Raket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Raket adalah alat untuk memukul bola dalam permainan tenis, bulu tangkis, atau squash; ujungnya dan berbentuk bidang oval (bulat telur) berjaring (dari bahan nilon), bergagang, dan dilengkapi dengan pegangan. Cabang olahraga yang menggunakan raket disebut sebagai olahraga raket.

Raket tenis[sunting | sunting sumber]

Raket tenis dan bolanya

Raket tenis biasanya memiliki banyak tali yang melintang vertikal dan horizontal. Tali tersebut menyokong lambungan untuk menghantam bola. Raket tenis harus kuat serta fleksibel karena raket tenis berfungsi memantulkan bola tenis yang rata-rata bergerak dengan cepat. Raket tenis memiliki pegangan yang panjang dan daerah berbentuk oval yang digunakan untuk menghantam bola. Pegangan dan bingkai raket biasanya terbut dari bahan ringan seperti grafit. Jauh sebelum itu, raket tenis dibuat dari kayu. Raket tenis memiliki ukuran dan berat yang berbeda.

Raket bulu tangkis[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional raket bulu tangkis dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Raket bulu tangkis

Merek raket tenis[sunting | sunting sumber]

Terdapat sejumlah merek raket tenis. Untuk beberapa tahun belakangan merek yang paling populer adalah Wilson dan Babolat, meskipun begitu terdapat merek-merek lain yang sebenarnya juga berkualitas, namun kurang populer di Indonesia yaitu Yonex, Dunlop, Head, Prince, dan Triple'S.

Merk raket bulu tangkis[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa merek raket badminton antara lain Yonex, Kawasaki, Astec, Flypower, Triple'S, Hart, Victor, dan Adidas.