Tentara Gerilya Rakyat Miskin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tentara Gerilya Rakyat Miskin
Ejército Guerrillero de los Pobres
PemimpinRolando Morán
Waktu operasi19 Januari 1972 – 15 Februari 1997
Wilayah operasiGuatemala
IdeologiMarxis–Leninisme
Komunisme
Bagian dariURNG
SekutuCUC, PGT, MR-13, ORPA, FAR
LawanAngkatan Bersenjata Guatemala

Tentara Gerilya Rakyat Miskin (EGP – Ejército Guerrillero de los Pobres) adalah sebuah gerakan gerilya sayap kiri Guatemala, yang mengkomandani dukungan terhadap suku Maya asli saat Perang Saudara Guatemala.


Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Setelah kudeta Guatemala 1954, serangkaian pemberontakan sayap kiri terjadi di pinggiran negara Guatemala, melawan pemerintahan militer dukungan Amerika Serikat di negara tersebut. Sebuah kelompok gerilyawan berpengaruh dari para pemberontak tersebut adalah Angkatan Bersenjata Pemberontak (Spanyol: Fuerzas Armadas Rebeldes, FAR).[1] FAR banyak dipadamkan oleh kampanye penumpasan pemberontakan yang dilakukan oleh pemerintah Guatemala dengan bantuan AS pada akhir 1960an. Antara 2800 dan 8000 pendukung FAR tewas, dan ratusan anggota sayap kiri di kawasan perkotaan diculik, dibunuh, atau menghilang.[1] Orang-orang dari kepemimpinan FAR yang selamat dari kampanye tersebut membentuk EGP di Mexico City pada 1970s. Orang-orang tersebut meliputi Ricardo Ramírez (yang memiliki sebutan nom de guerre Rolando Morán) dan Julio César Macías (dikenal dengan sebutan César Montes), keduanya suku Ladino, dan sejumlah pemimpin suku Maya asli.[1]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan
  1. ^ a b c McAllister 2010, hlm. 280.
Sumber
  • McAllister, Carlota (2010). "A Headlong Rush into the Future". Dalam Grandin, Greg; Joseph, Gilbert. A Century of Revolution. Durham, NC: Duke University Press. hlm. 276–309.