Kepulauan Pitcairn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pitcairn)
Lompat ke: navigasi, cari
Kelompok Kepulauan Pitcairn
Pitcairn Group of Islands (Inggris)
Pitkern Ailen (Pitkern)
Moto
Lagu kebangsaanGod Save the Queen
Lagu nasional: Come ye Blessed
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Adamstown
25°04′LU 130°06′BT / 25,067°LS 130,1°BB / -25.067; -130.100
Bahasa resmi Inggris dan Pitkern
Pemerintahan Dependensi parlementer
 -  Ratu Elizabeth II
 -  Gubernur / Komisaris Besar Jonathan Sinclair
 -  Walikota Shawn Christian
Legislatif Island Council
Pendirian
 -  Kedatangan pemberontak kapal HMS Bounty 15 Januari 1790 
 -  Pembaruan kontak dengan dunia luar 1814 
 -  Dijadikan sebagai koloni Britania Raya 1887 
Luas
 -  Total 47 km2 (234)
 -  Perairan (%) 0
Penduduk
 -  Perkiraan 2013 56[1] (255)
 -  Kepadatan 1,19/km2 (241)
PDB (KKB) Perkiraan (n/a)
 -  Total
 -  Per kapita
PDB (nominal) Perkiraan (n/a)
 -  Total
 -  Per kapita
Gini n/a
IPM  n/a 
Mata uang Dolar Selandia Baru (NZ$) (NZD)
Zona waktu Waktu Standar Pitcairn (PST) (UTC-8)
Lajur kemudi kiri
Kode ISO 3166 PN
Ranah Internet .pn
Kode telepon +64 xx

Kepulauan Pitcairn merupakan kumpulan dari lima pulau, di mana hanya Pulau Pitcairn yang dihuni, yang terletak di selatan Samudra Pasifik, satu-satunya koloni Inggris di Pasifik. Kepulauan ini terkenal terutama karena penghuni aslinya ialah para pembajak kapal HMAV Bounty, serta warga Tahiti yang turut dibawa para pembajak, seperti yang diceritakan di novel Mutiny on the Bounty, yang menjadi tema beberapa film. Sejarah ini terlihat jelas melalui kebanyakan nama marga. Kepulauan ini juga merupakan negara (walaupun belum merdeka) dengan jumlah penduduk yang paling sedikit di dunia dengan sekitar 47 penghuni (9 keluarga).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Sejarah Kepulauan Pitcairn

Pemukim Polinesia di Pitcairn dan Kepunahannya[sunting | sunting sumber]

Pemukim awal di Kepulauan Pitcairn adalah orang Polinesia yang tampaknya telah tinggal di P. Pitcairn dan P. Henderson, serta P. Mangareva 400 kilometer (250 mil) di barat laut, selama beberapa abad. Mereka memperdagangkan barang dan ikatan sosial yang terbentuk di antara tiga pulau meskipun melalui pelayaran kano di antara mereka, membantu populasi kecil di setiap pulau bertahan hidup walaupun memiliki sumber daya yang terbatas. Akhirnya, sumber daya alam penting yang berkurang, rusaknya perdagangan antar pulau dan dimulainya periode perang sipil di P. Mangareva, menyebabkan populasi manusia kecil di Henderson dan Pitcairn harus berkurang dan akhirnya punah.[2]

Meskipun sebagian arkeolog percaya bahwa orang Polinesia tinggal di Pitcairn hingga akhir abad ke-15, pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni ketika mereka ditemukan kembali oleh orang Eropa.

Kedatangan Orang Eropa[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Ducie dan Henderson ditemukan oleh pelaut Portugis Pedro Fernandes De Queiros , yang berlayar untuk Mahkota Spanyol, yang tiba pada tanggal 26 Januari 1606. Dia menamakan keduanya La  Encarnación ( " Inkarnasi ") dan San Juan Bautista ( " Santo Yohanes Pembaptis "). Namun, beberapa sumber menyatakan keraguan tentang mana yang dari pulau-pulau yang dikunjungi dan diberi nama oleh Queiros, menunjukkan bahwa La  Encarnación sebenarnya adalah P. Henderson, dan San Juan Bautista mungkin P. Pitcairn.

Pulau Pitcairn terlihat pada 3 Juli 1767 oleh awak kapal sloop Inggris HMS Walet, dibawah komando Kapten Philip Carteret . Pulau itu dinamai dengan Pitcairn karena Taruna Robert Pitcairn , anggota awak lima belas tahun adalah orang pertama yang melihat pulau tersebut. Robert Pitcairn adalah putra Mayor Kelautan Inggris John Pitcairn , yang kemudian tewas di Pertempuran Bunker Hill pada Revolusi Amerika .

Carteret, yang berlayar tanpa kronometer laut , memetakan pulau di 25 ° 2'S 133 ° 21'W , meskipun perkiraan garis lintang cukup akurat, perkiraan garis bujur meleset sekitar 3 ° (330 km). Hal ini membuat Pitcairn sulit untuk ditemukan, seperti kegagalan Kapten James Cook untuk menemukan pulau tersebut pada bulan Juli 1773.[3]

Pada tahun 1790 sembilan dari para pemberontak Kapal Bounty , bersama dengan penduduk asli Tahiti pria dan wanita (enam orang, sebelas wanita dan seorang bayi perempuan), menetap di Kepulauan Pitcairn dan membakar Bounty .Sisa-sisa dari peristiwa tersebut masih terlihat di bawah air di Bounty Bay , yang ditemukan pada tahun 1957 oleh Explorer National Geographic Luis Marden . Meskipun pemukim bertahan hidup dengan bertani dan memancing, periode awal pemukiman ditandai dengan ketegangan yang serius diantara mereka. Alkoholisme, pembunuhan, penyakit lainnya merenggut nyawa para pemberontak dan orang-orang Tahiti. John Adams dan Ned Young mulai berpaling kepada kitab suci , menggunakan Alkitab sebagai panduan mereka untuk membangun masyarakat baru dan damai. Young akhirnya meninggal karena infeksi asma. Orang Polinesia akhirnya menjadi Kristen. Mereka kemudian diubah kembali dari bentuk aslinya Kristen ke Hari Ketujuh Advent, mengikuti misionaris Adventist yang sukses di tahun 1890-an. Setelah penemuan kembali Pitcairn, John Adams diberikan amnesti dalam keterlibatannya di pemberontakan.[4]

P. Ducie ditemukan kembali pada 1791 oleh Kapten kapal HMS Pandora Edwards dari Angkatan Laut Kerajaan, ketika mencari para pemberontak Bounty. Dia menamakan setelah Francis Reynolds-Moreton, Baron Ducie ke-3 , juga seorang kapten di Angkatan Laut Kerajaan .

The Pitcairn pulau dilaporkan tidak sampai 27 Desember 1795 bahwa kapal pertama sejak Bounty itu terlihat dari pulau, tetapi tidak mendekati tanah dan mereka tidak bisa tahu kebangsaan. Sebuah kapal kedua muncul pada tahun 1801, tetapi tidak berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka. Sepertiga datang cukup dekat untuk melihat rumah mereka, tetapi tidak mencoba untuk mengirim perahu di pantai. Akhirnya, Amerika kapal perdagangan Topaz bawah Mayhew Folger menjadi yang pertama untuk mengunjungi pulau, ketika kru menghabiskan 10 jam di Pitcairn pada bulan Februari 1808. Sebuah laporan penemuan Folger ini telah diteruskan ke Admiralty , menyebutkan pemberontak dan memberikan lokasi yang lebih tepat pulau: 25 ° 2'S 130 ° 0'BB . [15] Namun ini tidak diketahui Sir Thomas Staines , yang memerintahkan Angkatan Laut armada dari dua kapal (HMS Briton dan HMS Tagus ) yang menemukan pulau di 25 ° 4'S 130 ° 25'W (dengan pengamatan meridian) pada 17 September 1814. Staines mengirim pesta darat dan menulis laporan rinci untuk Admiralty.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas Brinkhoff (1 Februari 2013). "Pitcairn Islands". citypopulation.de. Thomas Brinkhoff. Diakses tanggal 8 November 2013. 
  2. ^ Empty citation (bantuan) 
  3. ^ Empty citation (bantuan) 
  4. ^ Empty citation (bantuan)