Škoda Auto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Škoda Auto
Jenis Perseroan Terbatas
Industri/jasa Otomotif
Didirikan 1895 (sebagai Laurin & Klement)
Pendiri Václav Laurin dan Václav Klement
Kantor pusat Mladá Boleslav, Republik Ceko
Jumlah lokasi Pabrik di Republik Ceko, India, Tiongkok, Rusia, dan Slowakia.
Daerah layanan Seluruh Dunia (kecuali Amerika Utara)
Tokoh penting Winfried Vahland (Pimpinan Dewan Direksi)
Christian Klingler (Pimpinan Dewan Pengawas)
Produk Mobil
Produksi 1,04 juta unit (2014)[1]
Pendapatan CZK 299,318 milliar (2014)[2]
(USD 12,37 milliar)
Laba usaha CZK 21,598 milliar (2014)[2]
(USD 892 juta)
Laba CZK 18,421 milliar (2014)[2]
(USD 761 juta)
Karyawan 25.889 (2015)
Induk Volkswagen Group
Divisi Škoda Motorsport
Anak perusahaan ŠKODA Auto Deutschland GmbH
Skoda Auto India Private Ltd.
ŠKODA AUTO Slovensko s.r.o.
Situs web skoda-auto.com

Škoda Auto (pengucapan bahasa Ceko: [ˈʃkoda] ( simak)), atau lebih dikenal sebagai Škoda, adalah sebuah produsen mobil asal Republik Ceko yang didirikan pada tahun 1895 sebagai Laurin & Klement. Skoda berkantor pusat di Mladá Boleslav, Bohemia, Republik Ceko.

Skoda resmi menjadi anak usaha Volkswagen Group pada tahun 2000.[3] Penjualan global Skoda mencapai 1,04 juta unit mobil pada tahun 2014 dan meningkat 12,7 persen dari tahun sebelumnya.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Škoda Works awalnya didirikan sebagai produsen senjata api pada tahun 1859. Škoda Auto adalah satu dari lima produsen mobil tertua di dunia, bersama Daimler, Opel, Peugeot, dan Tatra.[4]

Laurin & Klement[sunting | sunting sumber]

Václav Klement (kiri) dan Václav Laurin (kanan) (1895)
Laurin & Klement Tipe A (1905)

Pada tahun 1894, Václav Klement, yang masih berusia 26 tahun, adalah seorang penjual buku di Mladá Boleslav, yang tidak dapat menemukan suku cadang sepeda yang ia butuhkan.

Klement lalu mengirim sepedanya ke pembuatnya, Seidel and Naumann untuk diperbaiki, tetapi kemudian permintaannya ditolak oleh perusahaan tersebut. Ia pun melihat peluang bisnis dari kejadian ini. Walaupun tidak memiliki kemampuan di bidang ini, Klement lalu mendirikan sebuah bengkel sepeda bersama Václav Laurin pada tahun 1895 di Mladá Boleslav, bernama Laurin & Klement. Sebelum bermitra dengan Klement, Laurin telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini, dengan mendirikan sebuah pabrik sepeda di Turnov.

Pada tahun 1898, setelah pindah ke pabrik barunya, Laurin & Klement memperkenalkan sepeda motor pertama buatannya, yang masih sangat berbahaya untuk dikendarai. Untuk menyempurnakan desainnya, mereka lalu menulis surat ke Robert Bosch untuk meminta bantuan. Hasilnya, mereka berhasil meluncurkan sepeda motor yang lebih aman untuk dikendarai pada tahun 1899.

Pada tahun 1900, dengan pekerja sebanyak 32 orang, Laurin & Klement berhasil memproduksi 150 unit sepeda motor untuk dikirim ke London. Pada tahun 1905, Laurin & Klement juga mulai memproduksi mobil, membuatnya menjadi produsen mobil tertua kedua di Republik Ceko setelah Tatra.

Dibeli oleh Škoda Works[sunting | sunting sumber]

Škoda Rapid (1935)
Portrait
Insinyur dan industrialis, Emil Škoda
Car logo detail
Logo Skoda pada dekade 1930an

Setelah Perang Dunia I, Laurin & Klement mulai memproduksi truk. Pada tahun 1924, setelah mengalami beberapa masalah serius, Laurin & Klement mulai mencari mitra baru.

Sementara itu, Škoda Works adalah sebuah produsen senjata api yang telah berkembang menjadi perusahaan terbesar di Cekoslovakia dan salah satu yang terbesar di Eropa. Skoda lalu mulai memproduksi mobil melalui kemitraannya dengan Hispano-Suiza. Škoda pun mengakuisisi Laurin & Klement pada tahun 1925 untuk memperbesar produksi mobilnya, dan selanjutnya akan memproduksi mobil dengan merek Skoda.

Pada tahun 1930, Skoda memisahkan bisnis mobilnya menjadi Akciová společnost pro automobilový průmysl atau disingkat ASAP. ASAP tetap merupakan anak usaha dari Škoda Works dan memproduksi mobil dibawah merek Škoda. ASAP memiliki dua pabrik, yakni di Praha dan Mladá Boleslav. Pabrik Praha juga termasuk kantor cabang, kantor penjualan, dan kantor pelayanan, sementara pabrik Mladá Boleslav memiliki luas 215.000 meter persegi dan mempekerjakan 4.250 pekerja.

Setelah penurunan penjualan akibat depresi ekonomi, Škoda memperkenalkan model mobil baru pada dekade 1930an yang berbeda secara signifikan dari pendahulunya, dengan banyak perubahan di bagian sasisnya. Pengembangan model baru ini dikepalai oleh Vladimír Matouš.

Desain sasis baru ini menjadi dasar bagi beberapa mobil Škoda seperti Škoda Popular, Škoda Rapid, Škoda Favorit, dan Škoda Superb.[5] Model baru inipun berhasil mendorong pangsa pasar Škoda di Cekoslovakia, dan akhirnya menjadikan Škoda yang teratas dengan pangsa sebesar 39% pada tahun 1938.[5] Setelah sebelumnya berada di posisi ketiga dengan pangsa sebesar 14% di belakang Praga dan Tatra.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Selama pendudukan Cekoslovakia pada Perang Dunia II, Škoda Works dijadikan bagian dari Reichswerke Hermann Göring yang digunakan untuk mendukung upaya perang Jerman dengan memproduksi komponen kendaraan perang, pesawat tempur, dan lain sebagainya. Produksi Skoda pun turun dari 7.052 unit pada tahun 1939, ke 683 unit pada tahun 1944, dan hanya 35 unit diantaranya yang merupakan mobil. 316 truk juga berhasil diproduksi pada Januari hingga Mei 1945.[6] Pesawat tempur Inggris dan Amerika Serikat juga telah beberapa kali mengebom pabrik Škoda pada tahun 1940 hingga 1945. Pengeboman besar terakhir terjadi pada 25 April 1945 yang menyebabkan kehancuran total di pabrik senjata Škoda dan menyebabkan ribuan korban jiwa ataupun luka.[7]

Pasca Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Škoda 1101 Tudor Roadster (1949)
Škoda Octavia Super (1960)

Pada bulan Juli 1945, pabrik Mladá Boleslav telah selesai direkonstruksi dan produksi model 1101 pun dimulai. Skoda 1101 ini merupakan pembaruan dari Škoda Popular yang telah diluncurkan sebelumnya. Pada musim gugur tahun 1945, Škoda (bersama dengan perusahaan besar lain) menjadi bagian dari rencana ekonomi yang dicetuskan oleh komunis, yang berarti Škoda Auto dipisahkan dari induknya, Škoda Works. Walaupun dengan kondisi politik yang tidak mendukung dan hilangnya kerja sama dengan perusahaan nonkomunis, Škoda tetap mendapat reputasi yang baik hingga dekade 1960an, dengan memproduksi beberapa model seperti Škoda 440 Spartak, Škoda 445 Octavia, Škoda Felicia, dan Škoda 1000 MB.

Škoda MB 1000 (1966)

Pada akhir tahun 1959, Škoda Felicia mulai diekspor ke Amerika Serikat. Felicia dijual seharga US$2.700, yang setara dengan harga sebuah mobil lokal yang lebih besar dan lebih mewah daripada Felicia. Felicia juga dikeluhkan mudah rusak oleh pembelinya, sehingga reputasi Škoda makin buruk di negara ini. Sejak saat itu, Škoda tidak pernah lagi mengekspor mobilnya ke Amerika Serikat.

Pada akhir dekade 1980an, Škoda tetap memproduksi mobil seperti yang mereka produksi pada dekade 1960an, sehingga tampak ketinggalan zaman, seperti Škoda 105/120 dan Škoda Estelle yang walaupun begitu tetap banyak terjual dan berperforma cukup baik di ajang balap seperti RAC Rally di dekade 1970an dan 1980an. Mobil-mobil Škoda pun masih sangat mudah dijumpai di jalanan Inggris maupun di Eropa Barat Europe pada dekade 1970an dan 1980an.

Škoda juga memproduksi versi sport dari Škoda Estelle yang diberi nama "Rapid". Walapun begitu, Rapid memiliki fitur yang dapat disamakan dengan mobil sport mahal lain, tetapi dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga Rapid bahkan pernah disebut sebagai "Porschenya pria miskin",[8] dan mendapat jumlah penjualan yang sangat banyak di Inggris pada dekade 1980an.[9]

Pada tahun 1987, Škoda Favorit diperkenalkan. Desain Škoda Favorit merupakan hasil kerja perusahaan desain asal Italia, Bertone. Favorit sangatlah populer di Cekoslovakia. Mobil ini juga terjual cukup banyak di Inggris dan Denmark karena harganya yang murah, namun tetap memiliki struktur yang kukuh dan tahan lama.

Dibeli oleh Volkswagen[sunting | sunting sumber]

Škoda Superb

Jatuhnya komunis membawa banyak sekali perubahan pada Cekoslovakia dan sebagian besar industri pun direncanakan untuk dijual ke swasta, dan untuk Škoda Auto, pemerintah ingin menjualnya ke swasta luar negeri. Pada tanggal 9 Desember 1990, Volkswagen lah yang akhirnya dipilih oleh pemerintah untuk menjadi pembeli Škoda. Sebagai hasilnya, pada tanggal 16 April 1991, Volkswagen akhirnya resmi membeli 30% saham milik pemerintah di Škoda Auto. Pada periode ini, Skoda masih memproduksi model-model mobil yang telah ketinggalan zaman, walaupun telah mencoba mengikuti dengan meluncurkan Skoda Favorit pada tahun 1988.

Pada tahun-tahun berikutnya, Volkswagen Group kembali meningkatkan sahamnya di Škoda, dengan membeli 60.3% saham pada tanggal 19 Desember 1994, dan ditingkatkan lagi menjadi 70% pada tanggal 11 Desember 1995.[10]

Untuk dapat membeli Škoda, Volkswagen awalnya harus bersaing dengan Renault, yang akhirnya kalah karena Renault tidak berminat untuk memproduksi mobil-mobil berbiaya tinggi di pabrik Škoda.

Dengan dukungan dari Volkswagen Group, desain mobil Škoda pun berubah drastis. Seperti pada tahun 1994 saat Škoda meluncurkan Škoda Felicia yang sebenarnya merupakan penyempurnaan dari Škoda Favorit, namun Felicia dianggap sangat baik dan sepadan dengan harganya, sehingga Felicia dapat menjadi sangat populer di daratan Eropa.

Direktur Volkswagen AG, Ferdinand Piëch lalu secara pribadi memilih Dirk van Braeckel untuk menjadi kepala desain Škoda. Hasilnya, pada akhir tahun 1999, Škoda Fabia pun diluncurkan, dan desainnya pun menjadi dasar bagi produk Volkswagen Group yang lain, seperti Volkswagen Polo dan SEAT Ibiza, sementara Škoda Octavia yang diluncurkan pada tahun 1996, menjadi dasar bagi Volkswagen Golf.

Persepsi masyarakat Eropa atas produk Škoda pun berubah drastis sejak Škoda dibeli oleh Volkwagen,[11] jika dibandingkan dengan reputasinya pada dekade 1980an.[12][13][14] Hingga tahun 2005, Škoda berhasil menjual lebih dari 30.000 unit mobil setiap tahunnya di Inggris, dan untuk pertama kalinya, pembeli Škoda di Inggris harus masuk daftar tunggu untuk dapat membeli Škoda.

Model[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Tidak lagi dijual[sunting | sunting sumber]

1900-an[sunting | sunting sumber]

  • Laurin & Klement A (1905–1907)
  • Laurin & Klement B (1906–1908)
  • Laurin & Klement C (1906–1908)
  • Laurin & Klement D (1906–1907)
  • Laurin & Klement E (1906–1909)
  • Laurin & Klement B2 (1907–1908)
  • Laurin & Klement C2 (1907–1908)
  • Laurin & Klement F (1907–1909)
  • Laurin & Klement FF (1907)
  • Laurin & Klement FC (1907–1909)
  • Laurin & Klement HO/ HL/HLb (1907–1913)
  • Laurin & Klement BS (1908–1909)
  • Laurin & Klement FCS (1908–1909)
  • Laurin & Klement G (1908–1911)
  • Laurin & Klement DO/DL (1909–1912)
  • Laurin & Klement FDO/FDL (1909–1915)
  • Laurin & Klement EN (1909–1910)
  • Laurin & Klement FN/GDV/RC (1909–1913)
  • Laurin & Klement FCR (1909)
  • Laurin & Klement L/LO (1909–1911)

1910-an[sunting | sunting sumber]

  • Laurin & Klement ENS (1910–1911)
  • Laurin & Klement K/Kb/LOKb (1911–1915)
  • Laurin & Klement LK (1911–1912)
  • Laurin & Klement S/Sa (1911–1916)
  • Laurin & Klement DN (1912–1915)
  • Laurin & Klement RK (1912–1916)
  • Laurin & Klement Sb/Sc (1912–1915)
  • Laurin & Klement M/Mb/MO (1913–1915)
  • Laurin & Klement MK/400 (1913–1924)
  • Laurin & Klement O/OK (1913–1916)
  • Laurin & Klement Sd/Se/Sg/Sk (1913–1917)
  • Laurin & Klement Ms (1914–1920)
  • Laurin & Klement Sh/Sk (1914–1917)
  • Laurin & Klement T/Ta (1914–1921)
  • Laurin & Klement Si/Sl/Sm/So/200/205 (1916–1924)
  • Laurin & Klement Md/Me/Mf/Mg/Mh/Mi/Ml/300/305 (1917–1923)

1920-an[sunting | sunting sumber]

  • Laurin & Klement MS/540/545 (1920–1923)
  • Laurin & Klement Škoda 545 (1924–1927)
  • Škoda 422 (1929–1932)
  • Škoda 430 (1929–1936)
Škoda Favorit, limusin mewah keluaran 1939

1930-an[sunting | sunting sumber]

  • Škoda 633 (1931–1934)
  • Škoda 637 (1932–1935)
  • Škoda 420 Standard/Rapid/Popular (1933–1938)
  • Škoda Rapid (1935–1947)
  • Škoda Favorit (1936–1941)
  • Škoda Superb (1934–1943)

1940-an[sunting | sunting sumber]

1950-an[sunting | sunting sumber]

1960-an[sunting | sunting sumber]

1970-an[sunting | sunting sumber]

1980-an[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

2000-an[sunting | sunting sumber]

2010-an[sunting | sunting sumber]

Mobil konsep[sunting | sunting sumber]

  • Vision C (2013)
  • MissionL (2011)
  • Vision D (2011)
  • Fabia Super (2007)
  • Joyster (2006)
  • Yeti II (2006)
  • Roomster (2003)
  • Tudor (2002)
  • Fabia Paris Edition (2002)
  • Ahoj (2002)
  • Felicia Golden Prague (1998)
  • 783 Favorit Coupé (1987)
  • Škoda 110 Super Sport Ferat (1971)
  • Škoda 1100 GT (1968)
  • Škoda 720 (1967–1972)
  • Škoda F3 (1964)
  • Škoda 1100 Type 968 (1958)
  • Škoda 973 Babeta (1949)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Model bersejarah[sunting | sunting sumber]

Mobil konsep[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "http://www.reuters.com/article/2015/01/09/skoda-sales-idUSA5N0RV00B20150109". Reuters. 9 January 2015. Diakses tanggal 13 March 2015. 
  2. ^ a b c ŠKODA Annual Report 2014 (PDF) (Report). Mladá Boleslav, Czech Republic: ŠKODA AUTO a.s. 10 March 2015. Diakses tanggal 7 August 2015. 
  3. ^ "Alle VW-Konzernmodelle Teil 3: Seat und Skoda" (dalam German). Autozeitung.de. Diakses tanggal 28 August 2011. 
  4. ^ "Digitální továrna společnosti Škoda Auto" (dalam Czech). Automa. December 2012. 
  5. ^ a b Králík, Jan (2008), V soukolí okřídleného šípu, Grada Publishing a.s., pp. 19–22 
  6. ^ Pavlínek, Petr (2008). A Successful Transformation? Restructuring of the Czech Automobile Industry. Physica-Verlag. doi:10.1007/978-3-7908-2040-9. ISBN 978-3-7908-2039-3. 
  7. ^ HELL FROM HEAVEN - Chapter 35 - Mission 31 - Pilsen, Czechoslovakia - Our Last Combat Mission - April 25, 1945 - By Leonard Streitfeld, Bombardier, 600th Squadron. 398th.org (1945-04-25). Retrieved on 2013-07-16.
  8. ^ Paul Burrows (13 March 2008). "Czech-in time for Skoda". AVHub. 
  9. ^ "Skoda has last laugh". BBC News. 24 February 2000. 
  10. ^ Mladá Boleslav (6 October 2004). "ŠKODA AUTO a.s." (PDF). Volkswagen Group. 
  11. ^ "Skoda's Marketing Success Goes From Strength To Strength". Carpages. 17 December 2002. 
  12. ^ Kevin Massy (28 January 2008). "Skoda flagship to get VW's premium nav system". CNET Reviews. Diakses tanggal 6 February 2010. 
  13. ^ Jez Spinks (15 October 2007). "Skoda Octavia: first drive of the 'budget' VW". Drive.com.au. 
  14. ^ Steve Kealy (16 February 2010). "Skoda Octavia Scout 4x4". Carsales.com.au. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]