Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 7°40′34.2″S 109°40′1.3″E / 7.676167°S 109.667028°E / -7.676167; 109.667028

Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen
Moto"Kreatif, Wirausaha, dan Uswatun Khasanah"[1]
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan8 April 2001
RektorIda Betanursanti, M.T.[2]
Lokasi, ,
WarnaBiru Donker
Nama julukanSTTM Kebumen
Situs webhttp://sttm.ac.id/

Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah. Memasuki era globalisasi, STT Muhammadiyah Kebumen berusaha untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas agar seluruh komponen kompetitif tidak hanya di lokal, regional, tetapi sampai tingkat internasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diawali dengan adanya Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kebumen yang mengamanatkan berdirinya Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Kebumen sebagai usaha tambahan Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan dengan tujuan untuk memajukan daerah Kebumen khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya, maka dibentuk panitia pendirian yang terbentuk pada tangal 8 April 2001. Pada saat itu pula diusulkan didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Kebumen. Pada saat itu pula dibentuk tim kecil untuk membuat Bahan Kajian Pendirian STIE Muhammadiyah Kebumen, yang diolah oleh aktivis-aktivis Muhammadiyah yang memiliki berbagai disiplin ilmu antara lain Ir. H.M. Yahya Fuad, S.E., sebagai Ketua, beranggotakan Drs. H.M. Sutardjo Na, dan Supriyanto S.Sos. Setelah itu dikirimkan Berkas Pendirian STIE Muhammadiyah Kebumen kepada Menteri Pendidikan Nasional dan diadakan sosialisasi pendirian STIE Muhammadiyah Kebumen oleh tim dengan mengadakan audensi dan mengundang Prof Dr. H. Zamroni (Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah), Drs. H.A. Dahlan Rais., M. Hum. (Ketua PWM Jawa Tengah), Drs. Masman Anggara (Ketua STIE SBI Yogyakarta). Setelah itu terbit surat yang menyatakan usulan program dinyatakan gagal dan disarankan mengusulkan program studi lain. Karena dinyatakan gagal dalam pembentukan STIE Muhammadiyah atas saran Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Suprodjo Pusposutardjo supaya membuat Bahan Kajian untuk Pendirian Perguruan Tinggi dengan basis teknik, maka tim membuat tim perumus kecil dan menambah anggota Sdr. Aris Susetyo dan Sdr. Fakhrudin Mubarok, S.P. untuk membuat draft proposal pendirian Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Muhammadiyah Kebumen.

Pada tanggal 13 Maret 2003 terbit Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No: 26/D/0/2003 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen diizinkan untuk mengadakan Pembukaan Program-Program Studi dan Pendirian STT Muhammadiyah Kebumen. Sejak tanggal 21 April STT Muhammadiyah Kebumen bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Gombong untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kompetensi dalam menghadapi era global.[3]

Program Studi[sunting | sunting sumber]

  • Teknik Industri (S1)[4]
  • Teknik Perawatan Mesin (D3)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motto Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen". Situs Resmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-02. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  2. ^ "Struktur Organisasi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen". Situs Resmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-02. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  3. ^ "Sejarah Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen". Situs Resmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-02. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  4. ^ "Program Studi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen". Situs Resmi Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Kebumen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-03. Diakses tanggal 23 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]