Bandar Udara Internasional Yohanes Paulus II Kraków

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Yohanes Paulus II Kraków
Kraków Airport im. Jana Pawła II

Balice airport.JPG

IATA: KRKICAO: EPKK
Ikhtisar
Jenis bandara sipil/militer
Lokasi Balice, Polandia
Ketinggian 241 m (791 f)
Koordinat 50°04′40″LU,019°47′05″BT
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
07R/25L 8,336 2,550 Beton

Bandar Udara Internasional Yohanes Paulus II Kraków-Balice (bahasa Polandia: Jana Pawła II Port lotniczy Kraków-Balice) sejak 4 September 2007; sebelumnya bahasa Polandia: Międzynarodowy Port Lotniczy im. Jana Pawła II Kraków-Balice) (IATA: KRKICAO: EPKK) adalah bandar udara internasional yang terletak dekat Kraków, di desa Balice, 11 km (6.8 mil) sebelah barat[1]
Statistics from Civil Aviation Office of Poland[2] pusat kota, di selatan Polandia.

Sejarah dan kondisi sekarang[sunting | sunting sumber]

Bandar udara ini dibuka untuk penerbangan sipil pada 1964.

Bandar udara Kraków adalah yang tersibuk kedua di Polandia setelah Bandar Udara Frédéric Chopin Warsawa. Bandar udara ini mempunyai prospek perkembangan yang baik, sebanyak 8 juta orang tinggal dalam jarak 100 km (62 mil) darinya. Bandar udara ini juga berada di lokasi yang tepat dari jaringan jalan raya yang sudah ada dan yang sedang direncanakan di Polandia, namun juga bersaing ketat dengan Bandar Udara Internasional Katowice di dekatnya di Pyrzowice serta bandar udara Polandia lainnya.

Tahun 1995 nama bandar udara diganti dari Bandar Udara Kraków-Balice menjadi Bandar Udara Internasional Yohanes Paulus II Kraków, untuk menghormati Paus Yohanes Paulus II yang pernah menghabiskan sekian tahun kehidupannya di Kraków. Untuk keperluan pemasaran, nama resminya kemudian "disederhanakan" pada 4 September 2007 menjadi Kraków Airport im. Jana Pawła II.

Area Check-in Terminal 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]