]